Rabu, 19 Januari 2022

Breaking News

  • Pengamanan Nataru Riau Kerahkan 2.527 Personel Gabungan   ●   
  • Varian Omicron Belum Ditemukan di Riau   ●   
  • Dinsos Riau Tak Punya Data Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19   ●   
  • Pansus Bisa Jadi Dasar Ketegasan Pemerintah Atasi Konflik Perusahaan Vs Masyarakat Riau   ●   
  • Pekanbaru Juara Kejurda U14, Bukti Pembinaan Sepakbola Berjenjang Kelompok Usia Berjalan Baik   ●   
  • Harga Sawit di Riau Naik Lagi, Tembus Rp2.800 Perkilogram   ●   
  • Kabar Gembira! Saudi Arabia segera Beri Izin Umrah, Jamaah Diminta Manfaatkan Fasilitas Vaksin   ●   
  • DPRD Riau Dukung Sekolah Tatap Muka Dimulai Lagi   ●   
  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula
Yamaha 19-21 Januari 2022

Pemkab Meranti Berbagi Ilmu Hadapi Covid-19 dengan Legislator Karimun
Kamis, 18 Juni 2020 16:31 WIB
Pemkab Meranti Berbagi Ilmu Hadapi Covid-19 dengan Legislator Karimun

MERANTI (CAKAPLAH) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menerima kunjungan dari legislator Kabupaten Karimun, Jumat (18/6/2020). Dalam pertemuan itu, dibahas cara penanganan Covid-19 di masing-masing daerah dan meminta adanya pemeriksaan yang ketat kepada pendatang dari luar daerah.

Kedatangan legislator dari daerah tetangga disambut langsung oleh Asisten I Setdakab Kepulauan Meranti Syamsuddin SH MH, Kadis Kesehatan Meranti dr Misri Hasanto MKes, Kabag Ren Polres Meranti Kompol Amir Husin, Ketua MUI Meranti H Mustafa, perwakilan Koramil Tebingtinggi Lakattang, Jubir Covid-19 Meranti Fahri SKM, Direktur RSUD dr Ria, Kabag Humas dan Protokol Meranti Rudi dan beberapa pejabat lainnya.

Pihak DPRD Karimun dihadiri Wakil Ketua DPRD Sulfanow Putra, anggota Komisi I DPRD Karimun Sulistina, H Anwar Hasan, FachruL Rozi, Balia, Zulfikar, dan Sumardi, serta Sekwan DPRD dan pejabat lainnya.

Dalam penyampaiannya, Sulfanow mengatakan bahwa kondisi Karimun dan Kabupaten Meranti sama. Yaitu sama-sama merupakan wilayah berbatasan dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura. Sehingga, kedua daerah ini banyak menerima orang yang sebagian besar TKI dari dua negara tetangga tersebut yang telah lebih dulu ditetapkan sebagai Zona Merah Covid-19.

Dipaparkan Sulfanow, dari data Tim Gugus Tugas Covid-19 Karimun, sejak Januari 2020 jumlah TKI asal Malaysia yang masuk ke Karimun pada gelombang pertama sebanyak 17 ribu orang. Dari jumlah itu, sebanyak 280 orang warga berstatus ODP, sementara 24 orang ditetapkan sebagai PDP. Lalu, 22 orang diantaranta telah selesai pengawasan, dan 2 lagi masih dalam pengawasan dirumah. Sementara untuk PDP yang meninggal sebanyak 3 orang, Positif Covid-19 sebanyak 5 orang dan 4 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh sehingga tinggal 1 orang yang masih dirawat.

Namun dari informasi yang disampaikan Sulfanow saat ini jumlah pasien yang terpapar Covid-19 di Karimun sudah 0.
Ia berharap kondisi itu tetap bertahan caranya dengan menjaga masuknya warga dari daerah lain ke Karimun.

Diakui Sulfanow lagi, warga Karimun tidak terlalu khawatir dengan warga asal Selatpanjang. Tapi, yang ditakutkan adalah ada warga daerah lain yang masuk melalui Selatpanjang menuju Karimun. Untuk itu ia berharap agar Tim Gugus Tugas Meranti melakukan pengawasan ketat kepada warga dari Selatpanjang menuju Karimun. Dan sebaliknya Karimun juga melakukan hal yang sama bagi warga yang keluar dari Karimun menuju Selatpanjang.

"Sehingga kita tidak saling curiga. Sama-sama kita perketat pengawasan terhadap warga yang masuk," kata Sulfanow.

