Jumat, 24 September 2021

Breaking News

  • Harga Sawit di Riau Naik Lagi, Tembus Rp2.800 Perkilogram   ●   
  • Kabar Gembira! Saudi Arabia segera Beri Izin Umrah, Jamaah Diminta Manfaatkan Fasilitas Vaksin   ●   
  • DPRD Riau Dukung Sekolah Tatap Muka Dimulai Lagi   ●   
  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen   ●   
  • Gubri: Zona Merah dan Oranye Dilarang Salat Idul Adha di Masjid   ●   
  • Ditanya Perkembangan Perkara Suap Annas Maamun di RAPBD Riau Tahun 2014-2015, KPK Bungkam   ●   
  • WNA Masuk Indonesia, PKS: Jangan Sampai Publik Mengira PPKM Darurat Hanya Lip Service!
Yamaha 21-25 September 2021

CAKAP RAKYAT
Ramadhan: Masjid Sebagai Pusat Persatuan Umat
Senin, 19 April 2021 11:20 WIB
Ramadhan: Masjid Sebagai Pusat Persatuan Umat
Dr. Apriyan D Rakhmat, M.Env

(CAKAPLAH) - Suatu hal yang menggembirakan bahwa di dalam bulan Ramadan, sontak dan tiba-tiba masjid serta musala ramai dikunjungi dan didatangi kaum muslimin. Berbeda dengan hari-hari biasa, dimana masjid hanya full ketika pelaksanaan Salat Jumat, majlis ta’lim dan perayaan hari besar Islam.

Kaum muslimin dari berbagai jenjang usia dan jenis kelamin, datang berbondong-bondong ke masjid untuk melaksanakan salat taraweh berjemaah, dan salat fardhu lainnya, khususnya salat maghrib dan isya. Termasuk juga salat fardhu lainnya, lebih ramai dan meriah dikunjungi para jemaah, berbanding pada hari-hari biasanya. Dalam keadaan normal, masjid akan lebih ramai lagi ketika diadakan acara berbuka bersama. Dan kebanyakan masjid-masjid besar sekali seminggu, bahkan dua kali seminggu menyelenggarakan buka besar dengan memotong kambing. Dan kesemuanya biasanya dilakukan secara bergotong royong oleh jemaah masjid, lelaki maupun perempuan.

Dalam masa pandemi Covid-19 beberapa masjid masih menyelenggarakan kegiatan berbuka bersama dengan protokol kesehatan (Prokes) ketat, seperti; menjaga jarak (physical distancing), mencuci tangan, menghindari kerumunan dan memakai masker. Yang cukup menggelikan ketika akan berbuka puasa, panitia mengumumkan bahwa untuk berbuka agar masker dibuka. Sesuatu yang memang tidak bisa dhindarkan. Bisa dikatakan dalam keadaan darurat. Jika sholat dan puasa masih bisa menggunakan masker. Tapi jika makan dan minum menggunakan masker, akan cukup merepotkan.

Jika, kita merujuk sejarah peradaban Islam, bahwa memang sejak jaman Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan para sahabatnya bahwa mesjid adalah pusat aktivitas umat. Makanya Nabi ketika berhijrah ke Mekah, yang pertama sekali dibangun adalah masjid. Di mesjid, Nabi dan para sahabat melakukan banyak aktivitas ibadah, termasuk juga aktivitas sosial lainnya.

Beberapa aktivitas utama di masjid adalah; salat berjamaah, i’tikaf, tilawah Alquran, zikir, tausiyah agama. Bahkan Nabi dan para sahabat juga berlatih perang di Masjid. Termasuk musyawarah penting lainnya berkaitan keagamaan dan kemaslahatan umat.

Diversity In Unity

Menariknya, pada prinsipnya mesjid bersifat terbuka untuk umum dan dapat dikunjungi selama 24 jam dari berbagai jenjang usia dan jenis kelamin, tanpa membedakan warna kulit, sukubangsa, status sosial, tahta dan jabatan untuk melakukan ritual ibadah, seperti yang tercermin di Majidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah (kecuali di jaman sekarang masjid di daerah perkotaan yang sudah banyak dikunci selepas sholat isya).

