Jumat, 02 Oktober 2020

Breaking News

  • KPK Tuntut Direktur PT Mitra Bungo Abadi 10 Tahun Penjara Dalam Kasus Korupsi Jalan Poros di Bengkalis   ●   
  • Bos Pertamina Gerah Diserang Gara-gara Harga BBM Tak Turun   ●   
  • 10 Staf DPR RI Dinyatakan Positif Covid-19   ●   
  • Pelantikan Pengurus DPD I Golkar Riau Ditunda karena Covid-19   ●   
  • DPD RI Tetap Tolak Pilkada Serentak 9 Desember 2020   ●   
  • Kejaksaan Agung akan Periksa Jaksa Penuntut 2 Polisi Penyiraman Novel Baswedan   ●   
  • Kecewa Putusan Bebas Tiga WNA, Mahasiswa Demo PN Bengkalis   ●   
  • Bulan Depan Pemko Pekanbaru 'Lelang' Jabatan Sekda dan Kepala OPD   ●   
  • Hasto Akui RUU HIP Diusulkan PDIP   ●   
  • Infeksi Virus Corona di Seluruh Dunia Tembus 10 Juta Kasus
Yamaha 1 Oktober 2020
Polling
Siapa Pasang Calon Bupati dan Wakil Bupati Siak Pilihan Anda?


CAKAP RAKYAT:
Strategi Pembangunan Industri Pariwisata
Selasa, 01 September 2020 22:53 WIB
Strategi Pembangunan Industri Pariwisata

(CAKAPLAH) - Industri pariwisata merupakan sektor yang mengalami dampak langsung dan terpengaruh luar biasa akibat pandemi Covid-19. Keperkasaan virus ini hampir melumpuhkan industri pariwisata di sebagian besar negara-negara di dunia tidak terkecuali Indonesia. Sejak Februari 2020, industri pariwisata mulai melemah seiring dengan banyaknya wisatawan yang memilih untuk membatalkan rencana keberangkatannya. Fenomena tersebut diperparah dengan semakin meluasnya kasus penularan Covid-19 yang kemudian memunculkan kebijakan berbagai negara untuk melakukan lockdown, sehingga praktis memutus mata rantai siklus kegiatan parawisata.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis pada 1 Juli 2020, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Mei 2020 mengalami penurunan drastis sebesar 86,90 persen dibanding jumlah kunjungan pada Mei 2019. Secara kumulatif (Januari–Mei 2020), jumlah kunjungan wisman ke Indonesia sebanyak 2,93 juta kunjungan atau turun sebesar 53,36 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama pada tahun 2019. Kondisi ini diyakini mengakibatkan target kunjungan wisman pada tahun 2020 sebesar 17 juta kunjungan tidak mungkin dapat tercapai dan diprediksi akan terkoreksi sangat dalam.

Data sektor pariwisata lainnya seperti Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel klasifikasi bintang di Indonesia pada Mei 2020 berada pada rata-rata 14,45 persen atau turun sebesar 29,08 poin dibandingkan dengan TPK Mei 2019 yang tercatat sebesar 43,53 persen. Selanjutnya rata-rata lama menginap tamu mancanegara dan Nusantara pada hotel klasifikasi bintang selama Mei 2020 tercatat sebesar 1,86 hari atau mengalami penurunan sebesar 0,07 poin, jika dibandingkan keadaan Mei 2019. Beberapa data statistik tersebut memberikan gambaran pada kita bahwa sektor industri pariwisata di Indonesia sedang mengalami penurunan signifikan yang tentunya akan berdampak pada sektor-sektor lainnya. Sehubungan dengan hal tersebut, sangat perlu bagi pemerintah dan semua pemangku kepentingan pariwisata untuk bersama-sama bersinergi membangun industri pariwisata yang saat ini berada pada fase kritis.

