Sabtu, 20 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
Mendistribusikan Kemerdekaan
Jum'at, 14 Agustus 2020 07:01 WIB
Mendistribusikan Kemerdekaan
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab LC MM

Telah 75 tahun kemerdekaan Indonesia diperingati. Meski secara raga kita tak pernah berada di masa perjuangan meraih kemerdekaan, tetapi jiwa merdeka bersemayam hingga ke pelosok nusa. Di hari kemerdekaan ini ungkapan bahagia dan suka cita diekspresikan ke dalam berbagai bentuk perayaan dan acara. Tua muda, miskin kaya, pejabat rakyat semua berbaur dan melebur menjadi satu tanpa sekat pembeda. Suatu pemandangan luar biasa yang bisa kita lihat di hari nan bersejarah bangsa. 

Seiring waktu, narasi kemerdekaan terus berevolusi dan dielaborasi ke arah lebih progresif. Paska reformasi membawa perubahan fundamental dalam penyelenggaraan pemerintahan. Ditandai dengan desentralisasi dan pembagian kewenangan antara pusat dan daerah. Langkah baik guna memperkuat rasa kepemilikan terhadap “kemerdekaan”. Wujudnya demokratisasi melalui pengokohan pilar-pilar demokrasi yang sebelumnya hanya didominasi suara elit; Keterlibatan dan partisipasi rakyat hingga ke akar rumput; dan paling utama distribusi “kemerdekaan” ke daerah berupa pengelolaan kekayaan daerah untuk kepentingan daerah, meski ada celah itu wajar. Toh manusia dan produknya tak ada yang sempurna. Negara semisal Amerika Serikat dan negara di Eropa juga butuh proses lama mencapai level sekarang. Adapun bangsa kita, mengutip buku karangan Max Lane berjudul “Indonesia: Bangsa yang Belum Selesai”, bahwa Indonesia merdeka bukan jaminan berjaya tapi justru permulaan menuju fase selanjutnya. Perjalanan yang menguji konsistensi serta kontribusi masing-masing kita. 

Tugas Mulia

Pemerintah Daerah memikul tugas mulia agar warisan kemerdekaan dapat dirasakan segenap rakyat. Karena kemerdekaan bukan jargon, harus ada wujud riil yang dapat dirasakan. Terjaminnya pemenuhan hak-hak dasar rakyat dari pemerintah, baik dalam bentuk barang publik (public goods) pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan kehidupan layak dan lain-lain, termasuk hak politik dan demokrasi. Dalam menjalankan tugas itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) punya peran spesial. Undang-Undang nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menyebut provinsi selain berstatus Daerah juga wakil Pemerintah Pusat dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan umum di wilayah provinsi. 

Berangkat dari posisi itu, wajar Pemprov menyuarakan kepentingan daerah. Untuk Riau, berulang kali Pemprov Riau bersama lembaga legislatif dan elemen masyarakat Riau meminta keadilan Dana Bagi Hasil (DBH), kebijakan anggaran nasional dan perhatian pusat terhadap pembangunan di Riau. Terakhir suara itu kembali bergaung  melalui lisan Gubernur Riau (Gubri) H. Syamsuar saat membuka webinar berjudul ''Merayu APBN untuk Infrastruktur Riau yang Lebih Baik'' yang ditaja Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Riau, Selasa (11/8/2020). Di forum yang hadirkan tiga narasumber yakni anggota Komisi V DPR RI asal Riau Syahrul Aidi, Kepala Dinas PUPRKPP Riau M Taufik Oesman Hamid dan Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Riau Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Gubri berharap kontribusi besar komoditas dan SDA Riau terhadap perekonomian nasional sepadan dengan perhatian dan alokasi pembangunan infrastruktur untuk Riau di APBN.

Dalam hal ini DPRD Provinsi Riau selaku mitra Pemprov mendukung penuh pernyataan Gubri. Berikut juga mengapresiasi antusiasme wakil Riau di DPR RI, salah satunya saudara Syahrul Aidi selaku anggota Fraksi PKS di Komisi V DPR RI bidang infrastruktur, yang getol menyampaikan aspirasi Riau di APBN. Namun upaya ini butuh sinergitas dan keterpaduan. Terutama Pemprov Riau agar selalu mengevaluasi dan membenahi kemampuan perangkat serta mempersiapkan diri. Karena persoalan “merayu” APBN tak bisa mengandalkan sentimen kedaerahan semata. Namun harus dibarengi prestasi dan unjuk kinerja. 

