Kamis, 29 Oktober 2020

Breaking News

  • KPK Tuntut Direktur PT Mitra Bungo Abadi 10 Tahun Penjara Dalam Kasus Korupsi Jalan Poros di Bengkalis   ●   
  • Bos Pertamina Gerah Diserang Gara-gara Harga BBM Tak Turun   ●   
  • 10 Staf DPR RI Dinyatakan Positif Covid-19   ●   
  • Pelantikan Pengurus DPD I Golkar Riau Ditunda karena Covid-19   ●   
  • DPD RI Tetap Tolak Pilkada Serentak 9 Desember 2020   ●   
  • Kejaksaan Agung akan Periksa Jaksa Penuntut 2 Polisi Penyiraman Novel Baswedan   ●   
  • Kecewa Putusan Bebas Tiga WNA, Mahasiswa Demo PN Bengkalis   ●   
  • Bulan Depan Pemko Pekanbaru 'Lelang' Jabatan Sekda dan Kepala OPD   ●   
  • Hasto Akui RUU HIP Diusulkan PDIP   ●   
  • Infeksi Virus Corona di Seluruh Dunia Tembus 10 Juta Kasus
Yamaha 20 Oktober 2020
Polling
Siapa Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan Pilihan Anda?


CAKAP RAKYAT
Mempertanyakan Fokus APBD Riau 2020
Selasa, 22 September 2020 09:34 WIB
Mempertanyakan Fokus APBD Riau 2020
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM

Realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) masih menjadi pekerjaan rumah utama. Presiden mewanti-wanti betul Pemda agar belanja dapat diakselerasi. Di tengah dampak wabah Covid-19 yang memukul telak perekonomian nasional hingga pelosok daerah, belanja daerah obat paling mujarab bagi perekonomian yang “anemia”. Di tingkat daerah, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar saat rapat virtual bersama bupati/walikota di Gedung Daerah Pekanbaru belum lama ini mem-forward pesan dan instruksi Presiden ke bupati/walikota se-Riau perihal percepatan pelaksanaan kegiatan APBD 2020 di triwulan III. Pasalnya masih banyak realisasi anggarannya masih rendah. Dari penjelasan Gubri, rendahnya realisasi APBD kabupaten/kota karena Pemda khawatir dana transfer yang belum ada kepastian. Dengan anggaran terbatas sementara kebutuhan penanganan Covid-19 masih berlanjut, maka risiko jika menggesa kegiatan lain. Hujjah tadi cukup beralasan plus sekaligus kritikan ke pemerintah pusat. Kita mengapresiasi bila Gubri menyampaikan ke Presiden supaya dana transfer tidak ada lagi tunda salur.

Instruksi realisasi APBD tentu bukan sekadar diteruskan ke kabupaten/kota. Tapi juga cambuk motivasi bagi Pemprov yang pelaksanaan APBD-nya senasib. Tercatat hingga Agustus realisasi APBD 2020 untuk keuangan baru 36,94 persen, sementara fisik 39,39 persen. Memang ini tak lepas dari kondisi. Namun mengkambinghitamkan faktor eksternal bukan jawaban elegan. Harus ada strategi dan langkah meski sumber daya terbatas. Mungkin ini hikmah dibalik pandemi. Agar pemerintah dan juga swasta dididik sigap menyikapi berbagai kemungkinan dengan contingency plan. Bak pepatah barat: plan for the worst, hope for the best. Juga agar manajemen APBD efisien, efektif dan ekonomis serta berdampak langsung ke masyarakat. Disamping itu menyadarkan perlunya pendekatan lebih baik terhadap manusia bangsa, yang sebelum pandemi produktivitas terus digenjot tapi abai akan hak dan perlindungan kesehatan. Jangankan swasta, Pemda saja banyak melanggar azas. Cek saja tenaga honor di Pemda, banyak haknya belum layak, upah tak sesuai regulasi bahkan telat diberikan. Dalam Islam ini dicela, sebagaimana hadits: “…tiga orang yang akan menjadi musuh-Ku di hari kiamat (diantaranya): orang yang mempekerjakan seseorang kemudian orang tersebut memenuhi tugasnya namun dia tidak diberikan upahnya (yang sesuai)” (HR. Bukhari dan Ibn Majah).

