Rabu, 25 November 2020

Breaking News

  • KPK Tuntut Direktur PT Mitra Bungo Abadi 10 Tahun Penjara Dalam Kasus Korupsi Jalan Poros di Bengkalis   ●   
  • Bos Pertamina Gerah Diserang Gara-gara Harga BBM Tak Turun   ●   
  • 10 Staf DPR RI Dinyatakan Positif Covid-19   ●   
  • Pelantikan Pengurus DPD I Golkar Riau Ditunda karena Covid-19   ●   
  • DPD RI Tetap Tolak Pilkada Serentak 9 Desember 2020   ●   
  • Kejaksaan Agung akan Periksa Jaksa Penuntut 2 Polisi Penyiraman Novel Baswedan   ●   
  • Kecewa Putusan Bebas Tiga WNA, Mahasiswa Demo PN Bengkalis   ●   
  • Bulan Depan Pemko Pekanbaru 'Lelang' Jabatan Sekda dan Kepala OPD   ●   
  • Hasto Akui RUU HIP Diusulkan PDIP   ●   
  • Infeksi Virus Corona di Seluruh Dunia Tembus 10 Juta Kasus
Yamaha 25 November 2020

Mengenal Franco Morbidelli, Murid Kesayangan Valentino Rossi di VR46 Academy
Selasa, 15 September 2020 05:51 WIB
Mengenal Franco Morbidelli, Murid Kesayangan Valentino Rossi di VR46 Academy
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) SRT

(CAKAPLAH) - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, sukses menggebrak dengan kemenangan perdananya di MotoGP San Marino, yang digelar di sirkuit kandangnya sendiri, Misano World Circuit Marco Simoncelli pada Minggu (13/9/2020). Ini merupakan kemenangan perdananya di ajang tertinggi.

Morbidelli, yang lahir di Roma pada 4 Desember 1994 dari ibu yang berasal dari Brasil dan ayah yang berasal dari Italia, telah mengendarai motor sejak usia belia. Sang ayah, Livio Morbidelli, yang ingin anaknya menjadi pembalap motor dan meminta bantuan kepada ayah Valentino Rossi, Graziano Rossi.

Pada 2010, saat ia berusia 16 tahun, Morbidelli dan keluarganya pun pindah ke Tavullia untuk lebih intensif berlatih dengan Rossi, juga dengan mendiang Marco Simoncelli. Pada 2011, ia pun turun empat balapan di European Superstock 600 (STK600), membela Yamaha YZF-R6 bersama Forward Racing.

Pada 2012, Morbido pun pun turun sepenuhnya di STK600 dan mengakhiri musim di peringkat keenam, dan sukses jadi juara setahun setelahnya bersama San Carlo Team Italia di atas Kawasaki ZX-6R. Pada tahun yang sama, Rossi meluncurkan program VR46 Riders Academy untuk pertama kalinya, dan Morbidelli menjadi anggota pertama.

Debut di Arena Grand Prix Tanpa Moto3

Sebagai bagian dari program pertama, Morbidelli pun didorong Rossi untuk mencoba turun di Moto2, ketika ia sudah mulai terlalu nyaman di jalan menuju arena WorldSBK. Rossi dan VR46 mempromosikan Morbidelli kepada Gresini Racing dan Italtrans Racing untuk diberi fasilitas wildcard pada 2013.

Gresini akhirnya memberi tiga wildcard di San Marino, Jepang, dan Valencia, dengan Suter MMX2. Morbidelli gagal meraih poin, namun dapat kontrak dari Italtrans Racing untuk banting setir sepenuhnya ke Moto2 2014. Awalnya, ia kesulitan, namun menunjukkan potensi ketika mulai konsisten masuk 10 besar, terutama saat finis kelima di Aragon.

Morbidelli mengakhiri musim perdananya di Moto2 di peringkat 11 dengan 75 poin, hingga dipertahankan Italtrans semusim lagi. Pada 2015, Morbidelli lebih konsisten dan meraih podium perdana di Indianapolis usai finis ketiga. Meski harus absen empat seri akibat retak tulang tibia dan fibula kaki kanan akibat kecelakaan, ia mampu duduk di peringkat 10 pada akhir musim.