Semua menyatu di dalam masjid. Berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah. Dan tidak ada seseorangpun yang diberikan keistimewaan di dalam masjid secara syar’i. Siapa yang cepat datang, dapat untuk menempati tempat pada shaf paling depan, atau dimana saja yang dia sukai. Bayi dan anak-anak juga diperkenankan dibawa ke masjid, dengan catatan dijaga dan tidak mengganggu ibadah jemaah lainnya.

Makanya persatuan dan kesetaraan akan tampak dan terwujud di masjid/musala. Tidak ada istilah karpet merah, yang disediakan khusus untuk seseorang. Bahkan pemimpin sekalipun, jika datang terlambat tidak boleh ngotot untuk salat di shaf depan. Pengurus masjid jika terlambat datang, tidak diperkenankan nyelonong masuk ke shaf depan. Jika dia tetap ngotot, niscaya serta merta akan dipertanyakan kewarasanya dan akan segera dicabut SK pengurus oleh jemaah.

Keistimewaan hanya untuk Imam, dan orang yang dibelakang Imam. Karena yang akan memimpin kegiatan salat berjamaah. Dan kedudukan Imam begitu tinggi di Masjid. Dalam syariat Islam juga sudah diatur kriteria untuk menjadi imam salat.

Kriteria utama adalah kefasihan di dalam bacaan Alquran. Setelah itu, siapa yang paling banyak hafalannya. Kemudian, jika sama fasih dan sama hafalannya, dipilih yang lebih dahulu berhijrah ke dalam Islam. Jika juga sama, maka baru diperhatikan siapa yang lebih tua. Jadi, disini tampak bahwa Islam sudah dari dahulu mengutamakan kualitas, bukan senioritas. Bahkan dalam pemilihan panglima perang di dalam jihad, Nabi pernah menunjuk seorang panglima perang yang masih berusia 20-an tahun. Namun karena keilmuan dan kualitas personalnya, diangkat Nabi jadi panglima perang.

Saling Mengingatkan Dalam Kebaikan dan Taqwa

Dan disunnahkan masjid memiliki imam rawatib (imam tetap) untuk memimpin salat berjamaah. Jika jaman Nabi dan para sahabat, yang menajdi imam salat berjamaah adalah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Begitu juga ketika di jaman khalifaurrasyidin. Karena ketika itu, Nabi dan para khalifah adalah sekaligus kepala pemerintahan (umara’). Perlu diingat, bahwa tidak ada kewajiban seorang pemimpin pemerintahan (umara’) untuk mejadi imam di dalam sholat berjemaah. Namun jika umara’ sekaligus adalah orang yang berilmu (‘alim), itu adalah lebih utama baginya untuk menjadi imam di dalam salat berjamaah.

Menariknya lagi, seorang Imam juga tidak boleh ngotot dan tidak mau ditegur jika terjadi kekeliruan di dalam pelakasanaan salat. Seperti jika Imam salah atau keliru di dalam melantunkan bacaan alfatihah atau surat didalam salat fardhu yang dikeraskan bacaannya (maghrib, isya, subuh dan sholat Jumat), maka makmum yang dibelakang berkewajiban untuk membetulkan bacaaannya. Makanya disunnahkan, yang berdiri di belakang Imam, haruslah yang faham tentang Alquran dan syariat, untuk dapat segera mengoreksi imam jika ada kekeliruan di dalam bacaan dan termasuk gerakan-gerakan yang lain, seumpama bilangan rakaat, duduk diantara dua sujud, dan yang lainnya.

Dalam konteks ini dapat kita mengambil pelajaran pentingnya untuk saling mengingatkan dan tolong-menolong di dalam kebaikan dan takwa. Dimana, jika ada kekeliruan dan kesalahan untuk segera ditegur dan diperbaiki. Makna eksplisitnya juga adalah jika ada kekeliruan dan kesalahan jangan didiamkan/dibiarkan, supaya tidak terjerumus di dalam kesalahan dan kekeliruan berjemaah. Dan sebaliknya, yang ditegur harus mengikuti dan patuh jika memang salah dan keliru. Sehingga pada akhirnya kebersamaan dan persatuan di dalam kebaikan dan taqwa dapat direalisasikan.

