Selasa, 28 September 2021

Breaking News

  • Harga Sawit di Riau Naik Lagi, Tembus Rp2.800 Perkilogram   ●   
  • Kabar Gembira! Saudi Arabia segera Beri Izin Umrah, Jamaah Diminta Manfaatkan Fasilitas Vaksin   ●   
  • DPRD Riau Dukung Sekolah Tatap Muka Dimulai Lagi   ●   
  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen   ●   
  • Gubri: Zona Merah dan Oranye Dilarang Salat Idul Adha di Masjid   ●   
  • Ditanya Perkembangan Perkara Suap Annas Maamun di RAPBD Riau Tahun 2014-2015, KPK Bungkam   ●   
  • WNA Masuk Indonesia, PKS: Jangan Sampai Publik Mengira PPKM Darurat Hanya Lip Service!
Yamaha 26 September 2021

CAKAP RAKYAT
Mewujudkan Riau Berdaya Saing (Bersempena HUT Riau Ke-64 Tahun)
Senin, 09 Agustus 2021 12:25 WIB
Mewujudkan Riau Berdaya Saing (Bersempena HUT Riau Ke-64 Tahun)
Dr. Biryanto

Hari jadi Provinsi Riau ke-64 tahun yang jatuh pada tanggal 9 Agustus 2021 mengangkat tema “Riau Berdaya Saing”. Pilihan tema tersebut diambil dari Visi Pembangunan Riau 2019-2024 yaitu “Terwujudnya Riau Berdaya Saing, Sejahtera, Bermartabat dan Unggul di Indonesia” atau biasa disingkat menjadi Riau Bersatu. Memedomani Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau Tahun 2019-2024, makna berdaya saing dimaksudkan sebagai kondisi kemampuan daerah yang mapan didukung pertumbuhan ekonomi, infrastrukur, dan sumber daya manusia yang handal dan lingkungan hidup yang lestari.

Membahas persoalan daya saing suatu daerah, sebenarnya dapat dianalisis dari beragam paradigma dan berbagai literatur yang dapat dijadikan bahan diskusi dan rujukan. Secara substansi, daya saing (competitiveness) berkaitan dengan perbandingan keunggulan yang dimiliki dengan meningkatkan nilai tambah (increasing added value) secara terus menerus. Faktor-faktor tersebut selanjutnya diformulasikan dan dikembangkan menjadi dasar pengukuran daya saing suatu daerah. Salah satu pengukuran yang digunakan untuk mengetahui daya saing daerah adalah Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) yang dikeluarkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Melansir laman indeks-inovasi.brin.go.id, IDSD diharapkan dapat memberikan gambaran tentang kondisi dan kemampuan suatu daerah dalam mengoptimalkan seluruh potensinya melalui peningkatan produktivitas, nilai tambah, dan persaingan, baik domestik maupun internasional. Asas yang digunakan pada IDSD adalah kebebasan akademik, partisipatif, keterbukaan, akuntabilitas, manfaat, dan keberlanjutan. Model pengukuran IDSD ini menggunakan empat aspek utama yaitu: lingkungan penguat, sumber daya manusia, pasar, dan ekosistem inovasi. Keempat aspek utama tersebut kemudian dijabarkan menjadi 12 pilar, 23 dimensi, dan 97 indikator.

Berdasarkan hasil pemetaan IDSD pada tahun 2020, Provinsi Riau menempati urutan ke-19 dari seluruh provinsi di Indonesia, dengan indeks 2,2399 (rentang skor: 0 - 5) dengan kategori sedang. IDSD Provinsi Riau tersebut masih berada di bawah Provinsi Papua Barat, dan menduduki peringkat ketiga terbawah dari sepuluh provinsi yang ada di Sumatera. Kondisi ini tentu memprihatinkan, karena Provinsi Riau belum memiliki daya saing sebagaimana yang diharapkan, dan faktanya masih jauh tertinggal dibandingkan daerah lainnya.

Kembali ke tema HUT Provinsi Riau pada tahun ini, maka sangat penting untuk mengevaluasi sejauh mana upaya-upaya yang telah dilakukan untuk mewujudkan Riau berdaya saing. Jangan sampai tema “Riau Berdaya Saing” hanya sekedar menjadi tagline atau slogan yang justru tidak disertai dengan langkah-langkah strategis untuk mewujudkannya. Untuk itu diperlukan upaya-upaya terukur yang mampu memberikan dampak signifikan pada peningkatan daya saing Provinsi Riau, terutama pada sektor-sektor unggulan, dan juga pada sektor-sektor potensial lainnya.

