Rabu, 24 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Seru, Diskusi Publik HUT Golkar di Kampar, Bahas Persoalan Banjir, Relokasi Stadion Hingga Taman Kota
Rabu, 20 Oktober 2021 19:07 WIB
Seru, Diskusi Publik HUT Golkar di Kampar, Bahas Persoalan Banjir, Relokasi Stadion Hingga Taman Kota

BANGKINANG (CAKAPLAH) - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun partai Golongan Karya (Golkar) ke-57, pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten Kampar menggelar diskusi publik dengan tema "Arah Penataan Ibukota Kabupaten Kampar, Selasa (19/10/2021) malam.

Diskusi ini berjalan seru, karena antar pemateri tidak selalu memiliki kesamaan pandangan dalam menyikapi penataan ibu kota Kabupaten Kampar ke depan. Diskusi usai pada Rabu (20/10/2021) pukul 00.30 WIB.

Empat orang pemateri pada diksusi ini adalah anggota DPD RI Edwin Pratama Putra, SH, akademisi dari Universitas Riau Wahyu Hidayat, ST, MURP, Kepala Bidang Penataan Ruang Dinas PUPR Kampar Erizal, ST, MT dan tokoh masyarakat Kabupaten Kampar H Idris. Diskusi semakin menarik karena dipandu mantan aktivis yang juga pengurus DPD Golkar Kampar Firman Wahyudi, ST.

Turut hadir Ketua DPD Partai Golkar Kampar Repol, Dewan Pertimbangan DPD Partai Golkar Kampar H Masnur, SH Korda Ahmad Fikri, S.Ag,,Ketua Komisi IV DPRD Kampar Agus Candra, S.IP, Ketua Karang Taruna Kabupaten Kampar Dhika Asril dan Ketua PWI Kabupaten Kampar Akhir Yani, SE dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Diskusi Publik Niko Ardian, S.IP yang juga Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Kampar dalam sambutanya menyampaikan, diskusi publik ini diikuti pemuda, mahasiswa, utusan organisasi dan masyarakat. Selain menggelar diskusi publik, Golkar Kampar juga menyelenggarakan kegiatan e-sport, turnamen bola voli putri, stand UMKM, lomba ceramah yang diselenggarakan Al Hidayah dan pada 20 Oktober dilakukan Closing Ceremony HUT Partai Golkar ke-57.

Ketua DPD Partai Golkar Kampar Repol, menyampaikan, diskusi ini akan digelar secara rutin. Dalam waktu dekat akan digelar diskusi berkaitan dengan penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kampar tahun 2022. "Semua kebijakan didiskusikan kedepan. Ini semangat kami bagaimana tradisi akademisi dilakukan," cakap Repol.

Berkaitan penataan kota, pria yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Kampar ini menyoroti banyaknya pejabat yang tidak tinggal di Kota Bangkinang atau di Kabupaten Kampar. "Bangkinang kita anggap tak ada kotanya. Karena banyak tokoh, pejabatnya tak tinggal Bangkinang. Tinggal di Pekanbaru," ungkap Repol.

Menurutnya, pejabat Kampar mestinya tinggal di Kampar karena akan banyak berpikir tentang Kampar dan uang akan semakin banyak beredar di Kampar. "Tinggal di Pekanbaru, terima gaji di Kampar tapi belanja di Pekanbaru," imbuhnya.

Ia juga menyatakan sepakat dengan apa yang disampaikan pemateri Wahyu Hidayat bahwa di kota Bangkinang harus ada taman kota. Jalan lingkar yang sudah dibangun harus dimaksimalkan fungsinya sehingga tak ada lagi mobil besar masuk kota yang dapat merusak jalan.

Repol juga setuju dengan pembangunan alun-alun dan dibuat menyatu dengan Balai Bupati, Islamic Centre, beberapa kawasan sekitar Islamic Centre seperti daerah sekitar Puskesmas Bangkinang Kota, kantor Lemtari dan taman kota yang ada saat ini dan itu harus ditunjang dengan sarana prasarana jalan dan jembatan penghubung.

Repol juga berharap penanganan banjir menjadi prioritas, bukan pengaspalan jalan di Kota Bangkinang.

Dalam penataan kota, ia berharap agar rencana detail tata ruang (RDTR) segera digesa karena merupakan dasar acuan dari diterbitkannya dokumen perizinan terkait bangunan.

Sementara itu anggota DPD RI Edwin Pratama Putra mempertanyakan ketidakjelasan fokus dan arah Kota Bangkinang. "Kota Bangkinang ini nggak jelas, apakah untuk publik servis, penyangga jasa atau kota industri," beber Edwin.

Namun ia meyakini bahwa Pemkab Kampar masih memungkinkan menata kota Bangkinang menjadi kota yang lebih baik. "Satu hal dalam SDGes itu yang dilihat dalam penataan kota ramah bagi disabilitas," bebernya.

Menurut senator muda ini, Kampar harus jadi kota satelit dari Pekanbaru dengan ditunjang moda transportasi. "Satu satunya kota yang bisa jadi tempat refreshing adalah Kampar," katanya.

Mengenai wacana pemindahan Stadion Tuanku Tambusai, Edwin menyatakan tidak setuju namun stadion ini perlu renovasi agar menjadi daya tarik kota seperti stadion yang ia lihat ketika berkunjung ke Kota Istanbul, Turki.

