Rabu, 08 Juli 2020

Breaking News

  • KPK Tuntut Direktur PT Mitra Bungo Abadi 10 Tahun Penjara Dalam Kasus Korupsi Jalan Poros di Bengkalis   ●   
  • Bos Pertamina Gerah Diserang Gara-gara Harga BBM Tak Turun   ●   
  • 10 Staf DPR RI Dinyatakan Positif Covid-19   ●   
  • Pelantikan Pengurus DPD I Golkar Riau Ditunda karena Covid-19   ●   
  • DPD RI Tetap Tolak Pilkada Serentak 9 Desember 2020   ●   
  • Kejaksaan Agung akan Periksa Jaksa Penuntut 2 Polisi Penyiraman Novel Baswedan   ●   
  • Kecewa Putusan Bebas Tiga WNA, Mahasiswa Demo PN Bengkalis   ●   
  • Bulan Depan Pemko Pekanbaru 'Lelang' Jabatan Sekda dan Kepala OPD   ●   
  • Hasto Akui RUU HIP Diusulkan PDIP   ●   
  • Infeksi Virus Corona di Seluruh Dunia Tembus 10 Juta Kasus
Yamaha 1 Juli 2020

Pemkab Meranti Berbagi Ilmu Hadapi Covid-19 dengan Legislator Karimun
Kamis, 18 Juni 2020 16:31 WIB
Pemkab Meranti Berbagi Ilmu Hadapi Covid-19 dengan Legislator Karimun

MERANTI (CAKAPLAH) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menerima kunjungan dari legislator Kabupaten Karimun, Jumat (18/6/2020). Dalam pertemuan itu, dibahas cara penanganan Covid-19 di masing-masing daerah dan meminta adanya pemeriksaan yang ketat kepada pendatang dari luar daerah.

Kedatangan legislator dari daerah tetangga disambut langsung oleh Asisten I Setdakab Kepulauan Meranti Syamsuddin SH MH, Kadis Kesehatan Meranti dr Misri Hasanto MKes, Kabag Ren Polres Meranti Kompol Amir Husin, Ketua MUI Meranti H Mustafa, perwakilan Koramil Tebingtinggi Lakattang, Jubir Covid-19 Meranti Fahri SKM, Direktur RSUD dr Ria, Kabag Humas dan Protokol Meranti Rudi dan beberapa pejabat lainnya.

Pihak DPRD Karimun dihadiri Wakil Ketua DPRD Sulfanow Putra, anggota Komisi I DPRD Karimun Sulistina, H Anwar Hasan, FachruL Rozi, Balia, Zulfikar, dan Sumardi, serta Sekwan DPRD dan pejabat lainnya.

Dalam penyampaiannya, Sulfanow mengatakan bahwa kondisi Karimun dan Kabupaten Meranti sama. Yaitu sama-sama merupakan wilayah berbatasan dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura. Sehingga, kedua daerah ini banyak menerima orang yang sebagian besar TKI dari dua negara tetangga tersebut yang telah lebih dulu ditetapkan sebagai Zona Merah Covid-19.

Dipaparkan Sulfanow, dari data Tim Gugus Tugas Covid-19 Karimun, sejak Januari 2020 jumlah TKI asal Malaysia yang masuk ke Karimun pada gelombang pertama sebanyak 17 ribu orang. Dari jumlah itu, sebanyak 280 orang warga berstatus ODP, sementara 24 orang ditetapkan sebagai PDP. Lalu, 22 orang diantaranta telah selesai pengawasan, dan 2 lagi masih dalam pengawasan dirumah. Sementara untuk PDP yang meninggal sebanyak 3 orang, Positif Covid-19 sebanyak 5 orang dan 4 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh sehingga tinggal 1 orang yang masih dirawat.

Namun dari informasi yang disampaikan Sulfanow saat ini jumlah pasien yang terpapar Covid-19 di Karimun sudah 0.


Ia berharap kondisi itu tetap bertahan caranya dengan menjaga masuknya warga dari daerah lain ke Karimun.

Diakui Sulfanow lagi, warga Karimun tidak terlalu khawatir dengan warga asal Selatpanjang. Tapi, yang ditakutkan adalah ada warga daerah lain yang masuk melalui Selatpanjang menuju Karimun. Untuk itu ia berharap agar Tim Gugus Tugas Meranti melakukan pengawasan ketat kepada warga dari Selatpanjang menuju Karimun. Dan sebaliknya Karimun juga melakukan hal yang sama bagi warga yang keluar dari Karimun menuju Selatpanjang.

"Sehingga kita tidak saling curiga. Sama-sama kita perketat pengawasan terhadap warga yang masuk," kata Sulfanow.

