Sabtu, 10 Desember 2022

Breaking News

  • Penetapan UMK Tiga Daerah di Riau Sempat Dikoreksi sebelum Diteken Gubri   ●   
  • Polresta Pekanbaru Raih Predikat Pertama Terbaik se-Indonesia   ●   
  • Bapenda Riau Pastikan Tak Ada Pemutihan Denda Pajak Tahun Ini   ●   
  • Jelang Natal dan Tahun Baru, Muflihun Sebut Harga Sembako Masih Stabil   ●   
  • Masih Jauh dari Target, Retribusi Sampah di Pekanbaru Baru Rp 3,8 Miliar   ●   
  • Kades di Meranti Berharap Perseteruan Bupati dan Gubri Tidak Berlanjut   ●   
  • Wamendes: Kemajuan Desa Mandiri di Riau Melejit   ●   
  • Riau Tetapkan Status Siaga Banjir dan Longsor 2022 sampai Akhir Desember   ●   
  • Kasus Covid-19 Menanjak, Gubri Perintahkan Gesa Vaksinasi Booster   ●   
  • Paling Lambat 3 Desember, Pemprov Riau Ingatkan 8 Daerah segera Usulkan Draf APBD 2023
Yamaha 7-12 Desember 2022

CAKAP RAKYAT
Riau Menatap 2022
Kamis, 30 Desember 2021 12:58 WIB
Riau Menatap 2022
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM

Tahun 2021 berlalu, tahun 2022 babak baru. Banyak asa dan harapan datang dari diri pribadi, komunitas, masyarakat termasuk urusan berbangsa dan bernegara. Semua menginginkan hal baik meski kadangkala pencapaian tak selalu apik. Oleh karena itu perlu kiranya menerapkan perkataan bijak, berharap yang terbaik berencana menghadapi yang terburuk. Pola pikir ini secara tak langsung menghendaki setiap urusan wajib ada perencanaan matang. Sehingga setiap keinginan tidak sekedar ungkapan optimis tetapi juga terukur dan realistis. Tindakan dan aksi yang ditempuh tidak grasa-grusu dan spontanitas, yang akibatnya bukan menyelesaikan masalah malah menambah masalah baru.

Kami selaku pihak yang diamanahkan sebagai penyelenggara pemerintahan daerah tentu saja menaruh perhatian besar pada lingkup urusan pemerintahan dalam rangka menyikapi peluang dan tantangan di hadapan. Dengan begitu tergambar kesiapan dari aspek kebijakan. Untuk itu, evaluasi perlu ditempuh atas perjalanan selama tahun berjalan sebagai bahan pokok proyeksi ke depan. Secara faktual, tantangan masih sama yakni wabah atau pandemi. Pengalaman dua tahun belakangan semestinya cukup sebagai modal berharga guna mengambil langkah lebih baik di tahun 2022. Apalagi pandemi memberi momentum lompatan pembelajaran di segala bidang dan bagi semua pihak. Termasuk pihak penyelenggara pemerintahan, dituntut lebih sensitif dan responsif terhadap urusan publik. Pemerintahan dipaksa mengalami upgrade besar-besaran akibat perubahan mendadak situasi dan kondisi. Ditambah meningkatnya kesadaran masyarakat atas hak-hak dasar mereka sebagai warga. 

Berkaca pada fenomena dan menghadapi tantangan di tahun 2022, ada hal substansial untuk dibahas. Diawali urgensi optimalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang berperan dalam rangka pemenuhan barang publik semisal infrastruktur mendasar, sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi hingga menjaga masyarakat terdampak pandemi tak jatuh lebih dalam ke jurang kemiskinan. Oleh karena itu, secara nasional, agenda Pemerintah Pusat tahun 2022 masih dalam periode keberlanjutan pemulihan ekonomi dan reformasi struktural. Belanja daerah wajib berorientasi sama. Dilemanya di sini. Kebutuhan belanja meningkat sedangkan penerimaan menyusut. Menyoal mengejar pendapatan daerah, Pemerintah Daerah (Pemda) juga diminta pandai-pandai. Apalagi dibalik Undang-Undang Harmonisasi Pengaturan Pajak (UU HPP) yang belum lama disahkan, terselip tujuan di luar unsur formal. Banyak pihak menduga niat Pemerintah hendak “menagih” berbagai insentif dan bantuan fiskal yang dikeluarkan selama pandemi. Jika cara dan timing eksekusi nanti tidak tepat bisa-bisa blunder. Agenda pemulihan ekonomi malah buyar. Bukannya bangkit malah kembali sakit. Belum lagi bicara paska UU Cipta Kerja yang diputus inkonstitusional oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Mengingat beleid itu merubah banyak aturan, aktivitas daerah bisa terganggu dan dihantui ketidakpastian.

