Jumat, 14 Mei 2021

Breaking News

  • Truck Terguling di Jalan Sudirman Pekanbaru   ●   
  • Jalan Arifin Achmad menuju Jalan Soekarno Hatta terjadi kemacetan parah, Jumat (26/3/2021) malam, pukul 20.00 wib, akibat banjir paska hujan deras.   ●   
  • Penembakan Kembali Terjadi di Pekanbaru, DPRD Minta Polisi Rutin Tes Psikologi   ●   
  • Kepala BPKAD Kuansing Tidak Penuhi Panggilan Jaksa   ●   
  • Kabar Baik, Tunjangan ASN Pemprov Riau segera Cair   ●   
  • Dukung Vaksinasi Covid-19, Pemprov Riau Refocussing Anggaran DAU 8 Persen   ●   
  • Zukri-Nasarudin Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Pelalawan Terpilih   ●   
  • Dewan Dukung Polisi Periksa Kadis DLHK Soal Tumpukan Sampah   ●   
  • Nunggak PBB di Pekanbaru Rumah Ditempel Stiker   ●   
  • Fraksi PKS DPRD Pekanbaru Siap Potong Gaji untuk Korban Bencana Alam
Yamaha 7 Mei 2021
Polling
Kasus penyebaran Covid-19 di provinsi Riau terus meroket. Kini sudah menyentuh angka 46.047 Orang. Bahkan, angka kematian mencapai 1.133 jiwa. Menurut Anda, bagaimana upaya Pemprov Riau menekan penyebaran Covid-19?


CAKAP RAKYAT
Buruh Aset Bangsa
Minggu, 02 Mei 2021 11:11 WIB
Buruh Aset Bangsa
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM

Setiap tanggal 1 Mei yang diperingati sebagai May Day atau Hari Buruh selalu mengungkap dan membahas berbagai permasalahan dan tantangan yang dihadapi kaum pekerja seluruh dunia termasuk di Indonesia. Namun dua tahun belakangan problematika yang dihadapi para buruh bereskalasi secara drastis. Kita semua paham betapa peliknya keadaan selama wabah Covid-19 melanda. Walau berdampak hampir ke semua kelompok dan golongan ekonomi, namun paling dirasakan masyarakat ekonomi menengah bawah yang didominasi para pekerja dan buruh. Menyikapi Hari Buruh, kita berharap ada pidato istimewa dan konstruktif dari Kepala Negara hingga pernyataan dari Kepala Daerah untuk memberi pesan dan energi positif bagi para pekerja dan buruh. Paling utama tentunya menjawab kegelisahan yang menghantui kehidupan mereka terkait komitmen pengusaha dan pemerintah terkait upah dan kesejahteraan serta langkah-langkah strategis yang bisa memberi mereka prospek lebih baik ke depan.

Buruh tergolong kelompok paling rentan selama pandemi, terlebih dengan sarana bertahan hidup tanpa sumber pendapatan alternatif. Beberapa bulan pertama pandemi, jumlah pengangguran melonjak seiring pekerja terkena PHK. Berdasarkan perhitungan Pemerintah, skenario berat bakal ada penambahan 2,9 juta orang menganggur di Indonesia. Skenario lebih berat, jumlah pengangguran melonjak hingga 5,2 juta orang. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat persentase pekerja informal semakin meningkat. Sebaliknya, pekerja formal selama Covid-19 justru turun. Menggelumbungnya pekerja informal dari pekerja formal diduga turut disebabkan PHK pekerja dan buruh. Untuk skala Riau, BPS menyebutkan jumlah pengangguran per-Agustus 2020 naik 6,32% dibanding tahun sebelumnya. Di Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi, tingkat pengangguran terbuka diprediksi bisa capai 10 persen. Pemprov Riau dan Pemko mengaku pandemi Covid-19 sebagai pemicu.

