Jumat, 18 Juni 2021

Breaking News

  • Tahun Ini Pemberangkatan Jamaah Haji Indonesia Kembali Dibatalkan   ●   
  • Truck Terguling di Jalan Sudirman Pekanbaru   ●   
  • Jalan Arifin Achmad menuju Jalan Soekarno Hatta terjadi kemacetan parah, Jumat (26/3/2021) malam, pukul 20.00 wib, akibat banjir paska hujan deras.   ●   
  • Penembakan Kembali Terjadi di Pekanbaru, DPRD Minta Polisi Rutin Tes Psikologi   ●   
  • Kepala BPKAD Kuansing Tidak Penuhi Panggilan Jaksa   ●   
  • Kabar Baik, Tunjangan ASN Pemprov Riau segera Cair   ●   
  • Dukung Vaksinasi Covid-19, Pemprov Riau Refocussing Anggaran DAU 8 Persen   ●   
  • Zukri-Nasarudin Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Pelalawan Terpilih   ●   
  • Dewan Dukung Polisi Periksa Kadis DLHK Soal Tumpukan Sampah   ●   
  • Nunggak PBB di Pekanbaru Rumah Ditempel Stiker
Yamaha 12 Juni 2021
Polling
Pemerintah Kota Pekanbaru mulai mewajibkan warganya melampirkan bukti sudah vaksin Covid-19/sudah mendaftar jika ingin mengurus dokumen administrasi. Apakah Anda setuju?


Bakal Dihadiri Sandiaga Uno, Malam ini Dispar Riau Luncurkan Aplikasi Jemari dan Agenda Pariwisata 2021
Minggu, 11 April 2021 12:10 WIB
Bakal Dihadiri Sandiaga Uno, Malam ini Dispar Riau Luncurkan Aplikasi Jemari dan Agenda Pariwisata 2021
Kadispar Riau, Roni Rakhmat berkunjung di stan Festival Ekraf 2021, di Bandar Serai Pekanbaru, Sabtu (10/4) malam.

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Dinas Pariwisata (Dispar) Riau akan meluncurkan Aplikasi Jemari (Jendela informasi pariwisata Riau), sekaligus peluncuran agenda pariwisata atau Launching Calendar of Events (CoE) 2021.

Selain meluncurkan dua kegiatan tersebut, pada rangkaian kegiatan ini juga bakal digelar acara Anugerah Pariwisata 2021 dan Festival Ekonomi Kreatif di Komplek Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai), Anjung Seni Idrus Tintin, Pekanbaru, Riau.

Memilih tema acara "Riau Reborn" Iven ini bakal dihadiri Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno melalui virtual dan Gubernur Riau, H Syamsuar, pada Ahad(11/4/2021) pukul 20.00 WIB. Selain itu, iven ini juga akan dimeriahkan oleh sejumlah pekerja seni Riau, disiarkan langsung melalui video streaming kanal YouTube Dinas Pariwisata Riau.

Adapun pekerja seni yang akan tampil pada iven adalah, Rino Dezapati & The Syndicate, Wak Zoel Pengat, David Saputra, Giring, Sanggar Sri Melayu, District, Rumah Sunting, Orkes Melayu Orang Kampung (Omok), Farid Jonathan & Friends, Matroks & Friends, Riau Street Musicians, dan Dj Semalam Saja.

Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat mengatakan, bahwa iven Riau Reborn yang digagasnya itu, sebagai pemantik guna membangkitkan sektor pariwisata Riau yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Ia menyebutkan, bahwa kebangkitan sektor pariwisata bisa dicapai dengan kerja sama dari segenap pemangku kepentingan terkait. Selain itu, juga harus melakukan adaptasi penerapan standar protokol kesehatan sesuai panduan CHSE Kemenparekraf, di setiap destinasi wisata. Kemudian, melakukan kolaborasi dengan mengedepankan komunikasi terbuka dan kerja sama antar pihak yang terkait di dalamnya.

"Insyaallah, untuk membangkitkan sektor pariwisata di Riau, kami akan mempersembahkan kegiatan Anugerah Pariwisata kepada pelaku pariwisata, Launching Calendar of Events 2021 dan peluncuran Aplikasi Jemari," kata Roni, Minggu (11/4/2021).