Asisten I Setdakab Kepulauan Meranti, Syamsuddin yang juga Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 mengatakan, di Meranti sudah 0 kasus positif Covid-19. Semua pasien sembuh, tidak ada yang meninggal dunia. Dijelaskan Syamsuddin, kunci utama keberhasilan Pemkab Meranti mencegah penyebaran Virus Covid-19 adalah aksi di lapangan dalam memantau dan mengawasi pendatang yang masuk ke Meranti melalui pintu masuk Pelabuhan secara ketat. Selain itu menggencarkan sosialisasi ditengah masyarakat untuk secara disiplin dan konsisten menerapkan protokol kesehatan serta mengeluarkan kebijakan dan regulasi untuk mengatur aktifitas masyarakat. Terakhir, kelengkapan administrasi pengganggatan agar setiap dana yang dikeluarkan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

Lebih jauh disampaikan Syamsuddin, sejauh ini Pasien Positif Covid-19 di Meranti hanya berasal dari daerah Bandul yaitu Santri Magetan. Transmisi lokal hanya terjadi pada keluarga pasien. Dengan kesigapan Tim gugus tugas melakukan Isolasi dan pengobatan akhirnya semua pasien Covid-19 Cluster Magetan tersebut berhasil sembuh dan penyebaran berhasil ditekan. Kini kondisi Meranti sudah kembali ke zona hijau dengan jumlah kasus positif Covid-19 = 0.

Ditambahkan Kadiskes Kepulauan Meranti, Dr Misri Hasanto MKes, sejak awal tahun 2020 Pemkab Kepulauan Meranti telah mengambil langkah nyata dalam hal mengantisipasi masuknya wabah Covid-19. Diantaranya, Januari 2020, bertepatan dengan Imlek, saat itu Meranti menggelar sebuah iven besar Cian Cui atau Perang Air. Dimana, pada momen ini dihadiri oleh puluhan ribu warga Tiong Hoa dari berbagai negara termasuk Cina. Dengan kedatangan puluhan ribu tamu itu, kata Misri, Kepulauan Meranti telah lebih dulu berupaya mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19.

"Alhamdulillah berkat koordinasi yang baik antar OPD kegiatan Cian Cui berlangsung baik dan penyebaran Virus Covid-19 di Meranti dapat diantisipasi. Ketika itu sebanyak 5000 warga Tiong Hoa dipantau, 3 orang warga yang terindikasi Positif Covid-19 kita dipulangkan tak boleh masuk Selatpanjang," beber Misri.

Selanjutnya pada Februari 2020, Pemkab Meranti mendengar adanya pertemuan para tokoh agama dari berbagai negara di dunia yang dipusatkan di Malaysia. Setelah pertemuan itu, diketahui 400 peserta dinyatakan positif virus Corona, parahnya, puluhan orang peserta diketahui orang Riau termasuk warga asal Kepulauan Meranti. Mendapati kondisi itu, Pemkab Meranti langsung berkoordinasi dengan pihak Imigrasi untuk memblok semua warga asal Malaysia yang terindikasi terpapar Covid-19. Sehingga, lagi-lagi Kabupaten Kepulauan Meranti selamat dan terhindar dari wabah Covid.

Kemudian, tambah Misri, pada tanggal 6 Maret 2020 Gubernur Riau mengumumkan status siaga darurat Covid-19, dan tanggal 17 Maret 2020 Meranti menyusul menetapkan Status Siaga Darurat, dilanjutkan tanggal 30 Maret 2020 penetapan status tanggap darurat karena situasi sudah berpotensi membahayakan dan menuntut untuk segera dilakukan penanganan intensif. "Saat itu semua pasien yang terindikasi Positif Covid-19 tidak boleh masuk ke Meranti," ucap Misri.

Masalah baru muncul ketika daerah Jawa memberlakukan Lockdown dan menghentikan seluruh aktifitas yang mengundang kerumunan masa termasuk proses belajar mengajar di Pesantren, ketika itu ratusan santri asal Riau pulang ke daerah masing-masing termasuk santri asal Meranti tepatnya di Desa Bandul, Kecamatan Tasik Putri Puyu. "Di situlah baru ditemukan kasus Positif Covid-19, awal dilakukan pemeriksaan santi ini negatif namun saat dilakukan pemeriksaan selanjutnya didapati 2 positif. Mendapati hal itu Meranti langsung melakukan Tracing dan ditemukan 4 warga positif covid-19 yang tak lain adalah keluarga dari santri tersebut yang terpapar melalui transmisi lokal," kata Misri.