Asisten I Setdakab Kepulauan Meranti, Syamsuddin yang juga Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 mengatakan, di Meranti sudah 0 kasus positif Covid-19. Semua pasien sembuh, tidak ada yang meninggal dunia. Dijelaskan Syamsuddin, kunci utama keberhasilan Pemkab Meranti mencegah penyebaran Virus Covid-19 adalah aksi di lapangan dalam memantau dan mengawasi pendatang yang masuk ke Meranti melalui pintu masuk Pelabuhan secara ketat. Selain itu menggencarkan sosialisasi ditengah masyarakat untuk secara disiplin dan konsisten menerapkan protokol kesehatan serta mengeluarkan kebijakan dan regulasi untuk mengatur aktifitas masyarakat. Terakhir, kelengkapan administrasi pengganggatan agar setiap dana yang dikeluarkan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Lebih jauh disampaikan Syamsuddin, sejauh ini Pasien Positif Covid-19 di Meranti hanya berasal dari daerah Bandul yaitu Santri Magetan. Transmisi lokal hanya terjadi pada keluarga pasien. Dengan kesigapan Tim gugus tugas melakukan Isolasi dan pengobatan akhirnya semua pasien Covid-19 Cluster Magetan tersebut berhasil sembuh dan penyebaran berhasil ditekan. Kini kondisi Meranti sudah kembali ke zona hijau dengan jumlah kasus positif Covid-19 = 0.

Ditambahkan Kadiskes Kepulauan Meranti, Dr Misri Hasanto MKes, sejak awal tahun 2020 Pemkab Kepulauan Meranti telah mengambil langkah nyata dalam hal mengantisipasi masuknya wabah Covid-19. Diantaranya, Januari 2020, bertepatan dengan Imlek, saat itu Meranti menggelar sebuah iven besar Cian Cui atau Perang Air. Dimana, pada momen ini dihadiri oleh puluhan ribu warga Tiong Hoa dari berbagai negara termasuk Cina. Dengan kedatangan puluhan ribu tamu itu, kata Misri, Kepulauan Meranti telah lebih dulu berupaya mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19.

"Alhamdulillah berkat koordinasi yang baik antar OPD kegiatan Cian Cui berlangsung baik dan penyebaran Virus Covid-19 di Meranti dapat diantisipasi. Ketika itu sebanyak 5000 warga Tiong Hoa dipantau, 3 orang warga yang terindikasi Positif Covid-19 kita dipulangkan tak boleh masuk Selatpanjang," beber Misri.

Selanjutnya pada Februari 2020, Pemkab Meranti mendengar adanya pertemuan para tokoh agama dari berbagai negara di dunia yang dipusatkan di Malaysia. Setelah pertemuan itu, diketahui 400 peserta dinyatakan positif virus Corona, parahnya, puluhan orang peserta diketahui orang Riau termasuk warga asal Kepulauan Meranti. Mendapati kondisi itu, Pemkab Meranti langsung berkoordinasi dengan pihak Imigrasi untuk memblok semua warga asal Malaysia yang terindikasi terpapar Covid-19. Sehingga, lagi-lagi Kabupaten Kepulauan Meranti selamat dan terhindar dari wabah Covid.

Kemudian, tambah Misri, pada tanggal 6 Maret 2020 Gubernur Riau mengumumkan status siaga darurat Covid-19, dan tanggal 17 Maret 2020 Meranti menyusul menetapkan Status Siaga Darurat, dilanjutkan tanggal 30 Maret 2020 penetapan status tanggap darurat karena situasi sudah berpotensi membahayakan dan menuntut untuk segera dilakukan penanganan intensif. "Saat itu semua pasien yang terindikasi Positif Covid-19 tidak boleh masuk ke Meranti," ucap Misri.

Masalah baru muncul ketika daerah Jawa memberlakukan Lockdown dan menghentikan seluruh aktifitas yang mengundang kerumunan masa termasuk proses belajar mengajar di Pesantren, ketika itu ratusan santri asal Riau pulang ke daerah masing-masing termasuk santri asal Meranti tepatnya di Desa Bandul, Kecamatan Tasik Putri Puyu. "Di situlah baru ditemukan kasus Positif Covid-19, awal dilakukan pemeriksaan santi ini negatif namun saat dilakukan pemeriksaan selanjutnya didapati 2 positif. Mendapati hal itu Meranti langsung melakukan Tracing dan ditemukan 4 warga positif covid-19 yang tak lain adalah keluarga dari santri tersebut yang terpapar melalui transmisi lokal," kata Misri.

Kemudian untuk mengatisipasi penyebaran lebih luas setelah mengisolasi Pasien Positif Covid-19. Pemkab Meranti menetapkan Pembatasan Sosial skala tertentu (PSST). "Kami mengunci Desa Bandul selama 2 X 14 hari pertama baik bagi warga yang ingin keluar maupun yang masuk," ucap Misri.

