Kamis, 25 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Amril Mukminin Akui Tidak Gunakan Uang Rp5,2 Miliar dari PT CGA
Kamis, 17 September 2020 21:38 WIB
Amril Mukminin Akui Tidak Gunakan Uang Rp5,2 Miliar dari PT CGA

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Bupati Bengkalis nonaktif, Amril Mukminin, mengakui menerima uang sebesar Rp5,2 miliar dari PT Citra Gading Asritama (CGA) terkait proyek Jalan Duri-Sei Pakning. Uang itu tidak pernah digunakannya dan diserahkan ke penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pengakuan itu disampaikan Amril ketika diperiksa sebagai terdakwa dalam persidangan kasus suap proyek Jalan Duri-Sei Pakning, Kamis (17/9/2020). Persidangan berlangsung daring, di mana Amril berada di Rutan Klas I Pekanbaru, Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK di Jakarta sedangkan majelis hakim dan penasehat hukum di Pengadilan Tipikor Pekanbaru.

Amril di hadapan majelis hakim yang diketuai Lilin Herlina mengaku menerima uang dari PT CGA sebanyak tiga kali. Dua kali diserahkan melalui staf PT CGA Triyanto dan satu kali dari pemilik PT CGA, Ichsan Suaidi.

Uang dari PT CGA diberikan melalui Azrul Nur Manurung, ajudan Amril sebesar Rp4,2 miliar dan uang dari Ichsan Suaidi diterima langsung sebesar Rp1 miliar. Seluruh uang itu dititipkan Amril ke Azrul untuk disimpan. "Totalnya ada Rp5,2 miliar," kata Amril.

Pemberian uang itu berawal dari pertemuan Amril dan Triyanto di Medan, Sumatera Utara. Namun, ketika itu, Triyanto tidak langsung memberikan uang hanya membicarakan terkait pengerjaan proyek Jalan Duri-Sei Pakning.

"Untuk kelanjutannya, saya minta hubungi Kadis PUPR ketika itu," kata Amril.

Amril menyatakan ketika di Medan, dirinya tidak menerima uang dari Triyanto. Namun, JPU Feby Dwi Andospendy dan Frengky, membacakan BAP Amril yang ketika bertemu Triyanto di Hotel Adi Mulia, Medan.

"Ketika acara dinas di Medan, saya bersama Asrul pernah bertemu Triyanto dan Rhemon Jamil. Ketika Rhemon Jamil keluar, Triyanto memberikan uang Rp150 ribu Dollar Singapura atau Rp1,5 miliar. Saya berikan ke Asrul untuk disimpan," kata JPU membacakan BAP Amril.

JPU mempertanyakan kebenaran BAP tersebut, Amril membantah. "Tidak benar itu. Terjadi di hotel di Pekanbaru, kapannya saya lupa. Saya luruskan itu (BAP)," kata Amril.

Terkait uang yang diberikan, Amril menegaskan tidak pernah meminta kepada PT CGA, meskipun PT CGA menawarkan komitmen fee. Politisi Golkar ini hanya meminta perusahaan mengerjakan jalan itu dengan baik.

Uang Rp5,2 miliar disimpan Azrul sampai dirinya berhenti sebagai ajudan Amril pada akhir 2017. Ketika itu, Azrul menyerahkan uang kepada Amril dan setelah itu oleh Amril diserahkan ke penyidik KPK.

JPU mempertanyakan, kalau uang itu tidak dipakai oleh Amril kenapa tetap disimpan dalam waktu yang cukup lama dan baru dikemballikan ketika proses penyidikan di KPK. "Saya khilaf, itu kekhilafan saya sebagai manusia biasa," tutur Amril.

Amril menjelaskan pernah bertemu Ichsan Suaidi di Kopi Tiam Pekanbaru ketika dirinya baru terpilih sebagai Bupati Bengkalis. Ichsan menyampaikan kalau PT CGA menang di Mahkamah Agung dan proyek jalan harus dikerjakan oleh perusahaannya.

Pertemuan berlanjut di Plaza Indonesia Jakarta. Di sanalah, Ichsan Suaidi memberikan uang Rp1 miliar dalam bentuk Dollar Singapura kepada Amril. Uang itu diberikan Amril kepada Azrul untuk disimpan.

Dengan Triyanto, pertemuan dilakukan di Hotel Adi Mulya, Medan Sumatera Utara. Setelah itu, ada beberapa kali pertemuan hingga Triyanto menitipkan uang secara bertahap sebesar Rp4,2 miliar kepada Azrul.

Setelah itu, Amril melarang Azrul menerima uang dari PT CGA. "Uang Rp5,2 miliar itu diserahkan ke KPK tanpa pernah saya pakai," ucap Amril.

