Selasa, 06 Desember 2022

Breaking News

  • Jelang Natal dan Tahun Baru, Muflihun Sebut Harga Sembako Masih Stabil   ●   
  • Masih Jauh dari Target, Retribusi Sampah di Pekanbaru Baru Rp 3,8 Miliar   ●   
  • Kades di Meranti Berharap Perseteruan Bupati dan Gubri Tidak Berlanjut   ●   
  • Wamendes: Kemajuan Desa Mandiri di Riau Melejit   ●   
  • Riau Tetapkan Status Siaga Banjir dan Longsor 2022 sampai Akhir Desember   ●   
  • Kasus Covid-19 Menanjak, Gubri Perintahkan Gesa Vaksinasi Booster   ●   
  • Paling Lambat 3 Desember, Pemprov Riau Ingatkan 8 Daerah segera Usulkan Draf APBD 2023   ●   
  • Kapolda Pertama yang Turun Langsung ke Lokasi Gempa Cianjur, Irjen Iqbal Bawa 9 Truk Sembako   ●   
  • Sensus Terkini, Pertumbuhan Islam di Inggris Meroket   ●   
  • Oknum Staf KUA Diduga Lecehkan Siswi MTs di Siak Ditangkap
Yamaha 27-30 November 2022

CAKAP RAKYAT
Revitalisasi Desa Sebagai Pilar Bangsa
Senin, 27 Desember 2021 08:02 WIB
Revitalisasi Desa Sebagai Pilar Bangsa
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Belum lama ini Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menggelar silaturahim dengan para Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Provinsi Riau di kediamannya (25/12/2021). Momen tadi tentu bernilai istimewa. Paska diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 (PP 11/2021) tentang Badan Usaha Milik Desa yang kemudian ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 40 Tahun 2021 (Permenkumham 40/2021) tentang Penerbitan Sertifikat Pendaftaran Badan Hukum Badan Usaha Milik Desa/Badan Usaha Milik Desa Bersama.

Dalam kesempatan tersebut, Gubri meminta BUMDes lebih aktif dan progresif mengelola. Sehingga dapat memetakan potensi-potensi desa sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan pendapatan desa dengan melirik dan menggali sumber daya potensial yang ada di desa untuk kemajuan pembangunan dan ekonomi masyarakat. BUMDes merupakan ikhtiar merevitalisasi peran desa sebagai pilar ekonomi bangsa sekaligus bentuk komitmen atas penerapan otonomi daerah.

Menyoal PP 11/2021, Pemerintah mengatakan aturan turunan tersebut penjabaran dari UU 11/2020 tentang Cipta Kerja. Meski sebenarnya BUMDes sudah lebih dulu diatur dalam UU 6/2014 tentang Desa, yang dijelaskan sebagai badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa. Sama halnya dengan BUMN dan BUMD, BUMDes juga berfungsi ganda.

Disebutkan dalam Pasal 89 UU Desa, bahwa profit berupa pengembangan usaha dan nilai kemaslahatan bagi masyarakat berupa pembangunan desa, pemberdayaan manusia desa, pemberian bantuan untuk masyarakat miskin melalui hibah, bantuan sosial dan kegiatan dana bergulir yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). UU Ciptaker lalu menegaskan kedudukan BUMDes sebagai badan hukum. Dengan begitu dapat menjadi konsolidator produk atau jasa, produsen berbagai kebutuhan, dan inkubator usaha masyarakat.

Penguatan

Upaya memperkuat desa dalam perekonomian sangat fundamental dalam konteks kedaulatan bangsa. Bahkan Islam turut memberi perhatian khusus terhadap desa. Salah satunya sebuah hadist yang melarang orang kota menjualkan barang untuk orang desa. Ibnu Abbas RA pernah ditanya tentang maksud sabda Nabi, “Orang kota menjualkan barang untuk orang desa,” lalu ia menjawab, “Janganlah orang kota jadi makelar (perantara) bagi orang desa” (HR. Al-Bukhari dan Muslim). Melalui hadist barusan tersurat pesan betapa penting membangun sistem perekonomian yang dapat memproteksi dan berpihak kepada desa. Desa yang identik sebagai penghasil komoditi selalu jadi daya tarik bagi pedagang dari kota. Mereka selalu menawar barang dengan harga lebih rendah dari harga di pasar. Sementara pihak desa seringkali dalam posisi lemah dan tak mengetahui harga pasaran sebenarnya. Mayoritas ulama bersepakat mengharamkan cara tadi yang diistilahkan dengan talaqqi rukban.

