Kamis, 19 Mei 2022

Breaking News

  • Turunkan Harga TBS Sepihak, PKS di Riau Bisa Disanksi Tegas   ●   
  • Kuala Lumpur Kembali Dilanda Banjir Bandang   ●   
  • Harga Sawit di Riau Rp3.919,87 Perkilogram, PKS Diminta Tidak sewenang-wenang Tetapkan Harga   ●   
  • PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei   ●   
  • Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang   ●   
  • ASN Pemko Pekanbaru Wajib Ingat! Bawa Mobil Dinas saat Lebaran Bakal Disanksi   ●   
  • Tol Pekanbaru Bangkinang Dibuka untuk Mudik, Polisi Dikerahkan untuk Pengamanan   ●   
  • Pengamanan Nataru Riau Kerahkan 2.527 Personel Gabungan   ●   
  • Varian Omicron Belum Ditemukan di Riau   ●   
  • Dinsos Riau Tak Punya Data Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19
Yamaha 18-21 Mei 2022
Polling
Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, Firdaus - Ayat Cahyadi, akan berakhir 22 Mei tahun 2022. Bagaimana menurut Anda kinerja mereka selama memimpin Pekanbaru?


Keterbukaan Informasi Publik di BRK, antara UU KIP dengan Kerahasiaan Bank
Minggu, 28 November 2021 10:04 WIB
Keterbukaan Informasi Publik di BRK, antara UU KIP dengan Kerahasiaan Bank

Batam (CAKAPLAH) - Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau Zufra Irwan, mengatakan lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif dan badan lain yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara adalah badan publik.

Hal tersebut disampaikan Zufra dalam acara workshop kebijakan Keterbukaan Informasi Publik, Jumat (25/11/2021) di Hotel Nagoya Hill, Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

"Lembaga pemerintah atau non-pemerintah asal dananya baik keseluruhan maupun sebagian bersumber dari APBN, APBD atau sumbangan masyarakat dan luar negeri, itu merupakan badan publik," tegasnya.

Dengan demikian, kata Zufra, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) seperti Bank Riau Kepri juga termasuk badan publik yang mesti taat dan menjalankan aturan-aturan tentang keterbukaan informasi sesuai perintah UU KIP. Kecuali, informasi yang termasuk kategori 'informasi dikecualikan'.

"Seluruh informasi yang dikelola dan dikuasai oleh badan publik merupakan informasi publik, kecuali informasi yang termasuk kategori "informasi dikecualikan''. Informasi-informasi dimaksud mesti disampaikan kepada publik atau masyarakat secara terbuka dan transparan sesuai mekanisme maupun aturan-aturan yang telah ditetapkan," tegas Zufra.

Mengingat besarnya tanggungjawab dan kewajiban badan publik dalam hal keterbukaan informasi kepada publik, maka UU KIP juga telah mengatur kewajiban badan publik untuk membentuk PPID. Karena itu PPID bertugas mengelola, menyimpan dan mendokumentasikan seluruh informasi-informasi dimaksud. PPID pula yang menjadi ujungtombak badan publik dalam melayani masyarakat yang memintakan informasi yang dibutuhkan.

"Jadi ujungtombak badan publik dalam urusan informasi publik itu ada di PPID. Pimpinan Bank Riau Kepri, sebutlah Pak Dirut, tidak mesti lagi repot-repot atau turun tangan langsung menjawab setiap permohonan informasi tentang BRK baik yang dimintakan masyarakat, LSM ataupun wartawan sekalipun. Semua terpusat di PPID," ujar Zufra.

Karena itu, sebut Zufra, PPID di setiap badan publik termasuk BRK, mestilah dibentuk dengan baik dan ditempati oleh pejabat-pejabat yang berkompeten mengelola informasi dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. "Soal mekanisme kerja PPID maupun syarat-syarat pembentukan PPID, semuanya bisa bapak-bapak dan ibu-ibu akses langsung di internet (google searching,red)," papar Zufra.

