Selasa, 30 November 2021

Breaking News

  • Dinsos Riau Tak Punya Data Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19   ●   
  • Pansus Bisa Jadi Dasar Ketegasan Pemerintah Atasi Konflik Perusahaan Vs Masyarakat Riau   ●   
  • Pekanbaru Juara Kejurda U14, Bukti Pembinaan Sepakbola Berjenjang Kelompok Usia Berjalan Baik   ●   
  • Harga Sawit di Riau Naik Lagi, Tembus Rp2.800 Perkilogram   ●   
  • Kabar Gembira! Saudi Arabia segera Beri Izin Umrah, Jamaah Diminta Manfaatkan Fasilitas Vaksin   ●   
  • DPRD Riau Dukung Sekolah Tatap Muka Dimulai Lagi   ●   
  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen
Yamaha 28-29 November 2021

CAKAP RAKYAT
Mengembalikan Kejayaan Sungai Riau
Selasa, 16 November 2021 08:05 WIB
Mengembalikan Kejayaan Sungai Riau
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Banjir dan longsor melanda hampir seluruh wilayah Indonesia, terutama memasuki penghujung tahun. Seakan sudah menjadi siklus tahunan. Riau pun tak luput. Awal November 2021 banjir melanda tiga daerah yakni Indragiri Hulu, Pekanbaru dan Dumai.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pun telah ambil ancang-ancang sebagai bentuk alarm mengantisipasi segala kemungkinan, meski setakad ini belum tetapkan status siaga. Sekedar informasi, berdasarkan analisis kementerian dan lembaga terkait, beberapa wilayah berada dalam potensi bencana banjir kategori sedang hingga tinggi.

Adapun untuk sumatera, Riau termasuk salah satu wilayah berpotensi tinggi selain Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Jambi, dan Bengkulu. Sementara potensi bahaya tanah longsor teridentifikasi di 33 provinsi dengan populasi terpapar mencapai 14 juta jiwa. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut bahwa ada 100,81 juta jiwa terancam bahaya banjir. Jumlah yang mencengangkan. Hampir mendekati separuh populasi penduduk negeri ini!

Bencana hadir membawa banyak pesan. Dari sudut pandang agama menuntut kesadaran kita atas dosa dan kesalahan termasuk terhadap lingkungan. Realita menguatkan refleksi barusan. Kementerian terkait berikut Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) menyebut 80 persen bencana menimpa Indonesia berupa hedrometereologi. Artinya bencana yang diakibatkan parameter cuaca seperti banjir dan tanah longsor. Tiap tahun intensitas dan kuantitas terus meningkat.

Para ahli, akademisi hingga pengambil kebijakan sepakat bahwa bencana terjadi dipicu oleh kerusakan lingkungan terutama kerusakan pada Daerah Aliran Sungai (DAS). Banyak DAS di Indonesia dalam fase mengkhawatirkan dan kritis. Sejalan dengan makin meningkatnya bencana, jumlah kerusakan DAS tiap tahun juga meningkat. Berdasarkan data dari Kementerian LHK 2018 dari total 17 ribu DAS di Indonesia sebanyak 2.145 diantaranya harus dipulihkan, dan 108 DAS dalam posisi kritis termasuk di dalamnya Sungai Siak.

Kerusakan DAS di Riau semakin masif. Selain ancaman kerugian materi bahkan nyawa warga, kondisi kerusakan sungai di Riau juga berdampak serius terhadap infrastruktur jalan. Abrasi sungai bikin badan jalan terkikis aliran sungai. Kondisi terjadi hampir di semua jalan di pinggiran sungai bahkan beberapa jalan hampir putus. Berangkat dari kondisi tadi, langkah Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melaporkan kondisi empat sungai besar dalam kunjungan ke Kementerian PUPR pada tahun lalu sangat tepat.

Mengingat penanganan sungai besar di Riau urusan dan kewenangan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PUPR. Namun disamping kewenangan, Pemprov Riau juga mesti punya agenda dan strategi membenahi kondisi kerusakan DAS di daerah secara bertahap. Karena upaya butuh sinergi lintas sektor, berikut pengaturan tata ruang dan pengendaliannya. Terlebih disamping empat sungai besar seperti Sungai Indragiri, Rokan, Kampar dan Siak, juga ada sungai-sungai kecil perlu diperhatikan.

