Kamis, 18 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
Memilih Pemimpin Berkualitas
Rabu, 09 Desember 2020 09:53 WIB
Memilih Pemimpin Berkualitas
Dr. Biryanto

Tepat tanggal 9 Desember 2020 bangsa Indonesia menyelenggarakan pesta demokrasi dengan agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang dilaksanakan di 270 wilayah yang meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota di seluruh wilayah Indonesia. Untuk wilayah Provinsi Riau sendiri, Pilkada serentak akan dilaksanakan di 8 kabupaten dan 1 kota. Ini artinya terdapat 75% kabupaten/kota se-Provinsi Riau yang akan melaksanakan Pilkada serentak. Secara politis dapat dipahami bahwa 9 kepala daerah yang terpilih nantinya sangat menentukan arah kebijakan pembangunan Provinsi Riau untuk lima tahun mendatang.

Kembali kita pada topik pilkada serentak, maka hari ini semua warga negara yang memiliki hak untuk memilih, berkepentingan menggunakan hak suaranya untuk memilih pemimpinnya, sebagai wujud tanggung jawab moral terhadap masa depan daerah dan bangsa ini. Pemimpin yang akan dipilih nantinya adalah orang yang diharapkan dapat memimpin kita semua untuk menuju perubahan ke arah yang lebih baik. Artinya yang kita pilih adalah seseorang yang berkarakter pemimpin dengan jiwa untuk melayani, dan bukan berkarakter pimpinan dengan jiwa minta dilayani. Seseorang dengan karakter pemimpin akan mengambil tanggung jawab pada dirinya dan berorientasi pada kemajuan orang yang dipimpinnya.

Berbekal dengan konsep pemimpin tersebut, maka penulis secara sederhana merumuskan beberapa unsur penting yang melekat pada diri seorang pemimpin berkualitas sebagai berikut:

Berdaulat Terhadap Dirinya

Pemimpin yang berdaulat yaitu pemimpin yang punya kuasa penuh terhadap dirinya dan berkuasa pula untuk melaksanakan kewenangan yang dimilikinya. Pemimpin yang berkuasa terhadap dirinya adalah seorang pemimpin sejati yang tidak diatur dan ditekan oleh pihak manapun. Dia mengendalikan dan bukan dikendalikan. Setiap keputusan yang diambil adalah keputusan terbaik yang mengutamakan kepentingan masyarakat, dan bukan dikarenakan hutang budi dan intervensi kekuasaan yang lain.

Bila pemimpin tidak berdaulat terhadap diri dan kewenangannya, maka sudah pasti dia tidak akan mampu melaksanakan tugasnya sebagai seorang pemimpin, karena sejatinya dia adalah seorang “budak kekuasaan”.

Pemimpin Bagi Semua Golongan

Seseorang yang berpikir kerdil tidak layak untuk menjadi seorang pemimpin. Bila seseorang yang diamanahkan untuk menjadi pemimpin, maka dia harus sadar bahwa dia adalah pemimpin bagi semua rakyatnya dengan beragam latar belakang, dan bukan berpikir sempit dengan hanya menjadi pemimpin bagi sekelompok orang. Seorang pemimpin itu tidak diskriminatif yang hanya memprioritaskan diri dan kelompok pendukungnya saja.

Konsep pemimpin daerah atau wilayah itu bersifat universal dan lintas suku, agama, dan ras. Bila ada seorang calon pemimpin yang terindikasi berpikir kerdil tersebut, maka dia tentulah tidak layak untuk dipilih menjadi seorang pemimpin.

Membangun Tim Kerja Dengan Prinsip Merit

Seorang kepala daerah sebagai pemimpin tidak akan mungkin bisa bekerja sendiri melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Untuk itu diperlukan tim kerja yang terdiri dari orang-orang yang berkompetensi di bidangnya masing-masing.

Di institusi pemerintahan, tim kerja yang dimaksud adalah para Aparatur Sipil Negara yang merupakan abdi negara. Mereka adalah orang-orang terpilih yang bertugas membantu kepala daerah dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan. Mereka inilah tim kerja kepala daerah yang sesungguhnya, sehingga perlu dikelola dengan optimal berdasarkan pada prinsip merit (kualifikasi, kompetensi, kinerja, dan tidak diskriminatif).