Penulis : Dr. Apriyan D Rakhmat, M.Env (Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau)
Editor : Yusni
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Minggu, 19 September 2021 19:24 WIB
Menata Bahasa demi Alam Semesta
Kamis, 23 September 2021 20:46 WIB
Misi Penyelamatan UMKM
Jum'at, 24 September 2021 19:03 WIB
Baba dan Nyonya di Malaka
Kamis, 16 September 2021 21:10 WIB
Mandiri Mengelola Kekayaan Negeri
Jum'at, 03 September 2021 08:02 WIB
Mendulang Berkah Dari Musibah
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Jum'at, 27 Agustus 2021 08:16 WIB
Mengurai “Benang Kusut” Aset Daerah
Jum'at, 04 Desember 2020 10:39 WIB
COVID-19 dan Pentahelix
Rabu, 24 Februari 2021 14:30 WIB
Alarm Meningkatnya Angka Kemiskinan
Sabtu, 19 Desember 2020 07:01 WIB
Bela Negara Untuk Ekonomi Yang Berdaulat
Jum'at, 31 Juli 2020 19:15 WIB
Kurban, Spirit Berkontribusi dan Wakaf
Rabu, 04 November 2020 10:26 WIB
Misi Riau Bangkitkan Pariwisata Dan UMKM
Rabu, 07 Oktober 2020 08:36 WIB
Mencari Berkah Dalam Syariah
Minggu, 19 Juli 2020 16:34 WIB
Ketika Pendapatan Ikut 'Jaga Jarak'
Sabtu, 24 Oktober 2020 08:03 WIB
Perlukah Merivisi RPJMD?
Senin, 10 Agustus 2020 14:23 WIB
Tanggapan Pidato Gubri pada HUT ke-63 Riau
Selasa, 30 Juni 2020 13:15 WIB
Jangan Buru-buru Sahkan Perda RTRW
Jum'at, 08 Mei 2020 18:00 WIB
Stempel Miskin
Sabtu, 19 September 2020 09:10 WIB
Demokrasi Bukanlah “Kursi”
Sabtu, 16 Januari 2021 13:27 WIB
Reses Yang Dianak-tirikan
Selasa, 10 November 2020 08:01 WIB
Melestarikan Warisan Pahlawan
Minggu, 21 Juni 2020 06:33 WIB
Pancasila Sudah final!
Kamis, 28 Mei 2020 13:27 WIB
Setengah New Normal
Kamis, 18 Juni 2020 19:18 WIB
Indonesia Darurat Implementasi Pancasila
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Senin, 20 September 2021
Wakil Ketua MPR Ingatkan Publik Tak Mengklaim Diri sebagai Kelompok Pancasilais
Senin, 13 September 2021
Kata NasDem Jika Amandemen Terbatas UUD 1945 Dilakukan, Malah Akan Buka Kontak Pandora
Kamis, 19 Agustus 2021
Tak Ingin Partainya dan MKD Dianggap Disfungsi, Junimart Pastikan Tindak Lanjuti Dugaan Pelanggaran Etik Arteria
Selasa, 17 Agustus 2021
Ajak Rakyat Merdeka Dari Pandemi, Aboebakar: Selalu Ada yang Berkhianat Seperti Korupsi Bansos

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 24 September 2021
Indonesia dan Turki harus Kerjasama Teknologi Kedirgantaraan dan Ruang Angkasa
Jumat, 24 September 2021
Personel Polsek Pangkalan Lesung Kembali Gelar Patroli Karhutla
Jumat, 24 September 2021
Cegah Penyebaran Covid-19, Polsek Kuala Kampar Lakukan Operasi Yustisi Malam
Jumat, 24 September 2021
Pastikan Masyarakat Patuhi Prokes, Polsek Bunut Terus Galakkan Operasi Yustisi

