Sabtu, 24 Juli 2021

Breaking News

  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen   ●   
  • Gubri: Zona Merah dan Oranye Dilarang Salat Idul Adha di Masjid   ●   
  • Ditanya Perkembangan Perkara Suap Annas Maamun di RAPBD Riau Tahun 2014-2015, KPK Bungkam   ●   
  • WNA Masuk Indonesia, PKS: Jangan Sampai Publik Mengira PPKM Darurat Hanya Lip Service!   ●   
  • Israel Tawarkan Vaksin yang Nyaris Kedaluwarsa ke Negara Lain   ●   
  • Singkirkan Spanyol Lewat Adu Penalti, Italia Lolos ke Final   ●   
  • Sindikat Vaksin Covid Palsu Ditangkap setelah Suntikkan Air Garam ke 2.000 Warga
Yamaha 17 Juli 2021

Idul Adha Dan Momentum Kepahlawanan Sosial
Senin, 19 Juli 2021 19:28 WIB
Idul Adha Dan Momentum Kepahlawanan Sosial
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM

Sosok manusia yang dikenang dan terukir dalam sejarah adalah mereka yang berani berkorban. Harta bahkan jiwa dan raga. Baik itu yang bersuara membela kebenaran, menentang tirani dan kezaliman termasuk melakukan upaya membawa aura dan efek positif bagi lingkungan sekitar. Begitujuga momen Idul Adha yang diperingati kaum muslim seluruh dunia, tersebutlah kisah nabi Ibrahim As dan anaknya Ismail As. Pengorbanan yang mereka contohkan pondasi bagi peradaban manusia. Mengajarkan bahwa ketakwaan, kepedulian dan segala istilah kebaikan butuh komitmen dan aksi bukan lip service dan janji. Buah ketakwaan nabi Ibrahim As dan Ismail As, atas seizin Allah SWT, di tanah yang gersang bisa berkembang kota makmur penuh keberkahan.

Idul Adha bukan sekedar perkara menyembelih hewan kurban. Jika dikaji mendalam banyak pesan moral plus motivasi bagi kita untuk menggapai derajat tertinggi bahkan melebihi malaikat. Manusia yang memilih jalan dan amal kebaikan dengan kehendak bebas yang diberikan Tuhan jelas lebih istimewa. Karena di saat kita beramal baik pasti diserang berbagai bisikan keraguan, ejekan dan hinaan dari segala penjuru mata angin yang melemahkan dan mengurungkan niat baik semula. Ketika kita menempuh jalan menuju Allah SWT dan mengorbankan yang dimiliki dan paling dicintai, di saat sama kita sudah menaklukkan hawa nafsu, egois dan segala aspek yang merendahkan. Secara harfiah, kita dididik untuk sadar bahwa kitalah yang memegang kendali atas harta, tahta dan benda, bukan sebaliknya.

Istimewa dalam Suasana Prihatin

Tahun ini, umat Islam masih menggelar Idul Adha dengan cara berbeda. Suasana istimewa dan rasa prihatin. Istimewa dikarenakan ritual Idul Adha itu sendiri. Adapun prihatin diakibatkan pandemi di Indonesia belum sepenuhnya terkendali. Akan tetapi pandemi membuka mata manusia, bahwa ada lebih berkuasa atas kehidupannya. Dalam artikel di Financial Times, seorang penulis terkemuka Hanry Mance memaparkan bahwa pandemi telah memicu munculnya “pencarian Illahiyah” oleh masyarakat di banyak negara terutama negara maju. Tulisan tadi diperkuat hasil studi Pew Research Center, dimana mayoritas masyarakat Amerika Serikat mengaku lebih rajin berdo’a meminta Tuhan mengakhiri wabah. Fenomena sama juga terjadi di Indonesia.

