Rabu, 10 Agustus 2022

Breaking News

  • BPBD Riau Water Boombing Karhutla 25 Hektare di Rohul   ●   
  • Gagal ke Malaysia, 10 Pekerja Migran Ilegal Diserahkan ke BP2MI   ●   
  • Cabai Merah Sumbang Inflasi, Pemprov Riau akan Gelar Pasar Murah di 3 Daerah   ●   
  • Sudah 2.876 Hewan Ternak di Riau Terjangkit PMK   ●   
  • Naik Lagi, TBS Sawit Riau Sepekan ke Depan Rp 2.232,93/Kg   ●   
  • Selain Kajati, Jaksa Agung Juga Ganti Asdatun dan Empat Kajari di Riau   ●   
  • Kado HUT ke-65 Riau, Bumi Siak Pusako 100 Persen Kelola Blok CPP   ●   
  • HUT ke-65 Riau, Mahasiswa Minta Dewan Awasi 2 Tahun Sisa Masa Kepemimpinan Syamsuar-Edy   ●   
  • Kendaraan Roda Dua di Riau sudah Pakai Plat Warna Putih   ●   
  • 8 Kabupaten di Riau sudah Terjangkit PMK
Yamaha 8-10 Agustus 2022
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?


Upaya Industri Kehutanan Bertahan di Situasi Pandemi​ ​Covid-19
Minggu, 31 Januari 2021 22:02 WIB
Upaya Industri Kehutanan Bertahan di Situasi Pandemi​ ​Covid-19
Dua orang karyawan PT RAPP sedang mengamati pohon Eukaliptus yang digunakan sebagai bahan pulp, kertas dan rayon.

PELALAWAN (CAKAPLAH) – Hampir semua sektor terdampak pada pandemi Covid-19. Situasi ini membawa pengaruh signifikan bagi sebagian besar usaha maupun aktifitas industri.

Meski demikian, tak sedikit pula aktifitas industri yang masih solid dan mampu bertahan sehingga berkontribusi pada pemulihan ekonomi nasional. Salah satu industri yang menopang perekonomian Indonesia untuk tetap bertahan di tengah pandemi yakni industri manufaktur kehutanan seperti pulp dan kertas. 

Sepanjang 2020, sektor hulu dan hilir industri kehutanan Indonesia mampu mencatatkan kinerja ekspor yang melebihi ekspektasi meskipun diterpa pelemahan ekonomi global.

Berdasarkan data terkini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), jumlah ekspor hulu dan hilir industri kehutanan mencapai 11,08 miliar dollar AS atau jauh melampaui revisi target 2020 di angka 7 miliar dollar AS. Revisi target ini sendiri ditetapkan KLHK dengan menyesuaikan kondisi pandemi yang menyerang hampir seluruh sendi perekonomian nasional.

Memang, capaian ekspor tahun ini sedikit terkoreksi 4,67% secara year-on-year. Namun, dengan situasi perekonomian dunia yang diterjang resesi, melampaui revisi target yang ditetapkan menjadi pencapaian yang mengejutkan. 

Tak hanya dari sisi ekspor, produksi hutan tanaman industri (HTI) juga menorehkan kontribusi positif yang tumbuh 14% menjadi 45,5 juta meter kubik, berdasarkan data dari Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI).

Bersamaan dengan itu, realisasi penanaman HTI meningkat 42% menjadi 274.000 hektar dibanding tahun 2019 lalu. Dampaknya, pekerja pada sektor kehutanan terhindar dari pemutusan hubungan kerja (PHK). Tercatat, jumlah pekerja yang terlibat pada sektor kehutanan dari hulu hingga hilir mencapai 1,5 juta orang.

Pencapaian positif ini, menurut Ketua Umum APHI Indroyono Soesilo, tak lepas dari peran KLHK yang tak lelah memberikan dukungan dan perhatian tinggi kepada sektor usaha kehutanan di tengah tantangan pandemi dengan serangkaian kebijakan relaksasi dan insentif. 

“Kondisi ini diharapkan dapat terjaga dan terus membaik di tahun 2021,” ujarnya dalam acara 'Refleksi 2020: Soifo, Hints LHK dan Seek' belum lama ini. 

Optimisme itu semakin menguat dengan akan diberlakukannya berbagai peraturan turunan dari Undang Undang Cipta Kerja yang diharapkan akan semakin mendorong kemudahan berusaha, investasi dan penyerapan tenaga kerja. 

