Sabtu, 18 September 2021

Breaking News

  • Harga Sawit di Riau Naik Lagi, Tembus Rp2.800 Perkilogram   ●   
  • Kabar Gembira! Saudi Arabia segera Beri Izin Umrah, Jamaah Diminta Manfaatkan Fasilitas Vaksin   ●   
  • DPRD Riau Dukung Sekolah Tatap Muka Dimulai Lagi   ●   
  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen   ●   
  • Gubri: Zona Merah dan Oranye Dilarang Salat Idul Adha di Masjid   ●   
  • Ditanya Perkembangan Perkara Suap Annas Maamun di RAPBD Riau Tahun 2014-2015, KPK Bungkam   ●   
  • WNA Masuk Indonesia, PKS: Jangan Sampai Publik Mengira PPKM Darurat Hanya Lip Service!
Yamaha 18-21 September 2021

CAKAP RAKYAT:
Wajah Baru dari Pembentukan Daerah Otonomi Baru
Jum'at, 23 April 2021 11:49 WIB

(CAKAPLAH) - Harapan akan terbentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB) berupa Provinsi baru dari pemekaran Provinsi segera terealisasi. Usulan pembentukan otonomi baru tahun 2013 telah memunculkan wajah baru pembentukan daerah otonomi baru yang disingkat dengan DOB.

Ada 8 Provinsi yang diprediksi akan disahkan oleh Pemerintah dari usulan tahun 2013 tersebut. Ada pun ke 8 Daerah Otonomi Baru tersebut yaitu pertama; Provinsi Tapanuli, yang merupakan pemekaran dari Provinsi Sumatera Utara. Kabupaten dan Kota yang akan membentuk Provinsi Tapanuli tersebut adalah Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Samosir, Humbang Hasundutan dan Kota Sibolga. Kedua, Provinsi Kapuas Raya. Kabupaten dan Kota yang akan bergabung dalam Provinsi tersebut adalah Sanggau, Sintang, Sekadau, Kapuas Hulu dan Melawi dengan ibu kota di Kabupaten Sintang.

Ketiga; Provinsi Bolaang Mongondow Raya. Provinsi ini merupakan pemekaran dari Provinsi induk yaitu Provinsi Sulawesi Utara. Kabupaten dan Kota yang akan membentuk Provinsi tersebut yaitu Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur dan Kotamobagu dan beribukota di Kota Kotamobagu. Keempat; Provinsi Sumbawa yaitu pemekaran dari Provinsi induk Nusa Tenggara Barat. Kabupaten dan Kota yang akan membentuk Provinsi Sumbawa yaitu Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, dan Dompu dengan ibukota di Sumbawa Besar.

Kelima; Provinsi Kepulauan Nias. Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias merupakan pemekaran dari Provinsi Sumatera Utara. Jika ini teralisasi maka Sumatera Utara akan dimekarkan menjadi 2 Daerah Otonomi Baru yaitu pembentukan Provinsi. Kabupaten dan Kota yang akan membentuk Provinsi Kepulauan Nias adalah Nias Barat, Nias Utara, Nias, Nias Selatan dan Kota Gunungsitoli dengan Ibu Kota Provinsi Gunungsitoli. Khusus Provinsi Kepulauan Nias, sudah layak dan sangat potensial untuk dikembangkan menjadi Provinsi. Potensi perikanan dan pariwisatanya dianggap mampu untuk berkembang. Pengalaman penulis yang pernah tinggal dan bermukim di Pulau tersebut, sangat berpotensi untuk berkembang. Sektor pariwisatanya telah dikenal di Nusantara dan Mancanegara. Oleh sebab itu, upaya pemekaran tersebut akan meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

Kemudian yang keenam, pembentukan Provinsi Barat Daya yang merupakan pemekaran dari Provinsi Papua Barat. Kabupaten dan Kota yang akan bergabung membentuk Provinsi Papua Barat Daya adalah Sorong, Sorong Selatan, Raja Ampat, Maybrat, Tambrauw dan Kota Sorong dengan ibu kota di Sorong. Kemudian ketujuh; Provinsi Papua Tengah. Kabupaten dan Kota yang akan bergabung menjadi Provinsi Papua Tengah adalah Mimika, Nabire, Puncak, Puncak Jaya, Dagiyai, Deiyai, Intan Jaya dan Paniai. Dan yang kedelapan; yaitu Provinsi Papua Selatan dengan Ibu Kota di Merauke. Kabupaten dan kota yang akan membentuk Provinsi Papua Selatan yaitu Kabupaten Asmat, Boven Digoel, Merauke dan Mappi.

