Jumat, 23 Oktober 2020

Breaking News

  • KPK Tuntut Direktur PT Mitra Bungo Abadi 10 Tahun Penjara Dalam Kasus Korupsi Jalan Poros di Bengkalis   ●   
  • Bos Pertamina Gerah Diserang Gara-gara Harga BBM Tak Turun   ●   
  • 10 Staf DPR RI Dinyatakan Positif Covid-19   ●   
  • Pelantikan Pengurus DPD I Golkar Riau Ditunda karena Covid-19   ●   
  • DPD RI Tetap Tolak Pilkada Serentak 9 Desember 2020   ●   
  • Kejaksaan Agung akan Periksa Jaksa Penuntut 2 Polisi Penyiraman Novel Baswedan   ●   
  • Kecewa Putusan Bebas Tiga WNA, Mahasiswa Demo PN Bengkalis   ●   
  • Bulan Depan Pemko Pekanbaru 'Lelang' Jabatan Sekda dan Kepala OPD   ●   
  • Hasto Akui RUU HIP Diusulkan PDIP   ●   
  • Infeksi Virus Corona di Seluruh Dunia Tembus 10 Juta Kasus
Yamaha 20 Oktober 2020

CAKAP RAKYAT
Mencari Berkah Dalam Syariah
Rabu, 07 Oktober 2020 08:36 WIB
Mencari Berkah Dalam Syariah
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC MM.

Rencana menkonversi Bank Riau Kepri (BRK) konvensional ke syariah semakin menguat. Progres pun terus digesa. Gubernur Riau dalam sejumlah kesempatan menyatakan harapan untuk mewujudkannya sesegera mungkin. Sinyalemennya pun dipertegas di tahun 2021. Pihak BRK tentu paling antusias menyusul dua BPD yang telah terlebih dahulu konversi ke syariah yakni Bank Aceh dan Bank NTB.

Keinginan mulia ini patut diapresiasi. Alasan paling mendasar tentu karena Riau dengan budaya Melayu kental dengan nilai keislaman, yang mencakup segala lini kehidupan termasuk ekonomi. Namun episentrum tentu tak semata sentimen keagamaan. Potensi ketika BRK dikonversi ke syariah juga menjanjikan. Dari data dan informasi, apabila dikonversi ke syariah akan memberikan kontribusi bagi peningkatan pangsa pasar perbankan syariah nasional. Dengan profil aset senilai Rp. 25,5 Triliun, membuat BRK berpeluang masuk jajaran 10 bank syariah terbesar di Indonesia, bahkan berpeluang masuk 5 besar. Sekarang bagaimana peluang dan optimisme tersebut diawali dengan mematangkan segala sesuatu “di atas kertas”.

Lembaga legislatif, khususnya Komisi III bidangnya meliputi BUMD mendukung sepenuhnya keinginan Pemprov Riau dan BRK. Baik itu demi capaian yang lebih baik untuk daerah terlebih lagi dalam bingkai spirit beragama. Akan tetapi karena BUMD unit penting bagi Pemda yang di dalam Pasal 8 ayat 1 Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Riau nomor 2 tahun 2016 tentang tata kelola BUMD sumber berupa penyertaan modalnya memakai APBD, wajar muncul permintaan perencanaan mendetail dan paripurna. Karena kita tidak ingin konversi ke syariah untuk menghindari ketatnya kompetisi dengan bank lain, dan memandang syariah sebagai “pelarian”.

Sudah rahasia umum BMD dicap lebih mengandalkan dana dan transaksi Pemda saja. Sementara untuk merebut Dana Pihak Ketiga (DPK), BPD kewalahan bersaing dengan bank lain. Citra ini perlu diperbaiki. Kita ingin ekonomi syariah dipilih atas keyakinan satu-satunya jalan terbaik memperkuat perekonomian dan sarana mewujudkan kesejahteraan umat dan masyarakat. Sejarah mencatat kontribusi ekonomi Islam peradaban dunia, baik secara teori hingga empirik. Di era modern ekonomi syariah bersinar. Dilansir dari e-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, dari penelitian periode 2007-2012 selama krisis subprime dan eurozone di 13 negara menunjukkan bahwa bank syariah lebih stabil dibandingkan dengan bank konvensional.

