Kamis, 21 Januari 2021

Breaking News

  • Dewan Dukung Polisi Periksa Kadis DLHK Soal Tumpukan Sampah   ●   
  • Nunggak PBB di Pekanbaru Rumah Ditempel Stiker   ●   
  • Fraksi PKS DPRD Pekanbaru Siap Potong Gaji untuk Korban Bencana Alam   ●   
  • Sekolah di Pekanbaru Dilarang Ambil Kebijakan Sendiri Soal Pembelajaran Tatap Muka   ●   
  • Dispora dan Disdik Riau Bakal Bentuk Sekolah Kejuruan Olahraga   ●   
  • DPR Minta Erick Thohir Pecat Direksi Perusahaan Pupuk Plat Merah   ●   
  • Walhi Nilai Provinsi Riau Rentan Bencana Ekologis   ●   
  • RSUD Arifin Achmad Siapkan Tempat Vaksin untuk Nakes   ●   
  • ASN Setdaprov Belum Gajian karena KPA Tersandung Kasus   ●   
  • Jalan S Parman Pekanbaru Sudah Terapkan One Way
Yamaha 14 Januari 2021

Pemkab Meranti Berhasil Melokalisir Penularan Covid-19
Minggu, 14 Juni 2020 14:14 WIB
Pemkab Meranti Berhasil Melokalisir Penularan Covid-19
Pemkab Meranti Berhasil Melokalisir Penularan Covid-19

MERANTI (CAKAPLAH) - Sejak beberapa santri Magetan asal Desa Bandul pulang ke Kepulauan Meranti dan reaktif saat dilakukan rapid tes, pemerintah setempat langsung mengambil langkah cepat. Terhadap PDP dan keluarga, langsung dikarantina di Selatpanjang dan di Desa Bandul diberlakukan pembatasan sosial skala tertentu (PSST). Dua kali diterapkan PSST (setiap 14 hari) berhasil melokalisir penularan Covid-19 hingga akhirnya seluruh PDP dinyatakan sembuh.

Pekan kedua Bulan Mei 2020, ada tiga PDP yang merupakan santri dari Magetan diisolasi di RSUD Kepulauan Meranti. Namun, satu diantaranya dibolehkan pulang karena dalam keadaan sehat. Mereka terindikasi terjangkit virus corona setelah sejumlah santri pesantren tersebut juga banyak yang dinyatakan positif corona. Sebelum dikarantina, belasan santri dari Magetan di rapid tes, namun dua orang yang reaktif.

Setelah hasil swab keluar pada tanggal 13 Mei 2020, satu dari dua santri yang masih dikarantina dinyatakan positif terinveksi virus corona. Dia pun akhirnya dipisahkan dari teman yang juga dirawat di RSUD Kepulauan Meranti.

Pasca kejadian ini, tim gugus tugas Covid-19 Kepulauan Meranti langsung melakukan tracing terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan PDP. Setidaknya ada belasan orang yang dibawa ke Selatpanjang untuk dikarantina dan mendapatkan perawatan guna mencegah terjadinya hal-hal yang tak diingingkan.

Selain memberikan perawatan terhadap PDP dan ODP asal Desa Bandul yang dikarantina, pemerintah juga membuat kebijakan PSST di sana. PSST pertama diberlakukan mulai tanggal 15 Mei hingga 29 Mei 2020. Selama 14 hari itu, tim gabungan terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Satlinmas pihak kecamatan Tasikputri Puyu dan pihak Desa Bandul. Tim menjaga ketat aktivitas warga setempat, semua kegiatan yang bersifat mengumpulkan banyak orang ditiadakan. Selain itu, di pintu masuk dan keluar Desa Bandul, juga dilakukan penjagaan. Warga yang tak punya alasan kuat, dilarang masuk atau keluar dari Desa Bandul. Upaya ini dilakukan untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 agar tidak merebak ke semua wilayah di Kepulauan Meranti.

Selama PSST, guna menghindari persoalan sosial lainnya, Pemkab Kepulauan Meranti menjamin ketersediaan sembako. Lalu, bagi pedagang yang hendak berbelanja, masih dibolehkan dengan catatan mendapat surat persetujuan dari pemerintah desa dan mengantongi surat cek kesehatan di pos penjagaan.

