Jumat, 29 Maret 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Agung Nugroho - Ramadan 2024M

Pilkada Aman, Partisipasi Tinggi di Tengah Pandemi
Minggu, 20 Desember 2020 09:02 WIB
Pilkada Aman, Partisipasi Tinggi di Tengah Pandemi
Petugas penyelenggara Pilkada 2020 Kepulauan Meranti mendatangi tempat isolasi pasien Covid-19 di RSUD Kepulauan Meranti.

(CAKAPLAH) - Tahun 2020, sebanyak 270 daerah yang terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota di Indonesia melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada). Pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini berbeda dengan Pilkada sebelumnya.

Pilkada tahun 2020 dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19. Rasa was-was pun menghampiri sebelum helat lima tahunan itu digelar. Tak sedikit pihak mengkhawatirkan pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi bisa menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di dalam negeri.

Kekhawatiran itu bukan tanpa dasar. Kalau melihat penyebaran Covid-19 di tanah air, tiap hari terus saja terjadi peningkatan kasus infeksi virus yang berasal dari Wuhan ini. Berdasarkan data yang dirilis Kementerian Kesehatan RI, sampai akhir Oktober 2020 kasus positif Covid-19 di tanah air mencapai 410.088 kasus dan meninggal dunia sebanyak 13.768 jiwa. Kondisi ini pula menyebabkan jadwal Pilkada yang semula ditetapkan tanggal 23 September diundur menjadi 9 Desember 2020.

Beberapa hari menjelang pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020, situasi di Indonesia belum juga membaik. Sampai akhir November 2020, sebanyak 538.883 orang di Indonesia terkonfirmasi terpapar Covid-19 dan 16.945 orang meninggal dunia. Beruntung saat itu KPU RI sigap membaca situasi terkini di dalam negeri.

Sebelum Pilkada digelar di tengah pandemi, KPU RI telah mengeluarkan peraturan. Terakhir peraturan itu bernomor 13 tahun 2020 yang merupakan perubahan dari Peraturan KPU nomor 6 tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau wali kota dan wakil wali kota serentak lanjutan dalam kondisi bencana nonalam Covid-19. Dalam Peraturan KPU ini dijelaskan bahwa pelaksanaan Pilkada serentak 2020 harus menerapkan protokol kesehatan tanpa mengenal warna zonasi wilayah.

Satu dari 270 daerah di Indonesia yang melaksanakan Pilkada serentak 2020 adalah Kabupaten Kepulauan Meranti. Meski berjarak 918 KM dari ibukota Jakarta, yang secara geografis merupakan wilayah berpulau dan dibatasi laut (perairan), tak membuat kabupaten termuda di provinsi Riau ini terbebas dari penyebaran Covid-19. Kasus pertama Covid-19 di Kepulauan Meranti terkonfirmasi pada tanggal 13 Mei 2020. Satu pasien yang baru berumur 19 tahun warga Kecamatan Tasikputri Puyu terkonfirmasi positif Covid-19. Dia merupakan hasil tracing klaster Ponpes Magetan, Jawa Timur.

Sejak saat itu, banyak warga Kepulauan Meranti terpapar virus corona dari berbagai klaster. Hingga hari H pencoblosan tanggal 9 Desember 2020, jumlah warga terpapar Covid-19 sudah menjadi 214 orang. Meski tingkat kesembuhan tinggi, namun masih ada beberapa warga dirawat dan diisolasi, baik di Balai Latihan Kerja (BLK), Lapas maupun di RSUD Kepulauan Meranti.

Tiga orang warga yang diisolasi di RSUD Kepulauan Meranti menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 2020. Mereka memanfaatkan formulir A5-KWK untuk pindah memilih. Di satu sisi, penyelenggara yang bertugas mendatangi pasien Covid-19 memiliki rasa was-was. Bagaimana tidak, menurut informasi dari WHO dan Kemenkes RI, bagi orang dengan kondisi medis tertentu, misalnya yang menderita Penyakit Tidak Menular (PTM) kronis, akan menimbulkan gejala berat apabila terinfeksi Covid-19, bisa berujung fatal, kematian.

Rasa khawatir itu dialami Firdaus, anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Banglas. Kata Firdaus, pukul 13.00 WIB tanggal 9 Desember 2020, ia mendatangi langsung pasien Covid-19 yang sedang diisolasi di RSUD Kepulauan Meranti. "Memang agak sedikit takut, tapi karena ini tugas, harus kita jalankan," ujar Firdaus, Jumat (11/12/2020).

Diceritakan Firdaus, saat ke RSUD Rabu siang itu, ia bersama Ketua KPPS Rudi Hartono, anggota KPPS 6 dan KPPS 7, Panwascam, pengawas kelurahan desa (PKD) dan pengawas TPS. Kotak suara yang dibawa ke RSUD Kepulauan Meranti berasal dari TPS terdekat dengan tempat isolasi, yaitu TPS 02. Teknisnya, kotak suara diletakkan di depan ruang isolasi. Sementara tiga pasien Covid-19 yang menggunakan hak pilih, diarahkan perawat agar keluar ruangan.