Syariah Pilihan Tepat

BRK telah berada di jalan lurus dengan memilih syariah. Tinggal bagaimana asas pengelolaan BUMD yang diatur dalam Perda tentang BUMD dapat dipenuhi. Mulai asas perencanaan berupa sinergitas ke depan dengan pembangunan daerah; Asas Pengorganisasian berupa evaluasi dan proyeksi profesionalitas pengelolaan dan manajemen; Asas pengendalian dan pengawasan agar menjaga pelaksanaan kegiatan BUMD sesuai dengan arah dan tujuan yang telah ditetapkan; Asas Pertanggungjawaban atas setiap bentuk pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan oleh pengurus; dan asas Kemanfaatan bagi masyarakat Riau dan umum. Mengingat upaya BRK masih di fase awal segala sesuatu perlu dimatangkan dengan mempedomani asas tadi. Seumpama niat berhijrah, tentu tidak cukup modal jargon saja. Karena berhijrah menuntut komitmen di awal. Harus ada kontemplasi dan pengakuan atas kesalahan di masa lalu serta merencanakan dan melakukan perbuatan baik guna menutupi kesalahan masa lalu. Tanpa amalan yang konsisten dan berkesinambungan maka hijrah bak tobat samba lado.

Jangan sampai konversi meninggalkan masalah di BRK “lama” lalu beralih ke BRK “baru” dengan memunculkan masalah baru. Apalagi ada embel syariat yang dibawa punya pertanggungjawaban lebih berat. Setakat ini pihak BRK sendiri sudah menyampaikan kajian dan tahapan menuju syariah ke DPRD Riau, meski dari segi detail perencanaan masih perlu pengayaan. Ke depan komunikasi pihak BRK ke pihak legislatif sebagai mitra kerja Pemprov Riau perlu ditingkatkan agar terjalin komunikasi dua arah dan satu persepsi. Begitujuga kepada para nasabah BRK yang berhak atas informasi. Hal pokok yang perlu diyakinkan adalah rencana penguatan kapasitas dan kapabilitas keorganisasian dan manajemen untuk menopang jalannya prinsip ekonomi syariah. Sehingga manfaatnya dirasakan bagi pembangunan daerah dan khususnya masyarakat Riau. Karena ekonomi Islam egaliter dan tidak mengenal sekat bagi pemeluk agama manapun, sebagai wujud ajaran Islam rahmatan lil alamin.

Sebagai informasi, selama ini peran BUMD terhadap penambahan pendapatan daerah belum optimal. Maka ketika konversi ke syariah besar harapan BRK mampu melakukan terobosan. Untuk dapat merealisasikan kontribusi dan perannya, perbankan syariah butuh dukungan infrastruktur memadai seperti di antaranya regulasi, kesiapan teknologi, hingga investasi sumber daya. Dan ini dapat dipahami sepenuhnya oleh lembaga legislatif. Terkait Sumber Daya Manusia (SDM) ada catatan khusus. Karena dalam menentukan gagasan dan produk apa nantinya yang ditawarkan BRK untuk mencapai misi tentu butuh improvisasi dan inovasi. Hanya SDM yang mumpuni dari segi pengetahuan syariat dan konsep operasional BUMD mampu melakukannya, dimulai dari pucuk pimpinan. Mengingat konsep dipakai syariat Islam, sangat ditekankan profesionalisme dan kualifikasi SDM dari BRK. Sebagaimana sabda Nabi: “Jika urusan diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah kehancurannya” (HR. Al Bukhari). Makna “kehancuran” di sini sangat keras dan fatal, kehancuran bagi organisasi dan pelanggarnya.