Kesulitan memang dirasakan secara global, tapi Riau menghadapi komplikasi permasalahan dan memikul beban berkali-kali lipat. Apalagi status pekerjaan utama dominan di Bumi Lancang Kuning adalah buruh, karyawan dan pegawai yaitu sebesar 43,76 persen. Makin menyesakan kabar dari sektor Migas yang menyerap tenaga kerja cukup besar, mencapai ribuan orang. Di tengah turunnya harga minyak mentah di pasar global dan konsumsi BBM berkurang akibat pembatasan pergerakan manusia, bikin masalah makin kompleks. Sudahlah ancaman terhadap pekerja, sedikit banyak juga berpengaruh terhadap menurunnya pendapatan daerah. Alhasil belanja daerah pun ikut terdampak. Keresahan dirasakan kalangan perusahaan bergerak di sektor Migas. Meski upaya efisiensi terus dilakukan guna menghindari terjadinya PHK besar-besaran, namun perlu ada skenario lain dari Pemda ketika pengambilan keputusan terburuk sulit dielakkan, yakni perusahaan terpaksa mengevaluasi kontrak pekerjaan dengan vendor yang selama ini memiliki banyak pekerja. Permasalahan PHK sektor Migas berbeda mengingat tenaga kerja punya keahlian khusus dan tidak bisa langsung diserap perusahaan sektor lain. Rentetan lain dari terganggungnya sektor Migas adalah seretnya ekonomi warga dan wilayah yang menjadi operasional Migas. Kondisi tadi, termasuk juga yang dihadapi pekerja di sektor lain yang terdampak, tentu saja butuh solusi bersifat segera dan jangka pendek.

Negara Harus Hadir

Berangkat dari peta problematika, Pemda dituntut hadir melindungi hak tenaga kerja tanpa mengenyampingkan upaya menjaga keberlangsungan aktivitas pelaku usaha. Pandemi adalah masa sulit bagi pelaku usaha. Namun jangan sampai dijadikan dalih bagi pelaku usaha untuk menegasikan hak-hak pekerja. Jelang lebaran, perlu diapresiasi upaya Pemda membuka layanan pengaduan terkait hak THR pekerja. Namun hak tentu tidak hanya itu. Pemda punya tugas lain yang lebih dinantikan. Instrumen kebijakan dan diskresi merancang program guna mengelola ketenagakerjaan sebagai rumpun urusan wajib daerah merupakan bekal untuk menyiasati persoalan terkait ketenagakerjaan di daerah. Namun, sering peran Pemda muncul dan paling menonjol ketika memutuskan upah minimum saja. Padahal perannya tak sebatas itu. Ada beberapa hal klasik terkait pekerja yang dirasa perlu ditegaskan kembali.

Pertama, menjamin terlaksananya hak hidup layak dengan memelihara segitiga hubungan industrial pemerintah-pengusaha-pekerja maupun segitiga keterkaitan upah-produktivitas-kesejahteraan. Di masa pandemi ini pengawasan harus lebih ekstra. Dalam konteks pandemi, Pemprov Riau dituntut fokus menangani permasalahan sosial yang dihadapi para buruh dan pekerja terutama menjaga agar tidak ada hak pekerja dilalaikan. Banyak pelaku usaha dan perusahaan berjuang menunaikan hak pekerjanya, namun ada juga perusahaan memanfaatkan momentum wabah mencurangi hak pekerja. Baik itu hak atas upah dan lain-lain termasuk hak perlindungan kesehatan. Banyak kasus buruh dipaksa bekerja dengan fasilitas perlindungan yang minim. Para pekerja pun dihadapkan dua ancaman sekaligus, yaitu ancaman PHK sekaligus ancaman terpapar virus corona.

Dalam menjalankan fungsi, program Pemda diharapkan tepat sasaran dan efektif. Jujur saja program seperti program Kartu Prakerja dinilai mubazir dan tidak tepat guna bagi para buruh dan pekerja. Tidak ada negara lain menggelar pelatihan kepada tenaga kerja secara online. Kalaupun ada pelatihan atau kursus online, hal tersebut sifatnya otodidak. Akan lebih bermanfaat apabila dialokasikan untuk penanganan wabah dan perlindungan kesehatan terhadap pekerja serta jaring pengaman sosial atau bantuan langsung kepada keluarga pekerja yang terdampak.

Kedua, Upaya penciptaan lapangan kerja. Implementasi mandat ini tak lantas Pemda secara langsung menyediakan lapangan pekerjaan, meski juga terbuka peluang melalui pelaksanaan proyek padat karya dan pelibatan sektor usaha dalam kegiatan belanja Pemerintah seperti dilakukan Pemprov Riau yang menjalin kerjasama dengan Mbizmarket di tahun 2021 untuk pengadaan barang dan jasa. Namun paling penting bagaimana memfasilitasi terciptanya ruang yang memungkinkan pelaku usaha menciptakan lapangan kerja. Di luar itu, Pemda juga punya tanggung jawab membina kapasitas pekerja agar produktif dengan mengoptimalkan sarana dan prasarana yang ada.