Setelah dilakukan upaya tersebut, dan dilakukan Rapid Test massal di Desa Bansul, hasilnya indek penularan Civid-19 sebesar 0.99. Artinya antisipasi penularan Virus yang dilakukan Pemkab Kepulauan Meranti cukup efektif.

Sejauh ini dijelaskan Misri, jumlah total warga ODP di Meranti sebanyak 8.459, dinyatakan sembuh sebanyak 8087 orang, Jumlah PDP 14 orang dan semuanya sembuh. Sebanyak 12 Pasien positif Covid-19 sudah sembuh dan dipulangkan, untuk kasus kematian masih 0.

Selanjutnya Kebijakan Pemda lainnya untuk penanganan Covid-19 di Meranti adalah dengan membangun ruang Isolasi, serta menyiapkan APD di tiap Puskemas. "Di sini kami merenovasi ruang BLK menjadi ruang Isolasi begitu juga Aula RSUD Meranti untuk mengatisipasi terjadinya gelombang ke dua penyebaran Virus Covid-19. Dan terakhir kami melakukan rapat untuk persiapan New Normal yang akan diberlakukan pada 1 Juli 2020 mendatang," jelasnya lagi.

Senada dengan Asisten I Sekdakab. Meranti, keberhasilan Meranti mencegah penularan Virus Covid-19, dengan cara melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara terus-menerus agar menerapkan protokol kesehatan dan mengurangi aktifitas di luar rumah. Apalagi dalam menyabut Era New Normal saat ini yang pada dasarnya bukan kembali normal seperti biasa tapi tetap dibatasi dengan secara disiplin mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19.

"Caranya dengan mengencarkan sosialisasi protokol Kesehatan dari Tim Gugus Tugas dalam hal ini Sapol PP, Kepolisian, Pihak Dinas Kesehatan dan Perhubungan di titik-titik strategis yang banyak mengundang kerumunan masa seperti pasar, swalayan dan warung-warung kopi," jelas Kadiskes Meranti.

Begitu juga dalam pelaksanaan ibadah di Masjid Pemda dan MUI serta tokoh agama senantiasa memberikan pengertian kepada masyatakat hingga memahami dan mau mematuhi surat edaran yang telah dikeluarkan.
Agar warga kurang mampu dan terdampak Covid-19 dapat bertahan yang tak kalah penting adalah melakukan penyaluran bantuan sosial secara merata diseluruh wilayah Kecamatan dan Desa.

Terakhir, dijelaskan Kabag Hukum Setdakab Sudandri, menyangkut kebijakan sejauh ini Pemkab. Meranti telah mengeluarkan 15 regulasi dan surat edaran. "Ini kita lakukan untuk mengantisipasi permasalahan hukum dikemudian hari," ucap Sudandri. (advertorial)

Penulis : Rizal
Editor : Ali
Kategori : Pemerintahan, Kabupaten Kepulauan Meranti
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
Berita Pilihan
Minggu, 28 Juni 2020
Video Jokowi Marah 18 Juni, Kenapa Baru Dirilis Sekarang?
Minggu, 28 Juni 2020
Keroyok 5 Polisi, 11 WNA Nigeria Ditangkap Polda Metro
Minggu, 28 Juni 2020
Ratusan Warga Uji Swab dan Rapid Test di Pasar Agus Salim, Ini Hasilnya
Minggu, 28 Juni 2020
Ini Penyebab PPDB Jalur Zonasi di Riau Banyak Diprotes
Sabtu, 27 Juni 2020
Unilever, Coca Cola Dkk Setop Iklan di Facebook, IG & Twitter
Sabtu, 27 Juni 2020
Putusan Sudah Inkrah, 1.300 Hektare Lahan Gondai Diminta Segera Dieksekusi
Kamis, 04 Juni 2020
Terungkap! Miliaran Rupiah Duit Korupsi Jiwasraya untuk Main Judi Kasino
Rabu, 03 Juni 2020
Chef Peterseli Kitchen Pekanbaru Wakili Indonesia di Kompetisi Chef International
Rabu, 03 Juni 2020
Curi Tiga Tandan Sawit untuk Beli Beras, Ibu Tiga Anak di Rohul Dihukum Percobaan
Selasa, 02 Juni 2020
PPDB SMA/SMK di Riau Dimulai 17 Juni
Selasa, 02 Juni 2020
Pasien Positif Sembuh dan Tidak Ada Tambahan, Pekanbaru Sudah Masuk Zona Kuning
AMSI
Topik
Jumat, 22 Maret 2019
Plastik Masih Menjadi Permasalahan Utama Pencemaran Lingkungan di Kuansing
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 07 Juli 2020
Bagikan BLT DD Tahap Ketiga, Bupati Kampar Puji Program Kegiatan di Desa Aur Sati
Selasa, 07 Juli 2020
Perwakilan BKKBN Riau dan DP3AP2KB Pelalawan Lakukan Pelayanan KB Sesuai Protokol Kesehatan
Selasa, 07 Juli 2020
Soal Dukungan Paisal-Amris, PPP Dumai: Baru Menjajaki Koalisi
Selasa, 07 Juli 2020
Babinsa Koramil 08 /Tandun Dampingi Pelaksanaan Rapid Test Terhadap Anggota PPDP Ujung Batu