Dengan adanya pembentukan daerah otonomi baru (DOB) berupa Provinsi tersebut tentunya akan menjadi harapan dan sekaligus tantangan bagi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Dengan memperpendek rentang waktu, jarak dan birokrasi pelayanan tentu pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Rentang jarak dan waktu selama ini menjadi kendala dalam pelayanan yang cepat dan prima. Dengan rentang waktu dan jarak yang sudah teratasi dengan pembentukan daerah otonomi baru diharapkan peningkatan pelayanan dan kesejahteraan dapat diwujudkan. Berbicara tentang daerah otonomi baru, seyogyanya adalah bagaimana pelayanan dan kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan dengan memperpendek dan memotong birokrasi yang diakibatkan jarak dan waktu dapat diminimalkan.

Dilihat dari beberapa faktor mengapa pembentukan daerah otonomi baru merupakan suatu keniscayaan salah satunya adalah agar distribusi ekonomi dan infrastruktur dapat merata serta teralisasikan tepat sasaran. Kemudian pelayanan dapat dilakukan dengan cepat dengan waktu yang singkat karena rentang kendali tidak begitu jauh yang memerlukan waktu dalam pelaksanaannya. Pemerataan infrastruktur juga menjadi salah satu alasan mengapa pemekaran daerah menjadi salah satu faktor, dengan berbagai faktor lainnya.

Dengan akan disahkannya 8 daerah otonomi baru tersebut berupa pembentukan Provinsi Baru, seyogyanya menjadi tantangan bagi pemerintah untuk megkaji ulang secara ketat, mengapa daerah tersebut sudah layak dan begitu juga sebaliknya masih perlu waktu dan beberapa faktor lainnya untuk dilakukan pemekaran.

Sudah layakkah pemekaran daerah?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentu kalau ditanya ke daerah, jawabannya siap untuk dimekarkan. Tentu tidak semudah itu jawabannya dan tentu juga tidak ada halangan untuk melakukan pemekaran daerah jika dianggap daerah itu telah mampu memenuhi kriteria-kriteria yang telah dibuat pemerintah salah satunya adalah kajian akademik yang memenuhi segala aspek pembentukan otonomi baru. Laju pemekaran daerah dengan usulan DOB seolah-olah tidak dapat dikendalikan. Mempercepat reformasi birokrasi di daerah serta meningkatkan kinerja pemerintah daerah dalam pelayanan publik tentu beberapa hal yang positif dalam hal pelaksanaan pemekaran daerah. Perlu diingat bahwa hingga kini pula tidak ada penggabungan daerah yang dianggap gagal dalam hal pemekaran daerah (pembentukan daerah otonomi baru).

Sesuai dengan konstitusi yang berlaku, ada tiga pintu masuk dalam pembahasan pemekaran daerah yaitu; pemerintah (eksekutif), DPR (legislatif), dan DPD (Dewan Perwakilan Daerah). Grand design yang akan disusun dan dirumuskan oleh pemerintah tersebut seyogyanya harus sesuai dengan Undang-undang Dasar 1945. Dalam BAB VI tentang Pemerintahan Daerah, UUD 1945 (Amandemen ke-2) Pasal 18 telah dengan jelas dikatakan bahwa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah-daerah provinsi dan daerah provinsi itu dibagi atas kabupaten dan kota, yang tiap-tiap provinsi, kabupaten dan kota itu mempunyai pemerintahan daerah yang diatur dengan Undang-Undang.

Pasal 18 B ayat (1) menyatakan, bahwa Negara mengakui dan menghormati satuan-satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus atau bersifat istimewa yang diatur dengan undang-undang dan ayat (2), Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diatur dalam Undang-undang. Dan yang perlu digaris bawahi adalah pemekaran daerah yang terbentuk akan meningkatkan kualitas pelayanan publik yang di dalamnya terdapat aspek kesehatan, infrastruktur dan pendidikan yang memadai. Harapannya pemekaran daerah tidak boleh dihambat dengan tetap mempertimbangkan aturan yang berlaku demi kesejahteraan masyarakat di daerah.

Penulis : Hasrul Sani Siregar, MA, Widyaiswara di BPSDM Provinsi Riau
Editor : Yusni
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Senin, 13 September 2021
Kata NasDem Jika Amandemen Terbatas UUD 1945 Dilakukan, Malah Akan Buka Kontak Pandora
Kamis, 19 Agustus 2021
Tak Ingin Partainya dan MKD Dianggap Disfungsi, Junimart Pastikan Tindak Lanjuti Dugaan Pelanggaran Etik Arteria
Selasa, 17 Agustus 2021
Ajak Rakyat Merdeka Dari Pandemi, Aboebakar: Selalu Ada yang Berkhianat Seperti Korupsi Bansos
Sabtu, 14 Agustus 2021
Anggota DPR Ini Sebut Kebijakan PPKM Bawa Indonesia Keluar dari Puncak Kasus Covid-19