Prestasi ini pun membuatnya dilirik oleh salah satu tim paling prestisius di Moto2, Estrella Galicia 0,0 Marc VDS. Morbidelli diminta untuk menggantikan juara dunia Moto2 2014, Tito Rabat, yang naik ke MotoGP pada 2016. Sepanjang musim, Morbidelli pun sukses meraih 8 podium, dan mengakhiri musim di peringkat 4 pada klasemen rider.

Juara Dunia Moto2 dan Debut di MotoGP

Rider yang dikenal dengan gayanya yang 'woles' ini pun bertahan di tim yang sama pada 2017, memulai musim dengan pole sekaligus kemenangan di Qatar. Ia bahkan memenangi dua balapan berikutnya, yakni Argentina dan Austin, menjadi rider pertama yang mampu meraih tiga kemenangan beruntun di kelas intermediate sejak Daijiro Kato di GP250 2001.

Morbidelli pun meneruskan tren positif ini dengan koleksi 12 podium, yang 8 di antaranya merupakan kemenangan. Ia dinyatakan sukses mengunci gelar dunia 2017, bahkan saat ia masih di dalam mobil menuju Sirkuit Sepang beberapa jam sebelum balapan di Malaysia digelar, usai rival terdekatnya, Thomas Luthi tepaksa absen akibat cedera kaki.

Morbidelli sukses menjadi pembalap Italia pertama yang mampu menjuarai kelas intermediate sejak Marco Simoncelli di GP250 2008, dan menjadi rider Italia pertama yang mampu merebut gelar dunia sejak Valentino Rossi menjuarai MotoGP 2009. Ia juga menjadi murid VR46 Riders Academy pertama yang mampu merebut gelar dunia.

Prestasi ini pun membuat Morbidelli dipertahankan oleh Marc VDS, namun diturunkan di MotoGP bersama Honda pada 2018, lagi-lagi sebagai pengganti Tito Rabat yang pindah ke Reale Avintia Racing. Uniknya, Morbidelli bertandem dengan Luthi.

Masa Kelam di Honda dan Rayuan Petronas Yamaha SRT

Dari luar, Honda tampak perkasa berkat dominasi Marc Marquez. Namun, RC213V merupakan motor yang paling sulit dikendarai, bahkan oleh Morbidelli yang juga rider bergaya balap agresif. Hasil terbaiknya hanyalah posisi 8 di Australia. Namun, Morbidelli mengakhiri musim sebagai debutan terbaik dengan duduk di peringkat 15.

Pada pertengahan musim, Morbidelli dipastikan bergabung dengan Petronas Yamaha SRT, tim baru yang akan turun di MotoGP 2019. Tim ini dibentuk menyusul mundurnya Marc VDS dari MotoGP secara mendadak, akibat adanya cekcok internal antara sang pemilik tim, Marc van der Straten, dengan sang Manajer Tim, Michael Bartholemy.

Morbidelli pun menjadi pembalap pilihan utama SRT, mengingat prestasinya sebagai juara dunia Moto2 2017 dan statusnya sebagai murid Rossi yang merupakan ikon Yamaha. Usai SRT gagal mendapatkan kesepakatan dengan Dani Pedrosa, ia pun ditandemkan dengan rider berusia 19 tahun, Fabio Quartararo.

Morbidelli menjalani musim perdananya bersama Yamaha dengan cukup apik, dengan hasil terbaik finis keempat di Austin, Belanda, Inggris, dan San Marino. Ia bahkan mengakhiri musim di peringkat 10 dengan 115 poin. Namun, ia seolah tenggelam di bawah bayang-bayang Quartararo, yang justru mencuri perhatian dengan koleksi 6 pole dan 7 podium.

Kemenangan Perdana di MotoGP

Pada 2020, ia pun bertahan di Petronas Yamaha SRT. Jika semusim sebelumnya ia mendapatkan motor YZR-M1 spek pabrikan yang mirip dengan milik Rossi dan Maverick Vinales, musim ini Morbidelli sekadar mengendarai YZR-M1 'Spek A', yang mesinnya merupakan mesin terbaru namun perangkat lainnya berasal dari motor lama.

