Jumat, 06 Agustus 2021

Breaking News

  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen   ●   
  • Gubri: Zona Merah dan Oranye Dilarang Salat Idul Adha di Masjid   ●   
  • Ditanya Perkembangan Perkara Suap Annas Maamun di RAPBD Riau Tahun 2014-2015, KPK Bungkam   ●   
  • WNA Masuk Indonesia, PKS: Jangan Sampai Publik Mengira PPKM Darurat Hanya Lip Service!   ●   
  • Israel Tawarkan Vaksin yang Nyaris Kedaluwarsa ke Negara Lain   ●   
  • Singkirkan Spanyol Lewat Adu Penalti, Italia Lolos ke Final   ●   
  • Sindikat Vaksin Covid Palsu Ditangkap setelah Suntikkan Air Garam ke 2.000 Warga
Yamaha 3 Agustus 2021

CAKAP RAKYAT
Pekanbaru dan Mindset "Ban Depan"
Rabu, 23 Juni 2021 08:22 WIB
Pekanbaru dan Mindset Ban Depan
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM

Rabu 23 Juni 2021 merupakan hari penting bagi Kota Pekanbaru. Di hari tersebut ibukota Provinsi Riau menginjak usia ke-237. Sekilas sejarah, menurut catatan yang dibuat oleh Imam Suhil Siak, Senapelan resmi berdiri pada 21 Rajab tahun 1204 H yang bertepatan dengan hari Selasa 23 Juni 1784 M oleh Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazamsyah di bawah pemerintahan Sultan Yahya yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kota Pekanbaru.

Sebagai representasi dari warga Pekanbaru, banyak asa dan cita yang hendak disampaikan. Paling penting disampaikan bahwa Pekanbaru tak semata milik warga berdomisili di Pekanbaru. Dengan statusnya sebagai ibukota Provinsi Pekanbaru juga punya makna istimewa di hati masyarakat Riau pada umumnya.

Pekanbaru telah menjelma menjadi kota besar dan masuk kelompok kota terdepan di Indonesia. Meski persoalan khas perkotaan masih didapati, semisal ketimpangan sosial dan problematika seperti sampah dan banjir, namun daya tarik sebagai sentra aktivitas perdagangan dan jasa terkemuka, pusat pendidikan, rujukan sektor kesehatan dan sektor lainnya serta paling utama tentunya sebagai pusat pemerintahan provinsi. Keunggulan di berbagai sektor plus ketersediaan infrastruktur yang meningkat bikin banyak orang kepincut dan berbondong-bondong datang. Fenomena itu memicu perpindahan dan konsentrasi manusia. Di satu sisi hal tadi mendatangkan berkah tersendiri bagi Pekanbaru, namun sisi lain punya implikasi multidimensional jika tak dibarengi strategi dan perencanaan. Ini bukan berarti mengistimewakan pembangunan Pekanbaru. Apalagi kabupaten lain di Riau butuh pemerataan pembangunan.

Role Model

Perlunya rencana dan perhatian atas Pekanbaru lebih didasarkan atas pemikiran agar ke depan Pekanbaru dapat memosisikan diri bukan semata sebagai simbol dan ibukota provinsi. Namun berperan lebih jauh sebagai role model bagi kabupaten/kota lainnya di Riau dan luar Riau. Dari segi sosial, politik, budaya dan memperkuat ekonomi daerah. Wujud implementasi sudah tertuang melalui agenda semisal pengembangan kawasan Pekansikawan (Pekanbaru-Siak-Kampar-Pelalawan) dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau. Dengan objek kesepakatan meliputi: bidang sosial budaya, bidang sosial ekonomi, bidang tata ruang dan lingkungan hidup, dan bidang sarana dan prasarana. Melalui pola sinergitas antar wilayah diharapkan berbuah efisiensi dan efektifitas pelayanan publik, mengakselerasi pengembangan wilayah yang saling berbatasan, pengelolaan potensi daerah dengan prinsip saling menguntungkan berbasis kelebihan dan potensi masing-masing daerah yang ujungnya berdampak bagi kepentingan masyarakat di masing-masing kabupaten/kota.