Kita ingin cara yang sama dalam rangka merevitalisasi peran desa. Sehingga desa bisa berbuat lebih banyak dan punya posisi tawar lebih baik dalam perekonomian. Kembali ke BUMDes, mengutip pernyataan Presiden Joko Widodo saat peluncuran Sertifikat Badan Hukum BUMDes dalam Rakornas BUMDes 2021, bahwa sertifikat bukan sekedar secarik kertas. Tapi pemicu lahir dan tumbuhnya usaha dari desa serta aspek penting dalam urusan manajerial. Dengan tata kelola urusan desa yang terus membaik akan dapat mencapai potensi yang diharapkan. Kita memaklumi proses ini tak instan. Pasti selalu ada cela dan kekurangan. Untuk itu perlu komitmen dan kepedulian. Terutama Pemerintah Daerah (Pemda) memiliki peran sentral. Dalam aspek pembinaan dan pendampingan pemerintah desa mengelola BUMDes. Pendampingan dimaksud disamping mulai sifatnya teknis seperti capacity building hingga berupa bantuan permodalan dan hibah. Karena Pemerintah desa perlu kecakapan memilih jenis usaha akan dikembangkan dan potensial mendatangkan keuntungan.

Hingga kini, secara umum untuk desa sudah lebih Rp400 T Dana Desa digelontorkan Pemerintah dalam tujuh tahun terakhir. Begitujuga Pemda. Untuk BUMDes misalnya, Pemprov Riau sudah menganggarkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Riau seiring kemajuan positif BUMDes di Riau. Baik secara kualitas organisasi maupun kualitas bisnis. Kami di legislatif mengapresiasi skema baru pengalokasian dana BKK tahun 2022, yang mana alokasi BUMDes tak lagi disamakan. Melainkan berdasar kategori yakni: dasar, tumbuh, berkembang dan maju. Namun pendekatan baru tersebut diharapkan tak hanya fokus ke usaha berkembang dan maju. Sedangkan kategori di bawahnya dianaktirikan atau tidak diperhatikan. Kacamata tadi justru bisa blunder sebab akan membatasi perkembangan usaha desa. Yang kuat semakin mendominasi sementara yang lemah perlahan mati. Kita ingin dari semula 3 usaha bertambah 5 begitu seterusnya berlipat ganda. Cara memotivasi dan memacu daya saing BUMDes memang bagus, tapi pendekatannya harus multi perspektif.  

Masih perihal aspek dukungan, perlu menjembatani kerjasama dan memfasilitasi kolaborasi BUMDes dengan sektor perbankan atau BUMN atau BUMD dan pihak swasta. Pemprov Riau mempunyai BUMD dengan keunggulan dengan prospek masing-masing. Melalui sinergi dan kolaborasi diyakini akan dapat mengakselerasi pencapaian visi dan misi serta rencana pembangunan daerah. Kombinasi antara BUMDes dan dana desa yang digulirkan merupakan peluang untuk mensinergikan dengan berbagai program daerah. Contoh dalam mendukung ketahanan pangan daerah melalui kolaborasi antara BUMDes dengan BUMD atau pihak swasta. Orientasi ke program intensifikasi pertanian yang bisa meningkatkan hasil panen dan lumbung pangan. Mengingat desa basis sektor pertanian dan perkebunan, maka keberadaan sektor tadi sebagai penunjang eksistensi desa harus tetap dijaga dan dipertahankan. Jadi bukan mengganti dengan sektor baru yang dapat menghilangkan nilai unggul khas desa. Terlebih berkaca ke selama pandemi, kontribusi sektor perkebunan dan pertanian tumbuh positif di saat sektor lain meredup bahkan minus. Ke depan tren dan prospek sektor dimaksud diprediksi bakal semakin menjanjikan.