“Pemerintah pusat, daerah, dunia usaha, LSM, akademisi dan masyarakat terus merapatkan barisan, untuk menjaga komitmen kuat terhadap pembangunan kehutanan di Indonesia, khususnya bidang pengelolaan hutan lestari. Hal ini penting di tengah pandemi Covid-19 yang turut berdampak terhadap seluruh sektor usaha, termasuk usaha kehutanan,” kata Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono, baru-baru ini. 

Salah satu produsen pulp dan kertas terbesar di Indonesia, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) juga optimis dengan peluang industri kehutanan pada 2021 kendati pelambatan ekonomi imbas pandemi Covid-19 menjadi faktor eksternal yang dihadapi
oleh pelaku bisnis. 

"Kami tetap optimis dan berharap 2021 tetap stabil. Kami ambil kesempatan untuk konsolidasi internal,” kata Direktur Utama PT RAPP Sihol Aritonang.

Di tengah pandemi, Grup APRIL ini bahkan meluncurkan visi APRIL2030 mencakup serangkaian komitmen perusahaan hingga 10 tahun ke depan untuk berkontribusi positif bagi alam, iklim dan masyarakat sembari tumbuh menjadi perusahaan yang berkelanjutan.?

APRIL2030 terdiri dari serangkaian target spesifik berbasis ilmu pengetahuan yang terdiri dari empat pilar, yakni iklim positif, lanskap yang berkembang, kemajuan inklusif dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

“Empat pilar APRIL2030 ini sejalan dengan prioritas pemerintah. Seperti yang kita tahu, Indonesia berkomitmen di tingkat global untuk ambil bagian mengurangi emisi karbon, kemiskinan, angka stunting, dan pendidikan. Hal ini jelas tertuang dalam agenda APRIL2030,” ujarnya. 

Para pekerja Nursery setiap hari selalu memeriksa bibit tanaman akasia dan eukaliptus ini di pembibitan Kerinci Central Nursery (KCN) di Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau.

Aksi nyata untuk memulai komitmen APRIL2030 ditandai dengan diskusi lanjutan dengan Wildlife Conservation Society untuk mendukung perlindungan satwa liar dari perdagangan ilegal di Indonesia, termasuk spesies yang terancam punah. Eco-Research Camp di Semenanjung Kampar, Riau juga telah dibangun sebagai tempat penelitian lahan gambut bagi akademisi dan ilmuwan nasional maupun internasional. 

APRIL juga menjalin kemitraan dengan Science-Based Target Initiative (SBTi) dan akan bekerja sama untuk menetapkan target pengurangan emisi berbasis sains yang selaras dengan kriteria penetapan target SBTi. APRIL juga berencana untuk memasang panel surya berkapasitas 20MW di lokasi operasionalnya mulai 2021 dan diharapkan rampung pada 2025. 

Tak hanya itu, Grup APRIL juga memperluas komitmen konservasi dan restorasi hutan dengan menyisihkan dana dari tiap ton kayu yang digunakan dalam produksi untuk membiayai investasi di bidang lingkungan hingga sebesar 10 juta dollar AS per tahun.

Langkah Grup APRIL tersebut mendapat sambutan positif dari pemerintah. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang turut hadir dalam peluncuran APRIL2030 mengapresiasi serangkaian komitmen keberlanjutan yang diluncurkan Grup APRIL. Ia berharap, langkah nyata tersebut dapat berkontribusi terhadap perekonomian nasional, khususnya di sektor perhutanan.

"Kinerja baik ini diharapkan bisa ditingkatkan menjadi model pengelolaan industri kehutanan yang dapat dikembangkan oleh perusahaan swasta lainnya secara berkelanjutan sehingga dapat bersinergi dengan pemerintah dan secara kumulatif dapat mendorong pencapaian target pembangunan ekonomi di Indonesia," kata Airlangga. 

Penulis : Advertorial
Editor : Azzumar
Kategori : Ekonomi
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?

