Jumat, 06 Agustus 2021

Breaking News

  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen   ●   
  • Gubri: Zona Merah dan Oranye Dilarang Salat Idul Adha di Masjid   ●   
  • Ditanya Perkembangan Perkara Suap Annas Maamun di RAPBD Riau Tahun 2014-2015, KPK Bungkam   ●   
  • WNA Masuk Indonesia, PKS: Jangan Sampai Publik Mengira PPKM Darurat Hanya Lip Service!   ●   
  • Israel Tawarkan Vaksin yang Nyaris Kedaluwarsa ke Negara Lain   ●   
  • Singkirkan Spanyol Lewat Adu Penalti, Italia Lolos ke Final   ●   
  • Sindikat Vaksin Covid Palsu Ditangkap setelah Suntikkan Air Garam ke 2.000 Warga
Yamaha 3 Agustus 2021

Siak Jadi Role Model Manajemen Heritage di Asia Tenggara
Jum'at, 25 Juni 2021 20:28 WIB
Siak Jadi Role Model Manajemen Heritage di Asia Tenggara

SIAK (CAKAPLAH) - Kabupaten Siak ditunjuk sebagai role model atau percontohan untuk pengembangan managemen haritage clinic program oleh Southeast Asian Cultural Heritage Alliance (SEACHA) atau aliansi kota pusaka Asia Tenggara, bekerjasama dengan Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI).

Dipilihnya Siak karena dianggap sebagai kabupaten paling proaktif dalam melestarikan cagar budaya di Asia Tenggara.

Ketua Komunitas Heritage Hero, Cindy Shandoval saat menerangkan, sebenarnya ada 2 kota yang ditunjuk menjalankan program klinik ini di Asia Tenggara, Siak di Indonesia dan Kota Phrae di Thailand. Siak dan Phrae dianggap sudah berhasil dalam melaksanakan manajemen haritagenya.

"Kita setiap bulan dicoaching dengan berbagai program untuk melakukan manajemen heritage. Dalam perjalanannya, kota Phrae mundur dan kita terus berkolaborasi dengan pemerintah," kata Cindy, arkeolog lulusan UGM tersebut, Kamis (24/6/2021).

Kolaborasi pemerintah dengan komunitas ini menghasilkan banyak produk serta mampu menyelesaikan banyak hal hingga tahap ini. Itu menjadi dasar Siak sebagai kabupaten percontohan. Prof Johanes Widodo, Architectural and Urban Heritage (Associate Proffesor in National Unviersity of Singapore) menyebut, kota yang berhasil membuat manajemen heritage di ASEAN barulah Siak.

"Beliau mengatakan nanti akan banyak orang yang bisa belajar ke Siak," sebut Cindy.

Saat ini komunitas Heritage Hero yang diisi oleh para anak muda kreatif dan akademisi berkolaborasi dengan Pemkab Siak sedang melakukan cultural mapping.

Keberhasilannya dalam manajemen heritage berkat dukungan pemerintah kabupaten Siak memberi ruang seluas-luasnya untuk melakukan kegiatan pelestarian.

"Dalam proses ini yang paling utama untuk manajemen heritage itu adalah masyarakatnya, dari Siak untuk Siak. Jadi kegiatan yang sudah kita lakukan untuk itu setidaknya ada 3 yakni offline, online dan kegiatan bersama tim," beber Cindy.

Pada 28 Maret 2021 lalu, ia menggelar heritage fun ride. Kegiatan offline tersebut merupakan pengenalan kota terhadap masyarakat, pengenalan cagar budaya dengan cara lebih mudah, yakni bersepeda.

"Pada masa pandemi ini masyarakat di Kota Siak banyak bersepeda. Kami memanfaatkan masa pandemi ini untuk kegiatan bersepeda sambil mengenalkan cagar budaya kepada masyarakat. Kami tidak mengenalkan dengan cara berat tetapi dengan cara fun, bersepeda, mengadakan kuis dan lain-lain," kata dia.

