Jumat, 29 Maret 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Agung Nugroho - Ramadan 2024M

Kisah Inspiratif Pengusaha Muda
Relasi jadi Kunci Kesuksesan
Rabu, 08 Juli 2020 17:41 WIB
Relasi jadi Kunci Kesuksesan

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Menjadi seorang pengusaha sukses memang tak memandang gender dan usia. Siapa saja berhak mendapatkan kesuksesan, bahkan ketika usia masih terbilang muda. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Eva, seorang wanita muda yang mampu mengelola dan menjalankan bisnis Tour & Travel miliknya dengan sukses.

Bahkan tak itu saja, di tengah kesibukannya menjalankan bisnis Tour & Travel yang diberi nama Go Piknik yang sudah digelutinya sejak 7 tahun lalu tersebut, dirinya masih mampu membuka bisnis baru di bidang kuliner. Apa yang dilakukan oleh Eva ini layaknya bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi wanita-wanita muda dalam menjalankan bisnis.

Menjalani bisnis dua sekaligus memang bukan perkara mudah. Baik Tour & Travel maupun bisnis kuliner bukan bisnis yang hanya digeluti segelintir orang. Namun ada banyak pesaing. Jatuh bangun tentu telah dirasakan Eva hingga menjadi sosok pengusaha sukses seperti sekarang ini. Lalu bagaimana cara Eva mengelola dan menjalankan bisnisnya dan bisa bertahan hingga kini?

Memiliki nama lengkap Eva Puri Herawati, wanita kelahiran 1983 ini memulai karir bisnis Tour & Travel saat dirinya masih bekerja di salah satu kantor kontraktor di Kota Pekanbaru. Saat itu kebutuhan tiket perjalanan kantor kontraktor tempat dirinya bekerja lumayan tinggi setiap bulannya. Hal itu dijadikan peluang oleh dirinya untuk membuka usaha biro perjalanan.

"Tahun 2012 untuk jadi tour agent gampang banget. Jadi cuma registrasi hanya dengan KTP kita nanti akan dapat virtual untuk semuanya. Jadi mau transasksi apapun, dimanapun tempatnya tinggal pakai Hp aja, siapapun bisa. Namun semakin ke sini kan semakin dibatasi oleh Dinas Pariwisata. Mungkin karena banyak penipuan atau semacamnya, jadi harus ada tempat usaha dan legalitas," ujar Eva, Senin (8/7/2020).

Akhirnya bersama temannya, tahun 2013 Eva mulai memberanikan diri untuk membuat perusahaan Tour & Travel. Daripada harus membuat CV, keduanya memutuskan untuk langsung membuat PT agar lebih profesional.

"Awalnya meski sudah berbentuk perusahaan, yang dilayani masih ticketing saja dan waktu itu yang jual tiket itu masih banyak sekali. Artinya orang jualan di media sosial itu ada. Tapi kalau kita memang lebih percaya bisnis itu 'people join you, not your business'. Jadi orang itu akan lebih percaya karea kita kenal dia bukan karena bisnis kita yang dikenal. Jadi memang awalnya marketnya itu masih ke teman-teman dekat kita. Kemudian selanjutnya kita mulai soundingkan travel kita ini ke perusahaan-perusahaan yang disitu ada temen kita. Kita mulai masukkan penawaran di sana," Cakapnya.

Dulu saingan dari Go Piknik Tour & Travel masih travel-travel offline dan bukan perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring.

"Kalau dulu bisnis travel ini sangat menjanjikan sekali. Saingannya bukan seperti sekarang ini. Saingannya offline juga. Kalau sekarang kan tidak, orang bisa pesen tiket secara langsung melalui aplikasi-aplikasi perjalanan. Untuk itulah kita harus punya strategi untuk tetap bisa bertahan," jelasnya.

Lanjut Eva, selama tahun 2013-2015 dirinya bersama dengan temannya hanya menjadi agen ticketing saja. Kemudian pada tahun 2015 pihaknya mendapatkan order pertama kalinya membawa rombongan liburan ke Vietnam. Rombongannya pun berasal dari luar Provinsi yakni Palembang.

"Rombongan yang pertama kita bawa memang dari Palembang. Jadi kita ada teman yang merekomendasikan pakai travel kita dan alhamdulilah mereka mau. Lagi-lagi rezeki datang melalui relasi dan pertemanan," ucapnya.

Karena baru pertamakali tour membawa rombongan, pihaknya masih konsorsium dengan travel yang ada di Jakarta. "Jadi kita masih beli paket tour ke travel yang ada di Jakarta tersebut. Kita jadi sellernya, tapi tetap nama perusahaan kita yang muncul, itulah pertamakali berangkatin rombongan sekitar 24 orang ke Vietnam," sebutnya.

