Minggu, 29 Januari 2023

Breaking News

  • Terbukti Kolusi, Mantan Rektor UIN Suska Riau Divonis 2 Tahun 10 Bulan Penjara   ●   
  • Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Waspada!! Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Ini Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Awal 2023, Penularan HIV/AIDS di Riau Beresiko Alami Kenaikan   ●   
  • 24 Desa di Riau Masuk Kategori Desa sangat Tertinggal, Mayoritas di Kampar   ●   
  • 12.966 Wisatawan Kunjungi Siak Sepanjang Libur Nataru   ●   
  • Tiga ASN Pemprov Dipecat Tidak Hormat Sepanjang 2022   ●   
  • Proses Tahap II Mandek, Tersangka Karhutla PT BMI tak Kunjung Diadili   ●   
  • 532 Peserta Tidak Lulus Seleksi PPPK Tenaga Kesehatan Pemprov Riau   ●   
  • Jalan Rusak di Riau Capai 1.035 Km, Gubernur Akui Jadi 'PR' 2023
Bapenda dan NasDem

Yuyun Minta Investigasi Kapal Karam di Danau PLTA, Pemkab Kampar akan Berikan Kompensasi
Rabu, 23 Desember 2020 17:44 WIB
Yuyun Minta Investigasi Kapal Karam di Danau PLTA, Pemkab Kampar akan Berikan Kompensasi
Anggota DPRD Riau Yuyun Hidayat ketika menyampaikan pendapat pada konferensi pers

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Musibah karamnya kapal Banawa Nusantara 58 di perairan Danau PLTA Koto Panjang di Desa Pulau Gadang, Kabupaten Kampar, Sabtu (19/12/2020) menuai perhatian berbagai pihak.

Selasa (22/12/2020) Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Riau menggelar konferensi pers di Pekanbaru untuk mencari titik terang bagaimana peristiwa naas yang menyebabkan Wakil Ketua ASPPI DPD Riau Salman Alfarisi (38) tewas akibat peristiwa tenggelamnya kapal bantuan dari Kementerian Perhubungan tersebut.

Selain puluhan wartawan, konferensi pers ini juga hadir dari pihak keluarga korban, rekan-rekan korban Sekretaris Jendral Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Osvian Putra dan Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar David Hendra Nasution.

Salah satu yang menarik perhatian puluhan insan pers yang mengikuti jalannya konferensi pers ini adalah pernyataan Yuyun Hidayat, anggota DPRD Provinsi Riau Daerah Pemilihan Kabupaten Kampar.

Ia menyampaikan duka cita mendalam kepada koleganya dalam pengembangan wisata Salman Alfarisi yang juga merupakan Ketua Bidang di Kadin Kota Pekanbaru, dimana Yuyun adalah sebagai ketuanya.

Yuyun yang tidak bisa turun ke lokasi setelah mendengar peristiwa pilu itu setelah mendengar informasi dari beberapa pihak diantaranya penggiat wisata Osvian, pihak keluarga korban dan dari Pemerintah Kabupaten Kampar sendiri menurutnya memang banyak sekali yang perlu menjadi pemikiran yang lebih lanjut.

Bahkan dengan suara lantang Yuyun menegaskan bahwa harus ada investigasi lanjutan terhadap permasalahan ini.

"Ini memang sangat fatal dan saya pribadi, saya sebetulnya ingin menyampaikan kepada media bahwa perlu dilakukan investigasi lanjutan masalah ini," tegas politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Secara tegas juga anak Almarhum H Azis Zaenal mantan Bupati Kampar itu, mengatakan bahwa apa yang disampaikannya ini dan sikapnya ini
bukan menyalahkan Pemkab Kampar.  "Saya menginginkan ini tidak terjadi lagi ke depan," tegas pria yang juga akrab disapa Yuda ini.

"Saya mohon betul kalau tak ada yang melapor saya akan melapor. Saya akan minta investigasi betul karena saya lihat saling lempar," ucapnya. "Yang kita cari hari ini adalah solusi bagaimana kejadian yang sama tak terulang, terjadi lagi," kata Yuyun lagi.

