Senin, 18 Oktober 2021

Breaking News

  • Dinsos Riau Tak Punya Data Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19   ●   
  • Pansus Bisa Jadi Dasar Ketegasan Pemerintah Atasi Konflik Perusahaan Vs Masyarakat Riau   ●   
  • Pekanbaru Juara Kejurda U14, Bukti Pembinaan Sepakbola Berjenjang Kelompok Usia Berjalan Baik   ●   
  • Harga Sawit di Riau Naik Lagi, Tembus Rp2.800 Perkilogram   ●   
  • Kabar Gembira! Saudi Arabia segera Beri Izin Umrah, Jamaah Diminta Manfaatkan Fasilitas Vaksin   ●   
  • DPRD Riau Dukung Sekolah Tatap Muka Dimulai Lagi   ●   
  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen
Yamaha 16 Oktober 2021

CAKAP RAKYAT
Mandiri Mengelola Kekayaan Negeri
Kamis, 16 September 2021 21:10 WIB
Mandiri Mengelola Kekayaan Negeri
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM

Karunia tak habis-habisnya dihadirkan atas dan di bawah Bumi Lancang Kuning. Selain sumber daya alam Migas dan kelapa sawit sebagai primadona, kandungan alam Riau juga menyimpan potensi lain yang tak kalah berharga. Marak diperbincangkan belakangan adalah potensi timah. Mengutip data Peluang Investasi Timah 2020, Riau tercatat sebagai satu dari empat provinsi dengan sumber daya dan cadangan timah terbesar di Indonesia. Riau memiliki sumber daya bijih sebanyak 0,22 juta ton dan sumber daya logam sebanyak 0,006 juta ton. Meski secara kuantitas dibawah 3 provinsi lain, namun anugerah itu lebih dari cukup. Apalagi Riau sudah punya keunggulan sebagai penghasil Migas utama dan sentra kelapa sawit nasional. Sebuah perpaduan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang tak bisa dimiliki daerah lain.

Secara global, "harta karun" Indonesia berupa timah di sektor pertambangan merupakan terbesar kedua di dunia setelah China. Cadangan timah Indonesia merupakan terbesar ke-2 di dunia, yakni 17% dari total cadangan timah dunia, setelah China yang menguasai 23% cadangan timah dunia. Secara nasional, berdasarkan data Minerba One Data Indonesia (MODI) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), di tahun 2021 produksi logam timah ditargetkan sebesar 70 ribu ton dan penjualan sebesar 68 ribu ton. Adapun sepanjang tahun 2020 tercatat ada 537 Izin Usaha Pertambangan (IUP) timah, terdiri dari 3 IUP Eksplorasi dan 534 IUP Operasi Produksi. Dari informasi, ada 512 IUP berpeluang dikembangkan oleh investor. Berkaca dari besarnya potensi, maka hal utama yang paling diharapkan adalah sejauhmana kekayaan sumber daya alam tadi dapat dirasakan nilai ekonomisnya semaksimal mungkin bagi masyarakat, terutama dalam konteks ini Riau. Untuk mendapatkan hasil maksimal, tak ada jalan selain mengelolanya sendiri.  

Harapan agar mampu dan berani mengelola kekayaan SDA perlu disampaikan agar SDA Riau tidak hanya dinikmati oleh pengusaha tambang dan pihak yang mengambil keuntungan langsung dari eksplorasi dan eksploitasi. Juga untuk mencegah keuntungannya lari ke luar daerah atau lebih banyak mengalir ke pusat tapi kemudian daerah diabaikan. Sebagai bagian dari entitas daerah, kita berkewajiban menyuarakan aspirasi dan kepentingan daerah sesuai kapasitas dan kemampuan. Termasuk dalam konteks memperjuangkan agar setiap rupiah yang didapat dari pengelolaan SDA dapat dirasakan baik itu berupa kemajuan daerah serta ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Kita menghendaki adanya upaya revolusioner dan perubahan radikal dalam mengelola kekayaan negeri. Selama ini keuntungan diperoleh daerah terutama dari aktivitas baik itu pemanfaatan alam apakah itu pertambangan termasuk kelapa sawit justru tidak sepadan antara keuntungan yang diperoleh dengan beban dan dampak yang ditimbulkan.