Setelah bersepeda, peserta mengetahui lokasi daerah cagar budaya. Kemudian ia melaksakanan game seru seperti membuat peta buta dengan titik 0 istana Siak.

Mendukung kegiatan ini, Komunitas Heritage Hero melahirkan tagline: overyone can be a hero. Tagline ini dikampanyekan secara masif untuk mendapatkan dukungan luas dari masyarakat agar semua orang bergerak melakukan kegiatan pelestarian.

"Setiap orang bisa jadi pahlawan untuk kotanya sendiri, sekecil apapun yang dilakukan untuk melestarikan dan mengenali kotanya, untuk kota ini kamu adalah pahlawannya," kata Cindy.

Pada kegiatan bersepeda itu, Komunitas Heritage Hero berhasil mengumpulkan 142 orang yang mulai peduli dengan cagar budaya di kota Siak.

Komunitas ini menyadari, pada masa pandemi Covid-19 ini wisatawan tidak datang ke Siak. Karena itu mereka membuat kegiatan City Tour atau jelajah virtual. Ternyata diikuti oleh 112 orang se-Indonesia. Pada kegiatan ini mereka kolaborasi dengan komunitas sketsa se-Indonesia.

"Peserta ini mengsketsa apa yang dilihatnya selama virtual berlangsung dan kita kasih hadiah untuk sketsa terbaik. Ini pesertanya ada dari Balikpapan, Bandung dan lain-lain," kata dia.

Komunitas Heritage Hero ini juga sedang membuat cultural mapping, memetakan potensi budaya yang ada di Siak. Hal ini berangkat dari keyakinannya, heritage tersebut bukan hanya bangunan, tetapi seluruh aspek kehidupan masyarakat. Cultural mapping ini dilaksanakan secara kolaborasi dengan Dinas PU Tarukim Siak.

"Cultural mapping ini kita membuat big data. Kita memanfaatkan aplikasi My Map, kita saat ini memetakan sekitar 111 data budaya. Ada di sana aktifitas budaya, bangunan bersejarah yang pernah ada sebelumnya namun saat ini sudah tidak ada karena dinamika pembangunan, yang penting ada narasi tentang hal itu," kata dia.

Data ini disimpan secara digital sehingga tidak akan hilang. Cultural mapping ini membangkitkan memori kolektif masyarakat Siak, sehingga masyarakat merasakan kembali masa lalu kota ini yang dekat dengan dirinya.

"Kita petakan juga heritage environment, ternyata di Siak ada pohon durian yang puluhan tahun bahkan ratusan tahun usianya. Selain itu ada juga ruang terbuka hijau dan lain sebagainya. Memang belum seluruhnya terpetakan, tetapi inilah yang harus kita lakukan terus menerus," kata dia.

Cindy menambahkan, dalam kegiatan cultural mapping pihaknya tidak hanya memetakan tetapi juga membangun narasi dari setiap yang telah dipetakan. Kegiatan membangun narasi tersebut akan dimulainya Juli 2021, dengan melakukan penelitian dan survey, serta wawancara.

"Wawancara ini kita lakukan dengan berbagai latar belakang nara sumber baik umur, pekerjaan, suku dan agama, sehingga kita dapatkan dinamika bagaimana masyarakat tersebut memandang arti penting kotanya sendiri," urai Cindy.

Diketahui, SEACHA adalah jaringan organisasi masyarakat sipil Asia Tenggara yang bergerak di bidang konservasi warisan budaya. Jaringan ini berusaha untuk mempromosikan kemitraan pemerintah dan masyarakat dalam pengelolaan warisan budaya secara efektif.

Sekretaris Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) kabupaten Siak Irham Temas menyupport komunitas Heritage Hero tersebut. Menurutnya, kolaborasi komunitas dengan pemerintah adalah fundamental untuk menjadikan kota ini sebagai role model heritage city.

"Tentu saja kami mempunyai komitmen yang tinggi mendukung Siak menjadi percontohan di Asia Tenggara terkait manajemen heritage dalam program SEACHA dan BPPI ini," kata dia.