Ia minta bagaimana Pemkab Kampar juga punya sistem lebih baik lagi. "Dan bagaimana kita orang kita undangan, yang ikut memajukan pariwisata mendapatkan perlakuan lebih baik lagi," katanya.

Yuyun juga mempertanyakan mengenai kapal yang digunakan ini menurutnya bukanlah diperuntukkan di Danau apalagi perairannya dangkal. Sebagai orang yang pernah menjadi penguji pembuatan kapal di Kementerian Riset dan Teknologi, ia yakin kapal Banawa Nusantara ini adalah berjenis pemecah ombak.

Kemudian ia juga bertanya apakah nakhoda kapal punya sertifikasi karena kalau sudah punya sertifikasi sudah tahu dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Ia juga menyoroti cara kerja beberapa pihak terkait di lokasi kejadian seperti BPBD, Dishub dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar sendiri yang tidak menjalankan kerjanya secara baik dan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

"Pertanyaan saya pertama ketika saya jumpa dengan Bang Osvian, satu pertanyaan saya, dikasih pelampung atau tidak (penumpang kapal red)," kata Yuyun.

Karena menurut Yuyun, standar keselamatan bagi awak dan penumpang harus nomor satu. Ia juga menceritakan pengalamannya ketika mengembangkan objek wisata Gulamo yang juga melewati perairan Danau PLTA Koto Panjang. Meskipun para tamu dibawa dengan kapal kecil namun semua yang ada di dalam kapal dikasih pelampung.

Oleh sebab itu Yuyun juga menyoroti sistem pada saat kegiatan yang dibuat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar mulai awal perjalanan kapal sampai terjadinya bencana dan penangangan terhadap korban meninggal dunia dan ia juga menyayangkan penangangan terhadap jenazah yang menurut kabar jenazah dibawa ke rumah duka tidak diselimuti dan masih dalam keadaan berpakaian basah.

Menurutnya, mestinya Pemkab Kampar memberikan perhatian kepada keluarga korban meskipun ia mendapatkan kabar bahwa Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Aulia Dharma telah mendatangi keluarga korban di Ujung Batu namun masih perlu adanya perhatian dan adanya etika dari Pemkab Kampar dan itu tak terlalu sulit untuk dilakukan.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar David Hendra Nasution yang hadir pada konferensi pers ini menyampaikan secara panjang bagaimana tragedi ini terjadi.

Ia juga berjanji akan menyampaikan kepada pimpinan mengenai apa yang ia dapatkan dalam konferensi pers ini. Ia juga menyampaikan turut duka cita mendalam kepada keluarga korban, kerabat korban dan masyarakat secara umum.

Akan Beri Kompensasi

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar David Hendra Nasution pada konferensi pers yang diikuti puluhan wartawan menyampaikan kronologi kejadian naas yang tak diduga-duga tersebut.

Kondisi setelah kapal karam sebagian pejabat di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar yang juga menjadi korban kapal karam masih trauma. Semua alat komunikasi seperti handphone mati karena basah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Zulia Dharma yang tak ikut dalam rombongan juga tak bisa dihubungi karena mereka terpaksa mencari-cari nomor Kadis dan meminjam hp.

"Kami langsung berusaha mencari nomor hp pak Kadis saat itu, tapi tak langsung dapat, makanya agak lambat," ucap David.

Pada saat ingin menggiring jenazah ke Pekanbaru, mobilnya yang dipakai oleh rekannya mengalami kerusakan di jalan. "Mobil kawan rusak, lalu mobil saya yang dipakai sampai di Kampa juga rusak," ungkap David.

Kemudian komunikasi mereka dengan supir ambulan terputus payah.

Dalam pertemuan itu David menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga korban dan semua pihak atas musibah ini dan menjadikan peristiwa ini sebagai pelajaran berharga. David juga siap menyampaikan ke pimpinan terhadap kritikan, usulan dan saran pada konferensi pers ini.

Kemudian ketika dihubungi Rabu (13/12/2020) David menyampaikan, informasi terakhir akan ada kompensasi dari Pemkab Kampar untuk keluarga korban yang meninggal. "Jumlahnya berapa, nilainya tak dapat kita sebutkan," ulasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa sejak kejadian, pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan juga telah beberapa kali datang sekaligus ikut mendoakan dan tahlilan di rumah almarhum di Ujung Batu.