"Grand leaving back to nature harus menjadi spirit kita. Kampar harus menjadi kabupaten yang juara bukan naik kelas," ulasnya.

Sementara itu pemateri dari akademisi Wahyu Hidayat mengungkapkan, ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam menata ibu kota.

Pertama adalah dari sisi perencanaan. Menurutnya, Kota Bangkinang saat ini tanpa identitas. Kalau kita melihat kota lain dengan mudah kita bisa mengidentifikasi. Seperti tugu Monas ada di Jakarta, Menara Eiffel terdapat di Kota Paris. "Bangkinang ini datar saja, tak ada simbol," beber dosen di Fakultas Teknik Universitas Riau ini.

Untuk meletakkan simbol ini harus ditentukan titik pusat pertumbuhan di Bangkinang.

Selanjutnya bicara mengenai taman kota, alumni S1 Universitas Gajah Mada dan S2 di Malaysia ini mengungkapkan bahwa taman kota yang saat ini pembangunannya masih terbengkalai tidak layak dikatakan sebuah taman kota.

"Taman kota yang ada ini bukan taman kota pak. Dari segi keilmuan kami. Datang orang kita bilang taman kota itu, malu kita," bebernya.

"Kalau kita gembar-gemborkan ke luar itu taman kota, ini diketawain kita. Taman kota mesti 70 persen ada area hijau. Taman kota harus ada batasan luasan," ulasnya.

Perhitungan luasan taman hijau ini berdasarkan populasi penduduk di kota tersebut. "Dihitung populasi karena sekian orang berhak memenuhi sekian luas taman kota. Ada hitungannya pak," katanya lagi.

Menurutnya, wilayah yang layak dibangun taman kota Bangkinang saat ini adalah di wilayah Embung Sungai Sonsang yang dibangun oleh pihak BWWS (Balai Besar Wilayah Sungai) yang dekat ke perkantoran bupati yang baru.

"Usulan saya di daerah embung. Ada lahan cukup luas bisa dikembangkan. Kalau di kota tak ada lagi. Kalau skala Bangkinang minimal tiga sampai lima hektare. Baru dikatakan taman kota. Kalau sekarang ini eks parkir,
Itu kan parkir stadion dijadikan tempat jualan," bebernya.

Ia juga berpendapat bahwa penataan kota dilakukan di simpul pertama Lapangan Merdeka ke Jalan Prof M Yamin, Balai Bupati, alun-alun, Bukit Cadika, zona antara kantor bupati lama dan perkantoran bupati baru. "Saya pikir akan sangat berubah wajah kota. Terus kawasan pedestriannya. Orang hendaknya bisa berjalan kaki dari Lapangan Merdeka ke kantor bupati. Itu sangat berubah kota Bangkinang," terangnya.

Dalam kesempatan ini Wahyu juga menyorotoi soal belum terbentuknya rencana detail tata ruang (RDTR) Kabupaten Kampar sebagai turunan dari rencana tata ruang wilayah (RTRW).

"Yang jadi dasar sekarang RDTR.
Kedepan amdal hilang gantinya RDTR. Kalau RDTR lengkap cukup RDTR jadi acuan izin lingkungan," ungkapnya.

RDTR disusun tahun 2019 namun belum menjadi Peraturan Daerah (atau diPerdakan) "Saya yakin RDTR disusun waktu itu belum bisa disahkan, masih banyak direvisi lagi. Ini tugas Kabid Tata Ruang Dinas PUPR," tegasnya.

Masalah lainnya yang ia ungkapkan adalah keterbatasan sumber daya di Pemkab Kampar, tidak banyak yang mahir tata ruang. Sehingga mengandalkan konsultan.
"Tak tegas, tak selesai, tak tuntas, tak berguna. Apa gunananya anggaran ratusan juta satu paket tak selesai," sentilnya.

Koordinator Daerah Partai Golkar Ahmad Fikri dalam kesempatan ini mempertanyakan program kepala daerah pada periode 2017-2022 yang menjamin tidak ada lagi banjir di Bangkinang. Ia mengaku kecewa persoalan ini tak tuntas sampai saat ini.

Ia meminta DPRD mengawal program yang telah disampaikan ke masyarakat dan harus banyak duduk bersama untuk mengatasi persoalan Kampar.

Diskusi ini mendapat sambutan antusias dari masyarakat. Beberapa peserta diskusi diantaranya H Masnur, Nur Adlin, Edwar dan dari perwakilan pemuda, pengurus AMPG Amir Pakpahan menyampaikan beberapa masukan. Mereka meminta kota Bangkinang benar-benar ditata dengan baik sehingga persoalan banjir tidak terjadi lagi dan kota ini berkembang menjadi salah satu kota yang menarik di Indonesia.

Penulis : Akhir Yani
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Politik, Pemerintahan, Kabupaten Kampar
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 23 April 2024
Workshop Pengembangan Ekosistem Ekonomi Kreatif di Riau Diikuti Puluhan Insan Ekraf
Selasa, 23 April 2024
Bahas Cooling System Pemilu, Korum PPI Riau Terima Kunjungan PKDN Sespimti Polri
Selasa, 23 April 2024
Izin Tinggal Peralihan Jembatani Proses Transisi Izin Tinggal WNA di RI
Selasa, 23 April 2024
Gelar Workshop UKMK Berbasis Kelapa Sawit, Aspek-Pir Riau Angkat Tema Kecantikan

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www