Terkait terbatasnya ruang belanja pada APBD, sebenarnya jika dikaji seksama akar persoalan bukan semata ketersediaan anggaran. Sorotan justru pada ketidakefektifan dan ketidakefisien penganggaran. Sudah rahasia umum belanja pemerintah pusat hingga daerah banyak kurang tepat, pemborosan, banyak kebocoran dan lain-lain. Saat pandemi cela-cela tata kelola keuangan terungkap ke permukaan. Inilah kemudian mendorong reformasi struktural. Kita menginginkan reformasi dimaksud serius diterapkan demi pengelolaan dan penggunaan anggaran lebih baik lagi. Sebagaimana pidato Presiden saat penyampaian RAPBN TA 2022, satu dari enam kebijakan utama menyasar reformasi penganggaran dengan menerapkan zero-based budgeting agar belanja lebih efektif dan efisien.

APBD Riau turut dijangkiti “wabah” serupa. Mengatasi ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau perlu berbenah. Kami di legislatif berkeyakinan, bila belanja tepat guna dan terukur menjawab kebutuhan mendasar masyarakat, APBD Riau 2022 bisa berbicara banyak ke depan. Syarat lain mesti dipenuhi adalah komit dan konsisten laksanakan blueprint daerah. Adapun kebutuhan dan prioritas Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 yaitu “meningkatkan kemandirian ekonomi berbasis industri, pertanian dan pariwisata dengan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang prima”. Dijabarkan ke dalam 6 prioritas, yakni: Pengembangan industri; Pengembangan pertanian; Pengembangan pariwisata; Pembangunan infrastruktur dan pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan; Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang beriman, berkualitas dan berdaya saing; Tata Kelola dan pelayanan publik yang prima. Cuman muncul pertanyaan. Setakad ini nyaris tak jelas apakah indikator-indikator perencanaan daerah di tahun anggaran sebelumnya sudah terpenuhi, dan jika ada yang meleset lantas apa tindak lanjutnya?

Prioritas

Tren ekonomi Riau di tahun 2022 berpeluang terus membaik. Arus investasi yang masuk berikut ekspor dipicu tingginya permintaan komoditas Riau seperti kelapa sawit dan Migas. Namun kita butuh perspektif baru. Menggaet investasi berkualitas dan ekspor bukan lagi bahan baku. Berkaca ke prioritas daerah 2022 dan merealisasikan perspektif baru dimaksud, PR terberat memang di infrastruktur dan SDM. Dua ini titik lemah Riau menarik investasi yang berkualitas (investasi yang memberi nilai tambah bagi daerah). Terkhusus SDM, Pemprov Riau mesti mencurahkan perhatian pada sektor-sektor vital. Pembenahan sarana dan prasarana sekolah yang cukup banyak dalam kondisi kurang layak hingga rusak, penyediaan hingga revitalisasi fasilitas kesehatan serta kebutuhan mendasar lain terangkum dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Aspek teknis semisal aktivitas pendidikan di sekolah yang terhambat di masa pandemi sedikit banyak mengganggu capaian daya saing. Di sisi lain, keinginan masyarakat agar kegiatan sekolah tatap muka dapat terus berjalan meski harus beradaptasi dengan kondisi. Karena banyak meragukan efektivitas metode pembelajaran online juga bertambah beratnya beban biaya. Dalam situasi terdampak pandemi, wajar masyarakat lebih ketat urusan keuangan.

Selain itu, penggunaan anggaran diarahkan untuk merekayasa pertumbuhan ekonomi dan menjaga daya beli masyarakat. Sebab daya beli menentukan porsi terbesar dari ekonomi yaitu komponen konsumsi. Pemerataan pembangunan juga kunci agar pertumbuhan ekonomi tidak terkonsentrasi di beberapa titik saja. Pemprov Riau memang telah beritikad dan berupaya memperbaiki kualitas pemerataan pembangunan ke Kabupaten/Kota. Apalagi isu tersebut janji kampanye pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih. Tinggal sekarang menanti terwujudnya komitmen secara totalitas di tataran implementasi. Sangat disayangkan, tantangan semakin bertambah akibat berkurangnya Anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran 2022, terutama Dana Desa sebagai komponen penting. Menurut informasi, penurunan sekitar 3,1 persen dibanding APBN 2021. Penurunan tentu bisa berimplikasi serius. Mengingat besarnya penyerapan dana desa di tahun 2020 tak lepas dari kontribusinya sebagai jaring pengaman sosial.  

