Sabtu, 25 September 2021

Breaking News

  • Harga Sawit di Riau Naik Lagi, Tembus Rp2.800 Perkilogram   ●   
  • Kabar Gembira! Saudi Arabia segera Beri Izin Umrah, Jamaah Diminta Manfaatkan Fasilitas Vaksin   ●   
  • DPRD Riau Dukung Sekolah Tatap Muka Dimulai Lagi   ●   
  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen   ●   
  • Gubri: Zona Merah dan Oranye Dilarang Salat Idul Adha di Masjid   ●   
  • Ditanya Perkembangan Perkara Suap Annas Maamun di RAPBD Riau Tahun 2014-2015, KPK Bungkam   ●   
  • WNA Masuk Indonesia, PKS: Jangan Sampai Publik Mengira PPKM Darurat Hanya Lip Service!
Yamaha 21-25 September 2021

21 April, Melihat Kiprah para 'Kartini' di Industri Migas
Rabu, 21 April 2021 11:41 WIB
21 April, Melihat Kiprah para Kartini di Industri Migas
Nazliyati Husin Umri (48) dan Army Wahyuni.

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Industri minyak dan gas (migas) identik sebagai dunia kerja yang maskulin. Kegiatan pengeboran, pengoperasian alat berat atau berukuran besar, maupun aktivitas di wilayah-wilayah terpencil menjadi bagian dari keseharian industri yang vital ini.

Namun, Nazliyati Husin Umri (48) dan Army Wahyuni, (42), berhasil membuktikan bahwa perempuan juga bisa meraih sukses di industri migas. Bahkan, mereka pernah memimpin sebuah tim yang mayoritas laki-laki. Semua mampu dijalankan secara profesional.

Bagaimana kiat-kiat yang diterapkan Zizie –sapaan karib Nazliyati—dan Army? Keduanya saat ini bekerja di PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI).

”Perempuan berada di lingkungan kerja yang mayoritas laki-laki bukanlah masalah. Hal itu justru memberikan warna tersendiri dan saling melengkapi,” tutur Zizie.

Pada umumnya, lanjut dia, perempuan itu punya perhatian lebih terhadap detail, telaten, luwes, jiwa sosial tinggi, dan terbiasa multitasking. Kelebihan-kelebihan tersebut tentu juga diperlukan di dunia kerja, baik secara individu maupun interaksi Perusahaan dengan para pemangku kepentingan.

Zizie merupakan geologis tamatan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Jurusan Teknik Geologi mayoritas juga diisi kaum Adam. Dia memilih jurusan tersebut karena minatnya terhadap batu-batuan dan petualangan.

Benar saja, kuliah di jurusan Teknik Geologi membawa dirinya sering ke turun lapangan, menyusuri hutan, hingga mendaki gunung saat kondisi panas terik matahari.

”Apabila sesuai minat dan bakat, kita tentu akan selalu enjoy melakukannya, termasuk ketika kita meniti karir di dunia kerja,” tegas Zizie.

Setelah menyelesaikan pendidikan, Zizie mencoba peruntungan di PT CPI. "Proses seleksi calon pegawai didasarkan pada keahlian dan latar belakang pendidikan. Tidak membedakan laki-laki atau perempuan," kenang Zizie yang bergabung dengan PT CPI pada akhir 1996.

Sepanjang karirnya, dia juga mengaku tak mengalami kendala meski harus bekerja di lingkungan yang mayoritas laki-laki.

Zizie juga selalu menanamkan dalam dirinya bahwa gender bukanlah batasan. Dia berupaya seoptimal mungkin menuntaskan pekerjaan secara profesional. Ketika terlibat dalam kegiatan pengeboran minyak, misalnya.

"Saya harus siap menuntaskan pekerjaan karena sudah menjadi tanggung jawab pekerjaan. Itu harus dipantau 24 jam, siang malam," paparnya.