Jemari

Aplikasi Jemari adalah inovasi yang digagas Dispar Riau untuk memberikan informasi terkini tentang data A3 (Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas) destinasi wisata juga ekonomi kreatif, serta desa wisata yang ada di masing-masing kabupaten/kota kepada masyarakat luas.

Madu dan lilin dari Taman Tesso Nilo, Pelalawan. Produk ini turut dipamerkan di stan Riau Ekraf 20201, di Bandar Serai, Pekanbaru, Sabtu (10/4) malam.

Jemari hadir untuk memudahkan wisatawan lokal dan mancanegara, menemukan lokasi wisata di Provinsi Riau. Aplikasi ini bisa diunduh pengguna ios dan android, yang mana nantinya operator merupakan representative admin dari masing-masing Kabupaten/Kota untuk dapat memperbaharui data sesuai dengan schedule/waktu yang telah ditetapkan.

Kalender Pariwisata Riau 2021

Pada Tahun 2021 ini, Dispar Riau akan meluncukan kalender pariwisata Riau. Sebanyak 73 iven telah diusulkan dari Kabupaten/Kota, diantaranya Festival Budaya Parahu Baganduang (Kuansing), Haul Marhum Pekan (Pekanbaru),Parade Tari (Pekanbaru), Lomba Mancing (Dumai), Festival Muara Takus (Kampar),

Lalu, Ritual Tolak Bala Atib Koambai (Rohil), Festival Gasing Internasional (Siak), Gema Muharram (Inhil), Pacu Sampan (Inhu), WDO Endurance 2021 (Pekanbaru), Jelajah Wisata Alam (Inhil), Festival Bono Surfing Bekudo Bono (Pelalawan), Festival Siak Bermadah (Siak), Lampu Colok (Bengkalis & Meranti), dan Subayang Festival (Kampar). Penyelenggaraannya dengan penerapan standar protokol kesehatan sesuai panduan CHSE Kemenparekraf.

Anugerah Pariwisata Riau 2021

Sebanyak 11 Anugerah Pariwisata Riau 2021 dipersembahkan Dispar Riau, yaitu, atraksi budaya terpopuler, cinderamata terpopuler, destinasi terpopuler, dan iven wisata terpopuler.

Kemudian, kuliner khas terpopuler, pegiat seni terbaik, pokdarwis terbaik, ekowisata terpopuler, situs sejarah terpopuler, surga tersembunyi terpopuler, dan pemerintah kabupaten/kota tergiat mempromosikan pariwisata.

Festival Ekraf Riau 2021

Masih bersempena dengan iven ini, Dispar Riau juga menggelar Festival Ekraf Riau. Sedikitnya ada 14 stan bazar yang menawarkan beragam kudapan khas Riau dan Kriya.

Festival Ekraf Riau digelar mulai tanggal 10-11 April 2021 di halaman Bandar Seni Raja Ali Haji purna MTQ jalan Sudirman, Pekanbaru.

Terpisah, Master Assessor Pariwisata, Osvian Putra mengatakan, bahwa gawe Dispar Riau di awal kuartal kedua 2021 dalam suasana pandemi, dirasakan cukup untuk menjadi trigger bagi ekosistim Kepariwisataan Riau, yang memang sangat minim aktivitas semenjak setahun terakhir.

"Maka, untuk itu taktik dan strategi baru perlu dibuat untuk beradaptasi dengan model pariwisata terkini pada suasana pandemi ini," kata Osvian.

Disampaikan Osvian, aplikasi berbasis digital memang saat ini telah menjadi model baru dalam segala hal, mulai dari look, book sampai proses payment terhadap berbagai macam produk kepariwisataan.

Pelaku Kriya memerkan hasil karyanya di stan Festival Ekraf 2021, di Bandar Serai Pekanbaru, Sabtu (10/4) malam.

"Maka jika kita tidak mengikuti model terbaru seperti ini dapat dipastikan disparitas kita akan semakin melebar dibandingkan dengan daerah-daerah [baca: negara] lain yang telah terlebih dahulu menerapkan sistim berbasis ios dan android ini," jelasnya.

