Rabu, 28 Juli 2021

Breaking News

  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen   ●   
  • Gubri: Zona Merah dan Oranye Dilarang Salat Idul Adha di Masjid   ●   
  • Ditanya Perkembangan Perkara Suap Annas Maamun di RAPBD Riau Tahun 2014-2015, KPK Bungkam   ●   
  • WNA Masuk Indonesia, PKS: Jangan Sampai Publik Mengira PPKM Darurat Hanya Lip Service!   ●   
  • Israel Tawarkan Vaksin yang Nyaris Kedaluwarsa ke Negara Lain   ●   
  • Singkirkan Spanyol Lewat Adu Penalti, Italia Lolos ke Final   ●   
  • Sindikat Vaksin Covid Palsu Ditangkap setelah Suntikkan Air Garam ke 2.000 Warga
Yamaha 26 Juli 2021
Polling
Perlukah Gubernur Riau dan Walikota/Bupati Menyampaikan Permohonan Maaf atas Meningkatnya Kasus Covid-19 dan Pemberlakuan PPKM Level 4?


Berwisata Aman Mencegah Covid-19
Minggu, 06 Desember 2020 13:16 WIB
Berwisata Aman Mencegah Covid-19
Wisatawan asal Jakarta Budi Do Re Mi ketika mengunjungi objek wisata alam Danau PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Riau.

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Memasuki era normal baru, sektor pariwisata terus dibangkitkan. Tentunya dengan memperhatikan dan menjaga protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. Pemerintah terus mengeluarkan berbagai kebijakan untuk membantu sektor yang berkontribusi pada perekonomian agar bisa kembali menghidupkan para pelakunya.

Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dan para pelaku pariwisata agar sektor pariwisata mendapatkan harapan baru untuk pulih dan kembali bergerak. Dimana, kegiatan kepariwisataan baik destinasi, produk wisata, dan industri usaha mengacu pada aspek kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan dan rasa aman bagi wisatawan. Pemerintah fokus mengembangkan pariwisata melalui penerapan CHSE (cleanliness, health, safety dan environment sustainability).

Kini, memasuki era normal baru sektor pariwisata mendapatkan harapan baru untuk bisa bersinar lagi, tanpa mengabaikan kondisi pandemi Covid-19, yakni dengan memperhatikan dan menjaga protokol kesehatan. Seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M). Aplikasi 3M merupakan kewajiban dan bukan pilihan.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Riau, Roni Rakhmat melalui Kepala Bidang Pemasaran Ricko Riyanto mengatakan, provinsi Riau dikaruniai penduduk serta budaya yang ramah, kekayaan alam, dan wisata yang luar biasa, sehingga di masa pandemi Covid-19 ini masih bisa mengandalkan wisatawan domestik.

"Namun, sektor pariwisata sangat bergantung pada pergerakan. Ketika pergerakan mengalami pembatasan, hal ini akan berdampak negatif terhadap kunjungan wisatawan. Meski demikian, di sisi lain tetap harus menjaga perekonomian," kata Ricko, Sabtu (5/11/2020) di Pekanbaru.

Di era digital saat ini, Dinas Pariwisata (Dispar) Riau menawarkan lebih spesifik kepada market tertentu, misalnya kepada milenial atau kepada keluarga, anak muda. Adanya tur virtual diharapkan bisa menjadi solusi bagi wisatawan tetap mendapatkan pengalaman berwisata namun tetap aman.

Jika ada wisatawan yang ingin tetap berkunjung ke objek atau iven wisata, Dispar Riau mengimbau pihak pengelola atau penyelenggara iven agar bisa tetap membatasi jumlah pengunjung dan mematuhi prokes secara ketat.