Menurut United Nations World Tourism Organization (UNWTO) industri pariwisata didefinisikan sebagai semua usaha yang kegiatan utamanya berkarakteristik pariwisata. Definisi tersebut sejalan dengan Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, yang menyebutkan bahwa industri pariwisata merupakan kumpulan usaha pariwisata yang saling terkait dalam rangka menghasilkan barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan wisatawan dalam penyelenggaraan pariwisata. Pembangunan industri pariwisata menurut UU dimaksud meliputi pembangunan struktur industri pariwisata, daya saing produk pariwisata, kemitraan usaha pariwisata, kredibilitas bisnis, serta tanggung jawab terhadap lingkungan alam dan sosial budaya.

Beberapa strategi pembangunan industri pariwisata yang diuraikan dalam tulisan ini dikembangkan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional 2010-2025. Implementasi strategi dimaksud tentunya disesuaikan dengan kondisi saat ini yaitu di era adaptasi kebiasaan baru, yang mengharuskan kita untuk membiasakan perilaku hidup bersih dan gaya hidup yang sehat untuk dapat terus aktif, kreatif, dan produktif. Berikut diuraikan beberapa strategi pembangunan industri pariwisata yang perlu segera dilakukan yaitu:

Memperkuat Struktur Industri Pariwisata


Struktur industri pariwisata merupakan salah satu pilar dalam pelaksanaan pembangunan industri pariwisata. Fenomena dari dampak Covid-19 yang melemahkan sektor pariwisata, perlu segera diantisipasi dengan menguatkan struktur industri pariwisata melalui penguatan fungsi, hierarki, dan hubungan antar mata rantai pembentuk industri pariwisata untuk meningkatkan daya saing industri pariwisata. Strategi penguatan struktur industri pariwisata ini meliputi: (a) peningkatan sinergi dan keadilan distributif antar mata rantai pembentuk industri pariwisata; (b) penguatan hubungan fungsional antar usaha pariwisata sejenis untuk meningkatkan daya saing; dan (c) penguatan mata rantai untuk meningkatkan nilai tambah dan survive pelaku usaha pariwisata.

Meningkatkan Daya Saing Produk Pariwisata
Adanya kondisi “puasa” kegiatan pariwisata saat ini, sebenarnya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha pariwisata untuk mempersiapkan strategi guna meningkatkan daya saing produk pariwisata mereka. Beberapa strategi yang dapat dilakukan yaitu: (a) meningkatkan daya saing atraksi sebagai daya tarik utama sebuah destinasi wisata melalui pengembangan kualitas dan keragaman usaha daya tarik wisata; (b) meningkatkan daya saing amenitas sebagai fasilitas pendukung pariwisata melalui pengembangan kapasitas dan peningkatan kualitas fungsi layanan fasilitas pariwisata yang memenuhi standar internasional dengan tetap memperhatikan keunikan dan kekhasan lokal; dan (c) meningkatkan daya saing aksesibilitas melalui pengembangan kapasitas dan kualitas layanan jasa transportasi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan perjalanan wisatawan ke destinasi pariwisata.

Mengembangkan Kemitraan Usaha Pariwisata 

Pandemi Covid-19 berdampak pada banyaknya usaha industri pariwisata yang memilih “gulung tikar” untuk menghindari kerugian yang lebih besar. Kekuatan kerjasama antar pelaku usaha pariwisata dan pemangku kepentingan adalah kunci untuk meminimalisir keadaan ini. Pengembangan kemitraan usaha pariwisata diwujudkan dalam bentuk pengembangan skema kerja sama antara Pemerintah, Pemerintah Daerah, dunia usaha, dan masyarakat. Adapun strategi pengembangan kemitraan usaha pariwisata meliputi: (a) penguatan kerja sama dengan prinsip kesetaraan antara Pemerintah, Pemerintah Daerah, dunia usaha pariwisata, dan masyarakat; (b) penguatan monitoring dan melakukan evaluasi terhadap kerja sama yang telah dilakukan; dan (c) pengembangan kemitraan usaha pariwisata dengan pola pemberdayaan masyarakat yang dapat mendorong gerakan sadar wisata dan peningkatan ekonomi masyarakat. Pengembangan kemitraan ini penting sebagai upaya untuk saling mengisi dan melengkapi usaha pariwisata, sehingga dapat meningkatkan layanan pariwisata yang berkualitas.