Selain sinergitas antar kawasan, keberadaan insfrastruktur seperti tol juga dapat membantu pemerataan pembangunan. Sebagaimana diketahui, sudah ada sejumlah kabupaten/kota terhubung dengan Pekanbaru semisal tol Pekanbaru-Dumai, tol Pekanbaru-Rengat dan berikutnya. Melalui jaringan infrastruktur diharapkan berdampak bagi pergerakan ekonomi dan mempermudah arus perdagangan. Sebagai contoh Dumai pintu masuk bagi 48% pedagang dunia melalui Selat Malaka, dengan terhubung ke Pekanbaru berpotensi menjadi pintu pertumbuhan ekonomi bagi Riau. Harapan besar tentu butuh komitmen. Menjadikan Kota Pekanbaru sebagai role model dan berdaya impact bagi Riau sulit ditempuh jika Pemko berjalan sendiri. Maka kami selaku anggota Fraksi PKS DPRD Provinsi Riau Dapil Kota Pekanbaru sanggup menjadi mitra, secara bersama mewujudkannya. Apalagi PKS punya representasi kokoh di DPRD Kota Pekanbaru, tingkat provinsi hingga DPR-RI. Tapi semua kembali berpulang ke Pemko, bagaimana merespon dengan mempersiapkan secara matang aspek administrasi kebijakan, dokumen perencanaan kegiatan dan segala hal yang dapat menarik perhatian pemangku kebijakan di level provinsi dan pusat.
“Ban Depan”

Disamping sinergitas, asa di Hari Jadi perlunya meningkatkan prestasi dan kinerja. Pimpinan dan segenap jajaran Pemko Pekanbaru hendaknya jangan cepat berpuas diri. Capaian Pemko sejauh ini patut diapresiasi, diantaranya terbaik nasional tiga tahun berturut-turut kategori pelayanan publik. Namun PR terkait pelayanan publik mendasar masih banyak butuh tindakan. Data Ombudsman RI Perwakilan Riau, bahwa masih banyak pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik di Pekanbaru. Paling mengemuka seputar layanan publik pendidikan, administrasi dan kependudukan, sertifikat hak milik tanah termasuk penanganan sampah yang sempat jadi topik media nasional dan banjir. Keluhan tadi bukan aib. Apalagi Pekanbaru secara Indeks Pembangunan Manusia (IPM) termasuk tinggi se-nasional bahkan tahun lalu lebih baik dari Jakarta. Melalui IPM tergambar tingkat pendidikan lebih baik, yang konsekuensinya warga lebih kritis dan menuntut kehidupan lebih baik pula.

Tingginya tuntutan warga adalah motivasi bagi Pemko mencapai prestasi lebih hebat lagi. Kuncinya manajerial. Dimulai penempatan SDM prima dan berkompeten. Menghadapi warga perkotaan butuh SDM handal. Patut disayangkan beberapa waktu lalu sempat ribut perihal penunjukan pejabat dan abdi masyarakat sebab masalah jenjang pendidikan yang tak sesuai aturan hingga wanprestasi tapi tetap dipertahankan. Hal semacam itu tak pantas lagi terjadi di kota yang identik istilah modern. Terlebih Pekanbaru dengan slogan madani, menurut kamus bermakna nilai, norma, hukum/pemerintahan ditopang oleh penguasaan iman, ilmu dan teknologi yang berperadaban. Langkah Pemko MoU dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) dalam rangka peningkatan kemampuan ASN di Pemko Pekanbaru dianggap sudah tepat. Sekarang tinggal SDM berkompeten dan berprestasi dihargai jenjang karirnya berikut reward.