Kepentingan Daerah

Diantara perubahan radikal dimaksud adalah dengan tidak menjadikan ekspor komoditas bahan mentah dan bahan baku sebagai tujuan. Dalam hal ini, kebijakan Pemerintah melarang ekspor bijih nikel perlu dipertimbangkan untuk dapat diperluas penerapannya. Sehingga perusahaan tambang diwajibkan mengolah dulu hasil produksinya sebelum dikirim ke luar negeri. Langkah ini tentu akan melipatgandakan nilai tambah bagi perekonomian negara terutama daerah. Dengan intervensi kebijakan seperti tadi dapat membuka peluang munculnya industri hilir. Dalam konteks timah, usaha produksi pipa timah merupakan salah satu yang bisa dilirik sebagai peluang investasi di Riau ke depan. Pendekatan kebijakan tersebut secara perlahan juga akan meningkatkan daya saing Riau. Selain pastinya berkontribusi signifikan bagi ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat seiring hadirnya investasi industri pengolahan, juga mendorong daya saing sektor lain seperti pendidikan, dimana lembaga pendidikan akan menyesuaikan pendidikan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan kebutuhan lapangan kerja.

Untuk menuju ke sana jelas dibutuhkan persiapan matang. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dituntut untuk dapat mempersiapkan segala hal. Jangan sampai ketika masalah bermunculan baru mulai berencana dan bertindak. Apalagi bicara tambang, banyak pekerjaan rumah yang perlu dibereskan. Sebagaimana laporan Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebutkan bahwa tunggakan pajak pertambangan mineral dan batu bara (Minerba) di Riau mencapai Rp4,17 triliun selama 9 tahun. Laporan tersebut mengacu dari data Direktorat Jenderal Pajak perihal 41 perusahaan di Riau yang tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan 71 pemegang izin usaha pertambangan (IUP) yang tidak membayar iuran tetap. Hal tadi jelas celah besar dan terbukti telah merugikan merugikan daerah dan masyarakat. Akibatnya pajak bersumber dari duit rakyat malah terkuras untuk merevitalisasi atau memperbaiki kerusakan infrastruktur, alam dan lingkungan yang ditimbulkan oleh pelaku usaha pertambangan yang di saat yang sama justru mangkir dari kewajibannya.

Agar tidak Rugi

Sektor pertambangan memang menggiurkan. Namun perlu pendekatan paripurna agar tidak timbul kerugian. Pertambangan bukan sekedar eksplorasi tetapi juga bicara kesinambungan masa depan daerah. Termasuk aspek lingkungan. Guna menunjang aktivitas agar dapat berjalan optimal dan sesuai kaidah berlaku,  perusahaan berbasis tambang perlu diwajibkan memiliki perencanaan matang terkait pengolahan bahan mentah. Dalam hal ini feasibility study jelas menjadi dokumen wajib. Dalam konteks ini meski perizinan tambang sudah diserahkan sepenuhnya ke pusat, namun secara peraturan perundang-undangan ada pasal mengatur pemerintah pusat dapat mendelegasikan kewenangan pemberian perizinan kepada Pemda. Artinya secara pelaksanaan bisa fleksibel dan pastinya terbuka ruang politis antara pusat dan daerah. Karena bagaimanapun prinsip otonomi daerah yang sudah disepakati bersama tidak bisa dikangkangi dengan menerbitkan peraturan baru begitu saja. Selain itu, aturan juga masih memberi ruang bagi Pemda melakukan pengawasan terhadap aktivitas pertambangan. Dengan begitu tidak sepenuhnya oleh pusat.