"Walaupun success rate nya belum bisa ditebak sampai sejauh mana efektifitas model ini bisa mendongkrak pariwisata Riau, namun terlihat sudah ada usaha untuk mengikuti pola yang memang sudah berlaku secara global tersebut. Ingat, jika ingin main di level global tentu harus pula ikut standar global itu sendiri," ujar Osvian.

Osvian mengungkapkan, untuk hal ini, rasanya perlu diapresiasi apa yang sudah diperbuat oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini. Apalagi jika aplikasi tersebut bermain di ranah online, tetap diikuti dengan kegiatan offline dengan memamerkan berbagai macam kreatifitas baru baik dari sisi kuliner, seni maupun kriya untuk menjadi supporting factor bagi kemajuan pariwisata Riau.

"Kemudian, Anugrah Pariwisata Riau yang juga di announce pada saat bersamaan juga dipastikan akan menjadi leverage bagi daerah-daerah yang objek atau produk atau tokohnya terpilih sebagai nominasi apalagi pemenang dalam ajang tersebut," sebutnya.

Osvian mengatakan, bahwa Dinas Pariwisata Riau dengan cerdik membungkus seremoni pengumuman pemenang anugrah tersebut dengan melibatkan semua stakeholder dan asosiasi-asosiasi kepariwisataan yang ada di Riau sebagai bentuk dukungan terhadap ekosistim ekonomi yang terdampak begitu parah akibat pandemi setahun terakhir ini.

Namun, sambung Osvian, dilain pihak tentu mesti pula disadari, begitu keras usaha yang dilakukan untuk memajukan pariwisata Riau, di seberang sana banyak pula pihak kompetitor yang bekerja sangat keras untuk merayu orang Riau untuk menjadi target market mereka.

"Sebab sudah jamak diketahui bahwa selama ini Riau adalah salah satu penyumbang wisatawan paling dominan dan potensial bagi beberapa destinasi di sekitar baik dalam maupun luar negri," Osvian menjelaskan.

Diungkapkan Osvian, bahwa selama ini pemahaman tentang ekonomi kepariwisataan ini, yang belum banyak tertanam dalam pikiran khalayak termasuk sebagian pelaku pariwisata sendiri, bahwa sejatinya pariwisata itu baru akan membawa manfaat bagi Riau jika kita berhasil mendatangkan orang lain baik dari luar daerah maupun luar negeri ke Riau.

"Sebab jika yang dilakukan adalah membawa orang Riau ke luar daerah atau bahkan keluar negeri maka yang terjadi adalah sebaliknya, defisit," tegasnya.

"Jadi dalam konteks kepariwisataan, ekspor artinya adalah mendatangkan wisatawan dari luar ke dalam, sedangkan jika kita membawa orang Riau ke luar daerah atau luar negeri itu yang terjadi malah impor. Celakanya selama ini nilai ekspor kita selalu kalah jumlah dibanding impor sehingga yang terjadi adalah 'tekor'," tandas Osvian. (Advertorial)

Penulis : Amin
Editor : Ali
Kategori : Ekonomi, Pemerintahan, Riau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Pemerintah Kota Pekanbaru mulai mewajibkan warganya melampirkan bukti sudah vaksin Covid-19/sudah mendaftar jika ingin mengurus dokumen administrasi. Apakah Anda setuju?

Berita Lainnya
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 08 Juni 2021
Pemerintah Diimbau Hentikan Impor Alkes, Bamsoet: Sektor Kesehatan Ini Justru Dinikmati oleh Asing
Senin, 07 Juni 2021
Soal Wawasan Kebangsaan, FPKB MPR RI: Itu Sesuatu yang Fundamental, Penting untuk Indonesia
Jumat, 28 Mei 2021
Ketua MPR RI Luncurkan Buku ke-19 Berjudul ‘Cegah Negara Tanpa Arah’
Selasa, 25 Mei 2021
Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, Achmad: MPR Dorong 4 Pilar Masuk Kurikulum Pendidikan Nasional

