Jumat, 18 Juni 2021

Breaking News

  • Tahun Ini Pemberangkatan Jamaah Haji Indonesia Kembali Dibatalkan   ●   
  • Truck Terguling di Jalan Sudirman Pekanbaru   ●   
  • Jalan Arifin Achmad menuju Jalan Soekarno Hatta terjadi kemacetan parah, Jumat (26/3/2021) malam, pukul 20.00 wib, akibat banjir paska hujan deras.   ●   
  • Penembakan Kembali Terjadi di Pekanbaru, DPRD Minta Polisi Rutin Tes Psikologi   ●   
  • Kepala BPKAD Kuansing Tidak Penuhi Panggilan Jaksa   ●   
  • Kabar Baik, Tunjangan ASN Pemprov Riau segera Cair   ●   
  • Dukung Vaksinasi Covid-19, Pemprov Riau Refocussing Anggaran DAU 8 Persen   ●   
  • Zukri-Nasarudin Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Pelalawan Terpilih   ●   
  • Dewan Dukung Polisi Periksa Kadis DLHK Soal Tumpukan Sampah   ●   
  • Nunggak PBB di Pekanbaru Rumah Ditempel Stiker
Yamaha 12 Juni 2021
Polling
Pemerintah Kota Pekanbaru mulai mewajibkan warganya melampirkan bukti sudah vaksin Covid-19/sudah mendaftar jika ingin mengurus dokumen administrasi. Apakah Anda setuju?


CAKAP RAKYAT
Kurban, Spirit Berkontribusi dan Wakaf
Jum'at, 31 Juli 2020 19:15 WIB
Kurban, Spirit Berkontribusi dan Wakaf
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab LC, MM

PENGORBANAN besar dalam sejarah manusia hanya dilakukan oleh manusia pilihan. Dalam konteks Idul Adha yang detik ini diperingati kaum muslim seluruh dunia, tersebutlah kisah nabi Ibrahim As dan anaknya Ismail As. Pengorbanan yang mereka contohkan bak pondasi yang mengokohkan bangunan peradaban. Implikasi dari komitmen ketakwaan tersebut, dengan seizin Allah SWT, di atas tanah yang semula gersang menjadi kota makmur dan penuh keberkahan.

Pemaknaan Idul Adha lebih dari sekadar menyembelih hewan kurban. Ada motivasi moral yang luar biasa mendorong manusia ke tingkat mulia. Mengorbankan apa yang dimiliki dan paling dicintainya: berupa harta, benda, jabatan dan segalanya; mematahkan sifat egois dan serakah di dalam diri. Semua demi penghormatan untuk kepentingan lebih besar yakni tatanan sosial dan peradaban. Korelasinya dengan konteks kekinian adalah, esensi Idul Adha hanya bisa diraih oleh insan muslim jika terbentuk konektivitas antara kesalehan pribadi dengan kesalehan sosial. Karena esensi ibadah adanya implikasi sosial.

Mumpung berada di hari Tasyrik yang istimewa, selain menggelar penyembelihan, umat Islam juga dituntut dapat menggali sedalam mungkin hikmah dibalik peristiwa kurban. Agar kurban yang kita lakukan didorong atas ketakwaan dan keyakinan. Karena dua unsur inilah yang memantapkan hati Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS. Meski berat, di hati mereka telah tertancap satu hal: bahwa yang diperintahkan Allah SWT pastilah akan mendatangkan kebaikan. Selain sebagai indikator ketakwaan, terbukti kemudian apa yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS menginisiasi spirit baru bagi peradaban manusia.

Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS telah meletakkan prinsip mendasar dalam tatanan sosial. Dalam konteks lebih lanjut, Islam telah menyediakan banyak perangkat yang dapat dipakai untuk mengimplementasikan prinsip tersebut dalam kehidupan nyata. Selain berupa hewan kurban, pada kesempatan kali ini menarik untuk dibahas adalah potensi wakaf.

