Rabu, 21 April 2021

Breaking News

  • Truck Terguling di Jalan Sudirman Pekanbaru   ●   
  • Jalan Arifin Achmad menuju Jalan Soekarno Hatta terjadi kemacetan parah, Jumat (26/3/2021) malam, pukul 20.00 wib, akibat banjir paska hujan deras.   ●   
  • Penembakan Kembali Terjadi di Pekanbaru, DPRD Minta Polisi Rutin Tes Psikologi   ●   
  • Kepala BPKAD Kuansing Tidak Penuhi Panggilan Jaksa   ●   
  • Kabar Baik, Tunjangan ASN Pemprov Riau segera Cair   ●   
  • Dukung Vaksinasi Covid-19, Pemprov Riau Refocussing Anggaran DAU 8 Persen   ●   
  • Zukri-Nasarudin Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Pelalawan Terpilih   ●   
  • Dewan Dukung Polisi Periksa Kadis DLHK Soal Tumpukan Sampah   ●   
  • Nunggak PBB di Pekanbaru Rumah Ditempel Stiker   ●   
  • Fraksi PKS DPRD Pekanbaru Siap Potong Gaji untuk Korban Bencana Alam
Yamaha 20 April 2021
Polling
Jika Pilkada Provinsi Riau Digelar Hari Ini, Siapa Yang Anda Pilih?

Helat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau baru akan digelar pada 2024 mendatang. Namun, sejumlah nama tokoh dan politikus yang digadang-gadang bakal dijagokan maju sudah bermunculan. Karena itu, CAKAPLAH.com kembali membuka polling pembaca mengenai siapa figur yang layak memimpin Riau pada 2024 mendatang versi pembaca. Setidaknya terdapat 8 nama yang diperkirakan bakal maju di Pilgubri mendatang. Mulai dari Petahana, Ketua Partai, Kepala Daerah hingga anggota DPR RI disebut-sebut bakal turun gelanggang pada 2024 mendatang.

CAKAP RAKYAT
Sumber Daya Alam Terjaga, Riau Berjaya
Minggu, 28 Maret 2021 20:33 WIB
Sumber Daya Alam Terjaga, Riau Berjaya
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Riau dijuluki negeri di bawah minyak dan di atas minyak. Selain Migas sebagai primadona pendapatan negara, Riau juga dikenal kontributor ekspor minyak kelapa sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) terbesar bagi perekonomian nasional. Sumbangsih ekspor CPO Riau mencapai 40 persen, dominan dibanding provinsi sentra sawit lain. Didukung pula luasan perkebunan kelapa sawit Riau yang mencapai lebih 3 juta hektar. Kegiatan operasional dari hulu hingga hilir pun dilakoni banyak perusahaan perkebunan baik itu skala besar berupa Perusahaan Besar Negara (PBN) maupun Perusahaan Besar Swasta (PBS).

Anugerah tadi tentu harus dikelola dengan baik dan dibekali roadmap agar jelas agenda ke depan. Selain untuk mengawal agar manfaat sebesar-besarnya dirasakan daerah, meningkatkan kesejahteraan petani, pekerja dan masyarakat tempatan, juga demi menjaga kesinambungan dan kelestarian lingkungan. Jangan sampai hasrat mengolah kekayaan alam di masa sekarang membutakan penglihatan kita akan kepentingan generasi masa mendatang. Apalagi sampai meninggalkan warisan kerusakan lingkungan. Menyoal aspek lingkungan semakin penting untuk diangkat paska terbitnya keputusan pemerintah yang mengeluarkan limbah penyulingan kelapa sawit (SBE) dari kategori Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Keputusan dimaksud Peraturan Pemerintah 22/2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, sebagai aturan turunan UU 11/2020 tentang Cipta Kerja. Seperti induknya mengundang protes, terbitnya PP 22/2021 juga mengalami hal serupa yang dikritik kalangan ahli dan pegiat lingkungan hidup. Hal paling dikhawatirkan dalam aturan baru, ke depan perusahaan bisa lepas dari jerat hukum jika terjadi pencemaran. Meski Pemerintah Pusat memastikan pengawasan terhadap limbah tetap dilakukan begitujuga penindakan hukum, tapi di lapangan kenyataan bicara sebaliknya. Jika di aturan lama PP 101/2014 yang mengatur SBE masuk kategori B3 saja di lapangan terjadi banyak pelanggaran dan lemahnya pengawasan, apatah lagi aturan baru yang mengeluarkan limbah dari B3?