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 17 Juni 2021
Pj Bupati Inhu Letakkan Batu Pertama Rumah Layak Huni Program Baznas
Kamis, 17 Juni 2021
Peduli UMKM, Bupati Rohil Grand Opening Uma Cake and Bakery
Kamis, 17 Juni 2021
Idris Laena Sosialisasi Tujuan Pembentukan Sinergi Ekosistem BUMN Ultra Mikro di Pelalawan
Kamis, 17 Juni 2021
Empat Utusan Kampar Raih Gelar pada Pemilihan Putera Puteri Duta Remaja Provinsi Riau

Serantau lainnya ...
Senin, 31 Mei 2021
Segera Diluncurkan, Biografi Presiden Penyair Sutardji Calzoum Bachri
Minggu, 30 Mei 2021
UIR dan IAEI Riau Edukasi Pelaku Usaha di Pekanbaru tentang Konsep Laundry Syariah
Selasa, 11 Mei 2021
Tampil Cantik saat Lebaran, Fajar Cosmetic Ramai Pengunjung
Rabu, 05 Mei 2021
7 Cara Gampang Agar Lebih Mudah Bangun untuk Sahur

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu

Advertorial lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
5 Smartphone Terbaru dari Oppo Tahun 2021
Senin, 03 Mei 2021
Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku Kurang dari 2 Pekan Lagi
Kamis, 29 April 2021
Dua Minggu Lagi WhatsApp akan Blokir Kamu
Selasa, 13 April 2021
Bukan Mimpi Lagi, Ini 2 Mobil Terbang yang sudah Dapat Izin Mengudara

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic
Rabu, 05 Mei 2021
Kurang Minum Air Putih saat Berbuka Bisa Bikin Berat Badan Melonjak
Selasa, 13 April 2021
Tips Sehat saat Puasa: Olahraga Ringan dan Penuhi Nutrisi
Senin, 18 Januari 2021
Terlalu Lama Pakai Masker Sebabkan Mata Kering, Ini Cara Mencegahnya

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 17 Juni 2021
Bantu Hadapi Dunia Kerja, Fikom UIR Luncurkan Program Magang bagi Mahasiswa
Jumat, 11 Juni 2021
Perdana di Pekanbaru, Santri di Pondok Pesantren Terima Vaksin Covid-19
Rabu, 09 Juni 2021
Tingkatkan SDM Daerah, PCR Lakukan Pertemuan dengan Pemkab Meranti
Selasa, 01 Juni 2021
Alumni di Meranti Dukung Dr Moris Jadi Ketua IKA Unri

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...
Polling
Pemerintah Kota Pekanbaru mulai mewajibkan warganya melampirkan bukti sudah vaksin Covid-19/sudah mendaftar jika ingin mengurus dokumen administrasi. Apakah Anda setuju?


Unilak 1 Juni 2021
Terpopuler
Waisak 26 Mei 2021 - APRIL
Foto
Idul Fitri 1442 BRK
Idul Fitri 1442 Syahrul Aidi
Kamis, 29 April 2021
7 Artis Indonesia dengan Bayaran Selangit
Selasa, 13 April 2021
Diungkap Sahabat, Billy Sering Bengong Sulit Lupakan Pesona Amanda Manopo
Rabu, 31 Maret 2021
Aa Gym Cabut Gugatan Cerai ke Teh Ninih
Jumat, 19 Maret 2021
Diduga Terlibat Perdagangan Anak sebagai PSK, Artis Cynthiara Alona Terancam 10 Tahun Penjara

Selebriti lainnya ...
Muswil PPP 29 Mei 2021
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
PKB Kampar - Catur Sugeng
Senin, 14 Juni 2021
Santri Rumah Qur'an Hajjah Rohana Tak Hanya Fokus Tahfiz Tapi Juga Belajar Pokok Keislaman
Selasa, 18 Mei 2021
Hukum Menggabung Puasa Qada Ramadan dan Syawal
Jumat, 07 Mei 2021
Rilis Lagu Bertema 'Tak Mudik', Azwa Nasyid dan Azam Voice Bikin Sedih Hilang
Rabu, 05 Mei 2021
4 Golongan Manusia Mendapat Kebahagian dan Kesengsaraan

Religi lainnya ...
Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRD
Indeks Berita
Pesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021APRIL/RAPP - ImlekNyepi 14 Maret 2021 - APRIL RAPPHUT Kampar 2021 - APRIL-RAPP
www www