Setelah dua pekan diterapkan PSST, pemerintah berhasil melokalisir penularan Covid-19. Meski tak ada penularan di daerah lain, namun status PSST terpaksa diperpanjang untuk kedua kalinya. Sebab, berdasarkan hasil swab terhadap belasan warga Bandul, sebanyak enam orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Perpanjangan PSST ini tertuang dalam surat keputusan (SK) Bupati Nomor 311/HK/KPTS/V/2020 tanggal 29 Mei 2020. PSST kedua di Desa Bandul diberlakukan sejak tanggal 30 Mei 2020 selama empat belas hari kedepan.

"Keputusan ini harus kita ambil berdasarkan hasil swab terakhir yang menetapkan ada tambahan enam warga Bandul positif Covid-19," ujar Bupati Irwan Nasir yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kepulauan Meranti, Sabtu (30/5/2020) yang lalu.

Dijelas Irwan, dengan pemberlakuan PSST untuk kedua kalinya ini, maka upaya-upaya penanggulangan yang dilakukan sebelumnya di Desa Bandul Kecamatan Tasikputri Puyu dilanjutkan. Seperti penempatan personel pengamanan dari TNi, Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan dan pihak terkait di pos-pos penjagaan yang sebelumnya telah dibuat. Selain itu, tim gugus tugas juga memperpanjang masa kerja tenaga medis tambahan di Puskesmas Desa Bandul.

"Ini harus kita ambil untuk memutus mata rantai Covid-19. Kita sangat berharap kerjasama masyarakat dan seluruh aparatur demi kebaikan bersama," tegas Bupati dua periode itu.

Upaya lain yang dilakukan pemerintah antara lain penyemprotan disinfektan di titik-titik rawan penyebaran Covid-19. Kemudian ada juga pemeriksaan rutin terhadap warga, dan penyaluran bantuan akan tetap dilakukan. Irwan meminta masyarakat Bandul bersabar karena untuk memutus mata rantai tersebut membutuhkan waktu dan kerjasama seluruh masyarakat. Irwan juga mengimbau masyarakat yang merasa pernah kontak erat dengan pasien positif untuk bisa bekerjasama dengan cara menghubungi tenaga medis guna dilakukan langkah medis. Sebab, memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 memang harus ada kerjasama dari semua pihak.

"Jujur saya sangat sangat berharap segera mencabut status PSST yang mengisolasi Desa Bandul. Kita minta warga disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, sering mencuci tangan, dan segera menghubungi pihak medis jika muncul gejala sakit," kata Irwan.

Kerja keras tim selama status PSST diberlakukan, membuahkan hasil. Pemkab Kepulauan Meranti berhasil melokalisir penyebaran virus yang mewabah di seluruh penjuru negara ini. Penyebaran Covid tak terjadi di daerah lain dan PDP dari Desa Bandul dinyatakan sembuh setelah mendapat perawatan maksimal dari dokter.

Karena sudah berhasil, maka status PSST di Desa Bandul yang telah diberlakukan selama lebih kurang empat pekan dicabut terhitung hari Sabtu (13/6/2020). Pencabutan status PSST tersebut ditandai dengan dibukanya portal penghalang yang dipasang di pintu masuk Desa Bandul oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim.

Said Hasyim mengucapkan syukur kepada Allah SWT karena setelah 28 hari Desa Bandul ditetapkan PSST, sudah bisa beraktivitas seperti biasa namun tetap mengedepankan protokol kesehatan. "Jangan lengah, kami imbau kepada kita semuanya untuk selalu menjaga karena virus covid ini suatu virus yang tidak wujud jadi kita tidak tahu keberadaannya bisa jadi berada di dekat kita, untuk itu kita selalu waspada," kata Said Hasyim.

"Dengan berakhirnya PSST Desa Bandul, alhamdulillah kita kembali ke new normal, bukan hanya Bandul tapi semua daerah di wilayah Indonesia termasuk Kabupaten Kepulauan Meranti. Kehidupan normal tapi baru dengan maksud kita menghadapi pola hidup yang baru, dimana kita ditegaskan oleh pemerintah agar melaksanakan semua protokol kesehatan seperti pakai masker, cuci tangan, menjaga jarak, menjaga kebersihan diri dan lingkungan," tambah Said Hasyim.