Dukungan Kebijakan

Disamping pendekatan di atas, revitalisasi desa butuh konsistensi regulasi dan kebijakan. Ini perlu disampaikan. Terlebih belakangan ada polemik setelah terbit Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN Tahun Anggaran 2022. Aturan diprotes keras oleh Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI). Pangkal masalah, PP tersebut mewajibkan alokasi 40 persen Dana Desa untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Pemerintah desa mengaku kesulitan menerapkan aturan karena situasi dan kondisi setiap desa berbeda-beda, ada penduduknya banyak ada pula desa penduduk sedikit. Kantor Staf Presiden (KSP), berdasarkan verifikasi ke lapangan membenarkan bahwa ternyata tak semua desa punya dana desa memadai untuk penyaluran BLT. Jadi agak lucu aturan ini. Protes datang selain dinilai tidak menghormati kewenangan desa sebagaimana diamahkan UU Desa, aturan Pemerintah justru berpotensi jerat hukum bagi pihak desa. Hal-hal begini seharusnya tak terjadi. Ujungnya malah kontraproduktif. Pemerintah sudah di jalur tepat memprioritaskan pemulihan ekonomi dengan merevitalisasi BUMDes dan pengembangan ekonomi mikro. Tapi jangan malah dibebankan ke dana desa. Toh tanpa aturan tersebut dana desa sudah dipakai untuk jaring pengaman sosial.

Sebagai penutup perlu ditekankan bahwa urgensi merevitalisasi desa bukan semata amanah konstitusi. Tapi itulah jati diri bangsa. Bicara desa tidak bisa dilepaskan dari bicara ikatan sejarah. Pilar yang menahan berdirinya republik sejak merebut kemerdekaan hingga kini dan di masa mendatang. Dalam upaya memperkuat desa, Pemerintah harus lebih banyak mendengar suara dari bawah. Karena pola pembangunan akan sukses ketika berlangsung dari bawah ke atas. Praktik sentralisasi sudah terbukti gagal membawa negeri menuju ke kesejahteraan. Tak muluk rasanya mengatakan agenda pemulihan ekonomi bangsa diawali dengan mengembalikan desa ke peran utamanya sebagai penggerak ekonomi daerah dan nasional.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi III DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Olahraga
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 06 Desember 2022 11:00 WIB
Riau Dan Misi Pariwisata Medis
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Kamis, 01 Desember 2022 08:16 WIB
Kebijakan dan Strategi Pengelolaan Keuangan Desa
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Rabu, 16 November 2022 11:43 WIB
Memupuk Sikap Toleransi
Rabu, 02 November 2022 14:13 WIB
Membentuk Mentalitas Pelayanan
Rabu, 12 Oktober 2022 08:10 WIB
Jiwa Sehat, Insan Kuat, Bangsa Hebat
Rabu, 26 Oktober 2022 22:08 WIB
BOS Optimal, SDM Handal
Kamis, 20 Oktober 2022 08:20 WIB
Pentingnya Integrasi Ke Sektor Pendidikan
Jum'at, 02 September 2022 14:49 WIB
One Command Center Solusi Kegawatdaruratan di Riau
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Selasa, 27 September 2022 16:21 WIB
Siasat Paska Kenaikan BBM
Kamis, 10 November 2022 18:00 WIB
Meneladani Nilai-Nilai Kepahlawanan
Jum'at, 18 November 2022 08:22 WIB
G20 Dalam Angka, Riau Dimana?
Sabtu, 08 Oktober 2022 20:34 WIB
Menjaga Warisan Nabi
Jum'at, 28 Oktober 2022 22:33 WIB
Melestarikan Warisan Sumpah Pemuda
Jum'at, 09 September 2022 14:10 WIB
Gotong Royong Perkuat Daya Saing SDM
Kamis, 20 Oktober 2022 09:59 WIB
Regsosek dan Semangat Sumpah Pemuda
Senin, 15 Agustus 2022 19:21 WIB
Kesetaraan Kunci Bangun Bangsa
Sabtu, 01 Oktober 2022 15:35 WIB
Belajar Setia Dari Sejarah
Rabu, 17 Agustus 2022 12:35 WIB
Mari Jaga Warisan Kemerdekaan
Minggu, 16 Oktober 2022 20:11 WIB
Stunting Dan Ancaman Daya Saing
Jum'at, 28 Oktober 2022 08:20 WIB
Pemuda, Tetaplah Optimis
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 06 Desember 2022
Dit Intelkam Polda Riau Santuni penyandang Disabilitas
Selasa, 06 Desember 2022
Kantongi Persetujuan OJK, bank bjb Resmi Masuk jadi Pemegang Saham Bank Bengkulu
Selasa, 06 Desember 2022
Penghijauan di Tapak, BPDASHL Inrok Dukung KKBSM FIA Unilak
Selasa, 06 Desember 2022
Kampar Terima Terima DIPA dan Alokasi TKD Rp 2,054 Triliun Plus Penghargaan WTP 7 Kali Berturut-turut  