Misi Mulia

Dari pemaparan dapat disimpulkan bahwa misi BRK menuju syariah teramat istimewa. Mengejar keberkahan dalam bingkai syariah membutuhkan itikad kuat. Kita sebagai entitas Riau sangat bersyukur atas pilihan itu. Namun perlu diulangi lagi, tujuan ekonomi Islam tak sekedar mengakumulasi sentimen agama. Syariat yang diturunkan kepada manusia demi kebaikan manusia. Allah SWT maha kaya tak butuh apapun dari kita, kitalah yang membutuhkannya. Artinya pilihan ekonomi syariah demi kebaikan kita. Nilai kebaikan tersebut tampak dari tiga prinsip derivatif yang menjadi karakter sistem ekonomi Islami yaitu: multitype ownership dimana Islam mengakui kepemilikan pribadi, negara dan campuran namun semua hanya titipan dari Allah SWT; freedom to act yang memberi kebebasan manusia untuk berusaha; dan social justice yang menghendaki kepedulian dan mencegah terjadinya ketimpangan di tengah masyarakat.

Prinsip-prinsip ekonomi Islam di atas merupakan buku manual bagi sektor yang menjalankan syariah, yang jika dijalankan dengan seksama dampaknya akan sangat luar biasa. Prinsip tersebut selaras dengan tujuan BUMD sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan. Disamping menambah pundi pendapatan bagi Pemda juga tugas dan kewajiban untuk membantu bergeraknya perekonomian daerah dan tugas memberi kemanfaatan umum bagi masyarakat Riau. Sekarang tinggal bagaimana pihak BRK mempersiapkan diri secara totalitas dalam rangka memenuhi prinsip syariah untuk mencapai keberkahannya. Mengharapkan kebaikan harus dibarengi dengan rencana untuk mengantisipasi segala kemungkinan terburuk, bukan kemungkinan terbaik saja. Keyakinan kita tetap konversi ke syariah niscaya akan membawa perubahan lebih baik bagi keuangan syariah dan pengembangan ekonomi sekaligus salah satu motor penggerak perekonomian daerah. Ikhtiar BRK akan tercatat sebagai salah satu fragmen krusial dalam perkembangan ekonomi Islam di Indonesia. Ke depan layanan keuangan syariah boleh jadi tidak hanya menjadi pilihan alternatif saja, namun seperti layanan mainstream layaknya bank konvensional. 