Berbenah Sebaik Persiapan

Ada celotehan, kenapa provinsi tetangga seperti Sumatera Barat bisa meraih dana melimpah dari APBN sementara Riau tidak? Kuncinya simpel: keinginan, kesungguhan dan kinerja. Provinsi Riau patut berkaca. Kekurangan selama ini pengalaman berharga. Seperti merebut Dana Insentif Daerah (DID) yang merupakan cara Pusat untuk memotivasi komitmen daerah dan menciptakan suasana kompetisi memberi pelayanan dasar terbaik bagi masyarakat, dan memberi reward bagi Pemda berkinerja baik. Barometernya: tata kelola keuangan daerah, pelayanan umum, pelayanan dasar publik dan infrastruktur. Sayangnya transfer DID ke Riau terbilang minim. Penyebabnya kinerja yang belum optimal. Ambil contoh aspek mendasar seperti Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Hasil evaluasi SAKIP 2019 Provinsi Riau memperoleh predikat B. Praktis tak berhak atas subsidi dan dana alokasi dari Kementerian Keuangan. Karena reward hanya bagi Pemda berpredikat A. Selain itu, respon terhadap peluang jadi catatan. Ketidaksiapan secara teknis pernah berujung tak dapat terlaksananya Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun 2018 dalam jumlah signifikan. Tahun 2019 bahkan proposal DAK Fisik tak disetujui kementerian/lembaga terkait.

Selain hal di atas, ada aspek lain tak kalah urgen. Dalam konteks kemerdekaan, pertanyaan relevan bagaimana Pemda memaknainya? Terkait ini, bisa melihat Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Badan Pusat Statistik sebagai indikator tingkat perkembangan demokrasi Indonesia yang diukur berdasarkan pelaksanaan dan perkembangan 3 aspek yaitu kebebasan sipil, hak-hak politik, lembaga demokrasi. Adapun IDI Provinsi Riau tahun 2019 (75,21) mengalami penurunan dibandingkan tahun 2018. Secara nasional, Jakarta mendapat skor tertinggi dan provinsi satu-satunya di Pulau Jawa yang berada di lima besar IDI.

Maka kunci merayu APBN sangat tergantung prestasi dan kinerja. Kami optimis, kepemimpinan Gubernur Syamsuar dan Wakil Gubernur Edy Natar Nasution punya itikad ke sana. Komitmennya pun sudah tampak. Diantaranya realisasi APBN yang menurut Direktorat Jenderal Perbendaharaan, secara nasional Riau berada di urutan kedua. Barometernya serapan anggaran seperti realisasi DAK termasuk dana desa. Evaluasi kinerja pelaksanaan APBN semester I tahun 2020 Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Riau juga mencatat serapan anggaran untuk DBH mencapai Rp4.076 M dari pagu anggaran sebesar Rp6.074 M. Ini perlu dipertahankan dan terus dibenahi agar bisa konsisten. 

Dari pemaparan di atas jelas bahwa kemerdekaan yang kita peringati bukanlah akhir, tapi justru fase permulaan menuju ke depan. Orang bijak berkata: menggapai sesuatu itu sulit tapi mempertahankan jauh lebih sulit. Para pendahulu berjuang merebut kemerdekaan dengan jiwa raga dan tak minta dibangunkan monumen. Keinginan mereka hanyalah penerusnya dapat hidup layak, lepas dari penjajahan yang mengebiri martabat dan harga diri bangsa. Mempertahankan kemerdekaan bukan dengan perayaan dan slogan. Tapi bagaimana buah kemerdekaan didistribusikan. Sehingga dapat dirasakan oleh setiap insan tanpa ada lagi yang merasa diterlantarkan dan dianaktirikan.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab LC MM (Anggota Komisi III DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Lainnya
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 19 April 2024
Rahmansyah Bacawako Pekanbaru Gelar Halal Bihalal Bersama Masyarakat dan Tokoh
Selasa, 16 April 2024
Kapolres Pelalawan Turun Langsung Cek Rumah Warga yang Ditinggal Mudik
Selasa, 16 April 2024
Pembenahan di Pelabuhan RoRo Bengkalis Berdampak Positif ke Pelayanan dan Antrean
Selasa, 16 April 2024
Plt Bupati Asmar Hadiri Halalbihalal di Desa Mengkirau

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www