Disampaikan Ricko, hal ini sesuai arahan Satgas Covid-19 Pusat, dalam mengantisipasi masa libur panjang Natal dan Tahun Baru 2021 yaitu, ada beberapa hal yang harus dijadikan pelajaran untuk mengantisipasi kenaikan kasus. Pertama, kepada seluruh kepala daerah untuk mengoptimalisasi penegakkan disiplin terhadap protokol kesehatan. Kedua, masyarakat diminta bijaksana dan sadar meminimalisasi mobilitas.

Ketiga, ada beberapa alternatif kegiatan lainnya yang dapat dipilih dalam mengisi masa libur Natal dan Tahun Baru 2021. Seperti tur virtual ke tempat-tempat wisata dan lainnya. Atau bisa juga memilih untuk staycation (stay vacation).

"Untuk berwisata secara aman dan nyaman, saat ini bisa dipenuhi dengan tur virtual secara interaktif. Ini bisa menjadi solusi bagi para wisatawan dari semua kalangan, semoga hiburan berwisata bisa menampilkan cuplikan dan gambar tentang peristiwa wisata yang bisa dinikmati secara daring," Ricko menuturkan.

Kemudian, Ricko mengungkapkan, guna menghangatkan sektor pariwisata di Bumi Lancang Kuning, Dispar Riau mencoba menyuguhi destinasi wisata, dengan melibatkan selebritis/influencer yang memiliki ratusan ribu pengikut (followers) di berbagai kanal sosial media.

Para influencer yang membantu menyuguhi destinasi wisata Riau, adalah, Jennifer Arnelita, Budi Do Re Mi, dan Dea Ananda. Kedatangan sejumlah artis ini didampingi oleh tim Bidang Pemasaran Dispar Riau. Kehadirannya untuk memproduksi foto dan video kreatif di sejumlah destinasi yakni, Kabupaten Siak, Bengkalis, Rokan Hulu (Rohul), Pelalawan dan Indragiri Hulu (Inhu).

Jennifer Arlita, Influencer yang memiliki akun Instagram dengan jumlah followers 209 ribu itu, pada tanggal 17 - 20 November 2020 berkesempatan mengunjungi Istana
Siak Asserayah Al Hasyimiah dan Tangsi Belanda. Dalam pelancongannya Jennifer sangat terkesan pesona kemegahan objek wisata sejarah tersebut.
Setelah menjelajahi destinasi wisata di Kabupaten Siak, artis FTV dan sinetron kelahiran Balikpapan, 17 Desember 1984 itu, mengunjungi destinasi wisata bahari pantai Tanjung Lapin dan Beting Aceh di Rupat utara, Kabupaten Bengkalis. Ia menikmati hamparan pasir putih dan memacu adrenalinnya, bermain banana boat di objek wisata bahari yang berbatasan langsung dengan negeri jiran Malaysia itu.

“Sampai juga di pantai Rupat utara setelah menikmati destinasi wisata sejarah di Kota Siak. Riau memiliki tempat wisata yang luar biasa. Tetap patuhi protokol kesehatan ketika berwisata," kata Jennifer.

Hal senada juga menjadi kesan bagi influencer Syahbudin Syukur atau yang lebih dikenal dengan sebutan Budi Do Re Mi. Penyanyi solo yang sukses dengan lagu 'Do Re Mi' itu, singgah di sejumlah destinasi wisata yaitu, Puncak Kabur, Istana Raja Rokan, dan Masjid Agung Islamic Center Pasir Pangaraian, Kabupaten Rohul. Lalu, dilanjutkan merasakan objek wisata villa D Kotoz (Danau PLTA Koto Panjang), Tepian Mahligai dan Air Terjun Tambang Murai, Kabupaten Kampar.

Presenter acara musik di salah satu stasiun swasta Tanah Air itu, melancong ke Riau pada tanggal 22 hingga 25 November 2020. Ia juga sempat mencicipi berbagai kudapan khas Riau, Pondok Patin HM Yunus Rohul, RM khas Melayu Banja Ladang, kopi air enau, dan sate Ocu Iman Kampar.