Upaya-upaya yang dipaparkan adalah bagian dari ikhtiar. Bukan saja demi eksistensi Pekanbaru namun lebih kepada agar status ibukota yang diemban dapat dirasakan secara luas. Sebagaimana seorang ibu mengayomi anak-anaknya, begitupula hendaknya peran ibukota bagi Kabupaten/Kota di Riau. Untuk menuju ke sana mau tak mau mindset dan mentalitas harus dirubah. Mengelola ibukota mesti punya mindset “ban depan”, analogi yang dipakai Dahlan Iskan saat memimpin di PLN dengan motto “Jadilah ban depan jangan mau jadi ban belakang, nanti cepat gundul. Karena terus mikir bagaimana cara bisa mengejar ban depan”.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota DPRD Provinsi Riau Daerah Pemilihan Kota Pekanbaru)
Editor : Ali Azumar
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Kamis, 05 Agustus 2021 17:12 WIB
Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran
Rabu, 09 Juni 2021 09:00 WIB
Agar Peluang tak Hilang
Rabu, 07 Juli 2021 11:24 WIB
UMKM Kuat Ekonomi Hebat
Selasa, 13 Juli 2021 11:04 WIB
Koperasi Dan Pemulihan Ekonomi
Jum'at, 23 April 2021 08:02 WIB
Sumber Daya Alam Dan Kesenjangan Ekonomi
Kamis, 17 Juni 2021 08:04 WIB
Pajak Dari Rakyat Untuk Rakyat
Selasa, 18 Mei 2021 09:14 WIB
Pembangunan Berkeadilan Bagi Riau
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Minggu, 28 Maret 2021 20:33 WIB
Sumber Daya Alam Terjaga, Riau Berjaya
Kamis, 13 Mei 2021 06:00 WIB
Fitrah, Berbagi dan Kekuatan Sosial
Minggu, 02 Mei 2021 11:11 WIB
Buruh Aset Bangsa
Minggu, 21 Maret 2021 21:20 WIB
Menjaga Optimisme Melalui Kebijakan
Jum'at, 02 April 2021 20:54 WIB
Asa Keberkahan di HUT BRK
Kamis, 01 Juli 2021 07:07 WIB
Riau dan Mimpi Asia Tenggara
Rabu, 24 Februari 2021 14:30 WIB
Alarm Meningkatnya Angka Kemiskinan
Senin, 05 Juli 2021 16:35 WIB
Manajemen Kolaboratif
Rabu, 04 Agustus 2021 16:10 WIB
Pesan Lingkungan untuk Calon Kepala Desa
Senin, 15 Maret 2021 07:19 WIB
Pangan Aman, Ekonomi Mapan
Selasa, 01 Juni 2021 22:25 WIB
Pancasila Butuh Bukti
Jum'at, 04 Desember 2020 10:39 WIB
COVID-19 dan Pentahelix
Minggu, 11 April 2021 21:00 WIB
Modal Sosial Adalah Aset Berharga
Sabtu, 19 Desember 2020 07:01 WIB
Bela Negara Untuk Ekonomi Yang Berdaulat
Rabu, 04 November 2020 10:26 WIB
Misi Riau Bangkitkan Pariwisata Dan UMKM
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Senin, 02 Agustus 2021
MPR: Jika Pemerintah Dapat Bantu Kebutuhan Dasar Masyarakat Silahkan PPKM Level 4 Diperpanjang
Sabtu, 31 Juli 2021
MPR Desak Mensos Tindak Lanjuti Temuan Data Ganda Penerima Bansos
Kamis, 22 Juli 2021
MPR Desak Vaksin Dosis Ketiga untuk Nakes Dilakukan Secepatnya
Rabu, 14 Juli 2021
Darurat Covid-19, Pemerintah Telah Tetapkan PPKM Darurat MPR Minta Semua Harus Berdoa