Meski begitu, ia justru pembalap Yamaha dengan performa yang paling konsisten, walau terjegal oleh gangguan eksternal seperti kerusakan mesin Andalusia dan kecelakaan hebat bersama Johann Zarco di Austria. Morbidelli pun sukses meraih podium perdananya usai finis kedua di Ceko.

Dalam menjalani pekan balap San Marino di Sirkuit Misano, Morbidelli pun merasa nyaman di atas YZR-M1 sejak sesi latihan pertama. Ia bahkan sengit memperebutkan pole dengan tiga rider Yamaha lain di sesi kualifikasi, walau harus puas duduk di posisi kedua.

Dalam balapan, Morbidelli menjalani start dengan baik, langsung memimpin sejak tikungan pertama dan melenggang bebas sampai finis. Ia pun menjadi pembalap kelima yang meraih kemenangan musim ini, sekaligus pembalap keempat yang sukses meraih kemenangan perdana sepanjang 2020.

Rasa Terima Kasih pada Valentino Rossi

Saat naik podium di Ceko, Morbidelli pun mempersembahkan hasilnya kepada Rossi yang telah membimbingnya sejak usia 10 tahun, dan menjadi sosok kakak yang memberinya banyak pelajaran hidup, mengingat sang ayah, Livio meninggal dunia pada 2013 akibat bunuh diri.

Usai menang di Misano, Morbidelli pun berterima kasih kepada tim dan semua pihak yang telah bekerja dengannya dan membantunya demi mewujudkan impiannya memenangi balapan di MotoGP, dan nama Valentino Rossi pun ia akui berada di peringkat teratas dalam daftar orang-orang tersebut.

"Dalam momen ini, ketika saya bilang bahwa saya harus berterima kasih kepada orang-orang yang telah bekerja dengan saya dan telah percaya pada saya, tentu Vale ada di posisi teratas. Ucapan terima kasih saja rasanya tidak cukup, karena ia telah melakukan segalanya untuk saya," ujar Morbidelli via MotoGP.com.

"Dapat kesempatan balapan dengannya adalah berkah, karena ia legenda, terbaik sepanjang masa. Balapan melawannya di hadapan dunia sungguh menyenangkan. Bisa mengalahkannya juga menyenangkan, karena saya memang ingin mengalahkannya demi membuktikan ia telah ambil keputusan tepat dengan memercayai saya. Saya harap bisa lebih sering bertarung dengannya," tutupnya.

Editor : Ali
Sumber : Bola.net
Kategori : Otomotif, Olahraga
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
Berita Pilihan
Jumat, 30 Oktober 2020
Ini 342 Nama Peserta Lulus CPNS 2019 Kota Pekanbaru, Lihat Linknya di Sini
AMSI
Topik
Jumat, 22 Maret 2019
Plastik Masih Menjadi Permasalahan Utama Pencemaran Lingkungan di Kuansing
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 25 November 2020
Kemenag Rohil Sosialisasikan Penyelenggaraan Haji dan Umrah
Rabu, 25 November 2020
Jaga Keamanan Warga, Polsek Langgam Gencar Patroli C3 dan Sosialisasi Protokol Kesehatan
Rabu, 25 November 2020
Cegah Karhutla, Kapolsek Bandar Sei Kijang Pimpin Sosialisasi Maklumat Kapoldda Riau
Selasa, 24 November 2020
Vaksin Upaya Serius Negara Melindungi Masyarakat

Serantau lainnya ...
Senin, 09 November 2020
KD Tea & Coffee House, Tempat Ngeteh Asik di Pekanbaru
Rabu, 23 September 2020
Strategi Mengelola Pinjaman Online Saat Pandemi Corona
Sabtu, 04 Juli 2020
Lebih dari 5 Juta Orang Berebut Dapatkan Air Jordan 1 x Dior
Rabu, 18 Maret 2020
7 Cara Liburan Murah nan Menyenangkan

Gaya Hidup lainnya ...
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu
Sabtu, 15 Agustus 2020
Optimalkan Portofilio Hilir, PGN Kejar Pengembangan Bisnis Global LNG