Yang pasti, kata Zufra, transparansi yang dilakukan oleh badan publik akan membuat para pejabat publik atau aparatur pemerintah dapat bekerja dengan nyaman dan tenteram. "Karena pada hakikatnya transparansi itu menyelamatkan aparatur dari jerat hukum, rongrongan oknum-oknum LSM, wartawan oknum penegak hukum. Juga menyelamatkan aparatur atau pejabat publik dari tindakan kolusi, korupsi dan nepotisme. Kalau sudah transparan dan terbuka, tentu tidak akan ada lagi celah maupun kesempatan untuk bertindak menyimpang," tegas Zufra lagi.

Kerahasiaan Bank

Dalam workshop yang berlangsung selama hampir lima jam tersebut, banyak mencuat pertanyaan-pertanyaan dari peserta berkaitan dengan pasal kerahasiaan bank dan (data) nasabah bank seperti diatur dalam UU Perbankan nomor 7 tahun 1992 maupun UU Perbankan nomor 10 tahun 1998. Sementara di sisi lain, UU KIP justru memiliki semangat keterbukaan dan transparansi yang seolah-olah bertentangan dengan UU Perbankan.

Terkait pertanyaan demikian, Zufra Irwan menjelaskan UU KIP sudah menjawab semua keraguan dan kekhawatiran badan publik termasuk lembaga perbankan seperti Bank Riau Kepri. "Pada pasal 6 UU KIP sudah diatur dan ditegaskan tentang dua jenis pengecualian informasi, yakni, pengecualian substansial dan prosedural," terang Zufra.

Pengecualian substansial dalam Pasal 6 ayat 1 UU KIP ditegaskan tidak boleh diberikan kepada publik karena secara substansial informasi tersebut termasuk dalam kategori yang harus dirahasiakan. Lalu, untuk Pengecualian Prosedural, suatu informasi yang secara substansial terbuka namun tata cara pemberiannya diatur melalui suatu prosedur khusus yang diatur oleh peraturan perundang-undangan.

Secara umum, kata Zufra lagi, Pasal 6 UU KIP menegaskan ada lima jenis informasi yang dikecualikan dan badan publik berhak menolak memberikan informasi dimaksud. Meliputi: informasi yang dapat membahayakan negara; informasi yang berkaitan dengan kepentingan perlindungan usaha dari persaingan usaha tidak sehat; informasi yang berkaitan dengan hak-hak pribadi; informasi yang berkaitan dengan rahasia jabatan; dan/atau Informasi Publik yang diminta belum dikuasai atau didokumentasikan.

"Nah dari penjelasan pasal 6 UU KIP tersebut sangat tegas diatur tentang informasi yang berkaitan dengan kepentingan perlindungan usaha dari persaingan usaha tidak sehat maupun hak-hak pribadi dan rahasia jabatan yang terkait langsung dengan UU Perbankan. Jadi soal kerahasiaan bank maupun nasabah bank itu termasuk informasi yang dikecualikan menurut UU KIP," jawab Zufra.

Public Relations Bank Riau Kepri M Dwi Harsadi Putra juga mempertanyakan tentang PPID, baik menyangkut daftar informasi publik (DIP) yang mesti disediakan, alur permohonan informasi publik maupun tentang infrastruktur PPID.
Terkait hal itu Komisioner KI Riau bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi (ASE) Alnofrizal kemudian menjelaskan secara rinci tentang tata kelola layanan informasi publik oleh PPID seperti yang termuat dalam Peraturan Komisi Informasi (PerKI) nomor 1 tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik (SLIP).

"PPID itu pejabat yang bertanggung di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan pelayanan informasi publik. PPID bertanggungjawab langsung kepada Atasan PPID. Kalau di BRK, pejabat PPID itu adalah Humas atau publik relations-nya. Di Pemprov atau Pemkab dan Pemko atasan langsung PPID-nya adalah Sekretaris Daerah. Posisi tersebut di BRK ada pada Sekretaris Perusaahaan atau Kepala Divisi Pemimpin Sekretariat Bank Riau Kepri," jelas Alnofrizal.

Setelah PPID dibentuk, jelas Alnof, mesti diikuti dengan penyediaan infrastuktur atau sarana dan prasana pelayanan informasi mulai dari desk layanan informasi, petugas pelayanan informasi (SDM) serta penyediaan daftar informasi publik (DIP).