Budi menuturkan, aktivitasnya ketika berada di Riau, mulai dari menikmati sunset di Puncak Kabur, menyaksikan Bokoba di Istana Raja Rokan, mengunjungi Masjid Agung Islamic Center sekaligus melaksanakan salat, menikmati lanskap Kota Pasir Pangaraian, bermain kano di Danau PLTA Koto Panjang, dan berenang di air terjun Tambang Murai.

"Satu kali di Riau. Di saat hari perlahan mulai menjadi senja. Di sana hati tertinggal. Lebih tepatnya saya sengaja menitipkannya untuk kembali nanti,” katanya singkat.

Sementara, mantan penyanyi cilik Dea Ananda ketika berkunjung ke Riau, pada 2-5 Desember 2020, mencoba menjelajahi gelombang Bono, di sungai Kampar, Desa Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Lalu, menyusuri wisata alam sungai Sisirih, Desa Usul, Kecamatan Batang Gangsal. Kemudian, menjelajahi wisata sejarah di Kota Rengat, Kabupaten Inhu.

Ketika mengunjungi Desa Teluk Meranti, perempuan kelahiran Jakarta, 26 Mei 1986 itu, menjajal gelombang atau ombak 'hantu' Bono, menggunakan Jet Ski selama dua jam. Gelombang Bono tingginya bisa mencapai 6 meter, memanjang sekitar 300 meter, dengan kecepatannya 40 km per jam. Ditambah lagi, suara dari hempasan gelombangnya bikin andrenalin bakal membuncah.

"Hanya di Riau saya menemukan gelombang (ombak) yang ada di sungai dan itu sangat Wonderful. Semoga masa pandemi ini segera berakhir. Festival Bono bisa kembali hadir dan menjadi andalan kalender iven pariwisata nasional yang diminati wisatawan mancanegara,” pungkas Dea, perempuan yang memiliki akun Instagram dengan 344 ribu pengikut.

Hampir setiap tahun Festival Bono diburu para peselancar dunia. Sebut saja para peselancar Australia yakni James Cotton, Roger Gamble dan Zig Van Der Sluys. Tiga peselancar asal Negeri Kangguru itu, berhasil mencetak rekor surfing dengan menaklukkan gelombang Bono sejauh 17,2 kilometer. Menorehkan rekor dunia, berselancar terpanjang di Bono Sungai Kampar pada tahun 2016 lalu.

Penulis : Dian
Editor : Ali
Kategori : Ekonomi, Peristiwa, Riau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Perlukah Gubernur Riau dan Walikota/Bupati Menyampaikan Permohonan Maaf atas Meningkatnya Kasus Covid-19 dan Pemberlakuan PPKM Level 4?

Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Kamis, 22 Juli 2021
MPR Desak Vaksin Dosis Ketiga untuk Nakes Dilakukan Secepatnya
Rabu, 14 Juli 2021
Darurat Covid-19, Pemerintah Telah Tetapkan PPKM Darurat MPR Minta Semua Harus Berdoa
Senin, 12 Juli 2021
MPR: Koperasi Sebagai Panglima Menjaga Ketahanan Ekonomi Nasional
Jumat, 09 Juli 2021
MPR: Penting untuk Hadirkan Kolaborasi dalam Hadapi Covid-19

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 27 Juli 2021
Riau Lakukan Penyusunan Rencana Perlindungan Pengelolaan Ekosistem Gambut
Selasa, 27 Juli 2021
Sinergi Penanggulangan Covid-19, Polres Pelalawan Ajak Perusahaan Salurkan Alkes dan Obat
Selasa, 27 Juli 2021
Pantau Prokes Masyarakat, Polsubsektor Pelalawan Adakan Operasi Yustisi
Selasa, 27 Juli 2021
Kampung Tangguh Polres Bengkalis Panen Cabai Merah Setengah Ton

