Sabtu, 27 Februari 2021

Breaking News

  • Zukri-Nasarudin Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Pelalawan Terpilih   ●   
  • Dewan Dukung Polisi Periksa Kadis DLHK Soal Tumpukan Sampah   ●   
  • Nunggak PBB di Pekanbaru Rumah Ditempel Stiker   ●   
  • Fraksi PKS DPRD Pekanbaru Siap Potong Gaji untuk Korban Bencana Alam   ●   
  • Sekolah di Pekanbaru Dilarang Ambil Kebijakan Sendiri Soal Pembelajaran Tatap Muka   ●   
  • Dispora dan Disdik Riau Bakal Bentuk Sekolah Kejuruan Olahraga   ●   
  • DPR Minta Erick Thohir Pecat Direksi Perusahaan Pupuk Plat Merah   ●   
  • Walhi Nilai Provinsi Riau Rentan Bencana Ekologis   ●   
  • RSUD Arifin Achmad Siapkan Tempat Vaksin untuk Nakes   ●   
  • ASN Setdaprov Belum Gajian karena KPA Tersandung Kasus
Yamaha 22 Februari 2021
EMP
Polling
2 Tahun Kepemimpinan Catur Sugeng Susanto Sebagai Bupati Kampar, Bagaimana Kinerjanya Menurut Anda?


CAKAP RAKYAT
Jangan Ada “Blok” di Blok Rokan
Jum'at, 12 Februari 2021 09:49 WIB
Jangan Ada “Blok” di Blok Rokan
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Ada kabar kurang mengenakan disaksikan oleh mata dan didengar oleh telinga belakangan khususnya bagi masyarakat Riau. Apalagi kalau bukan insiden kecil tatkala digelar rapat Panitia Kerja (Panja) Migas Blok Rokan Riau di Komisi VII DPR-RI. Diberitakan sejumlah perwakilan dari Riau sempat beradu mulut dan berdebat karena tidak diizinkan ikut masuk mengikuti rapat bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan unsur DPRD Provinsi Riau, unsur LAM Riau, serta pihak PT. Pertamina dan PT. Chevron Pasific Indonesia pada Selasa (9/2/2021). Alhasil mendapat liputan pemberitaan media massa lokal hingga nasional.

Singkat cerita, kekisruhan bermula ketika petugas pengamanan gedung DPR-RI membatasi jumlah peserta rapat sesuai daftar nama peserta yang telah diserahkan pada konfirmasi undangan rapat Komisi VII DPR-RI. Mengutip pemberitaan media massa, perwakilan tidak terima pembatasan lantas emosi dan sempat memukul-mukul pintu pembatas elektronik. Sampai-sampai unsur Pemprov Riau terlihat keluar dari ruang rapat untuk menenangkan perwakilan yang protes. Berita media makin lengkap dengan video rekaman peristiwa yang viral di sosial media, bahkan turut disebarkan grup whatsapp keluarga. Konon katanya kalau sudah masuk ruang chat itu dipastikan masalah genting.

Ironi

Kita di daerah tidak paham duduk letak perkara. Kekisruhan sepintas mungkin dianggap bukan persoalan serius. Tapi di mata masyarakat Riau bisa ditafsirkan sebaliknya: ribut-ribut pasti punya kepentingan masing-masing. Ditengah perjuangan Riau untuk memperoleh privilege mengelola Blok Rokan yang akan memasuki fase alih kelola pertengahan 2021 dari Chevron ke Pertamina, harusnya kejadian bisa dihindari. Apalagi kala insiden di luar, di dalam ruang rapat Ketua Panja Migas Komisi VII DPR-RI Alex Noerdin berkata bahwa kalau Riau mau dapat bagian lebih banyak dari Blok Rokan, syaratnya harus bersatu, kalau masyarakat Riau tidak bersatu maka jangan harap. Sebagai masyarakat Riau jelas ada rasa malu mendengar pernyataan tersebut keluar dari lisan bukan orang Riau. Sungguh ironi.