Kepala Dinas PU Tarukim Siak Ir H Irving Kahar Arifin M Eng mengatakan, SEACHA dan BPPI menginisiasi program ini karena masa pandemi Covid-19 ini membuat orang tidak berwisata kemana-mana.

SEACHA bersama BPPI membuat program manajemen klinik yang mengambil sampel di kota-kota di Asia Tenggara. Kemudian dilaksanakan sistem rangking maka terpilihlah Siak.

"Sebab Siak dianggap berhasil dan proaktif dalam melestarikan bangunan cagar budaya, seperti sudah merevitalisasi bangunan cagar budaya dari sumber dana APBD, APBN dan CSR. Pemkab Siak berani melaksanakan program yang non populis ini karena memang ingin melestarikan cagar budaya," kata dia.

Menurut Irving, alasan tersebut membuat BPPI memilih Siak sebagai salah satu pilot project pada program SEACHA ini. Paling utama yang diharapkan adalah cagar budaya ini harus punya komunitas yang cinta haritage.

"Kebetulan komunitas Heritage Hero yang ada di Siak yang punya konsentrasi di sana, baik secara keberminatan maupun secara disiplin ilmu personelnya," kata dia.

Menurut Irving, pariwisata ini adalah industri hilir yang akan berkembang terus. Persoalan ini juga menjadi konsentrasi presiden Jokowi untuk membangkitkan ekonomi masyarakat Indonesia. Sementara Siak mempunyai aspek sejarah yang bisa dikembangkan untuk industri wisata tersebut.

"Kita melihat di negara maju seperti Paris, Roma dan lain-lain yang maju sektor wisatanya karena yang mereka unggulkan adalah sejarah. Ini membuat kita tertarik dan kenapa tidak untuk melakukannya juga di Siak," kata dia.

Ia membeberkan, upaya yang dilakukan bersama komunitas Heritage Hero ini untuk mengangkat nama baik Siak dan membangkitkan kejayaan Siak seoptimal mungkin. Ini berawal dari kegiatan-kegiatan yang membuat masyarakat mencintai kotanya sendiri.

"Tentu dengan cara mengenalkan kota ini kepada masyarakatnya, baik dari aspek budayanya atau sejarahnya," kata Irving.

Sementara itu, Bupati Siak Alfedri mengapresiasi program SEACHA bersama BPPI yang telah memilih Siak sebagai role model untuk manajemen heritage.

Apalagi yang diangkat adalah heritage city yang dilihat bukan hanya dari sisi fisik tetapi juga dari semua aspek kehidupan masyarakat.

"Semua itu untuk kita kembangkan dan manfaatkan demi pelestarian budaya Melayu. Hilirisasinya dari program heritage ini adalah mendorong pariwisata yang dapat menyejahterakan masyarakat," kata Alfedri.

Menurut Alfedri, program SEACHA dan BPPI sangat membantu di sisi promosi wisata Siak. Selain itu, program ini juga sesuai dengan visi misi Pemkab Siak untuk 5 tahun mendatang.

"Kami berkomitmen untuk bekerjasama dengan baik dengan komunitas, TACB, BPPI dan SEACHA," kata dia.

Penulis : Wahyu
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Pemerintahan, Kabupaten Siak
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Senin, 02 Agustus 2021
MPR: Jika Pemerintah Dapat Bantu Kebutuhan Dasar Masyarakat Silahkan PPKM Level 4 Diperpanjang
Sabtu, 31 Juli 2021
MPR Desak Mensos Tindak Lanjuti Temuan Data Ganda Penerima Bansos
Kamis, 22 Juli 2021
MPR Desak Vaksin Dosis Ketiga untuk Nakes Dilakukan Secepatnya
Rabu, 14 Juli 2021
Darurat Covid-19, Pemerintah Telah Tetapkan PPKM Darurat MPR Minta Semua Harus Berdoa