Sebelum mencoblos, baik pasien maupun petugas mengikuti protokol kesehatan. Pasien yang datang memakai masker terlebih dahulu mencuci tangan, kemudian menggunakan sarung tangan. Sementara petugas KPPS 6 dan 7 mengenakan APD lengkap.

"Setelah mencoblos, surat suara dimasukkan ke dalam kotak suara. Surat suara itu tidak disemprot disinfektan. Sebab selain takut rusak, pasien juga sudah menjalankan protokol kesehatan," kata Firdaus.

Secara keseluruhan, mencoblos di tengah pandemi, pemilih mengikuti kebiasaan baru. Sebelum diberikan surat suara, pemilih terlebih dahulu dicek suhu tubuh. Kemudian, pemilih harus mencuci tangan dan mengambil sarung tangan yang telah disediakan di tiap TPS. Selesai mencoblos, pemilih tak lagi mencelup tinta, tetapi diteteskan (tinta itu) ke jari oleh petugas di TPS. Hal serupa diberlakukan di 450 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 9 kecamatan se-Kepulauan Meranti.

Untuk memastikan di lokasi TPS betul-betul aman, penyelenggara juga diharuskan mengikuti rapid tes. Bagi yang hasil rapid tes-nya reaktif, tidak dibenarkan bekerja dan diisolasi.

Mencoblos dengan menerapkan protokol kesehatan memberikan hasil yang maksimal di Kepulauan Meranti. Meski dilaksanakan di tengah pandemi, tidak ada penambahan pasien Covid-19 klaster Pilkada. Sebagaimana diakui Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kepulauan Meranti, Fahri SKM. Kata Fahri, seminggu setelah pelaksanaan Pilkada, memang ada penambahan 9 kasus positif Covid-19, dari 214 kasus di tanggal 9 Desember menjadi 223 pada tanggal 16 Desember 2020, namun itu bukan klaster Pilkada.

"Di Kepulauan Meranti tidak ada klaster Pilkada," ujarnya, Kamis (17/12/2020).

Hal yang semula dikhawatirkan menjadi klaster penyebaran Covid-19 baru tidak terbukti. Pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi berjalan lancar. Bahkan, partisipasi pemilih di Pilkada 2020 di Kepulauan Meranti lebih tinggi jika dibandingkan dengan Pilkada tahun 2015.

Sebagaimana diakui Komisoner KPU Kepulauan Meranti, Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Parmas dan SDM), Hanafi SSos. Katanya, secara nasional memang belum mencapai target 77,5 persen, tapi dibandingkan tahun 2015, partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 mengalami peningkatan sebesar 5,44 persen.

"Pada Pilkada 2015 silam, partisipasi pemilih hanya 65,40 persen, sementara di 2020 sebesar 70,84 persen," ujar Hanafi, Rabu (16/12/2020).

Diceritakan Hanafi, banyak langkah-langkah dilakukan bersama jajaran untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada serentak tahun 2020. Diantaranya, membuat dan memasang baliho ke tiap-tiap desa. Desain baliho termasuk pesan-pesan yang dimuat di dalamnya, diserahkan sepenuhnya ke penyelenggara tingkat kecamatan maupun desa. Sebab, bercermin dari yang telah sudah, kata Hanafi lagi, banyak warga tidak mengetahui perihal Pemilu.

"Bercermin dari yang lama, ada ketidaktahuan masyarakat akan Pemilu itu. Hasil diskusi dengan kawan-kawan Parmas, selain bertatap muka dengan masyarakat, sosialisasi juga kami lakukan dengan memasang baliho ke tiap desa," ujar Hanafi.

Kemudian, kata Hanafi lagi, pada 10 hari terakhir sebelum pencoblosan, dilakukan penguatan bagi seluruh PPS di semua kecamatan. Penguatan ini digelar dengan harapan timbulnya rasa percaya diri bagi PPS. Sebab, PPS ditunjuk negara untuk mengelola pemilihan dan harus sadar akan tanggung jawab tersebut.

"Tahun ini, 70 hingga 75 persen penyelenggara adalah orang baru semua. Ketidaktahuan akan Pilkada menjadi cambuk tersendiri bagi kawan-kawan PPS untuk terus belajar dan belajar agar saat hari H mereka bekerja sesuai yang kita inginkan. Alhamdulillah kawan-kawan PPS menjalankan tanggung jawab dengan sangat baik," kata Hanafi.

Tak hanya itu, upaya meningkat partisipasi pemilih juga dibicarakan dengan pihak Imigrasi Selatpanjang. Melalui instansi vertikal itu diharapkan bisa membantu mengimbau masyarakat agar pada hari H pencoblosan tidak berangkat ke luar negeri. Karena, sebagian besar masyarakat Kota Sagu memang telah lama mengadu nasib ke negeri jiran, dan sering pulang pergi ke Malaysia.