Wakaf Spirit Berkorban

Kita patut bersyukur bahwa bangsa Indonesia punya hasrat dan keinginan kuat menerapkan sifat berkorban. Setidaknya itu tergambar dari survei lembaga amal Inggris Charities Aid Foundation (CAF) merilis laporan World Giving Index, yang menempatkan Indonesia di peringkat teratas. disamping antusiasme berderma, Indonesia juga di peringkat teratas negara paling religius. Menurut Pew Research Center dalam surveinya The Globall God Divide (2020), dari 96% responden Indonesia mengganggap iman kepada Tuhan kunci bagi seseorang untuk bermoral dan 98% menganggap penting agama dalam kehidupan.

Kekuatan ini jelas modal sosial paling berharga bagi bangsa, yang mampu memulihkan bangsa tak peduli musibah sebesar apapun yang mendera. Terbukti selama pandemi, semangat kemanusiaan muncul di setiap pelosok dari setiap individu. Tanpa kenal strata ekonomi dan tanpa kendali dan bahkan tanpa support pemerintah. Inisiatif kebaikan ini tentu patut dijaga oleh negara dengan penguatan melalui kebijakan.

Secara regulasi UU nomor 41 Tahun 2004 tentang wakaf telah membuat arahan pemberdayaan wakaf sebagai salah satu instrumen dalam membangun kehidupan sosial ekonomi. Kehadiran UU wakaf adalah momentum pemberdayaan wakaf secara produktif, yang menggariskan perlunya pola manajemen pemberdayaan potensi wakaf secara modern. Karena melihat potensinya yang luar biasa dan selama ini cenderung tidak terkelola dengan baik.

Untuk Riau saja misalnya, usia produktif penduduk Riau ditaksir sebanyak 4,5 juta jiwa. Jika 87 persen usia produktif tersebut adalah muslim lalu mereka berwakaf uang Rp 2 juta per tahun, maka akan terhimpun komitmen dana wakaf uang sebesar Rp7,8 triliun per tahun. Itu lebih separo dari total APBD provinsi Riau 2020.

Selain wakaf berupa dana, potensi tanah wakaf juga tak kalah menjanjikan. Luas tanah wakaf Riau diperkirakan 2,093.71 Ha yang tersebar di 8.115 lokasi. Penggunaannya masih didominasi tempat ibadah, pendidikan dan pemakaman.

Di level pemerintahan, imbauan Gubernur Riau Syamsuar yang mengajak masyarakat untuk gemar beramal melalui wakaf tunai melalui gerakan yang dicanangkan pemerintah berupa wakaf Rp1.000 per hari patut disambut baik. Sekarang tinggal aspek menajerialnya. Karena dari wakaf setakad ini, umumnya belum mengarah kepada pengelolaan wakaf produktif yang kebermanfaatan dan keberlanjutannya lebih luas dapat dirasakan oleh penerima manfaat wakaf (mauquf alaihi).

Pengelolaan yang dimaksud tentu harus terintegrasi, terpenuhi asas kesejahteraan nazir, dan asas transformasi dan tanggung jawab. Dalam pembahasan lebih progresif, wakaf juga diarahkan untuk kepentingan pemberdayaan masyarakat bahkan dimanfaatkan sebagai instrumen investasi. Sehingga akan berdampak lebih besar dalam sektor ekonomi umat dibanding hanya sekadar penunjang sarana dan prasarana ibadah dan kegiatan sosial yang sifatnya sektoral.

Berangkat dari pemaparan di atas jelas bahwasanya selama ini Islam punya perangkat yang luar biasa. Kurban sebagai momentum spirit yang harus ada dalam pribadi seorang muslim, dan kemudian wakaf sebagai media mewujudkan ke ranah realita. Sekarang kuncinya bagaimana potensi kebaikan tersebut dapat dikelola. Peran negara dalam hal ini pemerintah sebagai regulator kuncinya. Karena untuk memperoleh manfaat wakaf perlu strategi dan regulasi. Dalam konteks Riau, maka ke depan perlu melihat kembali dukungan regulasi. Baik itu Peraturan Daerah (Perda) atau Peraturan Kepala Daerah (Perkada) yang secara serius dapat mengoptimalkan spirit pergorbanan ini.