Kemudian untuk mengatisipasi penyebaran lebih luas setelah mengisolasi Pasien Positif Covid-19. Pemkab Meranti menetapkan Pembatasan Sosial skala tertentu (PSST). "Kami mengunci Desa Bandul selama 2 X 14 hari pertama baik bagi warga yang ingin keluar maupun yang masuk," ucap Misri.

Setelah dilakukan upaya tersebut, dan dilakukan Rapid Test massal di Desa Bansul, hasilnya indek penularan Civid-19 sebesar 0.99. Artinya antisipasi penularan Virus yang dilakukan Pemkab Kepulauan Meranti cukup efektif.

Sejauh ini dijelaskan Misri, jumlah total warga ODP di Meranti sebanyak 8.459, dinyatakan sembuh sebanyak 8087 orang, Jumlah PDP 14 orang dan semuanya sembuh. Sebanyak 12 Pasien positif Covid-19 sudah sembuh dan dipulangkan, untuk kasus kematian masih 0.

Selanjutnya Kebijakan Pemda lainnya untuk penanganan Covid-19 di Meranti adalah dengan membangun ruang Isolasi, serta menyiapkan APD di tiap Puskemas. "Di sini kami merenovasi ruang BLK menjadi ruang Isolasi begitu juga Aula RSUD Meranti untuk mengatisipasi terjadinya gelombang ke dua penyebaran Virus Covid-19. Dan terakhir kami melakukan rapat untuk persiapan New Normal yang akan diberlakukan pada 1 Juli 2020 mendatang," jelasnya lagi.

Senada dengan Asisten I Sekdakab. Meranti, keberhasilan Meranti mencegah penularan Virus Covid-19, dengan cara melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara terus-menerus agar menerapkan protokol kesehatan dan mengurangi aktifitas di luar rumah. Apalagi dalam menyabut Era New Normal saat ini yang pada dasarnya bukan kembali normal seperti biasa tapi tetap dibatasi dengan secara disiplin mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19.

"Caranya dengan mengencarkan sosialisasi protokol Kesehatan dari Tim Gugus Tugas dalam hal ini Sapol PP, Kepolisian, Pihak Dinas Kesehatan dan Perhubungan di titik-titik strategis yang banyak mengundang kerumunan masa seperti pasar, swalayan dan warung-warung kopi," jelas Kadiskes Meranti.

Begitu juga dalam pelaksanaan ibadah di Masjid Pemda dan MUI serta tokoh agama senantiasa memberikan pengertian kepada masyatakat hingga memahami dan mau mematuhi surat edaran yang telah dikeluarkan.
Agar warga kurang mampu dan terdampak Covid-19 dapat bertahan yang tak kalah penting adalah melakukan penyaluran bantuan sosial secara merata diseluruh wilayah Kecamatan dan Desa.

Terakhir, dijelaskan Kabag Hukum Setdakab Sudandri, menyangkut kebijakan sejauh ini Pemkab. Meranti telah mengeluarkan 15 regulasi dan surat edaran. "Ini kita lakukan untuk mengantisipasi permasalahan hukum dikemudian hari," ucap Sudandri. (advertorial)

Penulis : Rizal
Editor : Ali
Kategori : Pemerintahan, Kabupaten Kepulauan Meranti
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 02 November 2021
Gajah Seberat 2 Ton Ditemukan Mati di Bukit Apolo Pelalawan
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 19 Januari 2022
Kerjasama dengan Petani Sayur Tanah Datar, Dapur Corner Hadir di Pekanbaru
Rabu, 19 Januari 2022
Ajak Masyarakat Gunakan Masker, Polsek Pangkalan Kuras Lakukan Ini
Rabu, 19 Januari 2022
Kapolda Riau Silaturrahmi bersama OKP dan BEM se-Riau
Rabu, 19 Januari 2022
Minta Warga Terapkan Prokes, Polsek Teluk Meranti Bagi-bagi Masker

Serantau lainnya ...
Rabu, 12 Januari 2022
UMKM Makin Berkembang, Partai Perindo Ungkap Ide Usaha Potensial di 2022
Rabu, 12 Januari 2022
4 Alternatif Nasi Putih untuk Menurunkan Berat Badan
Kamis, 06 Januari 2022
Fashion Trendi Famys Hijab Collection, Kualitas Terjamin, Harga Bersahabat
Kamis, 30 Desember 2021
Kostum Penjual Jamu Gendong Juarai Parade Kostum Kreasi 2021