Waspada

Riau jelas provinsi paling terdampak perubahan kebijakan di atas mengingat statusnya secara nasional merupakan daerah dengan populasi sawit terbesar. Terdampak dari sisi lingkungan yang efek dirasakan masyarakat sekitar dan secara luas. Apalagi mengacu dari RPJMD Provinsi Riau 2019-2024, limbah bersumber dari industri sektor agro menyumbang permasalahan tercemarnya sungai utama di Riau seperti Sungai Siak dan sungai lain. Bahkan muncul sebagai topik utama pemberitaan belakangan semisal pencemaran limbah sawit di sungai di Kabupaten Inhu dan Kuansing. Di Kuansing cukup memprihatinkan, sebab sungai biasa jadi tempat sumber hidup masyarakat, rekreasi dan mandi, kini tak bisa dimanfaatkan akibat tercemar limbah sawit.

Berangkat dari peta masalah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dituntut gerak cepat. Tulisan ini tak bermaksud anti perkebunan sawit. Akan tetapi narasi utamanya adalah bagaimana setiap upaya mengelola sumber daya di bumi Riau tetap mengedepankan prinsip utama yakni berkesinambungan dan menjaga kelestarian lingkungan dan alam. Inilah khazanah nilai budaya Melayu yang diintisarikan dari ajaran Islam. Jaminan kepastian pengawasan dari Pemerintah yang juga diatur dalam Peraturan Pemerintah 22/2021 butuh respon hingga daerah. Jika perlu menerbitkan aturan turunan di daerah atau melakukan perubahan terhadap peraturan yang sudah memuat tentang itu. Sehingga pengawasan lebih ketat berikut terobosan dan inovasi dalam pengelolaan limbah kelapa sawit.

Bila pengawasan diarahkan untuk menjamin limbah dibuang sudah sesuai SOP berikut audit berkala, juga mesti dibarengi inovasi pengelolaan limbah sawit. Layaknya sampah, limbah perlu tindakan alternatif entah itu mereduksi atau paling revolusioner mendapatkan keuntungan lain dengan mengolahnya. Limbah kelapa sawit sebenarnya sudah dikenal punya potensi dan nilai manfaat, tapi di Riau belum dilirik serius. Sehingga belum termanfaatkan secara masif. Padahal manfaatnya sangat menjanjikan diantaranya pembangkit tenaga listrik. Ini sudah dibuktikan dengan hadirnya pembangkit listrik tenaga biogas di Kabupaten Kampar. Bahan baku penghasil listrik berasal dari limbah cair dari pabrik kelapa sawit yang mampu menghasilkan listrik sebesar 700 Kilo Watt (KW).

Peluang

Dari pemaparan di atas tergambar bahwasanya kelapa sawit anugerah jika dikelola dengan baik, berorientasi kelestarian lingkungan dan berkesinambungan. Melalui pengawasan ketat dan inovasi menkonversi limbahnya sebagai alternatif sumber energi pengganti fosil dipandang lebih efektif sebagai kontra propaganda anti minyak sawit oleh negara lain. Kelapa sawit juga tergolong tanaman produktivitas tinggi, ditambah upaya mengolah limbahnya bisa sejalan dengan konsep ramah lingkungan. Sumber energi berbasis sawit bisa menjadi salah satu pilihan strategis memenuhi kebutuhan listrik berikut peluang menggenjot perekonomian daerah. Tinggal sekarang Pemda bersinergi dengan pihak di sektor perkebunan, bekerjasama sesuai kewenangan yang diatur peraturan perundang-undangan.

Terakhir, komitmen dan tekad kunci utama supaya alam Riau dapat optimal. Fasilitasi kebijakan paling ditunggu. Di RPJMD Provinsi Riau sudah termaktub sejumlah rencana dalam kawasan strategis termasuk diantaranya penyediaan sarana dan prasarana pengelolaan limbah terpadu bagi pabrik atau perusahaan industri yang masuk di kawasan industri. Namun sehubungan telah diajukan perubahan RPJMD ke dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) Provinsi Riau 2021, maka perlu penajaman Naskah Akademik, muatan dan pembahasan di tingkat Panitia Khusus nantinya. Dengan begitu perubahan RPJMD bukan men-downgrade target tetapi menampung gagasan besar. Adapun mengenai pemanfaatan sumber energi berbasis sawit, di tahun sama juga bakal dibahas Rancangan Perda tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi Riau. Oleh karena itu perlu dirumuskan lebih mendalam, didukung kajian holistik dan sistematis melibatkan perguruan tinggi di Riau dan pemangku kepentingan. Keseriusan menindaklanjuti agenda-agenda tadi bukti kesungguhan niat untuk mengelola nasib Riau hingga masa akan datang.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali Azumar
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Jika Pilkada Provinsi Riau Digelar Hari Ini, Siapa Yang Anda Pilih?

