Kamis, 22 April 2021

Breaking News

  • Truck Terguling di Jalan Sudirman Pekanbaru   ●   
  • Jalan Arifin Achmad menuju Jalan Soekarno Hatta terjadi kemacetan parah, Jumat (26/3/2021) malam, pukul 20.00 wib, akibat banjir paska hujan deras.   ●   
  • Penembakan Kembali Terjadi di Pekanbaru, DPRD Minta Polisi Rutin Tes Psikologi   ●   
  • Kepala BPKAD Kuansing Tidak Penuhi Panggilan Jaksa   ●   
  • Kabar Baik, Tunjangan ASN Pemprov Riau segera Cair   ●   
  • Dukung Vaksinasi Covid-19, Pemprov Riau Refocussing Anggaran DAU 8 Persen   ●   
  • Zukri-Nasarudin Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Pelalawan Terpilih   ●   
  • Dewan Dukung Polisi Periksa Kadis DLHK Soal Tumpukan Sampah   ●   
  • Nunggak PBB di Pekanbaru Rumah Ditempel Stiker   ●   
  • Fraksi PKS DPRD Pekanbaru Siap Potong Gaji untuk Korban Bencana Alam
Yamaha 20 April 2021
Polling
Jika Pilkada Provinsi Riau Digelar Hari Ini, Siapa Yang Anda Pilih?

Helat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau baru akan digelar pada 2024 mendatang. Namun, sejumlah nama tokoh dan politikus yang digadang-gadang bakal dijagokan maju sudah bermunculan. Karena itu, CAKAPLAH.com kembali membuka polling pembaca mengenai siapa figur yang layak memimpin Riau pada 2024 mendatang versi pembaca. Setidaknya terdapat 8 nama yang diperkirakan bakal maju di Pilgubri mendatang. Mulai dari Petahana, Ketua Partai, Kepala Daerah hingga anggota DPR RI disebut-sebut bakal turun gelanggang pada 2024 mendatang.

Disebut Picu Permusuhan, PGI Minta Menag agar Ajaran Agama Berbentuk Dogma Tidak Dilakukan di Sekolah
Rabu, 03 Maret 2021 13:25 WIB
Disebut Picu Permusuhan, PGI Minta Menag agar Ajaran Agama Berbentuk Dogma Tidak Dilakukan di Sekolah
Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom

JAKARTA (CAKAPLAH) - Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), menjelaskan jika pelajaran agama yang dogmatis di ruang publik hanya akan menciptakan permusuhan. Untuk itu sebaiknya tidak diajarkan di sekolah cukup di lingkungan keluarga dan rumah ibadah saja.

“Pelajaran agama yang dogmatis di ruang publik hanya akan menciptakan segregasi, bahkan bisa menciptakan permusuhan. Itu sebabnya, pendidikan agama dalam bentuk ajaran/dogma sebaiknya dilakukan di ruang privat (keluarga dan rumah ibadah) dan tidak di sekolah. Ini menjadi PR-nya Menteri Agama dan Menteri Pendidikan untuk membenahinya.” kata Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom dalam keterangan resminya yang diterima CAKAPLAH.com, Rabu (3/3/2021).

Dia mengatakan untuk itu pihaknya telah menyurati menteri agama untuk menindaklajutinya. Menurutnya hal tersebut demi terciptanya kerukunan antaragama karena bagi mereka hal itu ganjalan yang serius.

“Di tengah upaya kita membangun kerukunan, memang hal-hal seperti pelajaran agama ini menjadi ganjalan serius. Antara agama Kristen dan Islam memang terdapat titik temu dan titik tengkar yang cukup banyak, dan kalau tidak hati-hati mengelolanya bisa membuyarkan usaha menuju kerukunan tersebut,” ujar Gomar.

Selain itu, dia juga meminta Kementerian Agama untuk mengkaji materi buku pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti bagi siswa kelas 8 SMP dan kelas 11 SMA yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2014 yang dinilai menyinggung agama lain.

“Terkait dengan ini, Sekum PGI telah menyampaikan ke Menteri Agama beserta dengan copy pdf buku-buku tersebut. Oleh Menag sudah diinstruksikan ke stafnya untuk segera berkordinasi dengan pihak Kemendikbud untuk mengkaji materi dari buku-buku ini bila ternyata masih digunakan,” pungkas Gomar.