Penulis : Tim
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Pemerintahan
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 24 Januari 2017 18:01 WIB
17 WNI yang Dideportasi Turki Dibina
Senin, 01 Mei 2017 18:36 WIB
TKI di Hong Kong Kritik Pernyataan Jokowi
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20
Minggu, 31 Oktober 2021
Arzetti Dukung Pemerintah Sosialisasikan Bahaya BPA

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 28 Januari 2023
BMKG Ungkap Sebab Banjir Rob di Pesisir Riau, Warga Diimbau Tetap Waspada
Sabtu, 28 Januari 2023
Pimpin Pordasi, Alfedri Optimis Majukan Olahraga Berkuda di Riau
Sabtu, 28 Januari 2023
Lantik Pengurus Lembaga Laskar Pagar Negeri, Gubri Ingatkan Jaga Marwah dan Persatuan
Sabtu, 28 Januari 2023
Muscab X PP Kota Pekanbaru Sukses Digelar, Iwan Pansa: Kami Siap Bersinergi Bersama Pemerintah

Serantau lainnya ...
Selasa, 24 Januari 2023
Si Kembar Atlet Sepatu Roda Rohul Raih Gelar Perdana 2023
Jumat, 20 Januari 2023
Masakan Dapur Lapas Pekanbaru Resmi Bersertifikasi Halal dari MUI
Rabu, 18 Januari 2023
Royal Century Purwodadi Menjawab Hunian Impian Setiap Orang
Selasa, 06 Desember 2022
Kotak Baca Gairahkan Lagi Literasi di Pekanbaru

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Senin, 16 Januari 2023
Asyik, Layar Samsung Galaxy Z Fold 5 Bakal Minim Kerutan
Sabtu, 14 Januari 2023
30 Anggota API BPD Riau Ikuti Kelas Digital Marketing
Rabu, 04 Januari 2023
Setahun Pasca Merger, IOH dan Twimbit Luncurkan Hasil Riset Empowering Indonesia 2023
Senin, 02 Januari 2023
Pemkab Meranti Kini Miliki Command Center yang Himpun Semua Data

Tekno dan Sains lainnya ...
Senin, 23 Januari 2023
Direktur Kemenkes Minta Layanan Kanker dan Jantung di RSUD Arifin Achmad Riau Ditingkatkan
Minggu, 01 Januari 2023
Gubri Ajak Orang Tua Awasi Anak dari Bahaya Narkoba
Selasa, 20 Desember 2022
RSJ Tampan Raih Akreditasi paripurna Bintang 5
Minggu, 11 Desember 2022
Gelar Seminar Hari Disabilitas, RSIA Zainab Berkomitmen Jadi Pusat Layanan Anak Penyandang Disabilitas

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 20 Januari 2023
Waka DPRD Riau Hardianto Raih Gelar Magister Manajemen dari Sekolah Pascasarjana Unilak
Rabu, 18 Januari 2023
Syamsuar, Ganjar hingga Risma Hadiri Pelantikan Rektor IPB
Selasa, 17 Januari 2023
Mahasiswa IPB Goes to School ke 80 Sekolah di Riau
Sabtu, 14 Januari 2023
Sekolah Pascasarjana Unilak Gelar Seminar Nasional, Angkat Tema Hukum, Manajemen dan Lingkungan

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

APRIl - Imlek 2023
Terpopuler
PCR 2023
Foto
Khas Hotel November 2022
Nataru 2022 April.RAPP
Selasa, 10 Januari 2023
Luna Maya Buka Suara Soal Kabar Menikah dengan Gading Marten
Selasa, 06 Desember 2022
Bukan dengan Istri, Shah Rukh Khan Umrah Didampingi Bodyguard
Sabtu, 26 November 2022
Indra Prasta Simpati Gempa Cianjur, Lelang Gitar Kesayangan
Senin, 21 November 2022
Blak-blakan Nia Ramadhani kepada Merry Riana; Terjerat Kasus Narkoba Jadi Mukjizat Bagi Pernikahanku

Selebriti lainnya ...
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www