Sabtu, 20 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Buah Perjuangan Syahrul Aidi, Rp300 Miliar APBN Digelontorkan untuk Inhil
Selasa, 09 Maret 2021 15:14 WIB
Buah Perjuangan Syahrul Aidi, Rp300 Miliar APBN Digelontorkan untuk Inhil
Pertemuan Syahrul Aidi dengan Bupati Inhil HM Wardan beserta jajaran.

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Untuk tahun anggaran 2021, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menerima limpahan dana dari APBN sebesar Rp300 miliar yang merupakan buah perjuangan Syahrul Aidi Maazat di Komisi V. Kucuran APBN itu meliputi kegiatan di Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Desa, dan lainnya.

Hal itu disampaikan oleh Syahrul Aidi usai melakukan pertemuan dengan Bupati Inhil HM Wardan beserta jajaran. Saat itu juga dia juga mengajak seluruh Balai Kementerian yang merupakan mitra Komisi V DPR RI seperti Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah (BPPW Riau), Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III, Balai Pengelolaan Jalan Nasional (BPJN), Balai Pengelolaan Transportasi Darat, Basarnas Wilayah Riau, BMKG Riau dan Balatmas Kemendesa. Tampak hadir juga Direktur Alokasi Anggaran BAPPENAS RI, Andi Erwin Dimas yang merupakan putra jati Indragiri Riau.

"Pembangunan infrastruktur yang kita bawa untuk Kabupaten Inhil tahun ini (2021, red) lebih dari Rp300 miliar. Pembangunan itu mencakup pada kegiatan bina marga, cipta karya, Sumber Daya Air, Perumahan, perhubungan darat dan laut yang berada di bawah kemitraan Komisi V DPR RI," kata Syahrul Aidi, Senin (8/3/2021).

Syahrul Aidi menyebut bahwa besarnya anggaran itu berkat koordinasi banyak pihak. Dia menyebut siap menjadi jembatan komunikasi antara Pemda Se-Riau dengan pihak mitra Kementerian Komisi V.

Untuk mensinkronkan program pembangunan di daerah, Syahrul Aidi rutin membawa balai kementerian mitra Komisi V ke kabupaten dan kota di Riau. Sebelum dia bawa balai tersebut ke Inhil, sebelumnya dia telah membawa para kepala balai tersebut ke Kabupaten Kampar dan Kabupaten Siak.

"Ini merupakan inisiatif saya untuk membawa semua balai kementerian mitra Komisi V ke kabupaten kota di Riau. Kita ingin ada sinkronisasi program, persiapan teknis dan mendiskusikan apa saja program yang tepat ke depannya yang harus kita perjuangkan di senayan. Sederhananya, pemda yang menyiapkan usulan, balai yang memproses hingga ke kementerian dan saya yang memastikan anggaran tersebut aman di Komisi V DPR RI. Tentu tidak semua program dapat direalisasikan, namun setidaknya kita dapat memperjuangkan skala prioritas setiap daerah," terang Syahrul Aidi.

Bupati Inhil Wardan, mengaku sangat berbahagia dengan kedatangan Syahrul Aidi, Erwin Dimas dan juga para kepala Balai mitra komisi V di Kabupaten Inhil. Dia sudah lama mengundang Syahrul Aidi ke Kabupaten Inhil. Namun terkendala dengan agenda kedua belah pihak yang padat.

"Hari ini bukan dia saja yang datang tapi dia ajak juga para kepala balai. Ini sungguh luar biasa bagi kami. Apalagi di sini ada Pak Erwin Dimas yang merupakan putra Indragiri," kata Wardan.

Wardan menyampaikan, atas nama masyarakat Inhil dia mengucapkan terima kasih kepada Syahrul Aidi karena tahun ini sangat banyak program yang masuk ke Inhil melalui mitra kementeriannya. Bupati dan masyarakat Inhuil menyampaikan harapan yang sangat besar kepada Syahrul Aidi atas pembangunan Inhil ke depannya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Wardan merangkum beberapa usulan pembangunan prioritas di Inhil untuk tahun anggaran 2022. Diantaranya, normalisasi Bandara Tempuling, baik dalam bentuk penambahan runway sepanjang 200 meter hingga perbaikan fasilitas bandara, jalan dan lainnya.

"Bandara kita pada dasarnya masih aktif. Sushi Air masih ada jadwal penerbangan seminggu sekali. Kemudian kemarin kita juga pernah bertemu dengan Wings Air yang siap membuat rute Batam-Tembilahan," katanya.

Perbaikan Pelabuhan Samudera Kuala Enok juga dia usulkan. Pelabuhan Kuala Enok ini menurut Wardan sebagai pintu masuk Riau sebelah Selatan. Sudah lama dibangun namun mandek dan belum ada kejelasan. Dia berharap agar pelabuhan ini diperbaiki dan diaktifkan.