Sebagai bagian dari Komisi III DPRD Riau dalam kesempatan ini tidak akan berbicara banyak seputar teknis perminyakan dan perihal kontrak. Namun lebih mengedepankan sudut pandang bagaimana ke depan Blok Rokan mampu menambah pundi pendapatan daerah dan berdampak nyata meningkatnya kesejahteraan masyarakat Riau. Jangan lagi SDA dinikmati segelintir pihak dan keuntungan lebih banyak mengalir keluar daerah. Menyinggung keputusan Blok Rokan, telah ditetapkannya Riau menerima hak kelola Blok Rokan Participating Interest (PI) sebesar 10 persen. Namun peluang masih terbuka meraih penambahan saham di luar PI. Pemprov Riau mempersiapkan BUMD yang bergerak di bidang migas yaitu PT Bumi Siak Pusako dan PT Sarana Pembangunan Riau (SPR) Langgak. Ke depan ada aura positif yang bisa memperbesar peluang BUMD maupun afiliasinya mengingat alih pengetahuan pengelolaan blok migas dan business service. Selain itu, tersaji peluang lain bagi perusahaan lokal maupun nasional. Artinya ada iklim kompetisi terbuka. Dalam konteks ini Riau harusnya menyatukan potensi guna memenangkan persaingan. Dengan begitu pengelolaan dapat diupayakan oleh entitas daerah atau yang bisa beri keuntungan lebih besar bagi Riau.

Meski sentimen kedaerahan pantas didahulukan, artinya ekpektasi tertinggi tetap unsur Riau sebagai pengelola, pengelolaan SDA Migas mendatang perlu kajian berbagai sisi. Sebagaimana diketahui Blok Rokan masih menjadi andalan dalam mencapai target produksi minyak 1 juta barel per hari dan gas di tahun 2030, dengan potensi cadangan minyak menurut SKK Migas diperkirakan masih 2 miliar barel. Melihat perkembangan produksi minyak nasional terus merosot, Blok Rokan bisa-bisa jadi tulang punggung lifting nasional. Semakin urgen berhubung Migas “separuh nyawa” Riau melalui skema bagi hasil dengan Pemerintah Pusat. Mengacu pada besarnya ketergantungan sumber pendapatan Riau dari sektor Migas, perlu diwanti-wanti jangan sampai pengelolaan mendatang mengganggu persentase bagi hasil selama ini.

Nyawa Daerah

Untuk itu, perlu dikawal agar Blok Rokan dikelola oleh yang berkompeten dan memenuhi kualifikasi paling top. Karena urusan bukan main-main, menyangkut “nyawa” daerah. Terkait PI sudah banyak terbukti bahwa skenario paling sering merugikan Pemda adalah bekerjasama dengan swasta. Pemprov Riau punya PR menyingkirkan skeptisme dan menanamkan keyakinan di benak masyarakat, bahwa pernyataan Riau mampu mengelola Blok Rokan tak sekedar di lisan tapi dibuktikan melalui kesiapan terjabar di atas kertas. Sikap skeptis wajar muncul berkaca pada track record kinerja BUMD Riau yang dinilai belum optimal dan belum dikelola secara profesional. Selain keuntungan bagi daerah yang tak sepadan dengan investasi duit rakyat (APBD) yang dikeluarkan, urusan pertanggungjawaban yang sifatnya wajib juga terkesan diabaikan. Akibatnya mayoritas BUMD Riau langganan temuan di Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK. Apalagi PI Blok Rokan berkontribusi ke pendapatan aset daerah melalui deviden BUMD. Idealnya layaknya Perusahaan Multinasional, setidaknya ada proyeksi dan gambaran perkiraan keuntungan bagi daerah. Jadi yang dijual bukan sentimen “putra daerah” saja.