Helat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau baru akan digelar pada 2024 mendatang. Namun, sejumlah nama tokoh dan politikus yang digadang-gadang bakal dijagokan maju sudah bermunculan. Karena itu, CAKAPLAH.com kembali membuka polling pembaca mengenai siapa figur yang layak memimpin Riau pada 2024 mendatang versi pembaca. Setidaknya terdapat 8 nama yang diperkirakan bakal maju di Pilgubri mendatang. Mulai dari Petahana, Ketua Partai, Kepala Daerah hingga anggota DPR RI disebut-sebut bakal turun gelanggang pada 2024 mendatang.
Berita Terkait
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Jum'at, 02 April 2021 20:54 WIB
Asa Keberkahan di HUT BRK
Minggu, 21 Maret 2021 21:20 WIB
Menjaga Optimisme Melalui Kebijakan
Minggu, 07 Maret 2021 06:15 WIB
Transportasi Urat Nadi Ekonomi
Jum'at, 16 April 2021 05:11 WIB
Ramadhan dalam Masa Pandemi Covid-19
Rabu, 24 Februari 2021 14:30 WIB
Alarm Meningkatnya Angka Kemiskinan
Senin, 15 Maret 2021 07:19 WIB
Pangan Aman, Ekonomi Mapan
Minggu, 11 April 2021 21:00 WIB
Modal Sosial Adalah Aset Berharga
Jum'at, 04 Desember 2020 10:39 WIB
COVID-19 dan Pentahelix
Rabu, 04 November 2020 10:26 WIB
Misi Riau Bangkitkan Pariwisata Dan UMKM
Sabtu, 19 Desember 2020 07:01 WIB
Bela Negara Untuk Ekonomi Yang Berdaulat
Sabtu, 06 Februari 2021 16:44 WIB
Runtuhnya Demokrasi di Myanmar?
Selasa, 10 November 2020 08:01 WIB
Melestarikan Warisan Pahlawan
Selasa, 24 November 2020 12:02 WIB
UMKM Dan Koperasi Kunci Pemulihan Ekonomi
Rabu, 07 Oktober 2020 08:36 WIB
Mencari Berkah Dalam Syariah
Sabtu, 24 Oktober 2020 08:03 WIB
Perlukah Merivisi RPJMD?
Minggu, 19 Juli 2020 16:34 WIB
Ketika Pendapatan Ikut 'Jaga Jarak'
Sabtu, 19 September 2020 09:10 WIB
Demokrasi Bukanlah “Kursi”
Selasa, 30 Juni 2020 13:15 WIB
Jangan Buru-buru Sahkan Perda RTRW
Minggu, 21 Juni 2020 06:33 WIB
Pancasila Sudah final!
Sabtu, 16 Januari 2021 13:27 WIB
Reses Yang Dianak-tirikan
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Rabu, 21 April 2021
Ketua MPR RI Kembali Tegaskan Pentingnya Pendidikan Pancasila kepada Anggota MPR Baru
Selasa, 20 April 2021
Ketua MPR Minta Airlangga Hartarto Terbitkan Payung Hukum Pencairan THR
Jumat, 16 April 2021
Pancasila Tidak Masuk Mata Pelajaran Wajib, MPR RI dan BPIP Minta Revisi Standar Nasional Pendidikan
Selasa, 13 April 2021
MPR Minta Konsistensi Ditegakkan Guna Kendalikan Penyebaran Pandemi Covid-19

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 21 April 2021
Jembatan Rupat - Dumai akan Gerus Roda Kehidupan Roro? Begini Kata Bupati Bengkalis
Rabu, 21 April 2021
Antisipasi Ancaman, Polsek Bunut Lakukan Penjagaan Ketat di Mako
Rabu, 21 April 2021
Cegah Karhutla, Polsek Pangkalan Lesung Laksanakan Patroli
Rabu, 21 April 2021
Polsek Teluk Meranti Pantau Pendisiplinan Prokes Warga di Lintas Bono

