Rabu, 29 September 2021

Breaking News

  • Harga Sawit di Riau Naik Lagi, Tembus Rp2.800 Perkilogram   ●   
  • Kabar Gembira! Saudi Arabia segera Beri Izin Umrah, Jamaah Diminta Manfaatkan Fasilitas Vaksin   ●   
  • DPRD Riau Dukung Sekolah Tatap Muka Dimulai Lagi   ●   
  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen   ●   
  • Gubri: Zona Merah dan Oranye Dilarang Salat Idul Adha di Masjid   ●   
  • Ditanya Perkembangan Perkara Suap Annas Maamun di RAPBD Riau Tahun 2014-2015, KPK Bungkam   ●   
  • WNA Masuk Indonesia, PKS: Jangan Sampai Publik Mengira PPKM Darurat Hanya Lip Service!
Yamaha 28-29 September 2021

Menangis Bacakan Pledoi, Zulkifli AS Minta Hakim Berikan Hukuman Seadil-adilnya
Selasa, 03 Agustus 2021 14:23 WIB
Menangis Bacakan Pledoi, Zulkifli AS Minta Hakim Berikan Hukuman Seadil-adilnya
Suasana persidangan saat Zulkifli AS membacakan pledoinya.

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Mantan Walikota Dumai, Zulkifli AS alias Zulkifli Adnan Singkah (AS), membacakan pembelaan dirinya atas tuduhan melakukan suap pengurusan DAK Kota Dumai dalam APBN-P 2017 dan APBN 2018 serta gratifikasi. Akibat perbuatan itu, Zulkifli AS dituntut 5 tahun penjara

Zulkifli AS dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis (22/7/2021). Selain penjara, JPU juga menghukum Zulkilfli AS membayar denda Rp250 juta atau subsidair kurungan selama 3 bulan.

Zulkifli AS juga dihukum membayar kerugian negara Rp3.848.427.906 atau hukuman kurungan selama 1 tahun. Dari jumlah itu telah disetor terdakwa ke rekening KPK dan telah disita KPK sebanyak Rp250 juta.

Selain itu, JPU juga mencabut hak politik Zulkifli AS untuk dipilih dalam jabatan publik selama 5 tahun. Hukuman ini terhitung sejak selesai menjalankan hukuman pidana.

JPU menyatakan Zulkifli AS secara sah bersalah melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf b Undang-undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Zulkifli AS juga bersalah melanggar Pasal 12B UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Zulkilfi AS di hadapan majelis hakim Pengadilan Tipikor Pekanbaru yang diketuai Lilin Herlina SH MH menyebut sebagai Walikota Dumai 2005 hingga 2010, dirinya sudah banyak membuat program pembangunan. Namun hanya sebagian program terealisasi.

Program itu kembali dilanjutkan ketika dirinya terpilih lagi sebagai Walikota Dumai 2016-2021 dengan prioritas penanganan banjir, pembangunan rumah sakit dan penyelesaian air bersih. "Alhamdulillah program yang saya janjikan terealisasi sebelum saya ditahan KPK," kata Zulkifli AS, Senin (2/8/2021) petang.

Sampai akhirnya, Zulkifli AS dituduh melakukan suap DAK kepada Yaya Purnomo dan Rifa Surya untuk meloloskan DAK Kota Dumai di APBNP 2017 dan APBN 2018. Dia juga didakwa melakukan gratifikasi sebesar Rp3,8 miliar lebih.

Suap diberikan kepada Yaya Purnomo selaku Kepala Seksi Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman pada Direktorat Evaluasi Pengelolaan dan Informasi Keuangan Daerah pada Direktorat Jenderal Perimbangan Kementerian Keuangan RI.

Zulkifli AS juga memberikan uang kepada Rifa Surya selaku Kepala Seksi Perencanaan Dana Alokasi Khusus Fisik II, Subdirektorat Dana Alokasi Khusus Fisik II dan Kepala Seksi Perencanaan Dana Alokasi Khusus Non fisik.

Zulkifli mengakui dirinya memberikan uang kepada Yaya Purnomo sebesar USG 35.000. uang yang berasal dari kantong pribadi Zulkifli AS itu diberikan kepada Yaya dan Rifa di Coffe Luwak Mal Casablanca Jakarta karena dirinya merasa diancam.

"Saya berikan karena ada ancaman dari Yaya maupun Rifa, kalau saya tidak memberikan uang kepada mereka, maka mereka mengancam akan mencoret semua usulan seluruh DAK Dumai. Kota Dumai sangat membutuhkan pembangunan yang dialokasikan di DAK," papar Zulkifli AS yang membacakan pledoi dari Rutan Kelas I Pekanbaru.

Namun terkait pemberian uang dari Marjoko Santoso dan Sa'ari kepada Yaya dan Rifa, diakui Zulkifli semua tanpa sepengetahuan dirinya. Dari dakwaan JPU, uang diberikan bervariasi mulai Rp100 juta, Rp200 juta dan Rp250 juta.

