Kamis, 28 Maret 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Agung Nugroho - Ramadan 2024M

CAKAP RAKYAT
Mempertanyakan Fokus APBD Riau 2020
Selasa, 22 September 2020 09:34 WIB
Mempertanyakan Fokus APBD Riau 2020
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM

Realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) masih menjadi pekerjaan rumah utama. Presiden mewanti-wanti betul Pemda agar belanja dapat diakselerasi. Di tengah dampak wabah Covid-19 yang memukul telak perekonomian nasional hingga pelosok daerah, belanja daerah obat paling mujarab bagi perekonomian yang “anemia”. Di tingkat daerah, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar saat rapat virtual bersama bupati/walikota di Gedung Daerah Pekanbaru belum lama ini mem-forward pesan dan instruksi Presiden ke bupati/walikota se-Riau perihal percepatan pelaksanaan kegiatan APBD 2020 di triwulan III. Pasalnya masih banyak realisasi anggarannya masih rendah. Dari penjelasan Gubri, rendahnya realisasi APBD kabupaten/kota karena Pemda khawatir dana transfer yang belum ada kepastian. Dengan anggaran terbatas sementara kebutuhan penanganan Covid-19 masih berlanjut, maka risiko jika menggesa kegiatan lain. Hujjah tadi cukup beralasan plus sekaligus kritikan ke pemerintah pusat. Kita mengapresiasi bila Gubri menyampaikan ke Presiden supaya dana transfer tidak ada lagi tunda salur.

Instruksi realisasi APBD tentu bukan sekadar diteruskan ke kabupaten/kota. Tapi juga cambuk motivasi bagi Pemprov yang pelaksanaan APBD-nya senasib. Tercatat hingga Agustus realisasi APBD 2020 untuk keuangan baru 36,94 persen, sementara fisik 39,39 persen. Memang ini tak lepas dari kondisi. Namun mengkambinghitamkan faktor eksternal bukan jawaban elegan. Harus ada strategi dan langkah meski sumber daya terbatas. Mungkin ini hikmah dibalik pandemi. Agar pemerintah dan juga swasta dididik sigap menyikapi berbagai kemungkinan dengan contingency plan. Bak pepatah barat: plan for the worst, hope for the best. Juga agar manajemen APBD efisien, efektif dan ekonomis serta berdampak langsung ke masyarakat. Disamping itu menyadarkan perlunya pendekatan lebih baik terhadap manusia bangsa, yang sebelum pandemi produktivitas terus digenjot tapi abai akan hak dan perlindungan kesehatan. Jangankan swasta, Pemda saja banyak melanggar azas. Cek saja tenaga honor di Pemda, banyak haknya belum layak, upah tak sesuai regulasi bahkan telat diberikan. Dalam Islam ini dicela, sebagaimana hadits: “…tiga orang yang akan menjadi musuh-Ku di hari kiamat (diantaranya): orang yang mempekerjakan seseorang kemudian orang tersebut memenuhi tugasnya namun dia tidak diberikan upahnya (yang sesuai)” (HR. Bukhari dan Ibn Majah).

Kini saat pandemi tersadarkan, bukan elit dan pejabat tapi sektor ekonomi “akar rumput” kunci selamatnya negara dari ancaman resesi.

Belum Fokus

Dibentuknya Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional sudah tergambar roadmap dengan jelas. Tinggal koordinasi dan implementasi. Aspek penanganan ditujukan sebagai proteksi bagi warga dari virus yang mengancam kesehatan dan nyawa. Karena SDM sehat berkorelasi dengan produktivitas; manusia memproduksi ekonomi bukan sebaliknya. Memuncaknya kasus Covid-19 belakangan adalah warning. Bukti bahwa menggesa new normal terbukti ngasal. Istilah tadi dan lain seperti “transisi” terlanjur gagal dipahami seakan kurva pandemi tanah air sudah landai, akibatnya kewaspadaan longgar. Pemda Riau mesti jadikan ini pelajaran untuk memproteksi daerah lebih baik. Beberapa Pemda saat ini bahkan berani mengambil langkah diskresi sesuai kewenangan, semisal Pemda DKI yang kembali menggelar PSBB ketat meski mendapat sorotan pusat. Ini bukan soal gagah-gagahan. Semata agar kita bisa lebih cepat melewati masa frustasi ini. Lebih baik mundur selangkah lalu berlari mengejar ketertinggalan. Terpenting penanganan Covid-19 berjalan tanpa mengenyampingkan pemulihan ekonomi masyarakat.

Oleh karena itu terkhusus Pemprov Riau harus menyiasati secara cermat dan tepat. Sayangnya kami di lembaga legislatif belum bisa diyakinkan bagaimana strategi dan fokus penggunaan APBD TA 2020. Selain realisasi anggaran dan kegiatan wajib terkait pembangunan, prioritas adalah dalam kerangka penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi daerah. Maka wajar dalam pembahasan Perubahan APBD Riau TA 2020 terjadi banyak silang pendapat bahkan memicu kegusaran dari rekan anggota dewan ketika mendapati penggunaan anggaran sebelumnya yang belum fokus dan realisasinya masih rendah. Setidaknya dapat diintisarikan sebagai berikut:

Pertama, belum optimalnya realisasi APBD Riau 2020 terutama pada kegiatan hasil refocusing untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19. Padahal anggaran tersebut menampung berbagai kebutuhan penting dan mendesak meliputi: pengadaan alat kesehatan Covid-19, insentif tenaga medis, penanganan kesehatan, penyediaan penginapan tim medis, berikut jaring pengaman sosial dan dukungan industri PEN. Terkait jaring pengaman sosial paling banyak laporan masuk dari masyarakat di daerah ke anggota legislatif yang mewakili daerah pemilihan di setiap kabupaten/kota di Provinsi Riau soal bantuan tidak tetap sasaran. Ini disebabkan data yang dipakai untuk menghitung dan menetapkan anggaran jaring pengaman sosial dilakukan dan tidak memakai data yang termutakhir.