Berita Terkait
Sabtu, 25 Desember 2021 23:25 WIB
Program Desa Bebas Api, Jaga-jaga Berhadiah
Kamis, 31 Desember 2020 08:16 WIB
Humas Harus Adaptif Jika Tidak Ingin Lenyap
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 10 Agustus 2022
Libatkan Pihak Eksternal, PN Pelalawan Gelar Rapat Pleno Bahas Rancangan Standar Pelayanan
Rabu, 10 Agustus 2022
Kasus Demam Berdarah Kembali Naik, Pimpinan DPR Minta Pemerintah Optimalkan Pelayanan Faskes
Rabu, 10 Agustus 2022
bank bjb Dukung Ekspor Porang ke China, Sejahterakan Petani Melalui Kredit Pola Kemitraan
Rabu, 10 Agustus 2022
Kepsek SMPN 5 Dumai Lepas Siswa Peserta Jambore Nasional Pramuka XI Tahun 2022 di Cibubur

Serantau lainnya ...
Kamis, 04 Agustus 2022
Nasabah Unit Imambonjol Dapat Honda Brio pada Pengundian PHS BRI
Minggu, 31 Juli 2022
Hadir di Pekanbaru, HijabChic Sambut Antusiasme Fashion Kaum Hawa dengan Tema Romantis
Sabtu, 30 Juli 2022
Ingin Make Over Gaya Rambut Ala Korea atau Jepang? Yuk.. Ke Haoon Hair Dressing
Kamis, 21 Juli 2022
Armada Band akan Meriahkan Hiburan Rakyat Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau

Gaya Hidup lainnya ...
Rabu, 10 Agustus 2022
Peringatan HUT ke-65 Riau, Momentum Perkuat Sinergi Bersatu Bangun Riau
Selasa, 26 Juli 2022
Hari Mangrove Sedunia, Gubri Tanam 200.000 Bibit Mangrove di Bengkalis
Senin, 25 Juli 2022
GALERI FOTO: Buka MTQ XL Provinsi Riau di Rohil, Gubri: Mari Syiarkan Alquran di Bumi Melayu
Jumat, 10 Juni 2022
Tutorial Mengubah Alamat Warga di Kecamatan Pemekaran, Disdukcapil Pekanbaru Beri Kemudahan

Advertorial lainnya ...
Minggu, 07 Agustus 2022
iPhone 14 Pro Ucapkan Selamat Tinggal Notch
Kamis, 04 Agustus 2022
Sukses Dihelat di Pekanbaru, STEAM Cup Sumatera Direncanakan Digelar Setiap Tahun
Selasa, 19 Juli 2022
Bengkalis Creative Network MoU dengan Meet Up Co-Working dan Founders Live
Senin, 27 Juni 2022
Fenomena Planet Sejajar Akan Terjadi Lagi 28 Juni 2022!

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 07 Juli 2022
Permudah Pasien, Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru Buka Layanan Poliklinik Sore
Rabu, 06 Juli 2022
Pemko Pekanbaru Kejar Target Angka Stunting 6 Persen di 2024, Optimis Tercapai
Minggu, 03 Juli 2022
Penyebab Keputihan Darah yang Perlu Anda Ketahui
Selasa, 28 Juni 2022
Sosialisasi Layanan Kaki Palsu RS Awal Bros, Gubri Serahkan Kaki Palsu ke Pasien

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 10 Agustus 2022
Mahasiswa Kukerta Unri Serahkan Peta Desa untuk Merempan Hulu
Rabu, 10 Agustus 2022
Tim Pengabdian Masyarakat FK Unri Latih Kader Posyandu di Rupat Utara
Selasa, 09 Agustus 2022
IMM Imam Syafi'i Gelar Kajian, Ukhuwah dapat Perkuat NKRI
Selasa, 09 Agustus 2022
FH UMRI Gelar Kompetisi Peradilan Semu, Upaya Cetak Duta Jihad Konstitusi Muhammadiyah

Kampus lainnya ...
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat

CSR lainnya ...
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?


HUT Riau 2022 - April RAPP
Terpopuler
PCR 2022
Foto
Khas Agustus 2022
Diskes Rohul Agustus 2022
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!
Jumat, 06 Mei 2022
Cantiknya Sophia Latjuba saat Lebaran, Tetap Stylish Walau Pakai Sarung
Rabu, 27 April 2022
Dikira Mualaf, Ternyata Ini Alasan Celine Evangelista Sering Pakai Baju Muslim

Selebriti lainnya ...
HUT Riau 2022 - PT SPR
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 04 Juli 2022
FPKB Kembali Salurkan Alquran Untuk Anak - Anak Mengaji di Pekanbaru
Minggu, 26 Juni 2022
Tinjau Kelayakan Pendidikan, Gubri Sambangi Pondok Tahfidz Quran Bengkalis
Jumat, 24 Juni 2022
Peduli Masyarakat Kurang Mampu, LAZISMu Riau Launching Warung Makan 2000
Rabu, 27 April 2022
Dompet Dhuafa Volunteer Riau Gelar Puncak Serambi

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www