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC MM, (Anggota Komisi III DPRD Riau)
Editor : Ali Azumar
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Minggu, 21 Juni 2020 06:33 WIB
Pancasila Sudah final!
Sabtu, 19 September 2020 09:10 WIB
Demokrasi Bukanlah “Kursi”
Sabtu, 17 Oktober 2020 08:54 WIB
Hati-Hati Berinvestasi
Minggu, 05 Juli 2020 21:02 WIB
Berdayakan Ormas untuk Kepentingan Bangsa
Kamis, 28 Mei 2020 13:27 WIB
Setengah New Normal
Selasa, 30 Juni 2020 13:15 WIB
Jangan Buru-buru Sahkan Perda RTRW
Minggu, 19 Juli 2020 16:34 WIB
Ketika Pendapatan Ikut 'Jaga Jarak'
Senin, 10 Agustus 2020 14:23 WIB
Tanggapan Pidato Gubri pada HUT ke-63 Riau
Jum'at, 08 Mei 2020 18:00 WIB
Stempel Miskin
Minggu, 30 Agustus 2020 19:02 WIB
Malaysia dan Hari Kemerdekaan
Jum'at, 22 Mei 2020 12:08 WIB
Wabah yang Berujung Pasrah
Selasa, 07 April 2020 12:00 WIB
Ayolah, Jangan Gamang
Kamis, 06 Agustus 2020 17:01 WIB
New Normal, New Life Style
Senin, 21 September 2020 11:26 WIB
Rahasia di Balik Sengsara
Sabtu, 11 April 2020 08:24 WIB
Kampanye #JanganMudik
Sabtu, 30 Mei 2020 19:04 WIB
New Normal Jangan Ngasal
Rabu, 01 Januari 2020 09:00 WIB
2020, Tahun Para Milenial
Kamis, 20 Februari 2020 13:51 WIB
Menunggu Ketepatan Respon Policy
Sabtu, 02 Mei 2020 10:27 WIB
Refleksi Milad ke-88 Pemuda Muhammadiyah
Kamis, 20 Februari 2020 19:04 WIB
3 And 1
Selasa, 22 September 2020 09:34 WIB
Mempertanyakan Fokus APBD Riau 2020
Selasa, 18 Agustus 2020 09:58 WIB
Hijrah Butuh Pembuktian
Sabtu, 08 Agustus 2020 07:18 WIB
Riau Bermarwah di Tengah Wabah
Senin, 16 September 2019 15:00 WIB
Darurat Asap dan KPK
Komentar
Berita Pilihan
Minggu, 28 Juni 2020
Video Jokowi Marah 18 Juni, Kenapa Baru Dirilis Sekarang?
Minggu, 28 Juni 2020
Keroyok 5 Polisi, 11 WNA Nigeria Ditangkap Polda Metro
Minggu, 28 Juni 2020
Ratusan Warga Uji Swab dan Rapid Test di Pasar Agus Salim, Ini Hasilnya
Minggu, 28 Juni 2020
Ini Penyebab PPDB Jalur Zonasi di Riau Banyak Diprotes
Sabtu, 27 Juni 2020
Unilever, Coca Cola Dkk Setop Iklan di Facebook, IG & Twitter
Sabtu, 27 Juni 2020
Putusan Sudah Inkrah, 1.300 Hektare Lahan Gondai Diminta Segera Dieksekusi
Kamis, 04 Juni 2020
Terungkap! Miliaran Rupiah Duit Korupsi Jiwasraya untuk Main Judi Kasino
Rabu, 03 Juni 2020
Chef Peterseli Kitchen Pekanbaru Wakili Indonesia di Kompetisi Chef International
Rabu, 03 Juni 2020
Curi Tiga Tandan Sawit untuk Beli Beras, Ibu Tiga Anak di Rohul Dihukum Percobaan
Selasa, 02 Juni 2020
PPDB SMA/SMK di Riau Dimulai 17 Juni
Selasa, 02 Juni 2020
Pasien Positif Sembuh dan Tidak Ada Tambahan, Pekanbaru Sudah Masuk Zona Kuning
AMSI
Topik
Jumat, 22 Maret 2019
Plastik Masih Menjadi Permasalahan Utama Pencemaran Lingkungan di Kuansing
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 22 Oktober 2020
Embung Mini Desa Pongkai Istiqomah Simpan Aneka Potensi, Begini Dukungan yang Diberikan Bupati Kampar
Kamis, 22 Oktober 2020
Polsek Pangkalan Kuras Gelar Operasi Yustisi Gabungan, Pelanggar Protokol Kesehatan Disidang di Tempat
Kamis, 22 Oktober 2020
Polsek Pangkalan Lesung Bersama Puskesmas Kembali Lakukan Contact Tracing Pasien Covid-19
Kamis, 22 Oktober 2020
Polsek Ukui Ajak Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Serantau lainnya ...
Rabu, 23 September 2020
Strategi Mengelola Pinjaman Online Saat Pandemi Corona
Sabtu, 04 Juli 2020
Lebih dari 5 Juta Orang Berebut Dapatkan Air Jordan 1 x Dior
Rabu, 18 Maret 2020
7 Cara Liburan Murah nan Menyenangkan
Kamis, 05 Maret 2020
Cegah Virus Corona, Ini Dia Tips Dari Dompet Dhuafa

Gaya Hidup lainnya ...
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu
Sabtu, 15 Agustus 2020
Optimalkan Portofilio Hilir, PGN Kejar Pengembangan Bisnis Global LNG