Serantau lainnya ...
Rabu, 21 Juli 2021
Anak Didik AMS Juarai Pemilihan Bujang Dara Pekanbaru 2021
Selasa, 13 Juli 2021
Famys Hijab, Pilihan Tepat untuk Tampil Cantik Saat Idul Adha
Jumat, 09 Juli 2021
Berkembang Pesat, Irvan Asmara Sukses Dirikan AMS Modelling School
Kamis, 08 Juli 2021
DRV Beauty Store Jadi Ikon Kosmetik di Sungai Penuh, Produknya Lengkap dan Original

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas

Advertorial lainnya ...
Jumat, 16 Juli 2021
Benarkah Dunia Butuh Dosis Ketiga Vaksin Covid-19?
Jumat, 02 Juli 2021
Heboh Bill Gates dan Istrinya Sebenarnya sudah Meninggal Tahun 2013 Lalu
Minggu, 09 Mei 2021
5 Smartphone Terbaru dari Oppo Tahun 2021
Senin, 03 Mei 2021
Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku Kurang dari 2 Pekan Lagi

Tekno dan Sains lainnya ...
Jumat, 16 Juli 2021
Ayah Bunda, Ini 7 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Bermakna Lembut
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic
Rabu, 05 Mei 2021
Kurang Minum Air Putih saat Berbuka Bisa Bikin Berat Badan Melonjak
Selasa, 13 April 2021
Tips Sehat saat Puasa: Olahraga Ringan dan Penuhi Nutrisi

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 27 Juli 2021
Tingkatkan Inovasi Teknologi Terapan Bidang MKG, PCR dan BMKG Jalin Kerja Sama
Selasa, 27 Juli 2021
Tim Kukerta Balek Kampung Unri Sialang Sakti Berikan Spanduk dan Logo
Selasa, 27 Juli 2021
Kukerta Unri Desa Ujung Batu Timur Serahkan 1.000 Batang Bibit Tanaman Buah kepada Masyarakat
Senin, 26 Juli 2021
Mahasiswa Kukerta Unri di Desa Pulau Terap Kampar Lakukan Penyemprot Disinfektan

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...
Polling
Perlukah Gubernur Riau dan Walikota/Bupati Menyampaikan Permohonan Maaf atas Meningkatnya Kasus Covid-19 dan Pemberlakuan PPKM Level 4?


PCR 15 Juli 2021
Terpopuler

03

Kamis, 22 Juli 2021 16:08 WIB
Ditahan Jaksa, Donna Fitria Menangis
Permata
Foto
Unilak 1 Juni 2021
Pelantikan Bupati Siak - Pemkab Siak
Jumat, 16 Juli 2021
Jedar Ungkap Pernah Dekat dengan Pria Ternyata Gay, Terbongkar Gara-gara...
Jumat, 02 Juli 2021
Dalang Kondang Ki Manteb Sudharsono Berpulang ke Rahmatullah
Kamis, 01 Juli 2021
Peramal Mbak You Meninggal Dunia
Kamis, 29 April 2021
7 Artis Indonesia dengan Bayaran Selangit

Selebriti lainnya ...
Bhayangkara 2021 CAKAPLAH
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
UIR 2021
Selasa, 27 Juli 2021
Sabah Ahmedi, Imam Termuda Inggris Lawan Stereotip Lewat Medsos
Jumat, 16 Juli 2021
Jangan Sampai Salah Beli, Berikut Syarat Hewan Kurban
Jumat, 02 Juli 2021
Meninggal Dunia Akibat Covid-19 Seperti Apa yang Bisa Disebut Syahid?
Senin, 14 Juni 2021
Santri Rumah Qur'an Hajjah Rohana Tak Hanya Fokus Tahfiz Tapi Juga Belajar Pokok Keislaman

Religi lainnya ...
Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRD
Indeks Berita
Idul Fitri 1442 BRKWaisak 26 Mei 2021 - APRILPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021
www www