Serantau lainnya ...
Kamis, 15 April 2021
6 Mall Terbesar di Jakarta dengan Fasilitas yang Lengkap
Selasa, 13 April 2021
Gebrakan Terbaru dari Maybank Indonesia Lewat Program My Happy & Lucky Bank
Selasa, 13 April 2021
Agar Tetap Sehat, Ini 7 Cara Makan yang Baik Ketika Berbuka Puasa
Kamis, 01 April 2021
Bingung Cari Tempat Nongkrong di Pekanbaru? Ke Foodpedia Jalan Tanjung Datuk Aja

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu

Advertorial lainnya ...
Selasa, 13 April 2021
Bukan Mimpi Lagi, Ini 2 Mobil Terbang yang sudah Dapat Izin Mengudara
Jumat, 12 Maret 2021
Picu Penggumpalan Darah, Negara-negara di Eropa Hentikan Vaksin AstraZeneca
Senin, 08 Maret 2021
Trik Melihat Status WhatsApp Orang Lain Tanpa Ketahuan
Senin, 18 Januari 2021
Kaget dengan Harga Samsung Galaxy S21 Ultra

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 13 April 2021
Tips Sehat saat Puasa: Olahraga Ringan dan Penuhi Nutrisi
Senin, 18 Januari 2021
Terlalu Lama Pakai Masker Sebabkan Mata Kering, Ini Cara Mencegahnya
Rabu, 06 Januari 2021
Jembatan Siak IV Kerap Jadi Titik Kumpul Pesepeda di Pekanbaru
Selasa, 08 Desember 2020
Miss Interglobal Indonesia 2020 Kunjungi Isabell's Beauty Treatment

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Minggu, 18 April 2021
Di Webinar Unilak, Sandiaga Jabarkan Strategi Peluang Usaha di Masa Pandemi
Jumat, 16 April 2021
Lestarikan Lingkungan, Dosen Teknik UIR Turun ke Masyarakat
Minggu, 11 April 2021
FIA Unilak Tandatangani PKS Perubahan Iklim, Menteri LHK: Rintisan dan Akan Terus Meluas
Sabtu, 10 April 2021
Sambut Ramadan, IKA PCR Bagikan Paket Sembako ke Masyarakat Pekanbaru

Kampus lainnya ...
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan
Jumat, 20 Maret 2020
PKS Sindora Rohil Segera Beroperasi, Manajemen Siapkan Program CSR Jangka Panjang

CSR lainnya ...
Polling
Jika Pilkada Provinsi Riau Digelar Hari Ini, Siapa Yang Anda Pilih?

Helat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau baru akan digelar pada 2024 mendatang. Namun, sejumlah nama tokoh dan politikus yang digadang-gadang bakal dijagokan maju sudah bermunculan. Karena itu, CAKAPLAH.com kembali membuka polling pembaca mengenai siapa figur yang layak memimpin Riau pada 2024 mendatang versi pembaca. Setidaknya terdapat 8 nama yang diperkirakan bakal maju di Pilgubri mendatang. Mulai dari Petahana, Ketua Partai, Kepala Daerah hingga anggota DPR RI disebut-sebut bakal turun gelanggang pada 2024 mendatang.

PKB Kampar - Catur Sugeng
Terpopuler
Ucapan Ramadan Syahrul Aidi
Foto
Pesonna Hotel Januari 2021
Selasa, 13 April 2021
Diungkap Sahabat, Billy Sering Bengong Sulit Lupakan Pesona Amanda Manopo
Rabu, 31 Maret 2021
Aa Gym Cabut Gugatan Cerai ke Teh Ninih
Jumat, 19 Maret 2021
Diduga Terlibat Perdagangan Anak sebagai PSK, Artis Cynthiara Alona Terancam 10 Tahun Penjara
Minggu, 14 Maret 2021
"Budak" Meranti dan Dumai Wakili Riau di Kompetisi LIDA 2021

Selebriti lainnya ...
Diskes Rohul 2021
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Selasa, 13 April 2021
Fatwa MUI Perbolehkan Buka Puasa Bersama
Jumat, 26 Maret 2021
Bermartabat dengan Zakat
Sabtu, 06 Maret 2021
Subhanallah, Anggota TNI Ini Ajarkan Mengaji Anak-anak di Pedesaan Rohul
Jumat, 15 Januari 2021
Membuka Pintu Rezeki di Waktu Pagi

Religi lainnya ...
Ucapan Ramadan
Indeks Berita
Nyepi 14 Maret 2021 - APRIL RAPPHUT Kampar 2021 - APRIL-RAPP
www www