"Tapi dampak Covid-19, banyak warga kita tidak bisa berangkat. Mereka bekerja di kampung dan kesempatan ini kita manfaatkan untuk mensosialisasikan bahwa ini Pilkada kita, untuk kebaikan kita bersama, sehingga diminta masyarakat tidak Golput," ujar Hanafi.

Kemudian, untuk menyasar ke pemilih milenial usia 17 hingga 35 tahun, Hanafi memaksimalkan pemanfaatan media sosial. Dia membuat grup tersendiri bersama PPK dan PPS. Penyelenggara di tingkat kecamatan dan desa diminta selalu membagikan kegiatan-kegiatan berkaitan dengan Pilkada. Salah satu kegiatan yang paling gencar dibagikan ke media sosial adalah simulasi pencoblosan di TPS. Tujuannya adalah agar masyarakat tidak takut mendatangi TPS untuk memberikan suara ke Paslon yang dijagokan.

"Saya push terus semangat kawan-kawan PPK dan PPS. Saya minta masing-masing membuat akun medos untuk membagikan kegiatan-kegiatan KPU. Sebab, ada sekitar 46 hingga 50 persen pemilih di Kepulauan Meranti merupakan pemilih milenial. Mereka aktif berselancar di media sosial," jelas Hanafi.

Selain mengapresiasi jajaran PPK, PPS dan PPDP, Hanafi juga berterimakasih kepada insan pers dan tim gugus tugas Kepulauan Meranti. Karena, melalui berita yang ditulis wartawan, menjadi jalan lain KPU dalam menyosialisasikan tahapan Pilkada ke tengah-tengah masyarakat. Sementara tim gugus tugas membantu meyakinkan pemilih bahwa di TPS telah didesain semaksimal mungkin agar warga tetap aman dari penularan Covid-19.

"Terimakasih juga kepada masing-masing Paslon dan tim. Mereka juga ikut andil membantu meningkatkan partisipas pemilih," kata Hanafi.

Atas terselenggaranya Pilkada yang aman dan lancar, Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung. Kata Abu Hamid, tanpa dukungan dari semua elemen masyarakat, mustahil Pilkada bisa digelar dengan baik.

Kepada Pemda Kepulauan Meranti, Abu Hamid mengucapkan terimakasih karena sudah mensupport anggaran dan fasilitas. Ucapan sama juga disampaikan kepada pihak TNI dan Polri yang sudah membantu pengamanan, pihak Satpol PP yang ikut menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK).

Data dari Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, personel yang diturunkan untuk mengamankan Pilkada sebanyak 253 orang. Ditambah BKO Brimob sebanyak 30 orang dan BKO Polda PAM TPS sebanyak 80 orang. Untuk personel TNI yang ikut mengamankan Pilkada Meranti berjumlah 45 orang, terdiri dari 29 orang personel Koramil 02/Tebingtinggi dan 16 orang personel Koramil 08/Merbau. Sementara Satpol-PP Kepulauan Meranti menurunkan 246 orang personel.

"Ucapan terimakasih juga disampaikan buat mitra kerja kami, Bawaslu dan seluruh masyarakat yang telah ikut berpartisipasi pada helat politik lima tahunan ini. Alhamdulillah, apa yang kita harapkan terwujud. Pilkada di Kepulauan Meranti berlangsung aman, sehat dan tingkat partisipasi tinggi," kata Abu Hamid.

Penulis : Rizal
Editor : Ali
Kategori : Politik, Pemerintahan, Kabupaten Kepulauan Meranti
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 28 Maret 2024
Jelang Pilkada, Subdit Politik Dir Intelkam Polda Riau Silaturahmi dengan Pengurus Partai Gelora Rohul
Kamis, 28 Maret 2024
HIPMI Pekanbaru Gelar Buka Puasa Bersama dan Santuni Anak Yatim
Kamis, 28 Maret 2024
Pemprov bersama Masjid Annur Riau Serahkan Santunan ke 150 Anak Yatim
Kamis, 28 Maret 2024
Ketua Komisi Kejaksaan Apresiasi Kerja Kejagung Usut Mega Korupsi Tambang Timah

Serantau lainnya ...
Kamis, 28 Maret 2024
RAFI 2024, Telkomsel Berbagi Harapan dan Perkuat Semangat Kebersamaan
Rabu, 27 Maret 2024
Kick Off Riau Sharia Week 2024, BI Gelar Capacity Building Nazhir Wakaf Produktif
Kamis, 21 Maret 2024
Eka Hospital Pekanbaru Beri Kiat Olahraga Saat Puasa
Senin, 18 Maret 2024
Jalan-jalan dengan Nyaman Bersama Sinar Jaya: Layanan dan Pemesanan Online

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i
Jumat, 08 Maret 2024
Semarakkan Ramadan 1445 H, Umri Undang UAS hingga Santuni Seribu Dhuafa

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www