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 05 Agustus 2021
Bupati Siak Bawa Hand Tracktor di Acara Sunat Massal, Ada Apa?
Kamis, 05 Agustus 2021
Siak Bakal Ikut Pekan Budaya Nasional November Mendatang
Kamis, 05 Agustus 2021
Among Bantah Tudingan RSW Terkait Isu Monopoli dan Penggelapan Pajak
Kamis, 05 Agustus 2021
Warga Terkonfirmasi Positif Covid-19, Polsek Ukui Lakukan 3T

Serantau lainnya ...
Rabu, 21 Juli 2021
Anak Didik AMS Juarai Pemilihan Bujang Dara Pekanbaru 2021
Selasa, 13 Juli 2021
Famys Hijab, Pilihan Tepat untuk Tampil Cantik Saat Idul Adha
Jumat, 09 Juli 2021
Berkembang Pesat, Irvan Asmara Sukses Dirikan AMS Modelling School
Kamis, 08 Juli 2021
DRV Beauty Store Jadi Ikon Kosmetik di Sungai Penuh, Produknya Lengkap dan Original

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas

Advertorial lainnya ...
Jumat, 16 Juli 2021
Benarkah Dunia Butuh Dosis Ketiga Vaksin Covid-19?
Jumat, 02 Juli 2021
Heboh Bill Gates dan Istrinya Sebenarnya sudah Meninggal Tahun 2013 Lalu
Minggu, 09 Mei 2021
5 Smartphone Terbaru dari Oppo Tahun 2021
Senin, 03 Mei 2021
Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku Kurang dari 2 Pekan Lagi

Tekno dan Sains lainnya ...
Jumat, 16 Juli 2021
Ayah Bunda, Ini 7 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Bermakna Lembut
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic
Rabu, 05 Mei 2021
Kurang Minum Air Putih saat Berbuka Bisa Bikin Berat Badan Melonjak
Selasa, 13 April 2021
Tips Sehat saat Puasa: Olahraga Ringan dan Penuhi Nutrisi

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 02 Agustus 2021
PCR Gandeng APSB Malaysia Kembangkan Aplikasi Pembelajaran Gramatikal Bahasa Arab
Selasa, 27 Juli 2021
Tingkatkan Inovasi Teknologi Terapan Bidang MKG, PCR dan BMKG Jalin Kerja Sama
Selasa, 27 Juli 2021
Tim Kukerta Balek Kampung Unri Sialang Sakti Berikan Spanduk dan Logo
Selasa, 27 Juli 2021
Kukerta Unri Desa Ujung Batu Timur Serahkan 1.000 Batang Bibit Tanaman Buah kepada Masyarakat

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

Permata
Terpopuler
PCR 3 Agustus 2021
Foto
Unilak 1 Juni 2021
Pelantikan Bupati Siak - Pemkab Siak
Jumat, 16 Juli 2021
Jedar Ungkap Pernah Dekat dengan Pria Ternyata Gay, Terbongkar Gara-gara...
Jumat, 02 Juli 2021
Dalang Kondang Ki Manteb Sudharsono Berpulang ke Rahmatullah
Kamis, 01 Juli 2021
Peramal Mbak You Meninggal Dunia
Kamis, 29 April 2021
7 Artis Indonesia dengan Bayaran Selangit

Selebriti lainnya ...
Bhayangkara 2021 CAKAPLAH
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
UIR 2021
Selasa, 27 Juli 2021
Sabah Ahmedi, Imam Termuda Inggris Lawan Stereotip Lewat Medsos
Jumat, 16 Juli 2021
Jangan Sampai Salah Beli, Berikut Syarat Hewan Kurban
Jumat, 02 Juli 2021
Meninggal Dunia Akibat Covid-19 Seperti Apa yang Bisa Disebut Syahid?
Senin, 14 Juni 2021
Santri Rumah Qur'an Hajjah Rohana Tak Hanya Fokus Tahfiz Tapi Juga Belajar Pokok Keislaman

Religi lainnya ...
Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRD
Indeks Berita
Idul Fitri 1442 BRKWaisak 26 Mei 2021 - APRILPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021
www www