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 18 September 2021
Jaga Keamanan Wilayah, Polsek Kerumutan Rutin Lakukan Patroli C3
Sabtu, 18 September 2021
Pantau Titik Api, Polsek Pangkalan Kerinci Patroli di Area Rawan Karhutla
Sabtu, 18 September 2021
Polsek Kuala Kampar Rutin Gelar Yustisi di Pelabuhan
Sabtu, 18 September 2021
Sambangi Warga di Jalan Lintas Bono, Personel Polsek Teluk Meranti Sampaikan Prokes

Serantau lainnya ...
Jumat, 17 September 2021
Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi untuk Masuk Bioskop
Jumat, 10 September 2021
Pemuda Pancasila Turunkan 22 Kadernya untuk Bantu Pemerintah Tangani Covid-19
Selasa, 07 September 2021
Binatang Kesepian di Jerman Pakai Aplikasi Kencan Tinder Temukan Pemilik Baru
Selasa, 24 Agustus 2021
Jam Tangan Pria Bermerek yang Sayang Anda Lewatkan

Gaya Hidup lainnya ...
Rabu, 04 Agustus 2021
Sebelum Dilantik, ASN di Meranti Harus Mengikuti Psiotes
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional

Advertorial lainnya ...
Selasa, 07 September 2021
Apple Tunda Peluncuran Fitur Perlindungan Anak Gara-gara Ini...
Kamis, 26 Agustus 2021
Mau Investasi Kripto? Ini Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin dan Ethereum yang Perlu Diketahui
Selasa, 17 Agustus 2021
PT CDI Siap Koneksikan Jaringan Internet Seluruh Kecamatan di Pelalawan
Jumat, 16 Juli 2021
Benarkah Dunia Butuh Dosis Ketiga Vaksin Covid-19?

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 26 Agustus 2021
Agar Paru-Paru Kuat saat Terserang Covid-19, Rajin Konsumsi 4 Bahan Makanan Ini
Jumat, 16 Juli 2021
Ayah Bunda, Ini 7 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Bermakna Lembut
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic
Rabu, 05 Mei 2021
Kurang Minum Air Putih saat Berbuka Bisa Bikin Berat Badan Melonjak

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 18 September 2021
Fekonsos UIN Suska Riau Teken MoA dengan Fekon Unilak
Rabu, 15 September 2021
Inovatif, Mahasiswa KKN Unri Buat Handsanitizer Touchless untuk Masyarakat
Selasa, 14 September 2021
Tim PTDM UMRI Diseminasikan Dehydrator Betel Nut kepada Petani Desa Tanjung Alai Kampar
Senin, 13 September 2021
Mahasiswa Umri Ajarkan Pelaku UMKM Bencah Lesung Cara Packing dan Branding Produk

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

HUT TNI AL 10 September 2021 - DPRD Riau
Terpopuler

03

05

HUT RI Ke-76 - APRIL
Foto
DPRD 1
DPRD 2
Jumat, 17 September 2021
Rizky Billar Jawab Isu Lesti Kejora Hamil Duluan, Muncul Isu Nikah Siri
Kamis, 26 Agustus 2021
Istri Buka Suara Soal Kabar Epy Kusnandar Pindah Agama
Jumat, 16 Juli 2021
Jedar Ungkap Pernah Dekat dengan Pria Ternyata Gay, Terbongkar Gara-gara...
Jumat, 02 Juli 2021
Dalang Kondang Ki Manteb Sudharsono Berpulang ke Rahmatullah

Selebriti lainnya ...
DPRD 3
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Permata
Kamis, 26 Agustus 2021
Ampuh Sembuhkan Penyakit, Ini Obat yang Dianjurkan Rasulullah
Selasa, 24 Agustus 2021
Rumah Yatim Salurkan Ratusan Paket Alquran dan Kitab ke Berbagai Ponpes di Pekanbaru dan Kampar Riau
Selasa, 27 Juli 2021
Sabah Ahmedi, Imam Termuda Inggris Lawan Stereotip Lewat Medsos
Jumat, 16 Juli 2021
Jangan Sampai Salah Beli, Berikut Syarat Hewan Kurban

Religi lainnya ...
PCR 3 Agustus 2021
Indeks Berita
HUT Riau 9 Agustus 2021 - SitiBhayangkara 2021 CAKAPLAHPelantikan Bupati Siak - Pemkab SiakUIR 2021HUT Pekanbaru ke-237Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRDIdul Fitri 1442 BRKWaisak 26 Mei 2021 - APRILPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021
www www