Pemaparan di atas sedikit dari sekian banyak ikhtiar yang bisa disampaikan untuk mengelola kekayaan bumi negeri. Negeri ini hanya akan maju jika kita punya kendali atas kekayaan sendiri. Kita pantas malu dengan negara tetangga seperti Singapura. Punya wilayah sangat kecil tanpa SDA tapi bisa menentukan rantai pasokan kawasan. Bahkan untuk timah, Singapura berperan penting menentukan harga. Oleh karena itu, kita menantikan realisasi kebijakan yang dapat memperkuat hilirisasi dan industri pengolahan dalam negeri. Sebagai pengguggah, kita perlu berkaca ke sejarah 67 tahun lalu. Dalam sebuah Konferensi Ekonomi di Jogjakarta Bung Hatta pernah berujar, “sejak kemunculan kapitalisme liberal sesudah 1870-an, Indonesia hanya dipandang sebagai onderneming besar, untuk menghasilkan barang-barang bagi pasar dunia.” Pernyataan Bung Hatta muncul karena praktik ekonomi kolonial yang berorientasi ekspor bahan mentah dan baku seperti rempah termasuk tambang. Sistem tersebut membuat rakyat Indonesia hanya jadi tenaga kerja murah dan tidak melahirkan basis industrialiasi dan produksi dalam negeri.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali Azumar
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Minggu, 19 September 2021 19:24 WIB
Menata Bahasa demi Alam Semesta
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Jum'at, 03 September 2021 08:02 WIB
Mendulang Berkah Dari Musibah
Kamis, 23 September 2021 20:46 WIB
Misi Penyelamatan UMKM
Minggu, 10 Oktober 2021 07:01 WIB
Mengawal Spirit Otonomi Daerah
Selasa, 28 September 2021 08:08 WIB
Sejahterakan Petani Demi Keberlangsungan Negeri
Rabu, 06 Oktober 2021 08:02 WIB
RTRW Dan Arah Pembangunan Riau
Jum'at, 27 Agustus 2021 08:16 WIB
Mengurai “Benang Kusut” Aset Daerah
Jum'at, 04 Desember 2020 10:39 WIB
COVID-19 dan Pentahelix
Jum'at, 24 September 2021 19:03 WIB
Baba dan Nyonya di Malaka
Rabu, 24 Februari 2021 14:30 WIB
Alarm Meningkatnya Angka Kemiskinan
Sabtu, 19 Desember 2020 07:01 WIB
Bela Negara Untuk Ekonomi Yang Berdaulat
Jum'at, 31 Juli 2020 19:15 WIB
Kurban, Spirit Berkontribusi dan Wakaf
Rabu, 04 November 2020 10:26 WIB
Misi Riau Bangkitkan Pariwisata Dan UMKM
Minggu, 19 Juli 2020 16:34 WIB
Ketika Pendapatan Ikut 'Jaga Jarak'
Senin, 10 Agustus 2020 14:23 WIB
Tanggapan Pidato Gubri pada HUT ke-63 Riau
Rabu, 07 Oktober 2020 08:36 WIB
Mencari Berkah Dalam Syariah
Sabtu, 24 Oktober 2020 08:03 WIB
Perlukah Merivisi RPJMD?
Jum'at, 08 Mei 2020 18:00 WIB
Stempel Miskin
Selasa, 30 Juni 2020 13:15 WIB
Jangan Buru-buru Sahkan Perda RTRW
Sabtu, 19 September 2020 09:10 WIB
Demokrasi Bukanlah “Kursi”
Kamis, 28 Mei 2020 13:27 WIB
Setengah New Normal
Minggu, 21 Juni 2020 06:33 WIB
Pancasila Sudah final!
Kamis, 18 Juni 2020 19:18 WIB
Indonesia Darurat Implementasi Pancasila
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Rabu, 13 Oktober 2021
Semua Orang Sama Dimuka Hukum, Junimart : Penegak Hukum Mosok Dibiarkan Melanggar Hukum
Rabu, 06 Oktober 2021
Banyak Permasalahan di DKI Jakarta, Alasan Baleg DPR Dukung Pemindahan Ibukota Baru
Senin, 04 Oktober 2021
Ketua MPR: PPHN Keniscayaan Diamanatkan Oleh Konstitusi
Selasa, 28 September 2021
Letjen TNI Mar (Purn) Nono Sampono Sebut Indonesia Negara Maritim yang Kekuatan Lautnya Lemah

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Minggu, 17 Oktober 2021
Wabup Siak Minta CSR Perusahaan Diarahkan untuk Kelestarian Lingkungan
Minggu, 17 Oktober 2021
Tutup MTQ XIX di Kandis, Bupati Siak Minta Masyarakat Teladani Alquran
Minggu, 17 Oktober 2021
FPK Sukses Gelar Dialog Nilai-Nilai Kebangsaan
Minggu, 17 Oktober 2021
Pengurus Ranting HSNI Kecamatan Pelalawan 2021-2026 Dikukuhkan