Anugerah

Keberadaan empat sungai besar di Riau harusnya anugerah. Tak semua daerah punya lebih dari satu. Misal Jawa Tengah Sungai Bengawan Solo dan Sumatera Selatan Sungai Musi. Bila pandai mengelola, efeknya positif bagi kehidupan. Untuk transportasi, ekonomi, serta aspek kehidupan lainnya. Sebaliknya, jika abai dan lalai berbuah bencana. Inilah dialami sekarang. Negara maju semisal Cina, pertanian modern ditopang sungai alami dimana 82 persen air berguna bagi pertanian. Sungai Thames di London juga masih berfungsi sebagai jalur distribusi barang, yang diklaim hemat sekitar 350.000 km jalan pertahun.

Jangan lupa, sungai juga sumber energi terbarukan. Riau di masa jayanya juga merasakan berkah sungai. Peninggalannya masih tersisa. Pergudangan lama pelabuhan Pelindo di Pasar Bawah Pekanbaru saksi bisu kejayaan perdagangan Sumatera Timur/Pekanbaru dan Singapura. Pelabuhan dibangun Belanda tahun 1920-an disinggahi kapal-kapal KPM (Koninklijke Paketvaart Maatschappij) salah satu perusahaan pelayaran terkemuka. Dermaga dulu pintu gerbang perekonomian masyarakat dan pusat perniagaan. Sayang rasanya masa jaya tinggal kenangan. Padahal kehadiran sungai di Riau sumber keberkahan luar biasa dan dapat dimanfaatkan guna memajukan daerah. Paling sederhana untuk wisata. Contoh Pekanbaru terdapat sungai membelah kota, sangat menarik jika dijadikan water front city.

Kunci utamanya bagaimana perencanaan pembangunan dan tata ruang disusun berbasis DAS. Karena untuk mengatasi problematika DAS, pengelolaan harus terintegrasi dari hulu ke hilir. Jika pengelolaan di hulu tak baik maka berakhir buruk ke hilirnya, begitupula sebaliknya.  Perlu diapresiasi gerak cepat Pemprov Riau menyelamatkan sungai di Riau seperti baru-baru ini Sungai Bangko Kabupaten Rohil yang mengalami penurunan kualitas, bersama Balai Wilayah Sungai dan perusahaan sekitar sungai. Pendekatan sinergitas faktor penentu pengelolaan DAS. Karena tidak semata berupa infrastruktur, tapi harus berbasis kepedulian bersama. Termasuk memberdayakan masyarakat agar berpartisipasi aktif.

Mengingat peran sungai masih vital bagi kehidupan penduduk, maka perlu mempertimbangkan kesejahteraan masyarakat sebagai paradigma untuk mencapai pembangunan DAS berkelanjutan. Jadi pembangunan, ekonomi dan perlindungan lingkungan perlu diselaraskan. Karena aktivitas manusia dengan lingkungan punya efek timbal balik dan saling mempengaruhi.

Pemulihan DAS juga butuh pendekatan komprehensif. Penggunaan lahan tak sesuai daya dukung lahan turut menyebabkan rusaknya DAS. Oleh karena itu, Rehabilitasi Lahan dan Konservasi Tanah (RLKT) cara untuk memperbaiki kondisi lahan yang rusak dan meningkatkan daya guna lahan sesuai peruntukan. Kegiatan RLKT di wilayah DAS perlu memberdayakan komunitas masyarakat secara aktif. Bahkan kegiatan tersebut bisa diintegrasikan menjadi sumber pendapatan petani dan ekonomi masyarakat yang ujungnya merangsang tumbuhnya kegiatan lain yang bernilai.

Bentuk pengembangan ekonomi kerakyatan di wilayah DAS yang dinilai paling potensial seperti sektor pertanian yang konsisten menyumbang pertumbuhan ekonomi bagi Riau. Terutama pengembangan agrobisnis dan agroindustri yang terencana dengan baik dan saling berkaitan dengan pembangunan sektor ekonomi lainnya.