Kemudian di tahun 2016, pihaknya memberanikan diri untuk open trip lewat media sosial untuk pergi tour ke luar negeri. Dan tak disangka, ternyata banyak yang minat, jumlahnya ada sekitar 40 orang, dan ini adalah teman-teman semua. Pilihannya saat itu ke Bangkok.

"Dan saat memberangkatkan 40 orang ini kita sudah enggak konsorsium lagi. Jadi sebenarnya memberanikan diri saja. Karenakan kita secara perusahaan sudah ada legalitasnya, artinya bukan perusahaan abal-abal yang cuma mau ngeberangkatin orang-orang. Jadi akhirnya kita coba berangkatinlah 40 orang tadi. Dan saat itu permintaan dari rombongan memang backpacker. Dan saat disana hotelpun masih berpisah-pisah," ujarnya.

Saat di Bangkok, dirinya bertemu dengan pihak Agoda Hotel. Setelah bertemu dan ngobrol, akhinya Go Piknik ditawari untuk daftar member ke Agoda Hotel. Setelah menjadi member, pihaknya akan langsung memiliki akses ke seluruh hotel di dunia. Dan itu menjadi kesempatan besar bagi Go Piknik untuk menjadi lebih berkembang.

"Tak hanya itu saja, karena saat ke Bangkok kami memang bawa profil company dan sebagainya, akhirnya kita juga masukkan penawaran ke hotel-hotel yang ada di Bangkok. Dan akhirnya pada kesempatan tersebut, ada beberapa hotel yang saat itu langsung menjadi coorporate kita. Selain hotel kita juga tawarkan ke perusahaan transportasi dan tour leader. Jadi sekalian liburan sekalian kerja juga. Akhirnya kita jadi punya link disana," ucapnya.

"Alhamdulillah mulai tahun 2017 hingga sekarang, orderan ke kita memang lancar dan banyak. Bahkan di tahun 2017, belum habis tahun untuk yang order di tahun 2018 itu sudah ada. Alhamdulilah banyak yang percaya dengan kita," imbuhnya.

Punya Bisnis Cafe

Tak berhenti sampai disitu saja, jiwa bisnis wanita kelahiran Jawa Barat ini terus berkembang hingga akhirnya dirinya merambah bisnis kuliner. Saung Kopi menjadi nama Cafe yang dipilih oleh Eva untuk ikut bersaing di tengah semakin menjamurnya bisnis kuliner di Kota Pekanbaru. Fokus menawarkan menu makanan sunda, ternyata Saung Kopi diterima oleh masyarakat Pekanbaru dan akhirnya mampu bertahan hingga kini. Tepatnya berusia 3 tahun.

"Kalau bisnis kafe ini awalnya memang karena karena diajakin teman. Ngajakin join untuk buka kafe dengan modal bagi dua dan tentunya nanti keuntungan akan dibagi dua juga. Namun setelah mendekati hari pembukaan kafe, ternyata teman ini gak jadi. Sedangkan saya sudah membeli semua peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk kafe. Karena tak mungkin cancel dan barang-barangpun sudah dibeli, mau tak mau akhirnya saya nekad maju sendirian untuk buka kafe," terangnya.

Diakui wanita yang pernah kuliah S2 di Malaysia ini, awal membuka usaha kafe ini adalah sebuah keterpaksaan. Bagaimana dirinya sama sekali belum paham dengan dunia kuliner. "Jadi memang awalnya saya tak tahu bagaimana memasarkannya, membranding produk itu seperti apa memang tidak paham. Namun karena sudah terlanjur basah, yasudah mau tak mau akhirnya nyemplung sekalian," ungkapnya.

Masih kata Eva, awalnya dulu Saung Kopi hanya memang menjual kopi saja, saat itu masih berpikir idealis. Jadi tak mau jual selain kopi. Tapi setelah berjalan beberapa waktu, akhirnya Saung Kopi mencoba menghadirkan makanan kuliner khas sunda.

"Dari yang awalnya bingung setelah sharing dengan teman-teman yang punya Cafe lain dan juga konsultasi dengan chef hotel Pekanbaru, akhirnya semua bisa berjalan lancar hingga sekarang," ungkapnya.

Untuk filosofi pemilihan nama Saung Kopi adalah dirinya berharap kafe miliknya bisa menjadi tempat berteduh banyak orang. Karena di bahasa Sunda, saung artinya adalah tempat berteduh.

"Terlebih saya kan memang asli Sunda, jadi ingin menghadirkan menu-menu khas sunda kepada masyarakat Pekanbaru. Untuk yang masak saya langsung yang terjun di dapur. Karena kan memang lebih tahu gimana masakan sunda. Namun tentunya maskan sundanya disesuaikan dengan lidah orang sini ya," sebutnya.