Advertorial lainnya ...
Selasa, 27 Oktober 2020
Tentang Rapid Test Antigen, Pengganti Rapid Test Antibodi
Selasa, 13 Oktober 2020
Tim Umri Serahkan Alat Pengering Buah untuk Masyarakat Desa Kualu Nenas
Sabtu, 04 Juli 2020
Sony Bakal Berubah Nama?
Selasa, 30 Juli 2019
Telkomsel Bundling Smartphone 4G dengan Cashback hingga Rp2 Juta

Tekno dan Sains lainnya ...
Jumat, 16 Oktober 2020
Tips Hindari Covid-19 di Pondok Pesantren
Rabu, 16 September 2020
Yuk Mengenal Langkah-langkah Perawatan Gigi Anak-anak
Sabtu, 04 Juli 2020
Minta Disetop, Pakar Sebut Rapid Test Sangat Tak Akurat, Publik Rugi
Selasa, 12 Mei 2020
Cegah Penularan Wabah, Mahasiswa Kukerta Universitas Riau 2020 Bentuk Tim Relawan Covid-19

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 05 November 2020
UIR Wisuda 1.495 Mahasiswa Secara Daring, Lusi Eka Raih IPK Pemuncak 3,92
Senin, 26 Oktober 2020
Rektor Unilak Lantik Pejabatnya Secara Virtual, Ini Nama-nama yang Dilantik
Jumat, 23 Oktober 2020
Didukung Kemenristek/Brin, Dosen UIR Lakukan PKM Sistem Informasi Berbasis Pengaduan Masyarakat
Selasa, 13 Oktober 2020
UNISSA Brunei Gandeng UIR Kerjasama Buka Fakultas Pertanian

Kampus lainnya ...

Protokol Kesehatan 11 November 2020
Terpopuler

01

Selasa, 24 November 2020 17:23 WIB
Ketua FPI Pekanbaru Dijemput Polisi Subuh Tadi

05

Duka cita Haidir Anwar Tanjung
Foto
Dapo Kanisya September 2020
RAPP - APRIL HUT Pelalawan Siak Kuansing 12 Oktober 2020
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan
Jumat, 20 Maret 2020
PKS Sindora Rohil Segera Beroperasi, Manajemen Siapkan Program CSR Jangka Panjang

CSR lainnya ...
Hari Jadi Rohul dari Polres Rohul 12 Oktober 2020
Sabtu, 04 Juli 2020
Trending di Twitter, Maudy Ayunda Diduga Adu Mulut dengan Pria saat Live Instagram
Rabu, 01 April 2020
5 Fakta 'Aisyah Istri Rasulullah' yang Aslinya Lagu Cinta dari Malaysia
Rabu, 11 Maret 2020
Besok, Didi Kempot akan Goyang Ribuan Sobat Ambyar Pekanbaru
Selasa, 18 Februari 2020
Ashraf Sinclair Suami BCL Meninggal Dunia

Selebriti lainnya ...
HUT Siak - BSP 12 Oktober 2020
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
HUT Kabupaten Pelalawan - BSP 12 Oktober 2020
Kamis, 10 September 2020
Mau Ikutan Bedah Buku UAS dan Pelatihan Cara Bahagia Menghapal Al-Quran, Begini Cara Mendaftarnya
Sabtu, 04 Juli 2020
Batas Usia Daftar Haji Diminta Lebih Muda
Jumat, 12 Juni 2020
Ini Tiga Golongan yang Diberikan Ujian oleh Allah SWT
Rabu, 29 Mei 2019
Dewan: Bayar Zakat Fitrah Jangan Mepet Lebaran

Religi lainnya ...
Pesonna Hotel Pekanbaru - April 2020
Indeks Berita
FunBike New Normal 12 Oktober 2020NasDem 30 September 2020BSP Hut Riau ke-63APRIL RAPP HUT RI 75BOB PT BSP HUT RI 75APRIL RAPP HUT Riau ke-36Unilak Juli 2020Pemkab Siak New Normal 17 Juni 2020 OkPolres Rohul 27 Juni 2020APRIL RAPP - Waisak 7 Mei 2020APRIL HUT KAMPARHUT Meranti APRILImlek 2019 RAPPRAPP Idul Fitri 1441 / 2020
www www