Semoga pada momen Idul Kurban tahun ini Allah SWT menancapkan spirit pengorbanan ke dalam pribadi kita. Sehingga semangat tersebut lestari sepanjang waktu. Melalui amalan-amalan itulah kita membuktikan diri kepada Allah SWT bahwa telah berupaya menjauhkan diri dari mengikuti hawa nafsu, sifat egois dan mementingkan diri sendiri. Karena Allah SWT Maha Kaya dan tak butuh apapun dari kita. Instrumen ibadah yang Allah SWT wajibkan kepada justru untuk kembaikan manusia sendiri: pribadi, komunitas, masyarakat dan peradaban.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab LC, MM (Anggota Komisi III DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Pemerintah Kota Pekanbaru mulai mewajibkan warganya melampirkan bukti sudah vaksin Covid-19/sudah mendaftar jika ingin mengurus dokumen administrasi. Apakah Anda setuju?

Berita Terkait
Rabu, 09 Juni 2021 09:00 WIB
Agar Peluang tak Hilang
Kamis, 17 Juni 2021 08:04 WIB
Pajak Dari Rakyat Untuk Rakyat
Jum'at, 23 April 2021 08:02 WIB
Sumber Daya Alam Dan Kesenjangan Ekonomi
Kamis, 13 Mei 2021 06:00 WIB
Fitrah, Berbagi dan Kekuatan Sosial
Minggu, 02 Mei 2021 11:11 WIB
Buruh Aset Bangsa
Selasa, 18 Mei 2021 09:14 WIB
Pembangunan Berkeadilan Bagi Riau
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Selasa, 01 Juni 2021 22:25 WIB
Pancasila Butuh Bukti
Minggu, 28 Maret 2021 20:33 WIB
Sumber Daya Alam Terjaga, Riau Berjaya
Minggu, 21 Maret 2021 21:20 WIB
Menjaga Optimisme Melalui Kebijakan
Jum'at, 02 April 2021 20:54 WIB
Asa Keberkahan di HUT BRK
Rabu, 24 Februari 2021 14:30 WIB
Alarm Meningkatnya Angka Kemiskinan
Minggu, 07 Maret 2021 06:15 WIB
Transportasi Urat Nadi Ekonomi
Senin, 15 Maret 2021 07:19 WIB
Pangan Aman, Ekonomi Mapan
Minggu, 11 April 2021 21:00 WIB
Modal Sosial Adalah Aset Berharga
Jum'at, 16 April 2021 05:11 WIB
Ramadhan dalam Masa Pandemi Covid-19
Jum'at, 04 Desember 2020 10:39 WIB
COVID-19 dan Pentahelix
Sabtu, 19 Desember 2020 07:01 WIB
Bela Negara Untuk Ekonomi Yang Berdaulat
Rabu, 04 November 2020 10:26 WIB
Misi Riau Bangkitkan Pariwisata Dan UMKM
Sabtu, 06 Februari 2021 16:44 WIB
Runtuhnya Demokrasi di Myanmar?
Selasa, 10 November 2020 08:01 WIB
Melestarikan Warisan Pahlawan
Rabu, 07 Oktober 2020 08:36 WIB
Mencari Berkah Dalam Syariah
Minggu, 19 Juli 2020 16:34 WIB
Ketika Pendapatan Ikut 'Jaga Jarak'
Sabtu, 24 Oktober 2020 08:03 WIB
Perlukah Merivisi RPJMD?
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 08 Juni 2021
Pemerintah Diimbau Hentikan Impor Alkes, Bamsoet: Sektor Kesehatan Ini Justru Dinikmati oleh Asing
Senin, 07 Juni 2021
Soal Wawasan Kebangsaan, FPKB MPR RI: Itu Sesuatu yang Fundamental, Penting untuk Indonesia
Jumat, 28 Mei 2021
Ketua MPR RI Luncurkan Buku ke-19 Berjudul ‘Cegah Negara Tanpa Arah’
Selasa, 25 Mei 2021
Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, Achmad: MPR Dorong 4 Pilar Masuk Kurikulum Pendidikan Nasional