Kini saat pandemi tersadarkan, bukan elit dan pejabat tapi sektor ekonomi “akar rumput” kunci selamatnya negara dari ancaman resesi.

Belum Fokus

Dibentuknya Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional sudah tergambar roadmap dengan jelas. Tinggal koordinasi dan implementasi. Aspek penanganan ditujukan sebagai proteksi bagi warga dari virus yang mengancam kesehatan dan nyawa. Karena SDM sehat berkorelasi dengan produktivitas; manusia memproduksi ekonomi bukan sebaliknya. Memuncaknya kasus Covid-19 belakangan adalah warning. Bukti bahwa menggesa new normal terbukti ngasal. Istilah tadi dan lain seperti “transisi” terlanjur gagal dipahami seakan kurva pandemi tanah air sudah landai, akibatnya kewaspadaan longgar. Pemda Riau mesti jadikan ini pelajaran untuk memproteksi daerah lebih baik. Beberapa Pemda saat ini bahkan berani mengambil langkah diskresi sesuai kewenangan, semisal Pemda DKI yang kembali menggelar PSBB ketat meski mendapat sorotan pusat. Ini bukan soal gagah-gagahan. Semata agar kita bisa lebih cepat melewati masa frustasi ini. Lebih baik mundur selangkah lalu berlari mengejar ketertinggalan. Terpenting penanganan Covid-19 berjalan tanpa mengenyampingkan pemulihan ekonomi masyarakat.

Oleh karena itu terkhusus Pemprov Riau harus menyiasati secara cermat dan tepat. Sayangnya kami di lembaga legislatif belum bisa diyakinkan bagaimana strategi dan fokus penggunaan APBD TA 2020. Selain realisasi anggaran dan kegiatan wajib terkait pembangunan, prioritas adalah dalam kerangka penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi daerah. Maka wajar dalam pembahasan Perubahan APBD Riau TA 2020 terjadi banyak silang pendapat bahkan memicu kegusaran dari rekan anggota dewan ketika mendapati penggunaan anggaran sebelumnya yang belum fokus dan realisasinya masih rendah. Setidaknya dapat diintisarikan sebagai berikut:

Pertama, belum optimalnya realisasi APBD Riau 2020 terutama pada kegiatan hasil refocusing untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19. Padahal anggaran tersebut menampung berbagai kebutuhan penting dan mendesak meliputi: pengadaan alat kesehatan Covid-19, insentif tenaga medis, penanganan kesehatan, penyediaan penginapan tim medis, berikut jaring pengaman sosial dan dukungan industri PEN. Terkait jaring pengaman sosial paling banyak laporan masuk dari masyarakat di daerah ke anggota legislatif yang mewakili daerah pemilihan di setiap kabupaten/kota di Provinsi Riau soal bantuan tidak tetap sasaran. Ini disebabkan data yang dipakai untuk menghitung dan menetapkan anggaran jaring pengaman sosial dilakukan dan tidak memakai data yang termutakhir.

Kedua, Begitu pula realisasi Bantuan Keuangan (Bankeu) untuk kelurahan dalam rangka menangani COVID-19 juga masih rendah. Dalam Laporan Keuangan Semester I Tahun 2020 telah ditetapkan anggaran Bankeu kepada pemerintah kabupaten/kota. Namun realisasinya sejauh ini belum maksimal. Bankeu itu meliputi bantuan untuk gaji guru, bantuan untuk kelurahan dalam rangka penanganan Covid-19, bantuan untuk pemerintah kabupaten/kota dalam bantuan dalam rangka penanganan dampak sosial Covid-19. Bahkan Bankeu khusus kelurahan untuk kabupaten/kota lainnya (selain Kota Pekanbaru) hingga Juni 2020 belum terealisasi sama sekali.