Memerhatikan data IDSD Provinsi Riau tahun 2020, dapat diketahui bahwa dari keempat aspek utama yang diukur, aspek ekosistem inovasi adalah aspek yang memiliki skor paling rendah yaitu 1,1698. Berdasarkan pada data tersebut, maka salah satu strategi prioritas yang perlu segera dilakukan adalah penguatan pada ekosistem inovasi. Upaya penguatan ekosistem inovasi ini tentunya tidak dapat dilakukan oleh pemerintah sendiri, melainkan perlu keterlibatan stakeholders lainnya, diantaranya yaitu perguruan tinggi sebagai produsen inovasi dan dunia usaha yang berperan melakukan komersialisasi inovasi.

Pemerintah sebagai penggerak utama penguatan ekosistem inovasi memiliki peran ganda yaitu sebagai regulator dan fasilitator. Peran pemerintah sebagai regulator adalah dengan menyusun arah kebijakan dan menyediakan peraturan yang mendorong tumbuhnya ekosistem inovasi. Adapun sebagai fasilitator, pemerintah memberikan dukungan dan memfasilitasi berkembangnya ekosistem inovasi. Terkait dengan hal tersebut, maka Pemerintah Provinsi Riau sudah saatnya melakukan terobosan dengan merangkul perguruan tinggi dan dunia usaha untuk bersama-sama membangun ekosistem inovasi Provinsi Riau yang kuat.

Upaya penguatan ekosistem inovasi yang melibatkan berbagai pihak tentunya tidak dapat bersifat insidentil saja, namun merupakan upaya terencana yang benar-benar didesain dan dilaksanakan secara berkelanjutan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membentuk tim teknis penguatan inovasi daerah yang melibatkan perguruan tinggi, dunia usaha, dan pihak terkait lainnya. Agar tim ini bekerja secara optimal dan bukan formalitas saja, maka harus diisi oleh orang-orang yang berkompeten dan profesional di bidangnya, sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

Selanjutnya sebagai wujud keseriusan pemerintah dalam penguatan ekosistem inovasi, maka pemerintah perlu menyediakan alokasi anggaran yang memadai untuk pelaksanaan penelitian dan pengembangan yang berkualitas. Bagaimanapun ketersediaan anggaran merupakan bagian dari kebutuhan riset dan tidak dapat diabaikan bila ingin menghasilkan riset-riset yang unggul dan prioritas. Penelitian yang prioritas dan bermutu tentunya didasarkan pada kebutuhan strategis daerah, berorientasi pada pengayaan inovasi, dan dilaksanakan oleh mereka yang memiliki keahlian sesuai dengan bidang kepakarannya.

Hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan nantinya tidak perlu lagi disebarkan melalui media cetak seperti buku dan dokumen yang memerlukan biaya cetak. Seiring dengan kemajuan teknologi dan perubahan perilaku membaca masyarakat, maka hasil penelitian dapat disebarluaskan secara online. Hasil penelitian tersebut setidaknya harus dipublikasikan melalui jurnal ilmiah terakreditasi, dan didiseminasikan secara terbuka, sehingga dapat diakses dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak yang membutuhkan, khususnya masyarakat dan Pemerintah Provinsi Riau itu sendiri.

Di sisi yang lain, saat ini Pemerintah Provinsi Riau juga telah memiliki fungsional peneliti dan perekayasa yang dapat mengambil peran dalam penguatan ekosistem inovasi secara langsung. Keberadaan kedua fungsional tersebut merupakan salah satu kekuatan dan potensi yang dimiliki oleh Provinsi Riau untuk membangun ekosistem inovasi. Sebagai bagian internal dari pemerintah, maka fungsional peneliti dan perekayasa dapat fokus melakukan riset-riset terapan yang berkaitan dengan permasalahan-permasalahan teknis pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan di Provinsi Riau, sehingga hasilnya nanti dapat diimplementasikan secara langsung oleh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

Upaya strategis lainnya yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Riau adalah mewajibkan setiap organisasi perangkat daerah di lingkungannya untuk melakukan inovasi sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Inovasi itu tidak berarti harus sistem, namun semua hal yang mengandung unsur kebaruan yang berkaitan dengan kemudahan, kecepatan, dan ketepatan dalam pelaksanaan tugas-tugas pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan. Intinya harus berani berpikir kreatif dan tidak takut melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Terlebih di era revolusi industri 4.0 dan digitalisasi saat ini, banyak hal yang dapat dilakukan asalkan ada kemauan dan kesungguhan.