Amril mengakui uang dikembalikan setelah KPK mulai mengusut penyimpangan sejumlah proyek di Bengkalis. Hal itu dilakukan karena Amril mengaku bingung karena telah menerima uang tersebut yang berkaitan antara proyek dan jabatannya.

Selain uang Rp5,2 miliar, Amril juga mengembalikan uang Rp100 juta ke penyidik KPK. Uang itu diterima Amril dari Jamal Abdillah ketika dirinya masih menjabat anggota DPRD Bengkallis.

Di sisi lain, Amril menyebut penyidik KPK juga menyita uang Rp1,9 miliar dari rumah dinasnya di Bengkalis pada 1 Juni 2018. Ia mengaku uang itu murni dari hasil bisnis yang dijalankannya, di luar jabatan sebagai Bupati Bengkalis.

Uang itu, kata Amril, dikumpulkannya dalam kurun waktu satu tahun. Uang itu akan diperuntukkan membantu anak yatim, fakir miskin, penyapu jalan, dan warga lain yang membutuhkan. "Saya kumpulkan dari usaha sawit," tegas Amril.

Uang itu ditemukan KPK di beberapa tempat di rumah dinas Amril. Amril merincikan sebesar Rp600 juta ditemukan di brankas miliknya, Rp200 juta ditemukan di ajudannya, Rp805 juta dari adiknya, Riki Rihardi dan sisanya dari istri Amril.

Terkait dakwaan menerima gratifikasi dari pengusaha sawit, Jonny Tjoa sebesar Rp12.770.330.650 dan Adyanto sebesar Rp10.907.412.755, Amril menyatakan uang itu murni usahanya sawit. Uang itu diterima berdasarkan perjanjian pada tahun 2014 hingga 2019.

Amril menceritakan, di Kecamatan Pinggir ada 8 perusahaan sawit dan di Duri ada 8 perusahaan sawit yang beroperasi. Amril mengaku sudah menjadi pengepul sawit masyarakat untuk dimasukkan ke perusahaan-perusahaan itu.

Kepiawaian Amril itu dilihat oleh Jonny Tjoa dan Adyanto. Kedua pengusaha sawit itu mendatangi Amril dan meminta bantuan agar memasok sawit serta mengamankan perusahaan karena ada gejolak dari masyarakat.

Ketika itu, Amril menjabat sebagai anggota DPRD Bengkalis. "Keduanya datang. Kemudian ada perjanjian dan kesepakatan bersama tanpa paksaan di bawah notaris," ucap Amril.

Fee dibayarkan setiap bulannya oleh Jonny Tjoa sejak medio 2013-2014. Uang itu dikirim ke rekening Kasmarni, istri Amril.

JPU mempertanyakan kenapa uang harus dikirim ke Kasmarni. "Saya pikir lebih bagus istri saya yang kendalikan bukan saya dan itu tidak ada kaitannya dengan jabatan," kata Amril.

Sementara uang dari Adyanto diterima sejak 2014. Setiap uang yang diserahkan, tidak pernah dihitung oleh Amril. "Totalnya saya tidak ingat. "Kalau dibilang itu (Rp10 miliar lebih), mungkin pak," ungkap Amril.

JPU kembali menegaskan jumlah yang diterima dari Adyanto. "Tidak bisa mungkin, mungkin Pak. Benar tidak?." tanya JPU. Amril pun menegaskan menerima Rp10 miliar lebih.

Usai meminta keterangan Amril, majelis hakim mengagendakan persidangan pembacaan tuntutan oleh JPU. Tuntutan dibacakan dua pekan mendatang.

Penulis : CK2
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Hukum, Kabupaten Bengkalis
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 25 April 2024
Plt Bupati Asmar Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya
Kamis, 25 April 2024
Disdik Pekanbaru Minta Sekolah yang Gelar Halal Bi Halal Tak Ganggu Jam Belajar
Rabu, 24 April 2024
Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi SIK MSI Pimpin Rapat Anev dan Sampaikan Pesan Atensi Kapolda Riau
Rabu, 24 April 2024
Seminar Bersama Pandu Digital Madya, Memahami Literasi Digital Sektor Pendidikan

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 25 April 2024
Politeknik Pengadaan Nasional Beri Diskon 30 Persen untuk Anak ASN, TNI dan Polri
Rabu, 24 April 2024
UMRI Resmikan Sekolah Pascasarjana Prodi Magister Manajemen dan Kewirausahaan
Rabu, 24 April 2024
Unilak Dukung Program Literasi Digital Sektor Pendidikan bagi Gen Z
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler

04

Selasa, 23 April 2024 11:29 WIB
Edarkan Sabu, Pasutri di Pekanbaru Dibui
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www