Menag Diminta Tak Buru-buru

Sementara, menanggapi pernyataan tersebut, Mantan Wasekjen MUI, Tengku Zulkarnai mengaku keberatan dengan langkah Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) yang menyurati Menteri Agama guna merubah buku pelajaran Agama Islam.

Tengku Zul menilai, PGI telah keluar jalur. Sebab telah ikut campur dalam keyakinanan ummat Islam.

“Saya keberatan akan tindakan itu dan mengatakan bahwa PGI dalam hal ini telah Offside karena mengurusi buku Pelajaran Agama Islam. Istilah Medan, lompat pagar, namanya,” ujar Tengku Zul dikutip dari akun Instagramnya, diberitakan fajar.co.id, Rabu (3/3/2021).

Tengku Zul mengatakan, selama ini ummat Islam juga tidak pernah mengurusi buku-buku pelajaran ummat Kristiani yang mengulas tentang ajaran Islam. Dia meminta agar PGI tidak ‘lompat pagar’.

“Kami umat Islam, selama ini juga tidak pernah meminta buku Pelajaran Agama Kristen yang memuat pandangannya tentang Islam, al Qur’an atau Nabi Muhammad direvisi. Cukup bagi kami Lakum Di Nukum Wa Liyadin. Bagimu Agamamu dan Bagiku Agamaku. Tidak perlu saling lompat pagar,” ujar Tengku Zul.

Lebih lanjut Tengku Zul mengatakan, perbedaan pandang antara Islam dan Kristen sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Mustahil untuk menyamakan sudut pandang antara aqidah Islam dan Kristen.

“Biarkan saja berlaku demikian karena NKRI pun mengakui semboyan Bhinneka Tunggal Ika,” katanya.

Tengku Zul meminta menteri Agama melakukan komunikasi dengan ormas Islam dan Majelis Ulama Indonesia jika ingin merievisi buku pelajaran agama Islam.

Dia juga sebelumnya telah menyarankan Menag Yaqut agar tidak buru-buru mengambil sikap merubah buku-buku pelajaran Agama Islam. Sebab menurutnya, semua Agama mempunyai pandangan masing-masing.

“Saran saya Pak Menag jangan terburu-buru. Tiap Agama punya pandangan masing masing. Buku buku Kristen juga menulis tentang Islam dan Nabi Isa yang menurut kita umat Islam salah. Tapi kita hormati,” kata Tengku lewat akun twitternya, Selasa (2/3/2021) kemarin.

Tengku Zul bilang, Islam memandang Kristen dan Yahudi sesuai dengan apa yang digambarkan oleh Alquran. Ketiga Agama ini mempunyai pandangan yang berbeda-beda. Sehingga itu sesuatu yang wajar dan tak perlu diperbaiki.

“Mustahil Islam menulis tentang Taurat dan Injil mesti sesuai dengan pandangan Yahudi dan Kristen. Begitu juga Yahudi dan Kristen mustahil menuliskan tentang al Qur’an, Nabi Musa, dan Nabi Isa mesti sesuai dgn pandangan Islam.Kan memang ketiganya berbeda pandangan,” kata Tengku Zul.

Dia menilai, hal yang rusak ketika memaksakan pandangan Islam sejalan dengan pandangan Kristen dan Yahudi. Dia mengartikan toleransi adalah menghormati perbedaan bukan malah menyamakan perbedaan.

Contoh Intoleransi

Di sisi lain, surat PGI kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk mengkaji ulang buku pelajaran agama Islam soal Injil itu dinilai adalah intimidasi teologis.

Demikian disampaikan pengasuh Komunitas Padhang Makhsyar Kota Batu Nurbani Yusuf dalam surat terbuka yang disampaikan kepada Menteri Agama Yaqut, Senin (1/3/2021) lalu.

”Ini bukan toleransi tapi intimidasi teologis atas nama toleransi. Intoleransi yang sesungguhya dan membahayakan stabilitas politik dan beragama,” tegas Nurbani Yusuf yang juga pengurus MUI Kota Batu, seperti dikutip dari pwmu.co.