Soal DIP selain ditampilkan secara langsung melalui papan informasi yang tersedia di kantor PPID, di era teknologi informasi ini juga harus disajikan melalui website yang setiap waktu dapat diakses oleh masyarakat atau publik maupun pemohon informasi.

Tentang alur permohonan informasi oleh pemohon informasi dijelaskan Alnofirizal, bahwa ada jangka waktu yang mesti diperhatikan. UU KIP telah menetapkan jangka waktu 10 hari kerja plus perpanjangan waktu 7 hari kerja bagi badan publik untuk menjawab secara tertulis pemberitahuan tentang permintaan informasi yang disampaikan pemohon informasi. "Jadi sebenarnya cukup panjang dan banyak kesempatan badan publik untuk menyiapkan jawaban atas informasi yang dimintakan pemohon informasi," kata Zufra Irwan menimpali.

Akan Bentuk PPID

Direktur Utama Bank Riau Kepri Andi Buchari yang hadir di sesi terakhir workshop menyampaikan apresiasinya terhadap Komisi Informasi Riau yang telah memaparkan secara jelas dan rinci tentang berbagai hal terkait keterbukaan informasi publik serta mekanisme penyampaian informasi melalui PPID.

"Pertama, saya atas nama manajamen Bank Riau Kepri berterimakasih kepada Komisi Informasi Riau atas dukungan dan kerjasama selama ini dalam meningkatkan keterbukaan informasi publik di Bank Riau Kepri. Semoga ke depan kerjasama ini semakin lebih baik lagi," kata Andi Buchari.

Melalui kegiatan workshop tersebut, menurut Dirut BRK, jajaran Bank Riau Kepri semakin memahami apa yang harus dilaksanakan dan juga yang tidak boleh dilakukan oleh badan publik. "Kita semakin paham dengan ketentuan-ketentuan yang ada dalam UU KIP serta kaitannya dengan UU Perbankan. Mana informasi yang boleh disampaikan maupun informasi yang dikecualikan dan sebagainya," ungkap Dirut BRK.

Setelah mendengar pemaparan Komisi Informasi, kata Andi Buchari, pihaknya akan segera memantapkan pembentukan PPID di seluruh Kantor Bank Riau Kepri, baik Kantor Pusat, Cabang maupun cabang pembantu yang tersebar di dua provinsi itu, yakni Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau. "Segera akan kita bentuk PPID di seluruh kantor cabang dan juga kantor pusat BRK," tegas Andi Buchari.

Penulis : Alzal
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Ekonomi, Pemerintahan, Riau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, Firdaus - Ayat Cahyadi, akan berakhir 22 Mei tahun 2022. Bagaimana menurut Anda kinerja mereka selama memimpin Pekanbaru?

Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 19 Mei 2022
PDIP Dukung Keputusan Mendagri dalam Penetapan Nama Pj Bupati Kampar
Kamis, 19 Mei 2022
Digelar 22 Mei, HBH 2022 IKASMANSA Pekanbaru Membangun Kebersamaan dengan Balutan Keragaman Kuliner Lokal
Kamis, 19 Mei 2022
DKPP Pastikan Belum Ada Hewan Ternak Dumai Terserang PMK
Kamis, 19 Mei 2022
Desak Pertimbangkan Ulang Larangan Ekspor CPO, DPRD Pelalawan Surati Presiden RI

Serantau lainnya ...
Rabu, 18 Mei 2022
Live Streaming 61 Jam Non Stop bank bjb Siap Pecahkan Rekor MURI
Selasa, 17 Mei 2022
Sepuluh Peserta Siap Unjuk Gigi di Asik Bang BNPT Festival 2022
Rabu, 11 Mei 2022
Jadi Motivator Hidup Hemat, Pria Ini Malah Habiskan Rp 14 Juta Sehari Buat Makan
Jumat, 06 Mei 2022
Hari Pertama Tayang Doctor Strange 2 Langsung Dulang Rp 394 Miliar

