Minggu, 19 Mei 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
Geo-Strategis dan Geo-Politik Kepulauan Natuna
Sabtu, 11 September 2021 10:49 WIB
Geo-Strategis dan Geo-Politik Kepulauan Natuna

(CAKAPLAH)-Pemerintah pusat berencana akan membangun bandar udara di Pulau Laut, Kepulauan Natuna Provinsi Kepulauan Riau. Pembangunan bandara di pulau laut yang letaknya di ujung utara Kepulauan Natuna tersebut, secara geo-strategis dan geo-politik dapat bermanfaat bagi kepentingan pertahanan dan keamanan negara secara umum. Posisi Pulau laut yang termasuk pulau terluar di bagian barat Indonesia tersebut sangat berpotensi menjadi kawasan pertahanan dan keamanan sekaligus sebagai kawasan pembangunan ekonomi dan pembangunan perikanan dengan melihat posisi dan letaknya yang sangat strategis tersebut. Seberapa urgensinya pembangunan bandar udara di pulau laut tersebut?.

Pertanyaannya adalah, dilihat dari potensi wilayah dan sumber daya alam sangat mendukung dibangunnya sebuah bandar udara yang dapat digunakan untuk keperluan sipil maupun militer. Dengan kondisi dan keamanan regional di perbatasan luar Indonesia serta dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan wilayah, sebuah bandar udara adalah suatu keniscayaan.

Namun dalam kondisi lainnya, hal tersebut bukanlah hal yang mudah dan perlu pemetaan secara komprehensif dan integral dalam melihat dari segi ancaman dan kedudukan wilayah tersebut. Ancaman dan potensi gangguan terhadap wilayah kepulauan Natuna sangatlah besar. Posisinya yang berada di gugusan Laut Cina Selatan, menjadikannya wilayah tersebut sebagai potensi perebutan wilayah serta seringnya pelanggaran kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berupa banyaknya pelanggaran berupa pencurian ikan di perairan Natuna oleh pihak asing seperti dari Vietnam dan Cina. Oleh sebab itu, perlu adanya pemetaan seberapa urgennya pembangunan bandara di wilayah pulau laut, Kepulauan Natuna tersebut.

Pemerintah Kabupaten Natuna melalui wakil bupatinya, Rodial Huda mengatakan bahwa pemerintah daerah khususnya Kabupaten Natuna menyambut baik rencana pemerintah pusat tersebut, karena Pulau Laut merupakan pulau terujung Indonesia sehingga harus dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai. Selain itu, keberadaan bandara di Pulau Laut tersebut juga bisa memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam hal ini menjaga kedaulatan negara. Pemerintah pusat akan menyiapkan kajian khusus. Pemerintah Provinsi dan Kabupaten akan mempersiapkan dan memetakan segala potensi dan kajian pembangunan terhadap keberadaan bandara dilihat dari aspek politik dan pertahanan keamanan.

Wilayah atas Kepulauan Natuna merupakan bagian dari wilayah Negara Kesatuan RepublikIndonesia (NKRI). Dalam beberapa tahun sebelumnya telah terjadi ketegangan dengan Cina berhubung 9 garis putus-putus (nine dash line) yang memasukkan sebagian wilayah Natuna ke wilayah negaranya (Cina). Isu dan klaim tersebut muncul seiring ketegangan yang muncul di kawasan Laut Cina Selatan (LCS) dalam hal memperebutkan wilayah di Gugusan Kepulauan Laut Cina Selatan dan Gugusan Kepulauan Spartly. Cina bersengketa dengan negara negara di kawasan ASEAN seperti Vietnam, Brunai Darussalam, Philipina dan Malaysia di satu pihak dan di pihak lainnya bersengketa pula dengan Taiwan.

Oleh sebab itu, melihat segala potensi yang ada bisa saja terjadi ketegangan, maka pemerintah pusat mesti memetakan segala kemungkinan yang akan terjadi jika akan membangun bandara di pulau laut yang berada di pulau terluar Indonesia tersebut. Potensi dan kekayaan Kepulauan Natuna akan kekayaan migas dan sumber daya perikanan secara tak langsung akan menimbulkan potensi ketegangan dengan negara-negara tetangga di wilayah tersebut (pulau laut). Indonesia sebagai negara kepulauan (Archipelagic State) memiliki 200 mil wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Tidak saja Indonesia yang terdampak dari peta Cina tersebut, juga Filipina terdampak wilayahnya atas klaim peta Cina tersebut. Arbitrase Internasional (Permanent Court of Arbitration) pada tanggal 12 Juli 2016 yang didukung oleh PBB mengatakan bahwa Tiongkok telah melanggar kedaulatan Filipina di Laut Cina Selatan (LCS). Filipina sebelumnya membawa sengketa Laut Cina Selatan (LCS) ke Arbitrase Internasional karena menentang garis batas yang disebut Tiongkok sebagai Sembilan garis putus putus (nine dash line) yang berdampak pula terhadap Kepulauan Natuna.

Sembilan garis putus putus tersebut yang dihubungkan dari Pulau Hainan tersebut mengklaim wilayah seluas 2 juta kilometer persegi di laut Cina Selatan tersebut sebagai wilayah Cina sehingga akan mengambil kurang lebih 30% laut Indonesia di Natuna, 80% Laut Filipina, 80% laut Malaysia, 50% laut Vietnam dan 90% Laut Brunei Darussalam. Cina mengklaim tersebut didasarkan kepada hak historis bahwa pelaut dan nelayan cina pernah menggunanakan laut Cina Selatan. jika mengacu kepada Hukum Laut Internasional, hak historis tersebut otomatis hilang jika tidak sesuai dengan penetapan kawasan Zona Ekonomi Eksklusif yang disepakati dalam perjanjian Perserikatan Bangsa Bangsa.