Terakhir, di hari jadi Provinsi Riau ini kita semua berharap bahwa Riau nantinya akan menjadi provinsi yang berdaya saing di Indonesia, dan bahkan di kawasan ASEAN. Asa ini harus terus kita jaga dengan melakukan aksi-aksi nyata dan berkelanjutan. Penguatan daya saing Provinsi Riau tentunya tidak hanya pada aspek ekosistem inovasi saja, tetapi secara linier bersama-sama pula dengan penguatan ketiga aspek lainnya. Seperti kata pepatah “dimana ada kemauan disitu ada jalan”, bila kita serius untuk meningkatkan daya saing Provinsi Riau, maka banyak cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkannya. Selamat Hari jadi Provinsi Riau yang ke-64 tahun, semoga terus berjaya! 

Penulis : Dr. Biryanto (ASN Pemerintah Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Minggu, 19 September 2021 19:24 WIB
Menata Bahasa demi Alam Semesta
Kamis, 23 September 2021 20:46 WIB
Misi Penyelamatan UMKM
Kamis, 16 September 2021 21:10 WIB
Mandiri Mengelola Kekayaan Negeri
Jum'at, 03 September 2021 08:02 WIB
Mendulang Berkah Dari Musibah
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Jum'at, 24 September 2021 19:03 WIB
Baba dan Nyonya di Malaka
Jum'at, 27 Agustus 2021 08:16 WIB
Mengurai “Benang Kusut” Aset Daerah
Jum'at, 04 Desember 2020 10:39 WIB
COVID-19 dan Pentahelix
Rabu, 24 Februari 2021 14:30 WIB
Alarm Meningkatnya Angka Kemiskinan
Sabtu, 19 Desember 2020 07:01 WIB
Bela Negara Untuk Ekonomi Yang Berdaulat
Jum'at, 31 Juli 2020 19:15 WIB
Kurban, Spirit Berkontribusi dan Wakaf
Rabu, 04 November 2020 10:26 WIB
Misi Riau Bangkitkan Pariwisata Dan UMKM
Rabu, 07 Oktober 2020 08:36 WIB
Mencari Berkah Dalam Syariah
Minggu, 19 Juli 2020 16:34 WIB
Ketika Pendapatan Ikut 'Jaga Jarak'
Sabtu, 24 Oktober 2020 08:03 WIB
Perlukah Merivisi RPJMD?
Senin, 10 Agustus 2020 14:23 WIB
Tanggapan Pidato Gubri pada HUT ke-63 Riau
Selasa, 30 Juni 2020 13:15 WIB
Jangan Buru-buru Sahkan Perda RTRW
Sabtu, 19 September 2020 09:10 WIB
Demokrasi Bukanlah “Kursi”
Jum'at, 08 Mei 2020 18:00 WIB
Stempel Miskin
Sabtu, 16 Januari 2021 13:27 WIB
Reses Yang Dianak-tirikan
Minggu, 21 Juni 2020 06:33 WIB
Pancasila Sudah final!
Selasa, 10 November 2020 08:01 WIB
Melestarikan Warisan Pahlawan
Kamis, 28 Mei 2020 13:27 WIB
Setengah New Normal
Kamis, 18 Juni 2020 19:18 WIB
Indonesia Darurat Implementasi Pancasila
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Senin, 20 September 2021
Wakil Ketua MPR Ingatkan Publik Tak Mengklaim Diri sebagai Kelompok Pancasilais
Senin, 13 September 2021
Kata NasDem Jika Amandemen Terbatas UUD 1945 Dilakukan, Malah Akan Buka Kontak Pandora
Kamis, 19 Agustus 2021
Tak Ingin Partainya dan MKD Dianggap Disfungsi, Junimart Pastikan Tindak Lanjuti Dugaan Pelanggaran Etik Arteria
Selasa, 17 Agustus 2021
Ajak Rakyat Merdeka Dari Pandemi, Aboebakar: Selalu Ada yang Berkhianat Seperti Korupsi Bansos