Demikianlah beberapa ikhtiar yang bisa ditempuh. Upaya dipaparkan mungkin belum mengakomodir semua, tapi intinya melalui upaya sungguh-sungguh dapat memberikan secercah harapan bagi para pekerja di tengah masa sulit ini. Pelibatan buruh dan pekerja lebih intens dalam bahasa kebijakan dinilai lebih konkrit sebagai cara menyampaikan pesan ke para buruh dan pekerja bahwa mereka adalah aset penting bagi bangsa daripada sekedar jargon. Bukankah sudah terbukti selama pandemi, betapa sulitnya sektor usaha tanpa buruh dan pekerja. Bahkan sedikit hiperbolis, tanpa produktivitas mereka perekonomian bangsa kehilangan separuh nyawa. Seharusnya ini menjadi pelajaran berharga.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali Azumar
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Kasus penyebaran Covid-19 di provinsi Riau terus meroket. Kini sudah menyentuh angka 46.047 Orang. Bahkan, angka kematian mencapai 1.133 jiwa. Menurut Anda, bagaimana upaya Pemprov Riau menekan penyebaran Covid-19?

Berita Terkait
Kamis, 13 Mei 2021 06:00 WIB
Fitrah, Berbagi dan Kekuatan Sosial
Jum'at, 23 April 2021 08:02 WIB
Sumber Daya Alam Dan Kesenjangan Ekonomi
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Minggu, 28 Maret 2021 20:33 WIB
Sumber Daya Alam Terjaga, Riau Berjaya
Minggu, 21 Maret 2021 21:20 WIB
Menjaga Optimisme Melalui Kebijakan
Jum'at, 02 April 2021 20:54 WIB
Asa Keberkahan di HUT BRK
Minggu, 07 Maret 2021 06:15 WIB
Transportasi Urat Nadi Ekonomi
Rabu, 24 Februari 2021 14:30 WIB
Alarm Meningkatnya Angka Kemiskinan
Senin, 15 Maret 2021 07:19 WIB
Pangan Aman, Ekonomi Mapan
Jum'at, 16 April 2021 05:11 WIB
Ramadhan dalam Masa Pandemi Covid-19
Minggu, 11 April 2021 21:00 WIB
Modal Sosial Adalah Aset Berharga
Jum'at, 04 Desember 2020 10:39 WIB
COVID-19 dan Pentahelix
Sabtu, 19 Desember 2020 07:01 WIB
Bela Negara Untuk Ekonomi Yang Berdaulat
Rabu, 04 November 2020 10:26 WIB
Misi Riau Bangkitkan Pariwisata Dan UMKM
Sabtu, 06 Februari 2021 16:44 WIB
Runtuhnya Demokrasi di Myanmar?
Jum'at, 31 Juli 2020 19:15 WIB
Kurban, Spirit Berkontribusi dan Wakaf
Selasa, 10 November 2020 08:01 WIB
Melestarikan Warisan Pahlawan
Jum'at, 01 Januari 2021 22:05 WIB
Pasang Surut Hubungan Indonesia-Malaysia
Rabu, 07 Oktober 2020 08:36 WIB
Mencari Berkah Dalam Syariah
Sabtu, 24 Oktober 2020 08:03 WIB
Perlukah Merivisi RPJMD?
Minggu, 19 Juli 2020 16:34 WIB
Ketika Pendapatan Ikut 'Jaga Jarak'
Selasa, 24 November 2020 12:02 WIB
UMKM Dan Koperasi Kunci Pemulihan Ekonomi
Selasa, 30 Juni 2020 13:15 WIB
Jangan Buru-buru Sahkan Perda RTRW
Sabtu, 19 September 2020 09:10 WIB
Demokrasi Bukanlah “Kursi”
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 11 Mei 2021
Ibadah Haji 2021 Dibuka, MPR Minta Pemerintah segera Lobby Kuota Jamaah Haji
Senin, 10 Mei 2021
Sikapi Kekerasan Terhadap Umat Islam oleh Israel, PPP: Jangan Lagi Berpikir Jalin Hubungan Diplomatik dengan Israel
Senin, 10 Mei 2021
Sikapi Kekerasan Terhadap Umat Islam Palestina, PPP: Jangan Lagi Berpikir Ada Hubungan Diplomatik Dengan Israel
Kamis, 06 Mei 2021
MPR Harapkan Pandangan dari Kalangan Perguruan Tinggi Untuk Hidupkan Kembali GBHN