Pembenahan dan Kebersamaan

Dari pemaparan di atas pantas apabila lembaga legislatif sendiri hingga masyarakat mempertanyakan keseriusan kepemimpinan daerah berikut perangkatnya bekerja dalam suasana genting ini. Pertanyaan tersebut makin layak diajukan mengingat Riau masuk 4 besar nasional penyumbang kasus terkonfirmasi Covid-19. Ditambah kegundahan lain Pemprov Riau tidak mendapat Dana Insentif Daerah (DID) tambahan penanganan pandemi Covid-19. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan RI tentang pengelolaan DID Tambahan Tahun 2020, Pemerintah Pusat memberi insentif bagi Pemda berkinerja baik dalam penanganan pandemi. Untuk Sumatera hanya 5 provinsi yang mendapat DID: Sumatera Barat, Jambi, Bangka Belitung, Bengkulu dan Lampung. Sementara Riau malah hambar.

Oleh karenanya, di sisa tahun anggaran berjalan ini dan ke depan perlu totalitas dalam pembenahan dan keseriusan merancang strategi dan merealisasikan kegiatan. Kebiasaan negatif dan tidak produktif yang rutin terjadi dalam pengelolaan APBD Provinsi Riau semisal SiLPA dalam jumlah signifikan atau dana idle di rekening bank harus dirubah. Sungguh terlalu jika masih terjadi. Terakhir, kami dapat memahami beratnya beban bagi kepemimpinan daerah jika dipikul sendiri. Maka, selain mengharapkan keseriusan pembenahan kinerja dan penempatan orang-orang yang berkomitmen di tubuh organisasi Pemprov Riau guna menggesa realisasi belanja yang urgen dan dibutuhkan masyarakat, juga perlu kolektivitas untuk menghadapi tantangan menghadang. Intensifkan komunikasi kemitraan dengan lembaga legislatif dan libatkan berbagai unsur serta pemangku kepentingan di bumi lancang kuning. Supaya setiap potensi kebaikan dapat dipersatukan agar kita lebih mudah mengatasi dan melewati masa sulit. Karena kita sekarang seumpama berjalan menembus rimba gelap penuh marabahaya tak tahu dimana ujungnya. Berjalan sendiri alamat tersesat bahkan bisa celaka.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi III DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali Azumar
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Siapa Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan Pilihan Anda?