Zulkifli AS menyebutkan pemberian DAK bukan hanya dilakukan untuk Kota Dumai tapi juga daerah lain. Dia menyebutkan Kota Tasikmalaya, Labuhan Batu Utara, Halmahera, Kampar, Karimun, Tabanan dan Seram Bagian Timur.

"Dari lubuk hati, saya rela berkorban apa saja demi Kota Dumai, tapi menurut hukum berlaku, saya memberi uang itu salah. Walau hakikatnya uang itu merupakan uang pribadi saya, dari hasil pendapat saya sendiri dan tidak pernah meminta kepada siapa pun," tutur Zulkifli AS.

Terkait tuduhan gratifikasi, kata Zulkifli AS, dirinya tidak pernah menerima sepersen pun uang yang dituduhkan. "Pada dasarnya semua itu hanyalah pinjam meminjam, dan bukanlah suatu kesalahan. Sebagai umat manusia sudah sepatutnya tolong menolong," kata Zulkifli AS.

Dengan suara menahan tangis, Zulkilfli AS menyatakan dirinya tidak merugikan keuangan negara dan tidak melakukan korupsi. Dia juga sudah menyetorkan uang Rp250 juta ke KPK dan uang itu adalah milik pribadi Zulkifli AS.

"Walau yang yang saya setor adalah uang pribadi, dan bukan hasil korupsi, saya ikhlas mungkin negara ini lebih membutuhkan uang tersebut. Semoga ada manfaatnya buat negara ini," kata Zulkifli AS.

Meski begitu, Zulkifli mempertanyakan tuntutan JPU kepada dirinya. Dia menilai tidak ada keadilan kepada dirinya, dan tuntutan yang diberikan KPK kepada dirinya jauh lebih tinggi daripada kepada daerah lain yang terlibat kasus sama.

Dia mencontohkan Walikota Tasikmalaya, Budi Budiman, yang hanya dituntut 2 tahun penjara, dan denda Rp250 juta subsidair 4 bulan kurungan. Atas tuntutan itu majelis hakim di Pengadilan Tipikor Bandung menjatuhkan vonis 1 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsidair 2 bulan kurungan.

Tuntutan yang sama juga diberikan JPU KPK terhadap Bupati Labuhan Batu Utara, Kharrudin Syah. Majelis hakim Pengadilan Tipikor Medan menjatuhkan hukuman 1 tahun 6 bulan terhadap Kharrudin Syah.

Zulkifi AS memohon kepada majelis hakim untuk memberikan putusan hukum yang seringan-ringannya dan seadil-adilnya. "Majelis hakim merupakan tangan Tuhan di muka bumi. Saya sebagai orang beriman, percaya yang mulia akan memutuskan perkara ini dengan seadil-adilnya," harap Zulkifl AS.

Pada kesempatan itu, Zulkifli AS menyampaikan terima kasih kepada istri dan anak-anaknya. "Teruslah menjalani kehidupan walaupun saat ini tidak bersama dalam menata kehidupan. Teruslah berjuang, berbuat kebaikan, karena niat baik akan ada balasannya," pesan Zulkifli AS.

Sejumlah pengunjung perempuan yang hadir mengikuti persidangan di Pengadilan Tipikor Pekanbaru juga tak kuasa mendengar permintaan maaf dan pesan dari Zulkifli AS. Terdengar suara isak tangis pengunjung.

Selain Zulkifli AS, pembelaan juga dibacakan penasehat hukumnya, Wan Subrantiarti SH MH, Deni Simorangkir SH MH, Azwar Rizki Ali, SH dan Basuki Rahmat SH. Penasehat hukum tidak sepakat dengan JPU yang menuntut kliennya melanggar Pasal 5, Pasal 12 huruf b dan Pasal 11 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi. 

Selanjutnya, penasehat hukum juga meminta majelis hakim mencabut blokir dua rekening Zulkifli AS oleh KPK dan mengembalikan dua SHM tanah yang disita KPK karena tidak ada kaitannya dengan perkara. 

"Memohon kepada majelis hakim memberikan hukuman seringan-ringannya atau jika majelis hakim berpendapat lain agar memberikan hukuman seadil-adilnya," pinta penasehat hukum.

Pledoi terdakwa dan penasehat hukum langsung ditanggapi oleh JPU KPK. "Kami tetap pada surat tuntutan. Terdakwa terbukti melanggar Pasal 5," kata JPU yang mengikuti persidangan di Jakarta.