Melalui pendekatan komprehensif dan terintegrasi, perlahan masyarakat akan sadar bahwa manfaat berkesinambungan dari sungai berbanding lurus dengan perlakuan dan kesadaran kita menjaga kelestarian lingkungan. Semakin banyak perhatian tercurah, semakin banyak pula keuntungan bakal didapatkan.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Rabu, 10 November 2021 17:29 WIB
Warisan Berharga Para Pahlawan
Selasa, 02 November 2021 19:30 WIB
Myanmar ‘Duri’ dalam ASEAN
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Minggu, 31 Oktober 2021 19:28 WIB
Berani Berinovasi Itu Hebat!
Selasa, 16 November 2021 20:56 WIB
Penguatan Otonomi Daerah di Kabupaten/Kota
Jum'at, 03 September 2021 08:02 WIB
Mendulang Berkah Dari Musibah
Minggu, 21 November 2021 19:57 WIB
Membangunkan Lahan Yang Tertidur
Kamis, 16 September 2021 21:10 WIB
Mandiri Mengelola Kekayaan Negeri
Minggu, 19 September 2021 19:24 WIB
Menata Bahasa demi Alam Semesta
Selasa, 02 November 2021 11:14 WIB
Keampuhan Teknologi Digital vs Promosi Wisata
Kamis, 23 September 2021 20:46 WIB
Misi Penyelamatan UMKM
Selasa, 28 September 2021 08:08 WIB
Sejahterakan Petani Demi Keberlangsungan Negeri
Jum'at, 27 Agustus 2021 08:16 WIB
Mengurai “Benang Kusut” Aset Daerah
Rabu, 06 Oktober 2021 08:02 WIB
RTRW Dan Arah Pembangunan Riau
Jum'at, 04 Desember 2020 10:39 WIB
COVID-19 dan Pentahelix
Minggu, 10 Oktober 2021 07:01 WIB
Mengawal Spirit Otonomi Daerah
Rabu, 24 Februari 2021 14:30 WIB
Alarm Meningkatnya Angka Kemiskinan
Sabtu, 19 Desember 2020 07:01 WIB
Bela Negara Untuk Ekonomi Yang Berdaulat
Jum'at, 31 Juli 2020 19:15 WIB
Kurban, Spirit Berkontribusi dan Wakaf
Sabtu, 06 Februari 2021 16:44 WIB
Runtuhnya Demokrasi di Myanmar?
Minggu, 19 Juli 2020 16:34 WIB
Ketika Pendapatan Ikut 'Jaga Jarak'
Jum'at, 24 September 2021 19:03 WIB
Baba dan Nyonya di Malaka
Rabu, 07 Oktober 2020 08:36 WIB
Mencari Berkah Dalam Syariah
Senin, 10 Agustus 2020 14:23 WIB
Tanggapan Pidato Gubri pada HUT ke-63 Riau
Sabtu, 24 Oktober 2020 08:03 WIB
Perlukah Merivisi RPJMD?
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Minggu, 31 Oktober 2021
Arzetti Dukung Pemerintah Sosialisasikan Bahaya BPA
Minggu, 31 Oktober 2021
Komisi III Segera Bahas RUU Jabatan Hakim
Sabtu, 30 Oktober 2021
Rachmat Gobel Kritik APBN Dialokasikan untuk Proyek Kereta Cepat
Jumat, 29 Oktober 2021
BKSAP Tekankan Pentingnya Pendidikan Berkualitas Capai SDGs

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 02 November 2021
Gajah Seberat 2 Ton Ditemukan Mati di Bukit Apolo Pelalawan
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 29 November 2021
Siak Jadi Salah Satu Kabupaten Pembuka Kegiatan Festival Kabupaten Lestari ke-4 di Gorontalo
Senin, 29 November 2021
Bupati Siak Terima Penghargaan Dwija Praja Nugraha
Senin, 29 November 2021
8 Mabisaka Tingkat Daerah Riau Dilantik, Ketua Kwarnas Harapkan Saka Harus Terus Dikembangkan
Senin, 29 November 2021
Gelora Meranti Tuan Rumah Program Tanam 10 Juta Pohon