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 27 September 2021
Dihari Libur Hingga Tengah Malam, DPRD Pelalawan Gesa Bahas APBD-P 2021
Senin, 27 September 2021
Giat Penling, Polsek Pangkalan Kuras Ajak Warga Tingkatkan Prokes
Senin, 27 September 2021
Lagi, Tujuh Motif Batik Kuansing Didaftarkan ke Kemenkumham
Senin, 27 September 2021
Personel Polsek Bandar Sei Kijang Semprotkan Disinfektan di Lingkungan Mako

Serantau lainnya ...
Senin, 20 September 2021
Kabar Gembira, Mulai Hari Ini Sudah Bisa Sarapan di Warung Koffie Batavia Lagi
Jumat, 17 September 2021
Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi untuk Masuk Bioskop
Jumat, 10 September 2021
Pemuda Pancasila Turunkan 22 Kadernya untuk Bantu Pemerintah Tangani Covid-19
Selasa, 07 September 2021
Binatang Kesepian di Jerman Pakai Aplikasi Kencan Tinder Temukan Pemilik Baru

Gaya Hidup lainnya ...
Rabu, 04 Agustus 2021
Sebelum Dilantik, ASN di Meranti Harus Mengikuti Psiotes
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional

Advertorial lainnya ...
Selasa, 07 September 2021
Apple Tunda Peluncuran Fitur Perlindungan Anak Gara-gara Ini...
Kamis, 26 Agustus 2021
Mau Investasi Kripto? Ini Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin dan Ethereum yang Perlu Diketahui
Selasa, 17 Agustus 2021
PT CDI Siap Koneksikan Jaringan Internet Seluruh Kecamatan di Pelalawan
Jumat, 16 Juli 2021
Benarkah Dunia Butuh Dosis Ketiga Vaksin Covid-19?

Tekno dan Sains lainnya ...
Minggu, 26 September 2021
Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui, Demi Menjaga Buah Hati dan Kesehatan Keluarga
Kamis, 26 Agustus 2021
Agar Paru-Paru Kuat saat Terserang Covid-19, Rajin Konsumsi 4 Bahan Makanan Ini
Jumat, 16 Juli 2021
Ayah Bunda, Ini 7 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Bermakna Lembut
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 27 September 2021
Pastikan Prokes, PCR Sudah Gelar Perkuliahan Tatap Muka Terbatas
Minggu, 26 September 2021
SEF Sukses Gelar Webinar Riset Komunikasi Jilid 2
Jumat, 24 September 2021
Direktur Pascasarjana UIR Yudisium 150 Calon Wisudawan
Kamis, 23 September 2021
Dosen FT UIR Dr Evizal Penelitian Bersama di Harvard University Amerika

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

HUT TNI AL 10 September 2021 - DPRD Riau
Terpopuler

01

HUT RI Ke-76 - APRIL
Foto
DPRD 1
DPRD 2
Jumat, 17 September 2021
Rizky Billar Jawab Isu Lesti Kejora Hamil Duluan, Muncul Isu Nikah Siri
Kamis, 26 Agustus 2021
Istri Buka Suara Soal Kabar Epy Kusnandar Pindah Agama
Jumat, 16 Juli 2021
Jedar Ungkap Pernah Dekat dengan Pria Ternyata Gay, Terbongkar Gara-gara...
Jumat, 02 Juli 2021
Dalang Kondang Ki Manteb Sudharsono Berpulang ke Rahmatullah

Selebriti lainnya ...
DPRD 3
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Permata
Kamis, 26 Agustus 2021
Ampuh Sembuhkan Penyakit, Ini Obat yang Dianjurkan Rasulullah
Selasa, 24 Agustus 2021
Rumah Yatim Salurkan Ratusan Paket Alquran dan Kitab ke Berbagai Ponpes di Pekanbaru dan Kampar Riau
Selasa, 27 Juli 2021
Sabah Ahmedi, Imam Termuda Inggris Lawan Stereotip Lewat Medsos
Jumat, 16 Juli 2021
Jangan Sampai Salah Beli, Berikut Syarat Hewan Kurban

Religi lainnya ...
PCR 3 Agustus 2021
Indeks Berita
HUT Riau 9 Agustus 2021 - SitiBhayangkara 2021 CAKAPLAHPelantikan Bupati Siak - Pemkab SiakUIR 2021HUT Pekanbaru ke-237Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRDIdul Fitri 1442 BRKWaisak 26 Mei 2021 - APRILPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021
www www