Membangun Kredibilitas Bisnis Pariwisata
Kredibilitas bisnis merupakan modal utama yang diperlukan untuk memberikan keyakinan kepada para wisatawan dan mitra terhadap kualitas produk pariwisata yang dipasarkan. Kredibilitas bisnis dapat diwujudkan melalui pengembangan manajemen dan pelayanan usaha pariwisata yang berkualitas dan tepercaya dengan strategi meliputi: (a) menerapkan standardisasi dan sertifikasi usaha pariwisata sesuai prinsip-prinsip dan standar internasional dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal; (b) menerapkan sistem yang aman dan tepercaya dalam transaksi bisnis secara elektronik; dan (c) mendukung penjaminan usaha melalui regulasi dan fasilitasi yang dapat meningkatkan kepercayaan publik.

Mengembangkan Pariwisata Ramah Lingkungan
Daya tarik pariwisata saat ini telah mengalami perubahan, dan tidak lagi hanya berorientasi pada keunikan dan keindahan saja. Kini faktor kesehatan lingkungan telah menjadi faktor penentu yang sangat perlu diperhatikan dalam dunia usaha pariwisata. Sehubungan dengan hal tersebut, upaya pengembangan tanggung jawab terhadap lingkungan menjadi hal yang urgen dan prioritas. Untuk itu perlu dilakukan pengembangan manajemen usaha pariwisata yang didasarkan pada prinsip-prinsip pembangunan pariwisata berkelanjutan, kode etik pariwisata dunia, dan ekonomi hijau. Adapun strategi yang dapat dilakukan yaitu: (a) mendorong tumbuhnya ekonomi hijau di sepanjang mata rantai usaha pariwisata; (b) mengembangkan manajemen usaha pariwisata yang aktif memberikan perlindungan dan pelestarian terhadap lingkungan dan budaya; dan (c) mengembangkan usaha pariwisata yang mengedepankan aspek kualitas kebersihan dan penerapan protokol kesehatan secara konsisten.

Kedepan diharapkan semua pemangku kepentingan pariwisata memiliki concern yang sama untuk mewujudkan pembangunan industri pariwisata yang modern di tanah air. Berbagai potensi, sumber daya, dan modal pembangunan pariwisata yang telah tersedia seperti keindahan alam, peninggalan sejarah, kesenian, dan keanekaragaman budaya nusantara dapat terus digali dan dikembangkan. Di sisi lain, sudah saatnya pula kita untuk mempersiapkan sumber daya pariwisata yang mampu menghadapi perubahan global dan kemajuan teknologi. Adapun kondisi yang terjadi saat ini (pandemi Covid-19), kita harapkan dapat menjadi pelajaran berharga dan mamacu kita untuk memunculkan inovasi-inovasi dalam melaksanakan pembangunan industri pariwisata. Salah satu contohnya adalah penerapan wisata virtual yang dapat menembus dimensi ruang dan waktu sebagai implementasi dari strategi meningkatkan daya saing produk wisata. ***

Penulis : Dr. Biryanto, Pengamat Pariwisata
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Siapa Pasang Calon Bupati dan Wakil Bupati Siak Pilihan Anda?