Kenyamanan Zizie dalam bekerja tak lepas dari dukungan dan kebijakan Perusahaan. Sebagai contoh, lanjut dia, PT CPI menerapkan nilai tentang keberagaman. Bahwa setiap pegawai memiliki kesempatan yang sama untuk sukses, termasuk bagi pegawai perempuan. Selain itu, jika ada pegawai perempuan yang sedang hamil, Perusahaan menyediakan konsultasi medis, memberikan izin jika berada dalam kondisi tidak fit, maupun cuti melahirkan.

Perusahaan juga mendukung program ASI eksklusif dengan memberi izin meninggalkan pekerjaan untuk menyusui dan menyediakan ruang laktasi (nursery room). Bahkan, di beberapa tempat Chevron menyediakan tempat penitipan anak (child care). Bagi pegawai perempuan yang sedang haid, mereka punya hak cuti khusus apabila diperlukan.

"Bagi saya, PT CPI merupakan perusahaan yang sangat memperhatikan karyawannya. Bahkan, boleh dibilang sebagai tempat bekerja terbaik bagi kaum perempuan karena berbagai fasilitas yang disediakan,” tutur Zizie, ibu dari tiga anak ini.

Dukungan dan kebijakan Perusahaan menjadikan Zizie terus bersemangat memberikan kinerja terbaik sesuai minat dan keahliannya. “Terima kasih kepada PT CPI yang sangat menghargai dan mendukung karir perempuan," cakapnya.

Dalam perjalanan karirnya, Zizie pernah memimpin tim yang anggotanya laki-laki semua. Menurutnya, situasi itu tidak menjadi kendala selama pekerjaan dijalankan secara profesional. Dia mengedepankan sikap saling menghargai dan mengapresiasi di antara anggota tim.

Zizie semakin nyaman dalam bekerja karena dukungan dari lingkungan dan keluarga. Suaminya, misalnya, sangat memahami tanggung jawab pekerjaan yang harus diemban Zizie. Di PT CPI, lanjut dia, sifat kekeluargaan sangat tinggi. Banyak acara informal yang melibatkan anggota keluarga misalnya acara silaturahmi tim, temu alumni atau kemah bersama.

”Kita tidak hanya mengenal sesama pegawai namun juga mengenal keluarga mereka. Suami saya kenal siapa saja teman-teman kantor saya. Jadi dari lingkungan keluarga sangat mendukung karir saya," ungkap Zizi, yang sudah 24 tahun bekerja di PT CPI.

Naik Tangki Penyimpan Minyak

Berbeda dengan Zizie, Army Wahyuni berlatar belakang pendidikan kesehatan masyarakat. Di PT CPI, dia bekerja di bidang Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L). “Awal melamar posisi ini tidak disebutkan harus laki-laki atau perempuan. Calon pegawai diseleksi berdasarkan latar belakang pendidikan dan pengalaman," ujar Army, alumnus dari Universitas Indonesia.

Dia mengakui bahwa di fungsi/ departemen tempat dia bekerja memang sebagian besar laki-laki. ’’Hanya sekitar 10 persen yang perempuan,” ungkapnya.

Kendati demikian, Army mengatakan tak pernah menemui kendala dengan banyaknya laki-laki sebagai rekan kerja, termasuk saat menjalankan tugasnya turun ke lapangan dan melakukan inspeksi.

Dia bercerita pernah mendapatkan tugas harus naik ke atas tangki penyimpan minyak di Dumai. Tangki tersebut tingginya sekitar 15 meter dan berkapasitas 200 ribu barel minyak. Ditambah cuaca yang panas, hal itu tentu membutuhkan ketahanan fisik tersendiri.

”Kepercayaan yang diberikan rekan kerja ataupun pimpinan menjadi motivasi saya untuk terus menunjukkan kemampuan terbaik," papar Army.

Secara umum, lanjut dia, PT CPI tidak membeda-bedakan antara laki-laki dan perempuan untuk menempati suatu posisi atau jabatan. Keahlian dan kinerja yang menjadi tolok ukur utama.

Army pernah dipercaya memimpin sebuah tim yang beranggotakan 16 laki-laki semua. Bahkan, ada yang lebih senior darinya. Dia mengakui, pada awalnya sempat muncul kekhawatiran terkait kehadiran dirinya sebagai pimpinan di tim tersebut.