Kedua, Begitu pula realisasi Bantuan Keuangan (Bankeu) untuk kelurahan dalam rangka menangani COVID-19 juga masih rendah. Dalam Laporan Keuangan Semester I Tahun 2020 telah ditetapkan anggaran Bankeu kepada pemerintah kabupaten/kota. Namun realisasinya sejauh ini belum maksimal. Bankeu itu meliputi bantuan untuk gaji guru, bantuan untuk kelurahan dalam rangka penanganan Covid-19, bantuan untuk pemerintah kabupaten/kota dalam bantuan dalam rangka penanganan dampak sosial Covid-19. Bahkan Bankeu khusus kelurahan untuk kabupaten/kota lainnya (selain Kota Pekanbaru) hingga Juni 2020 belum terealisasi sama sekali.

Pembenahan dan Kebersamaan

Dari pemaparan di atas pantas apabila lembaga legislatif sendiri hingga masyarakat mempertanyakan keseriusan kepemimpinan daerah berikut perangkatnya bekerja dalam suasana genting ini. Pertanyaan tersebut makin layak diajukan mengingat Riau masuk 4 besar nasional penyumbang kasus terkonfirmasi Covid-19. Ditambah kegundahan lain Pemprov Riau tidak mendapat Dana Insentif Daerah (DID) tambahan penanganan pandemi Covid-19. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan RI tentang pengelolaan DID Tambahan Tahun 2020, Pemerintah Pusat memberi insentif bagi Pemda berkinerja baik dalam penanganan pandemi. Untuk Sumatera hanya 5 provinsi yang mendapat DID: Sumatera Barat, Jambi, Bangka Belitung, Bengkulu dan Lampung. Sementara Riau malah hambar.

Oleh karenanya, di sisa tahun anggaran berjalan ini dan ke depan perlu totalitas dalam pembenahan dan keseriusan merancang strategi dan merealisasikan kegiatan. Kebiasaan negatif dan tidak produktif yang rutin terjadi dalam pengelolaan APBD Provinsi Riau semisal SiLPA dalam jumlah signifikan atau dana idle di rekening bank harus dirubah. Sungguh terlalu jika masih terjadi. Terakhir, kami dapat memahami beratnya beban bagi kepemimpinan daerah jika dipikul sendiri. Maka, selain mengharapkan keseriusan pembenahan kinerja dan penempatan orang-orang yang berkomitmen di tubuh organisasi Pemprov Riau guna menggesa realisasi belanja yang urgen dan dibutuhkan masyarakat, juga perlu kolektivitas untuk menghadapi tantangan menghadang. Intensifkan komunikasi kemitraan dengan lembaga legislatif dan libatkan berbagai unsur serta pemangku kepentingan di bumi lancang kuning. Supaya setiap potensi kebaikan dapat dipersatukan agar kita lebih mudah mengatasi dan melewati masa sulit. Karena kita sekarang seumpama berjalan menembus rimba gelap penuh marabahaya tak tahu dimana ujungnya. Berjalan sendiri alamat tersesat bahkan bisa celaka.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi III DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali Azumar
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Kamis, 23 Maret 2023 08:03 WIB
Ramadhan Bulan Produktif
Sabtu, 24 Desember 2022 08:01 WIB
Walau Anomali, Selamat Argentina! Indonesia?
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Rabu, 15 Maret 2023 10:07 WIB
Perjuangkan Hak Honorer!
Senin, 27 Februari 2023 11:22 WIB
Demokrasi Dibajak Oligarki
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 28 Maret 2024
Ketua Komisi Kejaksaan Apresiasi Kerja Kejagung Usut Mega Korupsi Tambang Timah
Kamis, 28 Maret 2024
PT Musim Mas Raih Penghargaan CSR 2024 dari Pemkab Pelalawan
Kamis, 28 Maret 2024
Danlanud Roesmin Nurjadin Terima Permintaan Jadi Dewan Penasehat Asykar Theking Pekanbaru
Kamis, 28 Maret 2024
Lebih dari 1000 Siswa MAN 1 Pekanbaru Ikuti Taqodaman Quran, Istighotsah, dan Mujahadah Sekaligus Salurkan ZIS

Serantau lainnya ...
Kamis, 28 Maret 2024
RAFI 2024, Telkomsel Berbagi Harapan dan Perkuat Semangat Kebersamaan
Rabu, 27 Maret 2024
Kick Off Riau Sharia Week 2024, BI Gelar Capacity Building Nazhir Wakaf Produktif
Kamis, 21 Maret 2024
Eka Hospital Pekanbaru Beri Kiat Olahraga Saat Puasa
Senin, 18 Maret 2024
Jalan-jalan dengan Nyaman Bersama Sinar Jaya: Layanan dan Pemesanan Online

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i
Jumat, 08 Maret 2024
Semarakkan Ramadan 1445 H, Umri Undang UAS hingga Santuni Seribu Dhuafa

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www