Akan menjadi musibah nantinya bila seorang kepala daerah merasa bahwa daerah yang dipimpinnya dianggap sebagai kerajaan atau dinasti, sehingga dia dengan sesuka hatinya mengangkat orang-orang dalam lingkaran kekuasaannya untuk menjadi pejabat dan sengaja mengabaikan prinsip merit.

Banyak Bekerja Daripada Pencitraan

Seorang pemimpin adalah orang yang lebih banyak berbuat daripada memberikan janji dan harapan palsu. Seorang pemimpin juga lebih banyak mendengar dan menyerap aspirasi suara rakyatnya daripada banyak bicara dan sibuk membangun pencitraan dirinya. Karakter pemimpin seperti ini tidak akan ditemui pada orang-orang yang terbiasa mengobral janji-janji manis saat kampanye, namun pada kenyataan nanti setelah terpilih akan menghindar ketika janji itu ditagih oleh rakyatnya. Sebagai pemilih yang cerdas, maka pilihlah calon pemimpin yang menawarkan harapan dan gagasan baru yang rasional dan dapat dipertanggung jawabkan.

Berorientasi Pada Masa Depan

Pemimpin itu adalah pembawa harapan baru dan bukan pencerita tentang masa lalu. Seorang calon pemimpin yang baik tidak akan mencari simpati dengan menceritakan keburukan pemimpin-pemimpin sebelumnya, namun berorientasi pada apa-apa yang akan dilakukannya di masa depan. Calon pemimpin yang baik tidak akan disibukkan membahas kegagalan pemimpin sebelumnya, kecuali dia memang ingin menunjukkan bahwa dirinya tidak memiliki kelebihan dan kemampuan yang dapat ditawarkan kepada para calon pemilih. Pilihlah pemimpin yang berpikiran maju dan berorientasi pada masa depan, dengan merangkul semua pihak dan tidak terus mendendam karena perbedaan pilihan di masa lalu.

Memberikan Keteladanan

Pemimpin adalah panutan yang diikuti ucapannya, sikapnya, maupun perbuatan yang dilakukannnya. Pemimpin yang berkualitas adalah orang yang memberikan keteladanan yang baik bagi rakyatnya. Artinya, calon pemimpin yang terbiasa berkata kasar dan kotor, bersikap arogan, dan menghalalkan segala cara tidaklah layak dipilih untuk menjadi seorang pemimpin. Terlebih bila ada calon pemimpin yang berani memberikan tawaran uang untuk membeli suara calon pemilih, sudah barang tentu pribadinya tidak dapat diteladani. Untuk itu pilihlah pemimpin teladan yaitu pemimpin yang memberikan contoh yang baik dalam semua aspek, baik itu integritas, kedisiplinan, dedikasi, dan kerja keras.

Beberapa aspek kepemimpinan berkualitas yang telah diuraikan tersebut, diharapkan dapat menjadi saran dan pertimbangan bagi para calon pemilih yang akan menggunakan hak suaranya. Melalui pengamatan terhadap rekam jejak dan pelaksanaan kampanye yang telah dilakukan oleh masing-masing calon kepala daerah, setidaknya dapat menjadi gambaran bagi para pemilih untuk menjatuhkan pilihannya.

Akhirnya, kita semua berharap semoga pilkada serentak yang dilakukan di berbagai wilayah di tanah air pada hari ini, dapat berjalan dengan aman dan lancar, serta dapat menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas yang akan membawa kemajuan bagi bumi pertiwi.***

Penulis : Dr. Biryanto (Praktisi Komunikasi)
Editor : Ali Azumar
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Lainnya
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 16 April 2024
Kapolres Pelalawan Turun Langsung Cek Rumah Warga yang Ditinggal Mudik
Selasa, 16 April 2024
Pembenahan di Pelabuhan RoRo Bengkalis Berdampak Positif ke Pelayanan dan Antrean
Selasa, 16 April 2024
Plt Bupati Asmar Hadiri Halalbihalal di Desa Mengkirau
Sabtu, 13 April 2024
AKBP Asep Sujarwadi Pimpin Patroli ke Perumahan Warga Jaga Keamanan Saat Libur Idulfitri 1445 H

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www