Serantau lainnya ...
Senin, 20 September 2021
Kabar Gembira, Mulai Hari Ini Sudah Bisa Sarapan di Warung Koffie Batavia Lagi
Jumat, 17 September 2021
Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi untuk Masuk Bioskop
Jumat, 10 September 2021
Pemuda Pancasila Turunkan 22 Kadernya untuk Bantu Pemerintah Tangani Covid-19
Selasa, 07 September 2021
Binatang Kesepian di Jerman Pakai Aplikasi Kencan Tinder Temukan Pemilik Baru

Gaya Hidup lainnya ...
Rabu, 04 Agustus 2021
Sebelum Dilantik, ASN di Meranti Harus Mengikuti Psiotes
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional

Advertorial lainnya ...
Selasa, 07 September 2021
Apple Tunda Peluncuran Fitur Perlindungan Anak Gara-gara Ini...
Kamis, 26 Agustus 2021
Mau Investasi Kripto? Ini Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin dan Ethereum yang Perlu Diketahui
Selasa, 17 Agustus 2021
PT CDI Siap Koneksikan Jaringan Internet Seluruh Kecamatan di Pelalawan
Jumat, 16 Juli 2021
Benarkah Dunia Butuh Dosis Ketiga Vaksin Covid-19?

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 26 Agustus 2021
Agar Paru-Paru Kuat saat Terserang Covid-19, Rajin Konsumsi 4 Bahan Makanan Ini
Jumat, 16 Juli 2021
Ayah Bunda, Ini 7 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Bermakna Lembut
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic
Rabu, 05 Mei 2021
Kurang Minum Air Putih saat Berbuka Bisa Bikin Berat Badan Melonjak

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 24 September 2021
Direktur Pascasarjana UIR Yudisium 150 Calon Wisudawan
Kamis, 23 September 2021
Dosen FT UIR Dr Evizal Penelitian Bersama di Harvard University Amerika
Senin, 20 September 2021
Dosen Unri Beri Pelatihan Warga Desa Sungai Masjid Membuat Kain Motif Ecoprint dari Tumbuhan dan Gulma
Sabtu, 18 September 2021
Fekonsos UIN Suska Riau Teken MoA dengan Fekon Unilak

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

HUT TNI AL 10 September 2021 - DPRD Riau
Terpopuler

01

HUT RI Ke-76 - APRIL
Foto
DPRD 1
DPRD 2
Jumat, 17 September 2021
Rizky Billar Jawab Isu Lesti Kejora Hamil Duluan, Muncul Isu Nikah Siri
Kamis, 26 Agustus 2021
Istri Buka Suara Soal Kabar Epy Kusnandar Pindah Agama
Jumat, 16 Juli 2021
Jedar Ungkap Pernah Dekat dengan Pria Ternyata Gay, Terbongkar Gara-gara...
Jumat, 02 Juli 2021
Dalang Kondang Ki Manteb Sudharsono Berpulang ke Rahmatullah

Selebriti lainnya ...
DPRD 3
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Permata
Kamis, 26 Agustus 2021
Ampuh Sembuhkan Penyakit, Ini Obat yang Dianjurkan Rasulullah
Selasa, 24 Agustus 2021
Rumah Yatim Salurkan Ratusan Paket Alquran dan Kitab ke Berbagai Ponpes di Pekanbaru dan Kampar Riau
Selasa, 27 Juli 2021
Sabah Ahmedi, Imam Termuda Inggris Lawan Stereotip Lewat Medsos
Jumat, 16 Juli 2021
Jangan Sampai Salah Beli, Berikut Syarat Hewan Kurban

Religi lainnya ...
PCR 3 Agustus 2021
Indeks Berita
HUT Riau 9 Agustus 2021 - SitiBhayangkara 2021 CAKAPLAHPelantikan Bupati Siak - Pemkab SiakUIR 2021HUT Pekanbaru ke-237Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRDIdul Fitri 1442 BRKWaisak 26 Mei 2021 - APRILPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021
www www