Said juga mengucapkan terimakasih kepada para petugas yang melaksanakan tugasnya dengan baik yang menjaga Desa Bandul selama penerapan PSST. (advertorial)

Penulis : Rizal
Editor : Ali
Kategori : Pemerintahan, Kabupaten Kepulauan Meranti
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
Berita Pilihan
Jumat, 30 Oktober 2020
Ini 342 Nama Peserta Lulus CPNS 2019 Kota Pekanbaru, Lihat Linknya di Sini
AMSI
Topik
Jumat, 22 Maret 2019
Plastik Masih Menjadi Permasalahan Utama Pencemaran Lingkungan di Kuansing
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 20 Januari 2021
Tekan Penyebaran Covid-19, Polsek Pangkalan Kerinci Lakukan Operasi Yustisi Dialogis
Rabu, 20 Januari 2021
Polsek Kuala Kampar Tinjau Hotspot yang Terdeteksi di Dashboard Lancang Kuning
Rabu, 20 Januari 2021
Tekan Angka Kriminal, Polsek Kerumutan Gencar Gelar Patroli
Rabu, 20 Januari 2021
Polsek Langgam Rutin Gelar Patroli C3 dan Sosialisasi Prokes

Serantau lainnya ...
Selasa, 19 Januari 2021
Glowing Treatment Kini Hadir di Isabell's Beauty Treatment
Sabtu, 09 Januari 2021
Pilih Salah Satu Hewan untuk Prediksi Masa Depanmu
Rabu, 06 Januari 2021
Puteri Ekowisata Indonesia Perwakilan Riau Endang Sri Rezki Percayakan Perawatan Kulit ke Klinik Isabells Beauty Treatment
Rabu, 06 Januari 2021
Tak Perlu Susah Payah, Ini Untungnya Pakai Aplikasi Pinjam Uang Online

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu

Advertorial lainnya ...
Senin, 18 Januari 2021
Kaget dengan Harga Samsung Galaxy S21 Ultra
Rabu, 30 Desember 2020
Intip Spesifikasi Realme C11, Smartphone Rp1,5 Jutaan dengan Beragam Fitur Menarik
Selasa, 27 Oktober 2020
Tentang Rapid Test Antigen, Pengganti Rapid Test Antibodi
Selasa, 13 Oktober 2020
Tim Umri Serahkan Alat Pengering Buah untuk Masyarakat Desa Kualu Nenas

Tekno dan Sains lainnya ...
Senin, 18 Januari 2021
Terlalu Lama Pakai Masker Sebabkan Mata Kering, Ini Cara Mencegahnya
Rabu, 06 Januari 2021
Jembatan Siak IV Kerap Jadi Titik Kumpul Pesepeda di Pekanbaru
Selasa, 08 Desember 2020
Miss Interglobal Indonesia 2020 Kunjungi Isabell's Beauty Treatment
Jumat, 16 Oktober 2020
Tips Hindari Covid-19 di Pondok Pesantren

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 20 Januari 2021
Usia 20 Tahun, PCR Komit Beri Kontribusi Besar bagi Kemajuan Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Ini Dia Pemenang Lomba Film Dokumenter dan Fotografi Sempena Milad FIB Unilak
Selasa, 22 Desember 2020
Politeknik Caltex Riau Jalin Kerjasama dengan Universitas Baiturrahmah
Senin, 14 Desember 2020
Di Tangan Dosen Unilak, Urine Ternak Diubah Menjadi Pupuk Cair

Kampus lainnya ...

Telkomsel 7 Desember 2020
Terpopuler
RAPP APRIL NATAL 2020
Foto
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan
Jumat, 20 Maret 2020
PKS Sindora Rohil Segera Beroperasi, Manajemen Siapkan Program CSR Jangka Panjang

CSR lainnya ...
Jumat, 15 Januari 2021
Sempat Menimba Ilmu 3 Tahun di Pesantren, Vicky Prasetyo Ingin Jadi Penceramah
Senin, 11 Januari 2021
Setelah Sebulan Jalani Karantina, Akhirnya Nirina Zubir Negatif Covid-19
Sabtu, 04 Juli 2020
Trending di Twitter, Maudy Ayunda Diduga Adu Mulut dengan Pria saat Live Instagram
Rabu, 01 April 2020
5 Fakta 'Aisyah Istri Rasulullah' yang Aslinya Lagu Cinta dari Malaysia

Selebriti lainnya ...
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Jumat, 15 Januari 2021
Membuka Pintu Rezeki di Waktu Pagi
Sabtu, 09 Januari 2021
Bersyahadat di Masjid Ar Rahman Pekanbaru, Sampang Ganti Nama Jadi Abdul Aziz
Kamis, 26 November 2020
Ustaz Abdul Somad Launching "SPBU" Bersama YTWU
Kamis, 10 September 2020
Mau Ikutan Bedah Buku UAS dan Pelatihan Cara Bahagia Menghapal Al-Quran, Begini Cara Mendaftarnya

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www