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 14 Mei 2021
Hari Kedua Lebaran, Polsek Pangkalan Kerinci Galakkan Pantauan Masyarakat di Pos Penyekatan Mudik
Jumat, 14 Mei 2021
Polisi dan TNI Teluk Meranti Pantau Penertiban Prokes di Pos PPKM
Jumat, 14 Mei 2021
Polsek Langgam Rutin Patroli Guna Cegah Gangguan Kamtibmas
Jumat, 14 Mei 2021
Cegah Penyebaran Covid-19, Polsubsektor Pelalawan Gencar Gelar Operasi Yustisi

Serantau lainnya ...
Selasa, 11 Mei 2021
Tampil Cantik saat Lebaran, Fajar Cosmetic Ramai Pengunjung
Rabu, 05 Mei 2021
7 Cara Gampang Agar Lebih Mudah Bangun untuk Sahur
Selasa, 04 Mei 2021
Go Nasional, Fajar Cosmetic Akan Buka Cabang di Jakarta
Kamis, 29 April 2021
Punya Legalitas, Pekerja Musik di Bawah Naungan SPMI Difasilitasi BPJS

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu

Advertorial lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
5 Smartphone Terbaru dari Oppo Tahun 2021
Senin, 03 Mei 2021
Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku Kurang dari 2 Pekan Lagi
Kamis, 29 April 2021
Dua Minggu Lagi WhatsApp akan Blokir Kamu
Selasa, 13 April 2021
Bukan Mimpi Lagi, Ini 2 Mobil Terbang yang sudah Dapat Izin Mengudara

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 05 Mei 2021
Kurang Minum Air Putih saat Berbuka Bisa Bikin Berat Badan Melonjak
Selasa, 13 April 2021
Tips Sehat saat Puasa: Olahraga Ringan dan Penuhi Nutrisi
Senin, 18 Januari 2021
Terlalu Lama Pakai Masker Sebabkan Mata Kering, Ini Cara Mencegahnya
Rabu, 06 Januari 2021
Jembatan Siak IV Kerap Jadi Titik Kumpul Pesepeda di Pekanbaru

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 04 Mei 2021
Mahasiswa Unilak Lolos Hibah Program KBMI Dikti Tingkat Nasional
Minggu, 02 Mei 2021
BEMNUS dan BEMSI Gelar Aksi Seribu Lilin di Pekanbaru, Bacakan 6 Tuntutan
Jumat, 30 April 2021
Menampilkan Karya Ilmiyah Mahasiswa dan Alumni, Tadarus Ramadhan Seri ke-2 PSGA UIN Suska Riau Tuai Pujian
Kamis, 29 April 2021
GMI Sukses Gelar Webinar Pemuda dalam Menangkal Paham Radikal

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...
Polling
Kasus penyebaran Covid-19 di provinsi Riau terus meroket. Kini sudah menyentuh angka 46.047 Orang. Bahkan, angka kematian mencapai 1.133 jiwa. Menurut Anda, bagaimana upaya Pemprov Riau menekan penyebaran Covid-19?


Idul Fitri 1442 BRK
Terpopuler
Idul Fitri 1442 Syahrul Aidi
Foto
Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin
SPR Idul Fitri 1442 H
Kamis, 29 April 2021
7 Artis Indonesia dengan Bayaran Selangit
Selasa, 13 April 2021
Diungkap Sahabat, Billy Sering Bengong Sulit Lupakan Pesona Amanda Manopo
Rabu, 31 Maret 2021
Aa Gym Cabut Gugatan Cerai ke Teh Ninih
Jumat, 19 Maret 2021
Diduga Terlibat Perdagangan Anak sebagai PSK, Artis Cynthiara Alona Terancam 10 Tahun Penjara

Selebriti lainnya ...
Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRD
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
PKB Kampar - Catur Sugeng
Jumat, 07 Mei 2021
Rilis Lagu Bertema 'Tak Mudik', Azwa Nasyid dan Azam Voice Bikin Sedih Hilang
Rabu, 05 Mei 2021
4 Golongan Manusia Mendapat Kebahagian dan Kesengsaraan
Jumat, 30 April 2021
Musala RSUD Selasih Pangkalan Kerinci Berubah Menjadi Masjid
Selasa, 13 April 2021
Fatwa MUI Perbolehkan Buka Puasa Bersama

Religi lainnya ...
Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin Centronet Data Indonesia
Indeks Berita
Pesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021Ucapan RamadanAPRIL/RAPP - ImlekNyepi 14 Maret 2021 - APRIL RAPPHUT Kampar 2021 - APRIL-RAPP
www www