Gaya Hidup lainnya ...
Senin, 06 Desember 2021
Raih WTP Lima Kali Berturut-turut, Pekanbaru Terima Penghargaan dari Kemenkeu
Jumat, 03 Desember 2021
Pemko Pekanbaru Terima Aset Fasos dan Fasum dari Pengembang Perumahan
Rabu, 04 Agustus 2021
Sebelum Dilantik, ASN di Meranti Harus Mengikuti Psiotes
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau

Advertorial lainnya ...
Rabu, 19 Januari 2022
Punya iPhone 12 Sekarang Lebih Gampang, Siapapun Bisa Memilikinya!
Selasa, 11 Januari 2022
Mengenal Risiko dan Peluang Investasi Bitcoin
Jumat, 17 Desember 2021
Ikan Alien Kepala Transparan Tertangkap Kamera
Rabu, 15 Desember 2021
Ahmad Ghani Al Ghifari Ukir Prestasi di Bidang Robotik, Mulai Rakit Robot Hingga Memprogram Drone

Tekno dan Sains lainnya ...
Sabtu, 18 Desember 2021
Mantan Wakil Rektor UIN Suska Didapuk sebagai Pembicara oleh Perusahaan Nutrisi Terbesar di Dunia
Jumat, 17 Desember 2021
Amerika Izinkan Pil Aborsi Dikirim Lewat Pos
Selasa, 30 November 2021
Wanita Malaysia Punya Golongan Darah Emas, Cuma 43 Orang di Bumi
Rabu, 27 Oktober 2021
Dikira Kena Covid-19, Gadis Ini Ternyata Sakit Parah Akibat Isap Vape

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 17 Januari 2022
Pascasarjana UIR Sosialisasikan Program S2 dan S3 ke Anggota DPRD Pelalawan
Jumat, 14 Januari 2022
Diinisiasi BEM Unilak, Perahu Penyeberangan Warga Dusun Air Mabuk Meranti Hampir Selesai
Kamis, 13 Januari 2022
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Yasmuha Meranti Kirim Guru dan Siswa ke Kuansing
Rabu, 12 Januari 2022
Ikatan Alumni Manajemen Dakwah UIN Resmi Dilantik, Ini Pesan Dekan

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

Khas Rabu
Terpopuler
Foto
HUT Meranti 2021 - APRIL
Nataru - April
Kamis, 13 Januari 2022
Tayang Besok, Adakah Kesamaan Virgin The Series dan Film Virgin 2004?
Selasa, 11 Januari 2022
Sinopsis Penyalin Cahaya, Film Original Netflix Tayang 13 Januari 2022
Jumat, 24 Desember 2021
Kontroversi Syuting Sinetron di Lokasi Bencana Semeru, Ini Faktanya...
Senin, 22 November 2021
Bikin Mewek, Gala Ingin Telepon Vanessa Angel & Bibi karena Rindu

Selebriti lainnya ...
PT PER 2021
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Rabu, 15 Desember 2021
Ada 7.139 Masjid di Riau, Bagaimana Kondisi Remaja Masjidnya?
Rabu, 24 November 2021
Rangkaian HUT ke-23, BKMT Riau Gelar 'Musabaqah Menterjemah Alquran'
Kamis, 04 November 2021
Persembahkan Karya Tenas Effendy, LAMR dan Tafaqquh Taja Kajian Tunjuk Ajar Melayu Dalam Perspektif Alquran dan Hadis
Senin, 04 Oktober 2021
Kepengurusan Amphuri Riau-Kepri Resmi Dilantik, Berkhidmat untuk Umat

Religi lainnya ...
Selasa, 28 Desember 2021
Legislator Pekanbaru Doakan Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2020
Selasa, 28 Desember 2021
Aplikasi PeduliLindungi Sudah Diterapkan di Pekanbaru, Robin: Tim Vaksin juga Harus Disiapkan
Selasa, 28 Desember 2021
Respon Cepat Pemkab Rohul Tangani Banjir Berhasil Hindarkan Jatuhnya Korban Jiwa
Senin, 27 Desember 2021
Legislator Pekanbaru Sebut Razia BPOM Terkesan Tebang Pilih

ADV lainnya ...
Indeks Berita
www www