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 17 Juni 2021
Pj Bupati Inhu Letakkan Batu Pertama Rumah Layak Huni Program Baznas
Kamis, 17 Juni 2021
Peduli UMKM, Bupati Rohil Grand Opening Uma Cake and Bakery
Kamis, 17 Juni 2021
Idris Laena Sosialisasi Tujuan Pembentukan Sinergi Ekosistem BUMN Ultra Mikro di Pelalawan
Kamis, 17 Juni 2021
Empat Utusan Kampar Raih Gelar pada Pemilihan Putera Puteri Duta Remaja Provinsi Riau

Serantau lainnya ...
Senin, 31 Mei 2021
Segera Diluncurkan, Biografi Presiden Penyair Sutardji Calzoum Bachri
Minggu, 30 Mei 2021
UIR dan IAEI Riau Edukasi Pelaku Usaha di Pekanbaru tentang Konsep Laundry Syariah
Selasa, 11 Mei 2021
Tampil Cantik saat Lebaran, Fajar Cosmetic Ramai Pengunjung
Rabu, 05 Mei 2021
7 Cara Gampang Agar Lebih Mudah Bangun untuk Sahur

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu

Advertorial lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
5 Smartphone Terbaru dari Oppo Tahun 2021
Senin, 03 Mei 2021
Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku Kurang dari 2 Pekan Lagi
Kamis, 29 April 2021
Dua Minggu Lagi WhatsApp akan Blokir Kamu
Selasa, 13 April 2021
Bukan Mimpi Lagi, Ini 2 Mobil Terbang yang sudah Dapat Izin Mengudara

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic
Rabu, 05 Mei 2021
Kurang Minum Air Putih saat Berbuka Bisa Bikin Berat Badan Melonjak
Selasa, 13 April 2021
Tips Sehat saat Puasa: Olahraga Ringan dan Penuhi Nutrisi
Senin, 18 Januari 2021
Terlalu Lama Pakai Masker Sebabkan Mata Kering, Ini Cara Mencegahnya

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 17 Juni 2021
Bantu Hadapi Dunia Kerja, Fikom UIR Luncurkan Program Magang bagi Mahasiswa
Jumat, 11 Juni 2021
Perdana di Pekanbaru, Santri di Pondok Pesantren Terima Vaksin Covid-19
Rabu, 09 Juni 2021
Tingkatkan SDM Daerah, PCR Lakukan Pertemuan dengan Pemkab Meranti
Selasa, 01 Juni 2021
Alumni di Meranti Dukung Dr Moris Jadi Ketua IKA Unri

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...
Polling
Pemerintah Kota Pekanbaru mulai mewajibkan warganya melampirkan bukti sudah vaksin Covid-19/sudah mendaftar jika ingin mengurus dokumen administrasi. Apakah Anda setuju?


Unilak 1 Juni 2021
Terpopuler
Waisak 26 Mei 2021 - APRIL
Foto
Idul Fitri 1442 BRK
Idul Fitri 1442 Syahrul Aidi
Kamis, 29 April 2021
7 Artis Indonesia dengan Bayaran Selangit
Selasa, 13 April 2021
Diungkap Sahabat, Billy Sering Bengong Sulit Lupakan Pesona Amanda Manopo
Rabu, 31 Maret 2021
Aa Gym Cabut Gugatan Cerai ke Teh Ninih
Jumat, 19 Maret 2021
Diduga Terlibat Perdagangan Anak sebagai PSK, Artis Cynthiara Alona Terancam 10 Tahun Penjara

Selebriti lainnya ...
Muswil PPP 29 Mei 2021
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
PKB Kampar - Catur Sugeng
Senin, 14 Juni 2021
Santri Rumah Qur'an Hajjah Rohana Tak Hanya Fokus Tahfiz Tapi Juga Belajar Pokok Keislaman
Selasa, 18 Mei 2021
Hukum Menggabung Puasa Qada Ramadan dan Syawal
Jumat, 07 Mei 2021
Rilis Lagu Bertema 'Tak Mudik', Azwa Nasyid dan Azam Voice Bikin Sedih Hilang
Rabu, 05 Mei 2021
4 Golongan Manusia Mendapat Kebahagian dan Kesengsaraan

Religi lainnya ...
Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRD
Indeks Berita
Pesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021APRIL/RAPP - ImlekNyepi 14 Maret 2021 - APRIL RAPPHUT Kampar 2021 - APRIL-RAPP
www www