Serantau lainnya ...
Sabtu, 04 Juli 2020
Lebih dari 5 Juta Orang Berebut Dapatkan Air Jordan 1 x Dior
Rabu, 18 Maret 2020
7 Cara Liburan Murah nan Menyenangkan
Kamis, 05 Maret 2020
Cegah Virus Corona, Ini Dia Tips Dari Dompet Dhuafa
Minggu, 23 Februari 2020
Nikmati Perjalanan Wisatamu Dengan Bus Tiara Mas

Gaya Hidup lainnya ...
Senin, 29 Juni 2020
DPRD Riau Gelar Paripurna LHP BPK RI Atas Laporan Keuangan Pemprov Riau Tahun 2019
Senin, 08 Juni 2020
Warga Rumbio Sumringah Didatangi Bupati Kampar dan Terima BLT
Selasa, 14 April 2020
Bantu Penanganan Covid-19, Pertamina dan Hiswana Migas Serahkan APD ke Pemprov Riau
Kamis, 27 Februari 2020
PGN Rutin Lakukan Pemeliharaan Transmisi dan Jalur Distribusi

Advertorial lainnya ...
Sabtu, 04 Juli 2020
Sony Bakal Berubah Nama?
Selasa, 30 Juli 2019
Telkomsel Bundling Smartphone 4G dengan Cashback hingga Rp2 Juta
Minggu, 21 Juli 2019
5 Keunggulan ASUS ROG Mothership, Laptop Gaming Rp130 Jutaan
Jumat, 19 Juli 2019
Dell Rilis Laptop Gaming G7 Seharga Rp27 Jutaan

Tekno dan Sains lainnya ...
Sabtu, 04 Juli 2020
Minta Disetop, Pakar Sebut Rapid Test Sangat Tak Akurat, Publik Rugi
Selasa, 12 Mei 2020
Cegah Penularan Wabah, Mahasiswa Kukerta Universitas Riau 2020 Bentuk Tim Relawan Covid-19
Kamis, 09 April 2020
Wangi Jahe Merah dan Kopi Petani Hutan Saat Pandemi Covid-19
Jumat, 20 Maret 2020
Golongan Darah 'O' Lebih Kebal Terhadap Corona, Benarkah?

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 07 Juli 2020
Tandatangani MoA dengan UIR, Bupati Kampar Berharap Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Selasa, 07 Juli 2020
Tim Relawan Covid-19 Unri Kecamatan Tualang Ikut Sosialisasikan Protokol Kesehatan
Jumat, 03 Juli 2020
Prodi Ilmu Komunikasi Univrab Gelar Penyuluhan Covid-19 di Pekanbaru
Senin, 29 Juni 2020
Tim PKM Dosen Fekon Unilak Bantu Manajemen Bank Sampah di Rumpes

Kampus lainnya ...

PCR Juni 2020
Terpopuler

05

Polres Rohul 27 Juni 2020
Foto
Pemkab Siak New Normal 17 Juni 2020 Ok
Unilak Juli 2020
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan
Jumat, 20 Maret 2020
PKS Sindora Rohil Segera Beroperasi, Manajemen Siapkan Program CSR Jangka Panjang

CSR lainnya ...
AMPI Riau
Sabtu, 04 Juli 2020
Trending di Twitter, Maudy Ayunda Diduga Adu Mulut dengan Pria saat Live Instagram
Rabu, 01 April 2020
5 Fakta 'Aisyah Istri Rasulullah' yang Aslinya Lagu Cinta dari Malaysia
Rabu, 11 Maret 2020
Besok, Didi Kempot akan Goyang Ribuan Sobat Ambyar Pekanbaru
Selasa, 18 Februari 2020
Ashraf Sinclair Suami BCL Meninggal Dunia

Selebriti lainnya ...
Pesonna Hotel Pekanbaru - April 2020
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
APRIL RAPP - Waisak 7 Mei 2020
Sabtu, 04 Juli 2020
Batas Usia Daftar Haji Diminta Lebih Muda
Jumat, 12 Juni 2020
Ini Tiga Golongan yang Diberikan Ujian oleh Allah SWT
Rabu, 29 Mei 2019
Dewan: Bayar Zakat Fitrah Jangan Mepet Lebaran
Sabtu, 04 Mei 2019
Ketika Nabi Muhammad Diolok-olok

Religi lainnya ...
APRIL HUT KAMPAR
Indeks Berita
Imlek 2019 RAPP
www www