Advertorial lainnya ...
Selasa, 13 Oktober 2020
Tim Umri Serahkan Alat Pengering Buah untuk Masyarakat Desa Kualu Nenas
Sabtu, 04 Juli 2020
Sony Bakal Berubah Nama?
Selasa, 30 Juli 2019
Telkomsel Bundling Smartphone 4G dengan Cashback hingga Rp2 Juta
Minggu, 21 Juli 2019
5 Keunggulan ASUS ROG Mothership, Laptop Gaming Rp130 Jutaan

Tekno dan Sains lainnya ...
Jumat, 16 Oktober 2020
Tips Hindari Covid-19 di Pondok Pesantren
Rabu, 16 September 2020
Yuk Mengenal Langkah-langkah Perawatan Gigi Anak-anak
Sabtu, 04 Juli 2020
Minta Disetop, Pakar Sebut Rapid Test Sangat Tak Akurat, Publik Rugi
Selasa, 12 Mei 2020
Cegah Penularan Wabah, Mahasiswa Kukerta Universitas Riau 2020 Bentuk Tim Relawan Covid-19

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 23 Oktober 2020
Didukung Kemenristek/Brin, Dosen UIR Lakukan PKM Sistem Informasi Berbasis Pengaduan Masyarakat
Selasa, 13 Oktober 2020
UNISSA Brunei Gandeng UIR Kerjasama Buka Fakultas Pertanian
Minggu, 11 Oktober 2020
Predatech FST UIN Suska Taja 5 Webinar Nasional Bidang Ilmu Data dan Teknologi
Kamis, 08 Oktober 2020
Pilkada 2020: Covid-19 Vs Politik Uang

Kampus lainnya ...

Dapo Kanisya September 2020
Terpopuler

04

Senin, 19 Oktober 2020 10:32 WIB
Jelang UFC 254, Kabar Buruk Menimpa Khabib
Hari Jadi Rohul dari Polres Rohul 12 Oktober 2020
Foto
RAPP - APRIL HUT Pelalawan Siak Kuansing 12 Oktober 2020
HUT Siak - BSP 12 Oktober 2020
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan
Jumat, 20 Maret 2020
PKS Sindora Rohil Segera Beroperasi, Manajemen Siapkan Program CSR Jangka Panjang

CSR lainnya ...
HUT Kabupaten Pelalawan - BSP 12 Oktober 2020
Sabtu, 04 Juli 2020
Trending di Twitter, Maudy Ayunda Diduga Adu Mulut dengan Pria saat Live Instagram
Rabu, 01 April 2020
5 Fakta 'Aisyah Istri Rasulullah' yang Aslinya Lagu Cinta dari Malaysia
Rabu, 11 Maret 2020
Besok, Didi Kempot akan Goyang Ribuan Sobat Ambyar Pekanbaru
Selasa, 18 Februari 2020
Ashraf Sinclair Suami BCL Meninggal Dunia

Selebriti lainnya ...
Pesonna Hotel Pekanbaru - April 2020
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
HUT Kuansing 8 Oktober 2020
Kamis, 10 September 2020
Mau Ikutan Bedah Buku UAS dan Pelatihan Cara Bahagia Menghapal Al-Quran, Begini Cara Mendaftarnya
Sabtu, 04 Juli 2020
Batas Usia Daftar Haji Diminta Lebih Muda
Jumat, 12 Juni 2020
Ini Tiga Golongan yang Diberikan Ujian oleh Allah SWT
Rabu, 29 Mei 2019
Dewan: Bayar Zakat Fitrah Jangan Mepet Lebaran

Religi lainnya ...
FunBike New Normal 12 Oktober 2020
Indeks Berita
BSP Hut Riau ke-63APRIL RAPP HUT RI 75BOB PT BSP HUT RI 75APRIL RAPP HUT Riau ke-36Unilak Juli 2020Pemkab Siak New Normal 17 Juni 2020 OkPolres Rohul 27 Juni 2020APRIL RAPP - Waisak 7 Mei 2020APRIL HUT KAMPARHUT Meranti APRILImlek 2019 RAPP
www www