Terakhir, sebagai sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui dan berkah Allah SWT, Migas harusnya diperlakukan bak milik yang paling berharga. Migas juga tidak dimiliki semua daerah. Banyak daerah lain iri melihat Riau. Oleh karena itu pengelolaan selanjutnya harus dengan cara terbaik. Riau selalu bermimpi bisa berdikari mengurusi karunia alamnya. Sekarang kesempatan hadir di depan mata. Jangan sampai kesempatan langka buyar disebabkan ego dan kepentingan masing-masing serta provokasi pihak yang ingin meraup keuntungan pribadi dan kelompok. Persatuan dan kesatuan dalam pemikiran dan tindakan merupakan satu-satunya modal yang diperlukan saat ini. Bak mendapat bagian potongan kue, gegara berebut akhirnya kue hancur-lebur. Tujuan utama bagaimana diperoleh capaian lebih baik dari pengelolaan hasil bumi Riau mendatang. Sehingga berdampak pada kemajuan daerah dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat. Selagi perjuangan masih bikin blok-blok selama itu pula kutukan sumber daya alam terus berlanjut: karunia di atas dan di bawah bumi tapi manfaatnya sedikit yang bisa dirasakan.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi III DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali Azumar
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
2 Tahun Kepemimpinan Catur Sugeng Susanto Sebagai Bupati Kampar, Bagaimana Kinerjanya Menurut Anda?

Berita Terkait
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Rabu, 24 Februari 2021 14:30 WIB
Alarm Meningkatnya Angka Kemiskinan
Sabtu, 19 Desember 2020 07:01 WIB
Bela Negara Untuk Ekonomi Yang Berdaulat
Jum'at, 04 Desember 2020 10:39 WIB
COVID-19 dan Pentahelix
Rabu, 04 November 2020 10:26 WIB
Misi Riau Bangkitkan Pariwisata Dan UMKM
Sabtu, 06 Februari 2021 16:44 WIB
Runtuhnya Demokrasi di Myanmar?
Jum'at, 31 Juli 2020 19:15 WIB
Kurban, Spirit Berkontribusi dan Wakaf
Jum'at, 01 Januari 2021 22:05 WIB
Pasang Surut Hubungan Indonesia-Malaysia
Selasa, 10 November 2020 08:01 WIB
Melestarikan Warisan Pahlawan
Selasa, 24 November 2020 12:02 WIB
UMKM Dan Koperasi Kunci Pemulihan Ekonomi
Sabtu, 24 Oktober 2020 08:03 WIB
Perlukah Merivisi RPJMD?
Rabu, 07 Oktober 2020 08:36 WIB
Mencari Berkah Dalam Syariah
Minggu, 19 Juli 2020 16:34 WIB
Ketika Pendapatan Ikut 'Jaga Jarak'
Sabtu, 19 September 2020 09:10 WIB
Demokrasi Bukanlah “Kursi”
Kamis, 18 Juni 2020 19:18 WIB
Indonesia Darurat Implementasi Pancasila
Minggu, 21 Juni 2020 06:33 WIB
Pancasila Sudah final!
Selasa, 30 Juni 2020 13:15 WIB
Jangan Buru-buru Sahkan Perda RTRW
Senin, 10 Agustus 2020 14:23 WIB
Tanggapan Pidato Gubri pada HUT ke-63 Riau
Jum'at, 13 November 2020 13:35 WIB
Fenomena PETI Kuansing: Masalah dan Solusi
Sabtu, 16 Januari 2021 13:27 WIB
Reses Yang Dianak-tirikan
Minggu, 05 Juli 2020 21:02 WIB
Berdayakan Ormas untuk Kepentingan Bangsa
Rabu, 28 Oktober 2020 11:23 WIB
Maulid Nabi, Pemuda dan Spirit Perubahan
Senin, 26 Oktober 2020 22:31 WIB
Komoditi Kelapa Sawit Sebagai Sumber PAD Riau
Jum'at, 08 Mei 2020 18:00 WIB
Stempel Miskin
Komentar
Berita Pilihan
Jumat, 30 Oktober 2020
Ini 342 Nama Peserta Lulus CPNS 2019 Kota Pekanbaru, Lihat Linknya di Sini
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 26 Februari 2021
13 Kampung di Kotogasib Siak Rawan Karhutla, Camat Gandeng Perusahaan Gelar Patroli
Jumat, 26 Februari 2021
Polsek Teluk Meranti Sosialisasikan Protokol Kesehatan Covid-19
Jumat, 26 Februari 2021
Polsek Kerumutan Lakukan Sistem Pengamanan Mako
Jumat, 26 Februari 2021
Polsek Bunut Lakukan Patroli C3 dan Sosialisasi Prokes