Kesadaran beragama bukan semata giatnya menjalani ritual. Ketakwaan jalan kembali ke fitrah yang pada akhirnya memunculkan kesadaran perlunya menjalin hubungan baik ke mahluk lain. Relevansi ketakwaan dan meningkatnya kepedulian sosial dapat dibuktikan. Hasil survei lembaga internasional menempatkan Indonesia di peringkat teratas negara paling dermawan. Disamping antusiasme berderma dan berjiwa sosial tinggi ternyata Indonesia juga berada di peringkat teratas negara paling religius. Mengutip hasil survei Pew Research Center melaporkan 96 persen responden mengganggap keimanan kunci moralitas seseorang dan 98 persen menganggap agama penting dalam kehidupan. Selama pandemi banyak kisah tersaji di media sosial dan pemberitaan perihal meningkatnya kepedulian antar sesama warga; yang mampu membantu yang lemah; Meningkatnya kepedulian membela kepentingan kelompok termarjinal; Keberanian menyuarakan ketimpangan dan kritik terhadap kebijakan Pemerintah dalam penanganan pandemi dan lain-lain.

Kepahlawanan Sosial 

Ketakwaan dan kepedulian terhadap sesama inilah esensi yang bisa dipetik dari momen Idul Adha. Kisah nabi Ibrahim As dan nabi Ismail As insipirasi bagi peradaban. Syariat kurban mengandung makna hubungan dengan Allah SWT tak bisa dipisahkan dengan kepedulian terhadap sesama. Keduanya satu kesatuan tak terpisahkan. Aspek religius haruslah melahirkan altruisme dan humanisme. Kekuatan inilah yang menjaga bangsa Indonesia sejak perjuangan kemerdekaan hingga kini. Pandemi hanyalah satu dari sekian tantangan yang sebelumnya telah berlalu ujian lebih berat bagi bangsa Indonesia. Meski rasa frustasi, kebimbangan dan beban menghantui pikiran dan jasad setiap insan, selagi ketakwaan dan kepahlawan sosial terus bersemi dalam diri yakinlah kita mampu melewatinya. Spirit sama yang memotivasi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menaja program tebar 1.000.000 paket kurban ke pelosok negeri di Idul Adha tahun ini. Mengingat program pangan sangat penting. Selain menjaga pola hidup sehat, masyarakat butuh kecukupan nutrisi.

Jadi, aksi adalah penentu saat ini. Sayangnya, menguatnya kepekaan sosial di tengah masyarakat justru direspon dengan pendekatan kurang tepat oleh pemangku kekuasaan. Contoh saja kegemaran pejabat dan instansi menyematkan istilah gotong-royong dalam berbagai program Pemerintah. Bukan mengundang empati, cara tadi justru terkesan mengeksploitasi kebaikan warga. Semestinya kesadaran sosial masyarakat biarkan saja mengalir apa adanya, adapun Negara urus saja lingkup tanggungjawabnya semaksimal mungkin. Apalagi ironi justru terjadi di masa kritis. Bukannya berkorban kebijakan anggaran demi rakyat, Pemerintah malah hitung-hitungan. Lihat saja program vaksinasi, semula malah diperbolehkan untuk dijual dengan embel-embel gotong-royong. Meski keputusan akhirnya dibatalkan setelah mengundang cibiran dan kritikan, kebijakan tadi kadung menuai persepsi buruk. Diperparah dengan pernyataan pejabat negara bahwa vaksinasi gotong-royong demi mengurangi beban negara. Padahal di saat sama Pemerintah belum optimal menjaga masyarakat bebas dari rasa khawatir atas kehidupan selama upaya pencegahan penularan seperti pembatasan sosial. Begitupula jaminan terhadap profesi dan mata pencaharian yang terdampak pandemi berikut terhadap pejuang garda terdepan seperti tenaga kesehatan yang untuk hak mendasar seperti insentif saja penyalurannya tak lancar. Wajar bila warga mengharapkan pemangku kekuasaan memberi contoh pengorbanan di waktu krisis seperti sekarang. Belajar dari peristiwa Idul Adha, nabi Ibrahim AS sebagai sosok pemimpin dan anaknya nabi Ismail AS memberi contoh langsung pengorbanan dimaksud. Bukan sekedar jargon. Berdasarkan itu, Pemerintah mulai pusat dan daerah dituntut lebih mengoptimalkan alokasi dan realisasi anggaran. Bila dianggap perlu, lakukan rasionalisasi belanja dengan menunda proyek yang tak terlalu penting dan menguras anggaran. Dan memastikan alokasi untuk memenuhi kebutuhan warga berupa pangan, kesehatan dan pemulihan ekonomi agar mereka dapat bertahan. 