’’Kekhawatiran yang muncul seperti, perempuan itu cerewet, sensitif, mood mudah naik turun,” kenang Army.

Namun, kekhawatiran itu tidak terbukti. Army mampu menunjukkan sikap profesionalisme, mampu menempatkan diri di tengah anggota tim yang seluruh laki-laki. "Ditambah lagi, pimpinan perempuan mudah mengerti atau lebih sensitif terhadap kondisi anggotanya yang punya masalah sehingga bisa cepat membantu," ucap ibu dua anak ini.

Sesuai namanya, Army lahir dan besar di tengah keluarga yang berlatar belakang tentara. Ayah dan ibunya sama-sama mengabdi kepada negara sebagai perwira dan prajurit TNI. Tak heran jika Army mudah menyesuaikan diri di lingkungan yang didominasi laki-laki.

Dukungan keluarga tak perlu diragukan. Suaminya juga bekerja di PT CPI sehingga sangat memahami tuntutan peran dan tanggung jawab Army di kantor.

"Dukungan lain yang juga penting adalah dari Perusahaan, di mana perempuan mempunyai hak yang sama, tanpa adanya diskriminasi sehingga perempuan tetap dapat terwakili hingga jenjang tertinggi sekalipun," beber Army yang sudah 20 tahun bergelut di bidang K3L.

Dia menilai perempuan tetap mampu bersaing dengan laki-laki di di dunia kerja.

Lebih lanjut, Army menjelaskan bahwa perhatian PT CPI terhadap pegawai perempuan dan nilai keberagaman juga tercermin, salah satunya, pada upaya perlindungan pegawai yang menggunakan hijab. Perusahaan mendesain alat pelindung diri berupa hijab khusus yang digunakan oleh pegawai perempuan yang bekerja di fasilitas produksi migas. Hijab tersebut menggunakan bahan yang sama dengan baju Flame Resistant Clothing (FRC) sehingga tidak mudah terbakar.

Penggunaan hijab jenis ini merupakan yang pertama di antara seluruh wilayah kerja Chevron di dunia.

”Bagi kami pegawai perempuan, kebijakan itu tentu merupakan wujud nyata dari nilai-nilai Perusahaan,’’ ungkap Army, yang pernah bertugas di tiga wilayah operasi berbeda di Riau, yakni di Dumai, Rumbai, dan saat ini Duri.

Kiprah  Zizie dan Army merupakan sebagian contoh keuletan kaum perempuan di tengah industri yang banyak digeluti kaum laki-laki. Sepanjang mampu menunjukkan prestasi dan kinerja mumpuni, siapapun akan memiliki kesempatan yang sama untuk bersaing tanpa memandang gender, seperti di PT CPI.

Penulis : Satria Yonela
Editor : Yusni
Kategori : Ekonomi, Serba Serbi, Riau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Senin, 20 September 2021
Wakil Ketua MPR Ingatkan Publik Tak Mengklaim Diri sebagai Kelompok Pancasilais
Senin, 13 September 2021
Kata NasDem Jika Amandemen Terbatas UUD 1945 Dilakukan, Malah Akan Buka Kontak Pandora
Kamis, 19 Agustus 2021
Tak Ingin Partainya dan MKD Dianggap Disfungsi, Junimart Pastikan Tindak Lanjuti Dugaan Pelanggaran Etik Arteria
Selasa, 17 Agustus 2021
Ajak Rakyat Merdeka Dari Pandemi, Aboebakar: Selalu Ada yang Berkhianat Seperti Korupsi Bansos

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 25 September 2021
Pelaku Diduga ODGJ, Kuasa Hukum UAS Chaniago: Kami Hormati Proses Hukum yang Sedang Berjalan
Sabtu, 25 September 2021
Salurkan Bantuan Ratusan Sembako, SPKS Minta Perusahaan Sawit Maksimal Bantu Masyarakat Rohul
Sabtu, 25 September 2021
Lindungi Warga dari Paparan Covid-19, Polsek Langgam Kembali Gelar Operasi Yustisi
Sabtu, 25 September 2021
Pantau Kepatuhan Prokes Warga, Polsek Kerumutan Gelar Operasi Yustisi