Nurbani menyayangkan respon Menteri Yaqut Cholil Qoumas yang langsung cekatan merespon dengan perintah ke stafnya agar mendalami dan memperbaiki materi pengajaran agama Islam itu lantas koordinasi dengan Kemendikbud.

Dia mengatakan, menurut agama Yahudi, Kristen, dan Katholik, Nabi Muhammad itu bukanlah seorang nabi dan Islam bukan agama terakhir . ”Kami tidak tersinggung dan tidak harus menuntut mereka untuk merevisi isi khutbah gereja dan buku pelajaran agama tentang Islam yang mereka pahami,” katanya.

Buku yang dimasalahkan PGI adalah buku pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk kelas XI SMA terbitan Kemdikbud tahun 2017. 

Menurut Nurbani, bukankah masing-masing agama punya daulat yang tidak boleh diintervensi agama lain dengan alasan apapun. ”Ini soal iman yang tidak bisa dibatalkan oleh apapun termausk alasan toleransi atau ketersinggungan umat lainnya,” tandasnya.

Dijelaskan, akan terjadi kekacauan bila agama saling merevisi atas nama toleransi. Kebebasan beragama memang harus ditata tapi bukan saling merevisi ajaran iman.

”Maka surat PGI yang ditujukan kepada Menteri Agama dan perintah Menteri Agama untuk memperbaiki pelajaran agama Islam terhadap Injil adalah praktik intoleran yang sesungguhya,” tuturnya.

Catatat redaksi: berita ini telah mengalami penyuntingan pada judul dan isi demi meningkatkan kualitas berita.

Penulis : Edyson
Editor : Yusni
Kategori : Nasional, Pendidikan
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Jika Pilkada Provinsi Riau Digelar Hari Ini, Siapa Yang Anda Pilih?

Helat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau baru akan digelar pada 2024 mendatang. Namun, sejumlah nama tokoh dan politikus yang digadang-gadang bakal dijagokan maju sudah bermunculan. Karena itu, CAKAPLAH.com kembali membuka polling pembaca mengenai siapa figur yang layak memimpin Riau pada 2024 mendatang versi pembaca. Setidaknya terdapat 8 nama yang diperkirakan bakal maju di Pilgubri mendatang. Mulai dari Petahana, Ketua Partai, Kepala Daerah hingga anggota DPR RI disebut-sebut bakal turun gelanggang pada 2024 mendatang.
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Rabu, 21 April 2021
Rusia Siap Pasok 20 Juta Dosis Vaksin Sputnik untuk Vaksinasi Gotong Royong
Rabu, 21 April 2021
Ketua MPR RI Kembali Tegaskan Pentingnya Pendidikan Pancasila kepada Anggota MPR Baru
Selasa, 20 April 2021
Ketua MPR Minta Airlangga Hartarto Terbitkan Payung Hukum Pencairan THR
Jumat, 16 April 2021
Pancasila Tidak Masuk Mata Pelajaran Wajib, MPR RI dan BPIP Minta Revisi Standar Nasional Pendidikan

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 21 April 2021
Jembatan Rupat - Dumai akan Gerus Roda Kehidupan Roro? Begini Kata Bupati Bengkalis
Rabu, 21 April 2021
Antisipasi Ancaman, Polsek Bunut Lakukan Penjagaan Ketat di Mako
Rabu, 21 April 2021
Cegah Karhutla, Polsek Pangkalan Lesung Laksanakan Patroli
Rabu, 21 April 2021
Polsek Teluk Meranti Pantau Pendisiplinan Prokes Warga di Lintas Bono

Serantau lainnya ...
Kamis, 15 April 2021
6 Mall Terbesar di Jakarta dengan Fasilitas yang Lengkap
Selasa, 13 April 2021
Gebrakan Terbaru dari Maybank Indonesia Lewat Program My Happy & Lucky Bank
Selasa, 13 April 2021
Agar Tetap Sehat, Ini 7 Cara Makan yang Baik Ketika Berbuka Puasa
Kamis, 01 April 2021
Bingung Cari Tempat Nongkrong di Pekanbaru? Ke Foodpedia Jalan Tanjung Datuk Aja