Gaya Hidup lainnya ...
Senin, 18 April 2022
Masjid Paripurna Pekanbaru Sebagai Pusat Perekonomian dan Pembinaan Masyarakat
Jumat, 15 April 2022
Capaian Vaksin Tertinggi di Riau, Walikota Pekanbaru Terima Penghargaan dari Wakapolri
Kamis, 14 April 2022
Layanan Berkelas Dunia, Pemko Pekanbaru Lakukan Perluasan MPP
Jumat, 08 April 2022
Memudahkan Pembayaran Pajak, Bapenda Punya Smart Tax Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Selasa, 17 Mei 2022
Penyebab Colokan Listrik Tiap Negara Berbeda-Beda
Selasa, 10 Mei 2022
Perhatikan! Ini 5 Tips Memilih MicroSD yang Awet dan Bagus
Rabu, 27 April 2022
Bulan Ramadan Momen Tepat Ganti Smartphone?
Minggu, 13 Maret 2022
Perlu Upaya Penyelamatan, Kenali 4 Tanaman Endemik yang Terancam Punah di Indonesia

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 17 Mei 2022
Perlukah Saus Cabe Botolan Disimpan di Kulkas?
Sabtu, 14 Mei 2022
KPA Pekanbaru Dukung Program Tri Zero Kemenkes untuk Penanganan Kasus HIV/AIDS
Jumat, 06 Mei 2022
Hepatitis Misterius Merebak Serang Anak-anak, Begini Cara Mencegahnya
Rabu, 27 April 2022
Tips Mudik Agar Aman Selama Perjalanan, Hindari Posting!

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 19 Mei 2022
22 Proposal Penelitian Dosen UIR Didanai Kemenristekdikti
Kamis, 19 Mei 2022
UIR Terima Bantuan Software Senilai Rp732 Miliar dari Schlumberger
Rabu, 18 Mei 2022
Prof Iwantono Nyatakan Maju Pemilihan Rektor Unri, Klaim Telah Kantongi 31 Suara Senat
Jumat, 13 Mei 2022
IKA Teknik Dorong Dekan Prof Azridjal Aziz Maju Calon Rektor Unri 2022-2026

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...
Polling
Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, Firdaus - Ayat Cahyadi, akan berakhir 22 Mei tahun 2022. Bagaimana menurut Anda kinerja mereka selama memimpin Pekanbaru?


Pelantikan Sekda Rohul 20 April 2022
Terpopuler
LAM
Foto
Idulfitri 1443 H APRIL
Waisak 16 Mei 2022 - APRIL
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!
Jumat, 06 Mei 2022
Cantiknya Sophia Latjuba saat Lebaran, Tetap Stylish Walau Pakai Sarung
Rabu, 27 April 2022
Dikira Mualaf, Ternyata Ini Alasan Celine Evangelista Sering Pakai Baju Muslim

Selebriti lainnya ...
Idulfitri 1443 H - UIN SUSKA RIAU
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
PKS Kampar - ucapan Ramadan 1443 H
Rabu, 27 April 2022
Dompet Dhuafa Volunteer Riau Gelar Puncak Serambi
Selasa, 26 April 2022
ACT Riau Tebar Sajian Iftar terbaik untuk Yatim, Penghapal Quran, dan Warga Prasejahtera
Kamis, 21 April 2022
Menjemput Lailatul Qadar
Minggu, 17 April 2022
Bupati Rohil Pastikan akan Gelar Takbir Keliling Malam Lebaran

Religi lainnya ...
Ucapan Ramadan 1443 H
Rabu, 13 April 2022
Pemko Pekanbaru Gelar Rakor Saber Pungli Terkait Penyelenggara Pelayanan Publik
Jumat, 04 Maret 2022
Dispora Pekanbaru Taja Liga Pelajar Futsal 2022, Tim SMAN 12 Sukses jadi Juara
Selasa, 01 Maret 2022
Dibuka Walikota Firdaus, Dispora Pekanbaru Sampaikan Selamat Kepada Sang Juara Taekwondo Cup
Selasa, 22 Februari 2022
Dikunjungi DPRD Limapuluh Kota, Dispora Pekanbaru Berbagi Ilmu Soal Dana Hibah Keolahragaan

ADV lainnya ...
Khas Rabu
Indeks Berita
www www