Serantau lainnya ...
Senin, 20 September 2021
Kabar Gembira, Mulai Hari Ini Sudah Bisa Sarapan di Warung Koffie Batavia Lagi
Jumat, 17 September 2021
Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi untuk Masuk Bioskop
Jumat, 10 September 2021
Pemuda Pancasila Turunkan 22 Kadernya untuk Bantu Pemerintah Tangani Covid-19
Selasa, 07 September 2021
Binatang Kesepian di Jerman Pakai Aplikasi Kencan Tinder Temukan Pemilik Baru

Gaya Hidup lainnya ...
Rabu, 04 Agustus 2021
Sebelum Dilantik, ASN di Meranti Harus Mengikuti Psiotes
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional

Advertorial lainnya ...
Selasa, 07 September 2021
Apple Tunda Peluncuran Fitur Perlindungan Anak Gara-gara Ini...
Kamis, 26 Agustus 2021
Mau Investasi Kripto? Ini Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin dan Ethereum yang Perlu Diketahui
Selasa, 17 Agustus 2021
PT CDI Siap Koneksikan Jaringan Internet Seluruh Kecamatan di Pelalawan
Jumat, 16 Juli 2021
Benarkah Dunia Butuh Dosis Ketiga Vaksin Covid-19?

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 26 Agustus 2021
Agar Paru-Paru Kuat saat Terserang Covid-19, Rajin Konsumsi 4 Bahan Makanan Ini
Jumat, 16 Juli 2021
Ayah Bunda, Ini 7 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Bermakna Lembut
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic
Rabu, 05 Mei 2021
Kurang Minum Air Putih saat Berbuka Bisa Bikin Berat Badan Melonjak

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 24 September 2021
Direktur Pascasarjana UIR Yudisium 150 Calon Wisudawan
Kamis, 23 September 2021
Dosen FT UIR Dr Evizal Penelitian Bersama di Harvard University Amerika
Senin, 20 September 2021
Dosen Unri Beri Pelatihan Warga Desa Sungai Masjid Membuat Kain Motif Ecoprint dari Tumbuhan dan Gulma
Sabtu, 18 September 2021
Fekonsos UIN Suska Riau Teken MoA dengan Fekon Unilak

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

HUT TNI AL 10 September 2021 - DPRD Riau
Terpopuler

01

HUT RI Ke-76 - APRIL
Foto
DPRD 1
DPRD 2
Jumat, 17 September 2021
Rizky Billar Jawab Isu Lesti Kejora Hamil Duluan, Muncul Isu Nikah Siri
Kamis, 26 Agustus 2021
Istri Buka Suara Soal Kabar Epy Kusnandar Pindah Agama
Jumat, 16 Juli 2021
Jedar Ungkap Pernah Dekat dengan Pria Ternyata Gay, Terbongkar Gara-gara...
Jumat, 02 Juli 2021
Dalang Kondang Ki Manteb Sudharsono Berpulang ke Rahmatullah

Selebriti lainnya ...
DPRD 3
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Permata
Kamis, 26 Agustus 2021
Ampuh Sembuhkan Penyakit, Ini Obat yang Dianjurkan Rasulullah
Selasa, 24 Agustus 2021
Rumah Yatim Salurkan Ratusan Paket Alquran dan Kitab ke Berbagai Ponpes di Pekanbaru dan Kampar Riau
Selasa, 27 Juli 2021
Sabah Ahmedi, Imam Termuda Inggris Lawan Stereotip Lewat Medsos
Jumat, 16 Juli 2021
Jangan Sampai Salah Beli, Berikut Syarat Hewan Kurban

Religi lainnya ...
PCR 3 Agustus 2021
Indeks Berita
HUT Riau 9 Agustus 2021 - SitiBhayangkara 2021 CAKAPLAHPelantikan Bupati Siak - Pemkab SiakUIR 2021HUT Pekanbaru ke-237Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRDIdul Fitri 1442 BRKWaisak 26 Mei 2021 - APRILPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021
www www