Serantau lainnya ...
Sabtu, 27 Februari 2021
Maret, Isabell's Beauty Treatment Gelar Promo untuk Treatment Laser Accure
Kamis, 25 Februari 2021
Jalan Teropong Kampar akan Diusulkan Jadi Jalan Provinsi
Rabu, 24 Februari 2021
Isabell's Beauty Treatment Berikan Layanan Tanam dan Tarik Benang yang Optimal
Selasa, 23 Februari 2021
Semarak Grand Opening Klinik Kecantikan dr.Vee di Pekanbaru, Owner: Dedikasi untuk Ayah

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu

Advertorial lainnya ...
Senin, 18 Januari 2021
Kaget dengan Harga Samsung Galaxy S21 Ultra
Rabu, 30 Desember 2020
Intip Spesifikasi Realme C11, Smartphone Rp1,5 Jutaan dengan Beragam Fitur Menarik
Selasa, 27 Oktober 2020
Tentang Rapid Test Antigen, Pengganti Rapid Test Antibodi
Selasa, 13 Oktober 2020
Tim Umri Serahkan Alat Pengering Buah untuk Masyarakat Desa Kualu Nenas

Tekno dan Sains lainnya ...
Senin, 18 Januari 2021
Terlalu Lama Pakai Masker Sebabkan Mata Kering, Ini Cara Mencegahnya
Rabu, 06 Januari 2021
Jembatan Siak IV Kerap Jadi Titik Kumpul Pesepeda di Pekanbaru
Selasa, 08 Desember 2020
Miss Interglobal Indonesia 2020 Kunjungi Isabell's Beauty Treatment
Jumat, 16 Oktober 2020
Tips Hindari Covid-19 di Pondok Pesantren

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 24 Februari 2021
Masa Jabatan Berakhir Juni, Prof Syafrinaldi Siap Maju Calon Rektor UIR Lagi
Minggu, 14 Februari 2021
Tingkatkan Sumber Daya ASN, Unilak MoU dengan Pemkab Inhil
Senin, 08 Februari 2021
Mahasiswa Unilak Ikuti Program Magang Bersertifikat, Dapat Ilmu dan Uang Saku
Senin, 08 Februari 2021
Pemprov Riau Buka Beasiswa Hafizpreneur di Institut Agama Islam Tazkia

Kampus lainnya ...
Polling
2 Tahun Kepemimpinan Catur Sugeng Susanto Sebagai Bupati Kampar, Bagaimana Kinerjanya Menurut Anda?


HUT CAKAPLAH ke-4 Zukri - Nasarudin
Terpopuler
Foto
HUT CAKAPLAH.com APRIL - PLN
Pesonna Hotel Januari 2021
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan
Jumat, 20 Maret 2020
PKS Sindora Rohil Segera Beroperasi, Manajemen Siapkan Program CSR Jangka Panjang

CSR lainnya ...
APRIL/RAPP - Imlek
Minggu, 14 Februari 2021
Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar Menikah Maret, Lokasi Masih Dirahasiakan
Senin, 01 Februari 2021
Nyaris Rp 10 Miliar Per Bulan, Ini 7 YouTuber dengan Penghasilan Fantastis di Indonesia
Jumat, 15 Januari 2021
Sempat Menimba Ilmu 3 Tahun di Pesantren, Vicky Prasetyo Ingin Jadi Penceramah
Senin, 11 Januari 2021
Setelah Sebulan Jalani Karantina, Akhirnya Nirina Zubir Negatif Covid-19

Selebriti lainnya ...
HUT CAKAPLAH ke-4 Pemkab Pelalawan Sekda
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
CEO
Jumat, 15 Januari 2021
Membuka Pintu Rezeki di Waktu Pagi
Sabtu, 09 Januari 2021
Bersyahadat di Masjid Ar Rahman Pekanbaru, Sampang Ganti Nama Jadi Abdul Aziz
Kamis, 26 November 2020
Ustaz Abdul Somad Launching "SPBU" Bersama YTWU
Kamis, 10 September 2020
Mau Ikutan Bedah Buku UAS dan Pelatihan Cara Bahagia Menghapal Al-Quran, Begini Cara Mendaftarnya

Religi lainnya ...
HUT CAKAPLAH.com ke-4 PLN
Indeks Berita
RAPP APRIL NATAL 2020
www www