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu

Advertorial lainnya ...
Selasa, 13 April 2021
Bukan Mimpi Lagi, Ini 2 Mobil Terbang yang sudah Dapat Izin Mengudara
Jumat, 12 Maret 2021
Picu Penggumpalan Darah, Negara-negara di Eropa Hentikan Vaksin AstraZeneca
Senin, 08 Maret 2021
Trik Melihat Status WhatsApp Orang Lain Tanpa Ketahuan
Senin, 18 Januari 2021
Kaget dengan Harga Samsung Galaxy S21 Ultra

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 13 April 2021
Tips Sehat saat Puasa: Olahraga Ringan dan Penuhi Nutrisi
Senin, 18 Januari 2021
Terlalu Lama Pakai Masker Sebabkan Mata Kering, Ini Cara Mencegahnya
Rabu, 06 Januari 2021
Jembatan Siak IV Kerap Jadi Titik Kumpul Pesepeda di Pekanbaru
Selasa, 08 Desember 2020
Miss Interglobal Indonesia 2020 Kunjungi Isabell's Beauty Treatment

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Minggu, 18 April 2021
Di Webinar Unilak, Sandiaga Jabarkan Strategi Peluang Usaha di Masa Pandemi
Jumat, 16 April 2021
Lestarikan Lingkungan, Dosen Teknik UIR Turun ke Masyarakat
Minggu, 11 April 2021
FIA Unilak Tandatangani PKS Perubahan Iklim, Menteri LHK: Rintisan dan Akan Terus Meluas
Sabtu, 10 April 2021
Sambut Ramadan, IKA PCR Bagikan Paket Sembako ke Masyarakat Pekanbaru

Kampus lainnya ...
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan
Jumat, 20 Maret 2020
PKS Sindora Rohil Segera Beroperasi, Manajemen Siapkan Program CSR Jangka Panjang

CSR lainnya ...
Polling
Jika Pilkada Provinsi Riau Digelar Hari Ini, Siapa Yang Anda Pilih?

Helat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau baru akan digelar pada 2024 mendatang. Namun, sejumlah nama tokoh dan politikus yang digadang-gadang bakal dijagokan maju sudah bermunculan. Karena itu, CAKAPLAH.com kembali membuka polling pembaca mengenai siapa figur yang layak memimpin Riau pada 2024 mendatang versi pembaca. Setidaknya terdapat 8 nama yang diperkirakan bakal maju di Pilgubri mendatang. Mulai dari Petahana, Ketua Partai, Kepala Daerah hingga anggota DPR RI disebut-sebut bakal turun gelanggang pada 2024 mendatang.

PKB Kampar - Catur Sugeng
Terpopuler

05

Senin, 19 April 2021 14:01 WIB
Gubernur Riau Cabut Izin Mudik Lokal
Ucapan Ramadan Syahrul Aidi
Foto
Pesonna Hotel Januari 2021
Selasa, 13 April 2021
Diungkap Sahabat, Billy Sering Bengong Sulit Lupakan Pesona Amanda Manopo
Rabu, 31 Maret 2021
Aa Gym Cabut Gugatan Cerai ke Teh Ninih
Jumat, 19 Maret 2021
Diduga Terlibat Perdagangan Anak sebagai PSK, Artis Cynthiara Alona Terancam 10 Tahun Penjara
Minggu, 14 Maret 2021
"Budak" Meranti dan Dumai Wakili Riau di Kompetisi LIDA 2021

Selebriti lainnya ...
Diskes Rohul 2021
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Selasa, 13 April 2021
Fatwa MUI Perbolehkan Buka Puasa Bersama
Jumat, 26 Maret 2021
Bermartabat dengan Zakat
Sabtu, 06 Maret 2021
Subhanallah, Anggota TNI Ini Ajarkan Mengaji Anak-anak di Pedesaan Rohul
Jumat, 15 Januari 2021
Membuka Pintu Rezeki di Waktu Pagi

Religi lainnya ...
Ucapan Ramadan
Indeks Berita
Nyepi 14 Maret 2021 - APRIL RAPPHUT Kampar 2021 - APRIL-RAPP
www www