Berita Terkait
Rabu, 28 Oktober 2020 11:23 WIB
Maulid Nabi, Pemuda dan Spirit Perubahan
Jum'at, 31 Juli 2020 19:15 WIB
Kurban, Spirit Berkontribusi dan Wakaf
Sabtu, 24 Oktober 2020 08:03 WIB
Perlukah Merivisi RPJMD?
Rabu, 07 Oktober 2020 08:36 WIB
Mencari Berkah Dalam Syariah
Kamis, 18 Juni 2020 19:18 WIB
Indonesia Darurat Implementasi Pancasila
Minggu, 21 Juni 2020 06:33 WIB
Pancasila Sudah final!
Sabtu, 19 September 2020 09:10 WIB
Demokrasi Bukanlah “Kursi”
Minggu, 05 Juli 2020 21:02 WIB
Berdayakan Ormas untuk Kepentingan Bangsa
Sabtu, 17 Oktober 2020 08:54 WIB
Hati-Hati Berinvestasi
Kamis, 28 Mei 2020 13:27 WIB
Setengah New Normal
Selasa, 30 Juni 2020 13:15 WIB
Jangan Buru-buru Sahkan Perda RTRW
Senin, 10 Agustus 2020 14:23 WIB
Tanggapan Pidato Gubri pada HUT ke-63 Riau
Minggu, 19 Juli 2020 16:34 WIB
Ketika Pendapatan Ikut 'Jaga Jarak'
Jum'at, 08 Mei 2020 18:00 WIB
Stempel Miskin
Minggu, 30 Agustus 2020 19:02 WIB
Malaysia dan Hari Kemerdekaan
Jum'at, 22 Mei 2020 12:08 WIB
Wabah yang Berujung Pasrah
Selasa, 07 April 2020 12:00 WIB
Ayolah, Jangan Gamang
Kamis, 06 Agustus 2020 17:01 WIB
New Normal, New Life Style
Sabtu, 11 April 2020 08:24 WIB
Kampanye #JanganMudik
Sabtu, 30 Mei 2020 19:04 WIB
New Normal Jangan Ngasal
Rabu, 01 Januari 2020 09:00 WIB
2020, Tahun Para Milenial
Senin, 21 September 2020 11:26 WIB
Rahasia di Balik Sengsara
Sabtu, 02 Mei 2020 10:27 WIB
Refleksi Milad ke-88 Pemuda Muhammadiyah
Kamis, 20 Februari 2020 19:04 WIB
3 And 1
Komentar
Berita Pilihan
Minggu, 28 Juni 2020
Video Jokowi Marah 18 Juni, Kenapa Baru Dirilis Sekarang?
Minggu, 28 Juni 2020
Keroyok 5 Polisi, 11 WNA Nigeria Ditangkap Polda Metro
Minggu, 28 Juni 2020
Ratusan Warga Uji Swab dan Rapid Test di Pasar Agus Salim, Ini Hasilnya
Minggu, 28 Juni 2020
Ini Penyebab PPDB Jalur Zonasi di Riau Banyak Diprotes
Sabtu, 27 Juni 2020
Unilever, Coca Cola Dkk Setop Iklan di Facebook, IG & Twitter
Sabtu, 27 Juni 2020
Putusan Sudah Inkrah, 1.300 Hektare Lahan Gondai Diminta Segera Dieksekusi
Kamis, 04 Juni 2020
Terungkap! Miliaran Rupiah Duit Korupsi Jiwasraya untuk Main Judi Kasino
Rabu, 03 Juni 2020
Chef Peterseli Kitchen Pekanbaru Wakili Indonesia di Kompetisi Chef International
Rabu, 03 Juni 2020
Curi Tiga Tandan Sawit untuk Beli Beras, Ibu Tiga Anak di Rohul Dihukum Percobaan
Selasa, 02 Juni 2020
PPDB SMA/SMK di Riau Dimulai 17 Juni
Selasa, 02 Juni 2020
Pasien Positif Sembuh dan Tidak Ada Tambahan, Pekanbaru Sudah Masuk Zona Kuning
AMSI
Topik
Jumat, 22 Maret 2019
Plastik Masih Menjadi Permasalahan Utama Pencemaran Lingkungan di Kuansing
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 28 Oktober 2020
AXA Mandiri Perkuat Proses Bisnis dan Teknologi Informasi
Rabu, 28 Oktober 2020
Jaga Ketahanan Pangan, Kapolsek Kerumutan Kontrol Perkebunan dan Perikanan Progam Jaga Kampung
Rabu, 28 Oktober 2020
Polsek Pangkalan Kerinci Laksanakan Patroli C3
Rabu, 28 Oktober 2020
Kapolsek Teluk Meranti Hadiri Sosialisasi Pencegahan Karlahut

Serantau lainnya ...
Rabu, 23 September 2020
Strategi Mengelola Pinjaman Online Saat Pandemi Corona
Sabtu, 04 Juli 2020
Lebih dari 5 Juta Orang Berebut Dapatkan Air Jordan 1 x Dior
Rabu, 18 Maret 2020
7 Cara Liburan Murah nan Menyenangkan
Kamis, 05 Maret 2020
Cegah Virus Corona, Ini Dia Tips Dari Dompet Dhuafa

Gaya Hidup lainnya ...
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu
Sabtu, 15 Agustus 2020
Optimalkan Portofilio Hilir, PGN Kejar Pengembangan Bisnis Global LNG