"Kita juga sudah ada kerjasama infrastuktur dengan Jambi yaitu jalan Reteh-Tanjung Jabung bawah Jambi. Jalan ini banyak dipakai oleh masyarakat Riau ke Jambi. Jalur ini juga dapat menjadi alternatif menuju lintas timur sumatera," kata Wardan.

Wardan juga menyampaikan banyaknya kendala masyarakat yang ada di pulau. Ketersediaan rumah, akses air bersih hingga alat transportasi. Dia mencontohkan masyarakat suku Duano yang berada di perbatasan Malaysia yang kurang mendapatkan perhatian dari negara. Di wilayah kepulauan dia menyoroti abrasi dan pengikisan pulau.

"Selain itu kita juga ada potensi kelapa. Inhil terkenal dengan istilah negeri hamparan kelapa. Kita ada 400 ribu hektar kelapa. Namun hampir 100 ribu hektar sudah rusak. Penyebabnya ada di trio tata air yang tidak maksimal. Normalisasi sungai dan pemanfaatan mangrove. Kita juga ada potensi kepiting dan udang galah," tambahnya.

Seluruh kepala balai diberikan kesempatan berbicara oleh mantan Kadisdik Riau ini. Mengawalinya oleh Kepala BPPW, Ichwanul Ihsan. Ichwanul menerangkan ada beberapa sektor yang mereka kelola saat ini, seperti infrastruktur pendidikan, Inhil tahun 2020 telah mendapatkan bantuan perbaikan 50 sekolah. Tahun 2021 Inhil belum masuk usulan, khususnya pembangunan infrastruktur pesantren.

"Kita juga bantu Pamsimas HID untuk 12 desa dan 10 desa reguler. PDAM Inhil pun saat ini kita proses. Terkait air di pulau-pulau, kita ingin memastikan sumber airnya ada atau tidak? Kemudian Rencana Induk SPAM (RISPAM) harus di kementerian harus diisi oleh Pemkab Inhil," kata Ichwanul.

Kepala BPJN Wilayah Riau Yuliansyah dalam kesempatannya, menyampaikan saat ini 2 PPK BPJN sedang mengerjakankegiatan di Lintas Timur-Siberida dan Lintas Timur-Tembilahan dan Lintas Timur Kuala Enok. Terkait kasus di Parit 6 yang tanahnya turun, terjadi subsiden penurunan badan jalan karena gerusan di bawah badan jalan sendiri. "Sempat ditimbun dengan beton ringan, saya janjikan satker perencanan utk membuat kajian teknis. Kalau biaya mahal, akan kita usulkan di tahun 2022," kata Yuliansyah.

Yuliansyah juga menyampaikan bahwa BPJN Kementerian PUPR sejak 2016 telah menggelontorkan dana sebesar 595 milyar jalan di Inhil non jalan lintas. Sementara tahun 2021 terdapat dana sebesar 155 milyar yang merupakan dana SBSN untuk reservasi jalan Bagan Jaya-Kuala Enok dan Bagan Jaya-Tempuling sebesar 53.9 milyar. Saat ini sedang berjalan.

"Kondisi jalan nasional di Inhil, 55% sudah bagus dan 45% belum bagus. Khusus bagan jaya kuala enok direview apa masih jalan nasional atau di drop. Dari 2009 jalan nasional telah namun tidak beroperasi. Namun jika Pelabuhan Kuala Enok diaktifkan, maka bina marga pasti akan jalan," terang Yuliansyah.

Yuliansyah juga menerangkan bahwa tahun 2021 BPJN juga akan membeli Bokar sebesar 2 milar dan adanya reservasi jalan Tempuling-Tembilahan.

Sementara BMKG menawarkan ke Pemkab Inhil kerjasama bidang pertanian. Nantinya BMKG akan menyediakan informasi tentang cuaca dan iklim yang dibutuhkan oleh para petani, nelayan dan pelaut.

Kepala BWSS III Syahril menyampaikan tahun 2020, BWSS III akan membangun 6 embung air di wilayah Pemkab Inhil. Pemeliharaan irigasi rawa 8 titik dan pembangunan irigasi baru untuk 27 titik.

"Kita juga ada pengeboran untuk pencegahan Karhutla 10 lokasi dan juga program ABSAH sebanyak 5 lokasi," kata Syahril.

Sementara itu kepala Balai Perkim bakal merenovasi 120 unit rumah yang tersebar di seluruh Inhil.

Penulis : Satria Yonela
Editor : Yusni
Kategori : Pemerintahan, Kabupaten Indragiri Hilir
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 19 April 2024
Rahmansyah Bacawako Pekanbaru Gelar Halal Bihalal Bersama Masyarakat dan Tokoh
Selasa, 16 April 2024
Kapolres Pelalawan Turun Langsung Cek Rumah Warga yang Ditinggal Mudik
Selasa, 16 April 2024
Pembenahan di Pelabuhan RoRo Bengkalis Berdampak Positif ke Pelayanan dan Antrean
Selasa, 16 April 2024
Plt Bupati Asmar Hadiri Halalbihalal di Desa Mengkirau

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www