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali Azumar
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Rabu, 07 Juli 2021 11:24 WIB
UMKM Kuat Ekonomi Hebat
Selasa, 13 Juli 2021 11:04 WIB
Koperasi Dan Pemulihan Ekonomi
Rabu, 09 Juni 2021 09:00 WIB
Agar Peluang tak Hilang
Kamis, 17 Juni 2021 08:04 WIB
Pajak Dari Rakyat Untuk Rakyat
Jum'at, 23 April 2021 08:02 WIB
Sumber Daya Alam Dan Kesenjangan Ekonomi
Selasa, 18 Mei 2021 09:14 WIB
Pembangunan Berkeadilan Bagi Riau
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Minggu, 02 Mei 2021 11:11 WIB
Buruh Aset Bangsa
Kamis, 13 Mei 2021 06:00 WIB
Fitrah, Berbagi dan Kekuatan Sosial
Minggu, 28 Maret 2021 20:33 WIB
Sumber Daya Alam Terjaga, Riau Berjaya
Minggu, 21 Maret 2021 21:20 WIB
Menjaga Optimisme Melalui Kebijakan
Jum'at, 02 April 2021 20:54 WIB
Asa Keberkahan di HUT BRK
Kamis, 01 Juli 2021 07:07 WIB
Riau dan Mimpi Asia Tenggara
Rabu, 23 Juni 2021 08:22 WIB
Pekanbaru dan Mindset "Ban Depan"
Senin, 05 Juli 2021 16:35 WIB
Manajemen Kolaboratif
Minggu, 07 Maret 2021 06:15 WIB
Transportasi Urat Nadi Ekonomi
Selasa, 01 Juni 2021 22:25 WIB
Pancasila Butuh Bukti
Senin, 15 Maret 2021 07:19 WIB
Pangan Aman, Ekonomi Mapan
Jum'at, 04 Desember 2020 10:39 WIB
COVID-19 dan Pentahelix
Minggu, 11 April 2021 21:00 WIB
Modal Sosial Adalah Aset Berharga
Sabtu, 19 Desember 2020 07:01 WIB
Bela Negara Untuk Ekonomi Yang Berdaulat
Rabu, 04 November 2020 10:26 WIB
Misi Riau Bangkitkan Pariwisata Dan UMKM
Sabtu, 06 Februari 2021 16:44 WIB
Runtuhnya Demokrasi di Myanmar?
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Kamis, 22 Juli 2021
MPR Desak Vaksin Dosis Ketiga untuk Nakes Dilakukan Secepatnya
Rabu, 14 Juli 2021
Darurat Covid-19, Pemerintah Telah Tetapkan PPKM Darurat MPR Minta Semua Harus Berdoa
Senin, 12 Juli 2021
MPR: Koperasi Sebagai Panglima Menjaga Ketahanan Ekonomi Nasional
Jumat, 09 Juli 2021
MPR: Penting untuk Hadirkan Kolaborasi dalam Hadapi Covid-19