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 05 Agustus 2021
Bupati Siak Bawa Hand Tracktor di Acara Sunat Massal, Ada Apa?
Kamis, 05 Agustus 2021
Siak Bakal Ikut Pekan Budaya Nasional November Mendatang
Kamis, 05 Agustus 2021
Among Bantah Tudingan RSW Terkait Isu Monopoli dan Penggelapan Pajak
Kamis, 05 Agustus 2021
Warga Terkonfirmasi Positif Covid-19, Polsek Ukui Lakukan 3T

Serantau lainnya ...
Rabu, 21 Juli 2021
Anak Didik AMS Juarai Pemilihan Bujang Dara Pekanbaru 2021
Selasa, 13 Juli 2021
Famys Hijab, Pilihan Tepat untuk Tampil Cantik Saat Idul Adha
Jumat, 09 Juli 2021
Berkembang Pesat, Irvan Asmara Sukses Dirikan AMS Modelling School
Kamis, 08 Juli 2021
DRV Beauty Store Jadi Ikon Kosmetik di Sungai Penuh, Produknya Lengkap dan Original

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas

Advertorial lainnya ...
Jumat, 16 Juli 2021
Benarkah Dunia Butuh Dosis Ketiga Vaksin Covid-19?
Jumat, 02 Juli 2021
Heboh Bill Gates dan Istrinya Sebenarnya sudah Meninggal Tahun 2013 Lalu
Minggu, 09 Mei 2021
5 Smartphone Terbaru dari Oppo Tahun 2021
Senin, 03 Mei 2021
Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku Kurang dari 2 Pekan Lagi

Tekno dan Sains lainnya ...
Jumat, 16 Juli 2021
Ayah Bunda, Ini 7 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Bermakna Lembut
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic
Rabu, 05 Mei 2021
Kurang Minum Air Putih saat Berbuka Bisa Bikin Berat Badan Melonjak
Selasa, 13 April 2021
Tips Sehat saat Puasa: Olahraga Ringan dan Penuhi Nutrisi

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 02 Agustus 2021
PCR Gandeng APSB Malaysia Kembangkan Aplikasi Pembelajaran Gramatikal Bahasa Arab
Selasa, 27 Juli 2021
Tingkatkan Inovasi Teknologi Terapan Bidang MKG, PCR dan BMKG Jalin Kerja Sama
Selasa, 27 Juli 2021
Tim Kukerta Balek Kampung Unri Sialang Sakti Berikan Spanduk dan Logo
Selasa, 27 Juli 2021
Kukerta Unri Desa Ujung Batu Timur Serahkan 1.000 Batang Bibit Tanaman Buah kepada Masyarakat

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

Permata
Terpopuler
PCR 3 Agustus 2021
Foto
Unilak 1 Juni 2021
Pelantikan Bupati Siak - Pemkab Siak
Jumat, 16 Juli 2021
Jedar Ungkap Pernah Dekat dengan Pria Ternyata Gay, Terbongkar Gara-gara...
Jumat, 02 Juli 2021
Dalang Kondang Ki Manteb Sudharsono Berpulang ke Rahmatullah
Kamis, 01 Juli 2021
Peramal Mbak You Meninggal Dunia
Kamis, 29 April 2021
7 Artis Indonesia dengan Bayaran Selangit

Selebriti lainnya ...
Bhayangkara 2021 CAKAPLAH
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
UIR 2021
Selasa, 27 Juli 2021
Sabah Ahmedi, Imam Termuda Inggris Lawan Stereotip Lewat Medsos
Jumat, 16 Juli 2021
Jangan Sampai Salah Beli, Berikut Syarat Hewan Kurban
Jumat, 02 Juli 2021
Meninggal Dunia Akibat Covid-19 Seperti Apa yang Bisa Disebut Syahid?
Senin, 14 Juni 2021
Santri Rumah Qur'an Hajjah Rohana Tak Hanya Fokus Tahfiz Tapi Juga Belajar Pokok Keislaman

Religi lainnya ...
Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRD
Indeks Berita
Idul Fitri 1442 BRKWaisak 26 Mei 2021 - APRILPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021
www www