Rabu, 17 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Begini Cara Pemkab Inhu Menjaga Kualitas Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19
Senin, 29 Juni 2020 17:45 WIB
Begini Cara Pemkab Inhu Menjaga Kualitas Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

RENGAT (CAKAPLAH) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tetap berupaya menjaga kualitas pendidikan akibat pandemi Covid-19. Apalagi kondisi itu tejadi sejak bulan Maret 2020 lalu, semua siswa disetiap tingkatan diliburkan dalam rangka untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Betapa tidak, anjuran pemerintah untuk lebih banyak dirumah seakan terhenti semua aktivitas masyarakat. Namun demikian. Bupati Inhu H Yopi Arianto SE bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) daerah itu terus mencari solusi yang terbaik untuk para siswanya.

Buktinya nyata, sebelum seluruh siswa di Kabupaten Inhu diliburkan, Bupati memilih turun ke sejumlah sekolah. Dimana dalam turun ke sekolah itu, Bupati memberikan edukasi yang berkaitan langsung dengan virus Corona. Bahkan, Bupati tidak segan-segan mengajarkan mulai dari cuci tangan hingga menerapkan pola hidup sehat.

Karena sebut Bupati, kunci utama dapat menyangkal terhindar dari virus Corona dengan menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. "Kuncinya, pola hidup sehat kembali diterapkan. Apalagi setiap selesai beraktivitas, dibiasakan cuci tangan," sebut Bupati Inhu H Yopi Arianto SE kala turun ke sekolah.

Selain sudah menerapkan pola hidup sehat, Bupati juga menganjurkan agar mengurangi aktivitas diluar rumah. Hal ini dimaksudkan, agar tidak terjadi kontak langsung dengan orang lain. Apalagi kontak langsung dalam bentuk komunikasi itu, dengan orang yang ada gejala atau orang yang baru pulang dari wilayah tertular positif Corona.

Ketika pola hidup sehat sudah diterapkan dan mengurangi aktivitas diluar rumah dapat dilakukan, maka kecil kemungkinan seseorang dapat tertular virus Corona. Bahkan, ketika pola tersebut dapat dikampanyekan hingga mengajak orang lain dapat menerapkannya, maka daerah ini dapat terhindar dari serangan virus corona.

Bupati belum dapat memastikan hingga kapan harus bersama-sama melawan Covid-19 ini. Namun Bupati berpesan kepada para siswa agar tetap mengikuti imbauan pemerintah tentang pola penanganan Covid-19. "Intinya tetap melakukan pola hidup sehat dan tetap berada dirumah," ulang Bupati Inhu mengimbau para siswa.

Untuk pola pembelajaran selama masa libur akibat virus Corona, Bupati meminta pihak sekolah agar mengikuti arahan dari Disdikbud Kabupaten Inhu. Sehingga apa yang menjadi diharapkan bersama, terutama dalam mengejar ketertinggalan kurikulum dapat tercapai.

Karena dengan pola tatap muka dibandingkan dengan pola daring, tentunya akan ada perbedaan cara terima dan cara serap siswa terhadap materi pembelajaran yang diberikan.

"Silahkan masing-masing pihak sekolah mempedomani pola yang diterapkan Disdikbud dalam penerapan pembelajaran," harapnya.

Ujian Semester dan UN Ditiadakan

Dalam upaya percepatan pencegahan Covid-19, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMP dan SD ditiadakan. Begitu juga dengan ujian semester disetiap jenjang pendidikan juga ditiadakan. Sehingga masing-masing siswa dinyatakan lulus dan dinyatakan naik kelas bagi yang tidak mengikuti ujian semester.

Pola pembelajaran selama masa libur sekolah ini sebut Plt Kadisdikbud Kabupaten Inhu Ibrahim Alimin SKM MPH didampingi Sekretaris Disdikbud Kamaruzaman S.Sos Msi berpedoman kepada surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19. Dimana melalui surat edaran tersebut, siswa dan guru tidak datang ke sekolah dan pembelajaran diberikan dalam bentuk daring.

Pembelajaran bisa diberikan oleh guru mata pelajaran dalam bentuk video yang dikirim ke WhatsApp siswa. Kemudian, dari video tersebut diminta untuk dicermati hingga dapat dipahami. Dari video tersebut, guru mata pelajaran akan memberikan materi soal yang harus dijawab oleh masing-masing siswa. Bahkan jawaban tersebut, juga dikirim ulang ke WhatsApp guru mata pelajaran.

"Selain melalui WhatsApp, juga ada yang menggunakan email dan polanya juga sama.
Program pemerintah sepertinya sangat bagus. Karena pembinaan terhadap anak sangat dirasakan oleh orangtua. Bahkan orang tua juga dituntut ikut memahami mata pelajar yang sedang diikuti anak," sebut Dra Erlina Wahyuningsih.

Karena, sebutnya, sesuai surat edaran tersebut yang berkenaan dengan penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat, maka kesehatan lahir dan batin siswa, guru, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan. Sehingga dengan dasar itu pula, UN dan kenaikan kelas diatur dalam surat edaran tersebut.

Dengan dibatalkannya UN Tahun 2O2O, maka keikutsertaan UN tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Bahkan dengan dibatalkannya UN Tahun 2O2O, maka proses penyetaraan bagi lulusan program Paket A, program Paket B, dan program Paket C akan ditentukan kemudian.

Begitu juga untuk belajar dari rumah dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan. Belajar dari rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19. Aktivitas dan tugas pembelajaran belajar dari rumah dapat bervariasi antar siswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/ fasilitas belajar di rumah.

Untuk nilai kelulusan UN, akan mengambil penggabungan hasil ujian semester sebelumnya yakni semester satu hingga semester lima bagi siswa tingkat SMP. Kemudian nalai-nilai lainnya terutama selama pembelajaran daring pada masa libur akibat virus Corona.

Begitu juga untuk kenaikan kelas, tetap dilihat dari semester dan nilai atas tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Makanya, selama libur ini kepada masing-masing siswa diberikan tugas yang pada akhirnya menjadi masukkan dan penentuan nilai di rapor.

Sedangkan untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB), Disdikbud dan sekolah akan menyiapkan mekanisme PPDB yang mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19, termasuk mencegah berkumpulnya siswa dan orangtua.

"Untuk PPDB pada jalur prestasi dilaksanakan berdasarkan akumulasi nilai rapor ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir dan prestasi akademik dan non-akademik di luar rapor sekolah", terangnya. (advetorial Pemkab Inhu /Argus)

Penulis : Argus
Editor : Ali
Kategori : Pemerintahan, Kabupaten Bengkalis
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 16 April 2024
Kapolres Pelalawan Turun Langsung Cek Rumah Warga yang Ditinggal Mudik
Selasa, 16 April 2024
Pembenahan di Pelabuhan RoRo Bengkalis Berdampak Positif ke Pelayanan dan Antrean
Selasa, 16 April 2024
Plt Bupati Asmar Hadiri Halalbihalal di Desa Mengkirau
Sabtu, 13 April 2024
AKBP Asep Sujarwadi Pimpin Patroli ke Perumahan Warga Jaga Keamanan Saat Libur Idulfitri 1445 H

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www