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 24 Juli 2021
Patroli Skala Besar, Polres Rohul Salurkan Bantuan untuk Pedagang Kecil
Sabtu, 24 Juli 2021
APHI Lapor ke DLHK Riau Soal Dugaan 500 Ribu Hektare Lahan Konsesi IUPHHK-HTI Berubah Jadi Kebun Sawit Ilegal
Sabtu, 24 Juli 2021
Kwarcab Pramuka Pekanbaru gelar 45 Kegiatan di Seluruh Kwartir Ranting
Sabtu, 24 Juli 2021
Kapolres Pelalawan Cek Stok Alat Swab dan Obat di Sejumlah Puskesmas

Serantau lainnya ...
Rabu, 21 Juli 2021
Anak Didik AMS Juarai Pemilihan Bujang Dara Pekanbaru 2021
Selasa, 13 Juli 2021
Famys Hijab, Pilihan Tepat untuk Tampil Cantik Saat Idul Adha
Jumat, 09 Juli 2021
Berkembang Pesat, Irvan Asmara Sukses Dirikan AMS Modelling School
Kamis, 08 Juli 2021
DRV Beauty Store Jadi Ikon Kosmetik di Sungai Penuh, Produknya Lengkap dan Original

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas

Advertorial lainnya ...
Jumat, 16 Juli 2021
Benarkah Dunia Butuh Dosis Ketiga Vaksin Covid-19?
Jumat, 02 Juli 2021
Heboh Bill Gates dan Istrinya Sebenarnya sudah Meninggal Tahun 2013 Lalu
Minggu, 09 Mei 2021
5 Smartphone Terbaru dari Oppo Tahun 2021
Senin, 03 Mei 2021
Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku Kurang dari 2 Pekan Lagi

Tekno dan Sains lainnya ...
Jumat, 16 Juli 2021
Ayah Bunda, Ini 7 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Bermakna Lembut
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic
Rabu, 05 Mei 2021
Kurang Minum Air Putih saat Berbuka Bisa Bikin Berat Badan Melonjak
Selasa, 13 April 2021
Tips Sehat saat Puasa: Olahraga Ringan dan Penuhi Nutrisi

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 23 Juli 2021
Gelar FGD, Unilak Hadirkan Pakar dari Berbagai Disiplin Ilmu
Jumat, 23 Juli 2021
Dorong Terbentuk Presedium IKA UIN Kabupaten/kota, Abdul Wahid Roadshow ke Daerah
Sabtu, 17 Juli 2021
36 Lulusan STIA-I Diwisuda
Sabtu, 17 Juli 2021
Digembleng Selama Enam Bulan, Shifthink Ingin Ciptakan Para Programer Handal

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

PCR 15 Juli 2021
Terpopuler

02

Kamis, 22 Juli 2021 16:08 WIB
Ditahan Jaksa, Donna Fitria Menangis
Permata
Foto
Unilak 1 Juni 2021
Pelantikan Bupati Siak - Pemkab Siak
Jumat, 16 Juli 2021
Jedar Ungkap Pernah Dekat dengan Pria Ternyata Gay, Terbongkar Gara-gara...
Jumat, 02 Juli 2021
Dalang Kondang Ki Manteb Sudharsono Berpulang ke Rahmatullah
Kamis, 01 Juli 2021
Peramal Mbak You Meninggal Dunia
Kamis, 29 April 2021
7 Artis Indonesia dengan Bayaran Selangit

Selebriti lainnya ...
Bhayangkara 2021 CAKAPLAH
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
UIR 2021
Jumat, 16 Juli 2021
Jangan Sampai Salah Beli, Berikut Syarat Hewan Kurban
Jumat, 02 Juli 2021
Meninggal Dunia Akibat Covid-19 Seperti Apa yang Bisa Disebut Syahid?
Senin, 14 Juni 2021
Santri Rumah Qur'an Hajjah Rohana Tak Hanya Fokus Tahfiz Tapi Juga Belajar Pokok Keislaman
Selasa, 18 Mei 2021
Hukum Menggabung Puasa Qada Ramadan dan Syawal

Religi lainnya ...
Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRD
Indeks Berita
Idul Fitri 1442 BRKWaisak 26 Mei 2021 - APRILPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021
www www