Dan kini, usaha Saung Kopi miliknya juga sudah merambah ke catering. Tak hanya makanan sunda saja, untuk berbagai menu baik masakan padang ataupun minang tersedia semuanya.

"Kalau untuk catering sudah berjalan 1 tahun terakhir. Sasaran memang lebih ke perusahaan-perusahaan. Alhamdulilah lancar juga," tukasnya.

Tips Menghadapi Persaingan Bisnis

Eva Puri Herawati menyadari bisnis tour & travel dan kuliner saat ini semakin banyak bermunculan. Para pemain baru dengan berbagai inovasi semakin membuat pasar persaingan semakin ketat. Namun dirinya tetap optimis bisnis yang ia geluti ini akan tetap bisa eksis dan bertahan dalam menghadapi ketatnya persaingan.

"Cara terbaik dalam menghadapi ketatnya persaingan bisnis tour & travel adalah dengan tetap mempertahankan kualitas layanan yang maksimal pada konsumen. Karena untuk bisnis tour & travel yang kita jual kan memang jasa. Yang saya berani janjikan adalah pelayanan maksimal. Saya berani memberikan garansi 100 persen kepada pelanggan saya. Kalau tidak puas silakan tidak usah pesan lagi, tapi kalau puas tolong rekomendasikan kepada orang lain. Tapi selama ini yang order itu sering nya dari orang yang pernah order ke kita. Repeat orderlah istilahnya. Selain itu juga ditambah dari rekomendasi-rekomendasi para langganan kita," sebutnya.

Selain itu, kunci lain dari keberhasilan sebuah usaha adalah relasi dan hubungan baik. Relasi itu penting banget, bukan hanya untuk menjalankan usaha, tapi untuk apapun.

"Saya memang suka bergaul. Kalau kita mau kemana-mana nggak ada temen itu susah. Makanya relasi dan hubungan baik itu sangat penting dalam menjalankan usaha saya sekarang ini," Cakapnya.

Raih Penghargaan

Keseriusan Eva menjalankan bisnis Tour & Travel ini akhirnya berbuah manis. Perjuangan jatuh bangun yang dirasakan selama ini terbayar dengan dianugerahinya penghargaan untuk PT Tiva Tourindo Cakrawala selaku perusahaan yang menaungi Go Piknik Tour & Travel penghargaan.

Tak tanggung-tanggung, selama tahun 2020 ini ada dua penghargaan yang disabet oleh PT Tiva Tourindo Cakrawala. Penghargaan tersebut yang pertama adalah The Most Admired Company in Tour and Travel in Best Quality Service of The Year 2020 atau Perusahaan Tour and Travel yang aling disukai dan disenangi.

Selanjutnya penghargaan yang kedua adalah Most Recomended Tour & Travel atau perusahaan yang paling direkomendasikan berdasarkan pooling random beberapa customer dan coorporate.

"Tentunya Saya bersyukur atas karunia yang Allah berikan kepada saya. Perjuangan saya selama 7 tahun membesarkan perusahaan ini akhirnya membuakan hasil. Jatuh bangun tentu sudah saya rasakan. Yang paling penting adalah kita terus berupaya untuk menjaga kualitas pelayanan untuk customer. Karena di industri Tour & Travel, pelayanan memang menjadi yang paling penting," tukasnya.

Penulis : Unik Susanti
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Serba Serbi, Riau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 28 Maret 2024
Jelang Pilkada, Subdit Politik Dir Intelkam Polda Riau Silaturahmi dengan Pengurus Partai Gelora Rohul
Kamis, 28 Maret 2024
HIPMI Pekanbaru Gelar Buka Puasa Bersama dan Santuni Anak Yatim
Kamis, 28 Maret 2024
Pemprov bersama Masjid Annur Riau Serahkan Santunan ke 150 Anak Yatim
Kamis, 28 Maret 2024
Ketua Komisi Kejaksaan Apresiasi Kerja Kejagung Usut Mega Korupsi Tambang Timah

Serantau lainnya ...
Kamis, 28 Maret 2024
RAFI 2024, Telkomsel Berbagi Harapan dan Perkuat Semangat Kebersamaan
Rabu, 27 Maret 2024
Kick Off Riau Sharia Week 2024, BI Gelar Capacity Building Nazhir Wakaf Produktif
Kamis, 21 Maret 2024
Eka Hospital Pekanbaru Beri Kiat Olahraga Saat Puasa
Senin, 18 Maret 2024
Jalan-jalan dengan Nyaman Bersama Sinar Jaya: Layanan dan Pemesanan Online

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i
Jumat, 08 Maret 2024
Semarakkan Ramadan 1445 H, Umri Undang UAS hingga Santuni Seribu Dhuafa

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www