Serantau lainnya ...
Kamis, 14 Oktober 2021
Kini Semakin Mudah Miliki Rumah di D'Village Regency 3, Ada Promo Bunga Hanya 2,3% Fixed 3 Tahun
Senin, 04 Oktober 2021
Memukau, Model AMS Sukses Peragakan Rancangan Busana Siswa SMKN 3 Pekanbaru
Senin, 04 Oktober 2021
Dea Gita Ningsih, Penulis Asal Pekanbaru yang Merangkum Senja dalam Sebuah Buku
Senin, 20 September 2021
Kabar Gembira, Mulai Hari Ini Sudah Bisa Sarapan di Warung Koffie Batavia Lagi

Gaya Hidup lainnya ...
Rabu, 04 Agustus 2021
Sebelum Dilantik, ASN di Meranti Harus Mengikuti Psiotes
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional

Advertorial lainnya ...
Senin, 04 Oktober 2021
Trump Minta Hakim Paksa Twitter Kembalikan Akunnya
Selasa, 07 September 2021
Apple Tunda Peluncuran Fitur Perlindungan Anak Gara-gara Ini...
Kamis, 26 Agustus 2021
Mau Investasi Kripto? Ini Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin dan Ethereum yang Perlu Diketahui
Selasa, 17 Agustus 2021
PT CDI Siap Koneksikan Jaringan Internet Seluruh Kecamatan di Pelalawan

Tekno dan Sains lainnya ...
Senin, 04 Oktober 2021
Gaya Hidup Tak Sehat Biang Banyak Anak Muda Derita Penyakit Jantung
Minggu, 26 September 2021
Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui, Demi Menjaga Buah Hati dan Kesehatan Keluarga
Kamis, 26 Agustus 2021
Agar Paru-Paru Kuat saat Terserang Covid-19, Rajin Konsumsi 4 Bahan Makanan Ini
Jumat, 16 Juli 2021
Ayah Bunda, Ini 7 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Bermakna Lembut

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 15 Oktober 2021
Tim Pengabdian Masyarakat Program Pascasarjana UNRI Adakan Pembinaan Manajemen Life Skill Gula Merah Nira Sawit
Senin, 11 Oktober 2021
Dosen Kedokteran Unri Ingatkan Warga Soal Penyakit Tanpa Gejala Tapi Berbahaya
Jumat, 08 Oktober 2021
Rutin Adakan Fun Bike, Rektor Harap UIN Suska Riau Menjadi Zona Green
Rabu, 06 Oktober 2021
Kepala BPKAD Riau Jadi Pemuncak Yudisium Pascasarjana Unilak dengan IPK 4

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

April HUT 3 Kabupaten 12 Oktober 2021
Terpopuler
DPRD Riau
Foto
HUT SIAK - 12 Oktober 2021 - Kabag
DPRD Riau
Senin, 04 Oktober 2021
Pernah Dimiliki Aktor Terkenal, Ini Penampakan Jam Tangan Termahal di Dunia yang Dihargai Rp243 Miliar
Jumat, 17 September 2021
Rizky Billar Jawab Isu Lesti Kejora Hamil Duluan, Muncul Isu Nikah Siri
Kamis, 26 Agustus 2021
Istri Buka Suara Soal Kabar Epy Kusnandar Pindah Agama
Jumat, 16 Juli 2021
Jedar Ungkap Pernah Dekat dengan Pria Ternyata Gay, Terbongkar Gara-gara...

Selebriti lainnya ...
DPRD Riau
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Permata
Senin, 04 Oktober 2021
Kepengurusan Amphuri Riau-Kepri Resmi Dilantik, Berkhidmat untuk Umat
Kamis, 26 Agustus 2021
Ampuh Sembuhkan Penyakit, Ini Obat yang Dianjurkan Rasulullah
Selasa, 24 Agustus 2021
Rumah Yatim Salurkan Ratusan Paket Alquran dan Kitab ke Berbagai Ponpes di Pekanbaru dan Kampar Riau
Selasa, 27 Juli 2021
Sabah Ahmedi, Imam Termuda Inggris Lawan Stereotip Lewat Medsos

Religi lainnya ...
Bhayangkara 2021 CAKAPLAH
Indeks Berita
HUT Pekanbaru ke-237Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRDPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021
www www