Advertorial lainnya ...
Selasa, 27 Oktober 2020
Tentang Rapid Test Antigen, Pengganti Rapid Test Antibodi
Selasa, 13 Oktober 2020
Tim Umri Serahkan Alat Pengering Buah untuk Masyarakat Desa Kualu Nenas
Sabtu, 04 Juli 2020
Sony Bakal Berubah Nama?
Selasa, 30 Juli 2019
Telkomsel Bundling Smartphone 4G dengan Cashback hingga Rp2 Juta

Tekno dan Sains lainnya ...
Jumat, 16 Oktober 2020
Tips Hindari Covid-19 di Pondok Pesantren
Rabu, 16 September 2020
Yuk Mengenal Langkah-langkah Perawatan Gigi Anak-anak
Sabtu, 04 Juli 2020
Minta Disetop, Pakar Sebut Rapid Test Sangat Tak Akurat, Publik Rugi
Selasa, 12 Mei 2020
Cegah Penularan Wabah, Mahasiswa Kukerta Universitas Riau 2020 Bentuk Tim Relawan Covid-19

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 26 Oktober 2020
Rektor Unilak Lantik Pejabatnya Secara Virtual, Ini Nama-nama yang Dilantik
Jumat, 23 Oktober 2020
Didukung Kemenristek/Brin, Dosen UIR Lakukan PKM Sistem Informasi Berbasis Pengaduan Masyarakat
Selasa, 13 Oktober 2020
UNISSA Brunei Gandeng UIR Kerjasama Buka Fakultas Pertanian
Minggu, 11 Oktober 2020
Predatech FST UIN Suska Taja 5 Webinar Nasional Bidang Ilmu Data dan Teknologi

Kampus lainnya ...
Polling
Siapa Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan Pilihan Anda?


Dapo Kanisya September 2020
Terpopuler

05

Sabtu, 24 Oktober 2020 16:09 WIB
Kapolda Riau: Mulai Hari Ini Dia Bukan Anggota!
Hari Jadi Rohul dari Polres Rohul 12 Oktober 2020
Foto
RAPP - APRIL HUT Pelalawan Siak Kuansing 12 Oktober 2020
HUT Siak - BSP 12 Oktober 2020
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan
Jumat, 20 Maret 2020
PKS Sindora Rohil Segera Beroperasi, Manajemen Siapkan Program CSR Jangka Panjang

CSR lainnya ...
HUT Kabupaten Pelalawan - BSP 12 Oktober 2020
Sabtu, 04 Juli 2020
Trending di Twitter, Maudy Ayunda Diduga Adu Mulut dengan Pria saat Live Instagram
Rabu, 01 April 2020
5 Fakta 'Aisyah Istri Rasulullah' yang Aslinya Lagu Cinta dari Malaysia
Rabu, 11 Maret 2020
Besok, Didi Kempot akan Goyang Ribuan Sobat Ambyar Pekanbaru
Selasa, 18 Februari 2020
Ashraf Sinclair Suami BCL Meninggal Dunia

Selebriti lainnya ...
Pesonna Hotel Pekanbaru - April 2020
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
HUT Kuansing 8 Oktober 2020
Kamis, 10 September 2020
Mau Ikutan Bedah Buku UAS dan Pelatihan Cara Bahagia Menghapal Al-Quran, Begini Cara Mendaftarnya
Sabtu, 04 Juli 2020
Batas Usia Daftar Haji Diminta Lebih Muda
Jumat, 12 Juni 2020
Ini Tiga Golongan yang Diberikan Ujian oleh Allah SWT
Rabu, 29 Mei 2019
Dewan: Bayar Zakat Fitrah Jangan Mepet Lebaran

Religi lainnya ...
FunBike New Normal 12 Oktober 2020
Indeks Berita
BSP Hut Riau ke-63APRIL RAPP HUT RI 75BOB PT BSP HUT RI 75APRIL RAPP HUT Riau ke-36Unilak Juli 2020Pemkab Siak New Normal 17 Juni 2020 OkPolres Rohul 27 Juni 2020APRIL RAPP - Waisak 7 Mei 2020APRIL HUT KAMPARHUT Meranti APRILImlek 2019 RAPP
www www