Serantau lainnya ...
Rabu, 30 November 2022
Resep Martabak Telur Roti Tawar, Simpel dan Enak ala Chef Devina Hermawan
Rabu, 30 November 2022
Forum Maxi Pekanbaru Peduli Gempa Cianjur
Selasa, 29 November 2022
Rinaldi dan Chandra Resmi Pimpin Nmax Owner Communitas Periode 2022 - 2024
Rabu, 23 November 2022
Kenali PHA: Kandungan Skincare untuk Kulit Sensitif

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Kamis, 01 Desember 2022
Kuau Raja, Si Burung Bermata Seratus dari Sumbar yang Terancam Punah
Rabu, 30 November 2022
Mengenal Ubur-ubur Kotak, Makhluk Laut Paling Berbisa di Dunia
Rabu, 23 November 2022
Walau Bersayap, 7 Burung Ini Tidak Bisa Terbang
Senin, 21 November 2022
Kemenkominfo Gelar Literasi Digital, "Tips Digital: WhatsApp For Business"

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 30 November 2022
Sambiloto: Si Raja Pahit yang Kaya Manfaat bagi Kesehatan
Senin, 28 November 2022
Dinas P3AP2-KB Riau Luncurkan Aplikasi Perlindungan Perempuan dan Anak
Senin, 21 November 2022
Aksesoris Travelling Yang Wajib Anda Bawa Saat Hujan
Jumat, 18 November 2022
Cegah Sakit di Musim Hujan dengan Mengonsumsi 7 Makanan Mengandung Vitamin B6

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 05 Desember 2022
Pererat Silaturahmi Antar Mahasiswa Kampar di Yogyakarta, IPRY-KK Gelar Malam Keakraban
Jumat, 02 Desember 2022
5 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Disesali setelah Lulus, Kamu Bagaimana?
Kamis, 01 Desember 2022
Penggunaan Gedung SMK Revolusi 4.0 SMK Abdurrab Pekanbaru Diresmikan
Kamis, 01 Desember 2022
5 Kampus Paling Diminati di Indonesia

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

Pegadaian Oktober 2022
Terpopuler

03

Khas Hotel November 2022
Foto
DPRD Riau 2022 1
Diskes Rohul Agustus 2022
Selasa, 06 Desember 2022
Bukan dengan Istri, Shah Rukh Khan Umrah Didampingi Bodyguard
Sabtu, 26 November 2022
Indra Prasta Simpati Gempa Cianjur, Lelang Gitar Kesayangan
Senin, 21 November 2022
Blak-blakan Nia Ramadhani kepada Merry Riana; Terjerat Kasus Narkoba Jadi Mukjizat Bagi Pernikahanku
Sabtu, 19 November 2022
DDV dan Aksa Bumi Langit Gelar Nonton Bersama untuk Anak-anak Kurang Beruntung

Selebriti lainnya ...
DPRD Riau 2022 2
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
BSP - HUT Siak 12 Oktober 2022
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
DPRD Riau Hari Kesehatan Nasional 2022
Indeks Berita
DPRD Riau HUT BRIMOB 2022DPRD Riau HGN 2022HUT RI 77 - APRIL RAPPPertaminaHUT Riau 2022 - PT SPR
www www