Serantau lainnya ...
Minggu, 28 November 2021
Kunjungi Butik Sakinah, Menteri Koperasi dan UKM Dorong Industri Fashion Angkat Kearifan Lokal
Senin, 22 November 2021
Dukung Pebalap di Mandalika World Superbike 2021, Komunitas Honda CBR Nobar hingga Meet & Greet
Minggu, 21 November 2021
Dihadiri Bupati dan Wabup Rohil, Forci Riau Pesisir Serahkan 100 Paket Sembako kepada Masyarakat
Kamis, 18 November 2021
Tips Mix and Match Busana Couple Kekinian

Gaya Hidup lainnya ...
Rabu, 04 Agustus 2021
Sebelum Dilantik, ASN di Meranti Harus Mengikuti Psiotes
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional

Advertorial lainnya ...
Senin, 29 November 2021
WHO Akui Belum Ada Bukti Varian Omicron Covid-19 Lebih Menular
Kamis, 21 Oktober 2021
Ubah Citra, Facebook akan Ganti Nama Perusahaan?
Senin, 04 Oktober 2021
Trump Minta Hakim Paksa Twitter Kembalikan Akunnya
Selasa, 07 September 2021
Apple Tunda Peluncuran Fitur Perlindungan Anak Gara-gara Ini...

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 27 Oktober 2021
Dikira Kena Covid-19, Gadis Ini Ternyata Sakit Parah Akibat Isap Vape
Sabtu, 23 Oktober 2021
Kisah Penyintas Covid-19, Berpikiran Positif dan Bermental Baja hingga Sembuh
Senin, 04 Oktober 2021
Gaya Hidup Tak Sehat Biang Banyak Anak Muda Derita Penyakit Jantung
Minggu, 26 September 2021
Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui, Demi Menjaga Buah Hati dan Kesehatan Keluarga

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 29 November 2021
Kembangkan Potensi Daerah, UIR Teken Kerjasama dengan Pemkab Pelalawan
Sabtu, 27 November 2021
Mahasiswa Prodi Perminyakan UIR Raih Juara pada Northern Sumatera Forum SKK Migas
Kamis, 25 November 2021
Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab Ikuti Leadership Camp
Rabu, 24 November 2021
HKI STAIN Gelar Seminar Peran dan Tantangan Hukum Keluarga di Era Revolusi Industri 4.0

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

Permata
Terpopuler
DPRD Riau 1 Panglima
Foto
Diskes Riau November 2021 Ok
Senin, 22 November 2021
Bikin Mewek, Gala Ingin Telepon Vanessa Angel & Bibi karena Rindu
Kamis, 04 November 2021
Vanessa Angel dan Suami Tewas Kecelakaan di Tol Jombang
Rabu, 27 Oktober 2021
Lucinta Luna Blak-blakan Soal Muhammad Fattah, Ungkap Settingan Bikin Tertekan dan Prank
Kamis, 21 Oktober 2021
Penampilan Terbaru Ivan Gunawan Ramai Disebut Mirip Nikita Mirzani

Selebriti lainnya ...
DPRD Riau 1
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
DPRD Riau 2
Rabu, 24 November 2021
Rangkaian HUT ke-23, BKMT Riau Gelar 'Musabaqah Menterjemah Alquran'
Kamis, 04 November 2021
Persembahkan Karya Tenas Effendy, LAMR dan Tafaqquh Taja Kajian Tunjuk Ajar Melayu Dalam Perspektif Alquran dan Hadis
Senin, 04 Oktober 2021
Kepengurusan Amphuri Riau-Kepri Resmi Dilantik, Berkhidmat untuk Umat
Kamis, 26 Agustus 2021
Ampuh Sembuhkan Penyakit, Ini Obat yang Dianjurkan Rasulullah

Religi lainnya ...
DPRD Riau 4
Indeks Berita
DPRD Riau 5Bhayangkara 2021 CAKAPLAHDPRD Riau 3DPRD Riau 6Diskes Rohul 2021DPRD Riau Hari GuruDPRD Riau Hari Guru 2DPRD Riau 2 Panglima
www www