Penulis : Ck2
Editor : Yusni
Kategori : Hukum, Kota Dumai
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 28 September 2021
Letjen TNI Mar (Purn) Nono Sampono Sebut Indonesia Negara Maritim yang Kekuatan Lautnya Lemah
Senin, 20 September 2021
Wakil Ketua MPR Ingatkan Publik Tak Mengklaim Diri sebagai Kelompok Pancasilais
Senin, 13 September 2021
Kata NasDem Jika Amandemen Terbatas UUD 1945 Dilakukan, Malah Akan Buka Kontak Pandora
Kamis, 19 Agustus 2021
Tak Ingin Partainya dan MKD Dianggap Disfungsi, Junimart Pastikan Tindak Lanjuti Dugaan Pelanggaran Etik Arteria

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 28 September 2021
Bahas SDGs kepada Parlemen Dunia, Puan Tekankan Pentingnya Global Akhiri Pandemi
Selasa, 28 September 2021
Ekonomi Ditargetkan Tumbuh 5,2 Persen di APBN 2022, Banggar DPR dan Pemerintah Sepakati Asumsi Makro
Selasa, 28 September 2021
Pemkab Pelalawan Sampaikan Ranperda APBD-P 2021
Selasa, 28 September 2021
Lakukan MoU dengan Bank Riau Kepri, Bupati Meranti Optimis Perekonomian Masyarakatnya Meningkat

Serantau lainnya ...
Senin, 20 September 2021
Kabar Gembira, Mulai Hari Ini Sudah Bisa Sarapan di Warung Koffie Batavia Lagi
Jumat, 17 September 2021
Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi untuk Masuk Bioskop
Jumat, 10 September 2021
Pemuda Pancasila Turunkan 22 Kadernya untuk Bantu Pemerintah Tangani Covid-19
Selasa, 07 September 2021
Binatang Kesepian di Jerman Pakai Aplikasi Kencan Tinder Temukan Pemilik Baru

Gaya Hidup lainnya ...
Rabu, 04 Agustus 2021
Sebelum Dilantik, ASN di Meranti Harus Mengikuti Psiotes
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional

Advertorial lainnya ...
Selasa, 07 September 2021
Apple Tunda Peluncuran Fitur Perlindungan Anak Gara-gara Ini...
Kamis, 26 Agustus 2021
Mau Investasi Kripto? Ini Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin dan Ethereum yang Perlu Diketahui
Selasa, 17 Agustus 2021
PT CDI Siap Koneksikan Jaringan Internet Seluruh Kecamatan di Pelalawan
Jumat, 16 Juli 2021
Benarkah Dunia Butuh Dosis Ketiga Vaksin Covid-19?

Tekno dan Sains lainnya ...
Minggu, 26 September 2021
Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui, Demi Menjaga Buah Hati dan Kesehatan Keluarga
Kamis, 26 Agustus 2021
Agar Paru-Paru Kuat saat Terserang Covid-19, Rajin Konsumsi 4 Bahan Makanan Ini
Jumat, 16 Juli 2021
Ayah Bunda, Ini 7 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Bermakna Lembut
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 28 September 2021
KKN, Mahasiswa UMRI Gelar Penyuluhan Pertanian untuk Dongkrak Ekonomi Warga di Masa Pandemi
Senin, 27 September 2021
Pastikan Prokes, PCR Sudah Gelar Perkuliahan Tatap Muka Terbatas
Minggu, 26 September 2021
SEF Sukses Gelar Webinar Riset Komunikasi Jilid 2
Jumat, 24 September 2021
Direktur Pascasarjana UIR Yudisium 150 Calon Wisudawan

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

HUT TNI AL 10 September 2021 - DPRD Riau
Terpopuler

01

HUT RI Ke-76 - APRIL
Foto
DPRD 1
DPRD 2
Jumat, 17 September 2021
Rizky Billar Jawab Isu Lesti Kejora Hamil Duluan, Muncul Isu Nikah Siri
Kamis, 26 Agustus 2021
Istri Buka Suara Soal Kabar Epy Kusnandar Pindah Agama
Jumat, 16 Juli 2021
Jedar Ungkap Pernah Dekat dengan Pria Ternyata Gay, Terbongkar Gara-gara...
Jumat, 02 Juli 2021
Dalang Kondang Ki Manteb Sudharsono Berpulang ke Rahmatullah

Selebriti lainnya ...
DPRD 3
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Permata
Kamis, 26 Agustus 2021
Ampuh Sembuhkan Penyakit, Ini Obat yang Dianjurkan Rasulullah
Selasa, 24 Agustus 2021
Rumah Yatim Salurkan Ratusan Paket Alquran dan Kitab ke Berbagai Ponpes di Pekanbaru dan Kampar Riau
Selasa, 27 Juli 2021
Sabah Ahmedi, Imam Termuda Inggris Lawan Stereotip Lewat Medsos
Jumat, 16 Juli 2021
Jangan Sampai Salah Beli, Berikut Syarat Hewan Kurban

Religi lainnya ...
PCR 3 Agustus 2021
Indeks Berita
HUT Riau 9 Agustus 2021 - SitiBhayangkara 2021 CAKAPLAHPelantikan Bupati Siak - Pemkab SiakUIR 2021HUT Pekanbaru ke-237Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRDIdul Fitri 1442 BRKWaisak 26 Mei 2021 - APRILPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021
www www