Berita Terkait
Sabtu, 19 September 2020 09:10 WIB
Demokrasi Bukanlah “Kursi”
Minggu, 21 Juni 2020 06:33 WIB
Pancasila Sudah final!
Minggu, 30 Agustus 2020 19:02 WIB
Malaysia dan Hari Kemerdekaan
Minggu, 05 Juli 2020 21:02 WIB
Berdayakan Ormas untuk Kepentingan Bangsa
Kamis, 28 Mei 2020 13:27 WIB
Setengah New Normal
Selasa, 30 Juni 2020 13:15 WIB
Jangan Buru-buru Sahkan Perda RTRW
Minggu, 19 Juli 2020 16:34 WIB
Ketika Pendapatan Ikut 'Jaga Jarak'
Jum'at, 08 Mei 2020 18:00 WIB
Stempel Miskin
Senin, 10 Agustus 2020 14:23 WIB
Tanggapan Pidato Gubri pada HUT ke-63 Riau
Senin, 21 September 2020 11:26 WIB
Rahasia di Balik Sengsara
Kamis, 06 Agustus 2020 17:01 WIB
New Normal, New Life Style
Jum'at, 22 Mei 2020 12:08 WIB
Wabah yang Berujung Pasrah
Selasa, 07 April 2020 12:00 WIB
Ayolah, Jangan Gamang
Sabtu, 11 April 2020 08:24 WIB
Kampanye #JanganMudik
Sabtu, 30 Mei 2020 19:04 WIB
New Normal Jangan Ngasal
Sabtu, 02 Mei 2020 10:27 WIB
Refleksi Milad ke-88 Pemuda Muhammadiyah
Selasa, 22 September 2020 09:34 WIB
Mempertanyakan Fokus APBD Riau 2020
Rabu, 01 Januari 2020 09:00 WIB
2020, Tahun Para Milenial
Kamis, 20 Februari 2020 13:51 WIB
Menunggu Ketepatan Respon Policy
Kamis, 20 Februari 2020 19:04 WIB
3 And 1
Selasa, 18 Agustus 2020 09:58 WIB
Hijrah Butuh Pembuktian
Sabtu, 08 Agustus 2020 07:18 WIB
Riau Bermarwah di Tengah Wabah
Sabtu, 22 Agustus 2020 16:12 WIB
Otonomi Daerah dan Pandemi Covid-19
Selasa, 29 September 2020 08:13 WIB
Karena Sejarah Bukan Nostalgia
Komentar
Berita Pilihan
Minggu, 28 Juni 2020
Video Jokowi Marah 18 Juni, Kenapa Baru Dirilis Sekarang?
Minggu, 28 Juni 2020
Keroyok 5 Polisi, 11 WNA Nigeria Ditangkap Polda Metro
Minggu, 28 Juni 2020
Ratusan Warga Uji Swab dan Rapid Test di Pasar Agus Salim, Ini Hasilnya
Minggu, 28 Juni 2020
Ini Penyebab PPDB Jalur Zonasi di Riau Banyak Diprotes
Sabtu, 27 Juni 2020
Unilever, Coca Cola Dkk Setop Iklan di Facebook, IG & Twitter
Sabtu, 27 Juni 2020
Putusan Sudah Inkrah, 1.300 Hektare Lahan Gondai Diminta Segera Dieksekusi
Kamis, 04 Juni 2020
Terungkap! Miliaran Rupiah Duit Korupsi Jiwasraya untuk Main Judi Kasino
Rabu, 03 Juni 2020
Chef Peterseli Kitchen Pekanbaru Wakili Indonesia di Kompetisi Chef International
Rabu, 03 Juni 2020
Curi Tiga Tandan Sawit untuk Beli Beras, Ibu Tiga Anak di Rohul Dihukum Percobaan
Selasa, 02 Juni 2020
PPDB SMA/SMK di Riau Dimulai 17 Juni
Selasa, 02 Juni 2020
Pasien Positif Sembuh dan Tidak Ada Tambahan, Pekanbaru Sudah Masuk Zona Kuning
AMSI
Topik
Jumat, 22 Maret 2019
Plastik Masih Menjadi Permasalahan Utama Pencemaran Lingkungan di Kuansing
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 01 Oktober 2020
Kasatker P2JN Tinjau Rencana Pembangunan Jembatan Balung
Kamis, 01 Oktober 2020
PT RAPP Salurkan Ribuan Bibit kepada Masyarakat
Kamis, 01 Oktober 2020
Kapolsek Ukui Pimpin Penyemprotan Disinfektan di Kelurahan Ukui
Kamis, 01 Oktober 2020
Polsek Pangkalan Kuras Gelar Operasi Yustisi Penerapan Protokol Kesehatan

Serantau lainnya ...
Rabu, 23 September 2020
Strategi Mengelola Pinjaman Online Saat Pandemi Corona
Sabtu, 04 Juli 2020
Lebih dari 5 Juta Orang Berebut Dapatkan Air Jordan 1 x Dior
Rabu, 18 Maret 2020
7 Cara Liburan Murah nan Menyenangkan
Kamis, 05 Maret 2020
Cegah Virus Corona, Ini Dia Tips Dari Dompet Dhuafa