Dalam Konvensi Hukum Laut Internasional tahun 1982 (The United Nations Convention on the Law of the Sea = UNCLOS) yang telah diratifikasi oleh pemerintah Indonesia, Indonesia diakui sebagai sebuah negara Kepulauan (Archipelagic State). Ini artinya bahwa, Indonesia sebagai negara Kepulauan dibolehkan menarik atau menetapkan untuk pengukuran perairan Teritorial, Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan Landasan Kontinental. Dalam Bab IV, Konvensi Hukum Laut Internasional tahun 1982 yang berisikan tentang negara Kepulauan selain mengatur ketentuan-ketentuan yang memperluas kedaulatan dan yurisdiksi suatu negara kepulauan, juga diimbangi dengan kewajiban negara kepulauan untuk mengakomodasikan kepentingan internasional dalam bentuk hak hak lintas yang agak bebas bagi segala jenis kapal dan pesawat udara asing, termasuk kapal dan pesawat udara militer.

Menurut pasal 47 ayat (1) UNCLOS, negara Kepulauan berhak menarik garis pangkal Kepulauan (Archipelagic Base-Line), sebagai dasar oengukuran wilayah perairannya dan titik-titik terluar dan pualu-pulau terluarnya. Penarikan garis tersebut mencakup lebar (batas) Laut Territorial, Zona Tambahan, Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) dan Landas Kontinen. Garis pangkal Kepulauan merupakan garis pangkal lurus yang ditarik menghubungkan titik titik terluar dari pulau-pulau dan karang-karang terluar yang digunakan untuk menutup seluruh atau sebagian dari negara Kepulauan. Penarikan garis pangkal lurus Kepulauan dilakukan dengan memperhatikan tatanan letak Kepulauan atau kelompok pulau-pulau yang letaknya berurutan dan bersambungan secara beraturan. Maka penarikan garis pangkal lurus Kepulauan tidak dapat dilakukan menyimpang dari arah konfigurasi umum Kepulauan.

Membangun bandara di pulau terluar yang berbatasan dengan negara-negara tetangga yang masih memiliki sengketa wilayah khususnya di Perairan Laut Cina Selatan sangat rentan terjadinya ketegangan dan konflik, namun sebaliknya pula keberadaan suatu bandara yang berfungsi sebagai basis militer maupun sipil, tentu sebagai bagian dari menjaga kedaulatan wilayah NKRI dari ancaman negara luar. Oleh sebab itu, perlu upaya pemetaan dari segala potensi ancaman, hambatan dan gangguan yang ada terhadap perairan dan kedaulatan negara. Oleh karenanya, pembangunan bandara di wilayah terluar Indonesia suatu keniscayaan dengan melihat segala potensi terhadap gangguan atas kedaulatan Indonesia khususnya di wilayah Laut Cina Selatan yang masih menimbulkan ketegangan dan konflik.

Penulis : Hasrul Sani Siregar, MA, Widyaiswara di BPSDM Provinsi Riau/Penulis Buku Membangun Masa Depan Natuna
Editor : Yusni
Kategori : Pemerintahan, Cakap Rakyat, Kepulauan Riau
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Sabtu, 19 September 2020 19:15 WIB
Nine Dash Line yang Dipersengketakan
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 18 Mei 2024
Berlangsung Meriah, Pawai Waisak di Pekanbaru Diikuti Ribuan Peserta
Sabtu, 18 Mei 2024
Kapolres Siak Pimpin Rapat Evaluasi dan Arahan Pengamanan Pilkada 2024
Jumat, 17 Mei 2024
Polemik UKT: Pemuda Muhammadiyah Riau Kritik Negara Gagal Hadirkan Pendidikan Terjangkau
Jumat, 17 Mei 2024
GC Korean BBQ & Hotpot - Cols Froy Mal Pekanbaru Bersertifikat Halal

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
Topup Diamond FF Murah Solusi Hemat untuk Gamer Free Fire
Jumat, 17 Mei 2024
Top Up PUBG untuk Pemula: Panduan Lengkap dan Langkah-Langkah Mudah
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
UIR Terima Bantuan Dana Pendidikan Sebesar Rp70 Juta dari BSI
Kamis, 16 Mei 2024
Mahasiswa PMI UIN Suska Juara 1 Lomba Presenter Fordakom 2024
Selasa, 07 Mei 2024
Seleksi Ketat Beasiswa Pendidikan di Kota Dumai, 49 Peserta Bersaing dalam Ujian Tertulis dan Wawancara
Selasa, 07 Mei 2024
Wisuda ke-68, Rektor: Unilak Semakin Dipercaya Masyarakat Riau dan Indonesia

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 30 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Ucapkan Selamat Atas Penabalan Gelar Adat Kepada Kajati Riau
Senin, 29 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Apresiasi Pekanbaru Juara Umum Gelaran MTQ Tingkat Provinsi Riau
Jumat, 26 April 2024
Penerimaan CPNS dan PPPK Pekanbaru Dapat Persetujuan Prinsip dari Kemenpan RB
Senin, 22 April 2024
Kepala BKPSDM Ikut Semarakkan Pawai Taaruf MTQ Riau di Dumai

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www