Gaya Hidup lainnya ...
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu
Sabtu, 15 Agustus 2020
Optimalkan Portofilio Hilir, PGN Kejar Pengembangan Bisnis Global LNG

Advertorial lainnya ...
Sabtu, 04 Juli 2020
Sony Bakal Berubah Nama?
Selasa, 30 Juli 2019
Telkomsel Bundling Smartphone 4G dengan Cashback hingga Rp2 Juta
Minggu, 21 Juli 2019
5 Keunggulan ASUS ROG Mothership, Laptop Gaming Rp130 Jutaan
Jumat, 19 Juli 2019
Dell Rilis Laptop Gaming G7 Seharga Rp27 Jutaan

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 16 September 2020
Yuk Mengenal Langkah-langkah Perawatan Gigi Anak-anak
Sabtu, 04 Juli 2020
Minta Disetop, Pakar Sebut Rapid Test Sangat Tak Akurat, Publik Rugi
Selasa, 12 Mei 2020
Cegah Penularan Wabah, Mahasiswa Kukerta Universitas Riau 2020 Bentuk Tim Relawan Covid-19
Kamis, 09 April 2020
Wangi Jahe Merah dan Kopi Petani Hutan Saat Pandemi Covid-19

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 01 Oktober 2020
Gali Kearifan Lokal, Mahasiswa Pertanian UIR Kembangkan Pestisida Nabati untuk Melindungi Kacang Tanah
Sabtu, 12 September 2020
Bantu Pemutusan Mata Rantai Covid-19, Kelompok 49 Kukerta Univrab Bagikan Masker Gratis dan Kampanyekan Hidup Sehat
Sabtu, 12 September 2020
Besok, Ikatan Mahasiswa Inhu Gelar Mubes
Sabtu, 12 September 2020
KLHK Serahkan Dua Unit Motor Sampah Plus ke Unilak

Kampus lainnya ...
Polling
Siapa Pasang Calon Bupati dan Wakil Bupati Siak Pilihan Anda?


NasDem 30 September 2020
Terpopuler
Dapo Kanisya September 2020
Foto
APRIL RAPP HUT RI 75
Pesonna Hotel Pekanbaru - April 2020
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan
Jumat, 20 Maret 2020
PKS Sindora Rohil Segera Beroperasi, Manajemen Siapkan Program CSR Jangka Panjang

CSR lainnya ...
BOB PT BSP HUT RI 75
Sabtu, 04 Juli 2020
Trending di Twitter, Maudy Ayunda Diduga Adu Mulut dengan Pria saat Live Instagram
Rabu, 01 April 2020
5 Fakta 'Aisyah Istri Rasulullah' yang Aslinya Lagu Cinta dari Malaysia
Rabu, 11 Maret 2020
Besok, Didi Kempot akan Goyang Ribuan Sobat Ambyar Pekanbaru
Selasa, 18 Februari 2020
Ashraf Sinclair Suami BCL Meninggal Dunia

Selebriti lainnya ...
BSP Hut Riau ke-63
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
APRIL RAPP HUT Riau ke-36
Kamis, 10 September 2020
Mau Ikutan Bedah Buku UAS dan Pelatihan Cara Bahagia Menghapal Al-Quran, Begini Cara Mendaftarnya
Sabtu, 04 Juli 2020
Batas Usia Daftar Haji Diminta Lebih Muda
Jumat, 12 Juni 2020
Ini Tiga Golongan yang Diberikan Ujian oleh Allah SWT
Rabu, 29 Mei 2019
Dewan: Bayar Zakat Fitrah Jangan Mepet Lebaran

Religi lainnya ...
Unilak Juli 2020
Indeks Berita
APRIL RAPP - Waisak 7 Mei 2020Polres Rohul 27 Juni 2020APRIL HUT KAMPARHUT Meranti APRILImlek 2019 RAPP
www www