Setelah membahas optimalisasi belanja Pemda, tahun 2022 memerlukan sentuhan kebijakan guna memperkuat sektor-sektor berkontribusi signifikan dan alternatif pengungkit ekonomi daerah selama pandemi. Kepala Daerah saat penyampaian nota keuangan Ranperda APBD Provinsi Riau Tahun Anggaran 2022 mengakui bahwa belum pulihnya produksi minyak di lapangan-lapangan minyak Riau seiring transisi pengelolaan blok Rokan ke Pertamina, dikhawatirkan memberi tekanan hebat terhadap pertumbuhan ekonomi ke depan. Bahkan bisa membawa laju pertumbuhan ekonomi Riau ke level tidak diharapkan. Untung ada sektor-sektor lain menggeliat seperti perkebunan dan pertanian. Subsektor perkebunan sawit jadi primadona. Potensi tak hanya itu. Komoditas selain sawit menjanjikan untuk dikembangkan. Bahkan berkontribusi saat agenda ekspor serentak se-Indonesia pertengahan tahun 2021. Menurut catatan Kementerian Pertanian, dari nilai ekspor komoditi pertanian periode 9-14 Agustus 2021, tertinggi melalui pelabuhan laut Tanjung Perak Surabaya Jawa Timur sebanyak Rp1.287 triliun kemudian disusul pelabuhan laut di Riau senilai Rp1.077 triliun. Capaian itu membuat ekspor komoditas pertanian Riau nomor 2 di Indonesia dan terbesar di Sumatera!

Melihat potensi, sudah selayaknya Pemprov Riau memberi perhatian eksklusif terhadap sektor pertanian dan perkebunan. Ditampakkan melalui perumusan perencanaan yang merangkum secara detail strategi dan pendekatan multi sektor dalam bentuk rencana induk. Perencanaan tidak semata bicara produksi, tetapi juga keberlangsungan Sumber Daya Alam (SDA). Supaya pengelolaan SDA tidak menimbulkan kerugian lingkungan seperti bencana banjir dan Karhutla. Sehubungan wilayah Provinsi Riau memiliki ekosistem lahan gambut dan Kawasan Hidrologis Gambut (KHG) mencapai 64 persen, tata kelola yang baik dan bijaksana bekal memperoleh manfaat berkelanjutan. Secara konsep sudah termaktub dalam RPJMD Provinsi Riau Tahun 2019-2024 tujuan pembangunan Riau Hijau. Sekarang tinggal instrumen agar pengelolaan ekosistem gambut dapat terlaksana sistematis dan terpadu. Meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan dan penegakan hukum. Disamping perkebunan dan pertanian, adapula sektor lain yang mampu menopang pertumbuhan ekonomi lokal yakni pariwisata. Namun kiat ke depan menjadikan wisatawan nusantara sebagai tulang punggung. Menimbang pandemi ujungnya tak jelas, potensi wisatawan lokal layak dilirik. Disamping lebih mampu beradaptasi dan terbiasa serta bisa mengikuti arahan Pemerintah menerapkan protokol kesehatan, juga sangat menjanjikan. Secara jumlah penduduk kita banyak. Destinasi wisata cukup bagus. Tinggal mengolah daya tarik dan memastikan dukungan infrastruktur. Sektor pariwisata bisa dikombinasikan dengan sektor perkebunan dan pertanian dengan konsep agrowisata dan sejenisnya.

Demikianlah sedikit penyampaian dalam kesempatan serba terbatas ini mengenai peluang dan tantangan di 2022 beserta prioritas perlu dikedepankan oleh pihak penyelenggara pemerintah daerah. Tentu saja melihat beratnya pekerjaan, sulit menjalankan peran secara sendiri. Oleh karena itu, kolaborasi dan sinergitas adalah kunci utama. Secara vertikal komunikasi dua arah antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dan secara horizontal meliputi pihak penyelenggara pemerintahan daerah dalam hal ini eksekutif bermitra dengan legislatif serta dengan pemangku kepentingan di daerah.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Selasa, 06 Desember 2022 11:00 WIB
Riau Dan Misi Pariwisata Medis
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Rabu, 16 November 2022 11:43 WIB
Memupuk Sikap Toleransi
Rabu, 02 November 2022 14:13 WIB
Membentuk Mentalitas Pelayanan
Kamis, 10 November 2022 13:13 WIB
Hari Pahlawan Dan Pentingnya Pendidikan Karakter
Kamis, 01 Desember 2022 08:16 WIB
Kebijakan dan Strategi Pengelolaan Keuangan Desa
Rabu, 12 Oktober 2022 08:10 WIB
Jiwa Sehat, Insan Kuat, Bangsa Hebat
Kamis, 20 Oktober 2022 08:20 WIB
Pentingnya Integrasi Ke Sektor Pendidikan
Rabu, 26 Oktober 2022 22:08 WIB
BOS Optimal, SDM Handal
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Jum'at, 02 September 2022 14:49 WIB
One Command Center Solusi Kegawatdaruratan di Riau
Selasa, 27 September 2022 16:21 WIB
Siasat Paska Kenaikan BBM
Jum'at, 28 Oktober 2022 22:33 WIB
Melestarikan Warisan Sumpah Pemuda
Jum'at, 18 November 2022 08:22 WIB
G20 Dalam Angka, Riau Dimana?
Kamis, 10 November 2022 18:00 WIB
Meneladani Nilai-Nilai Kepahlawanan
Sabtu, 08 Oktober 2022 20:34 WIB
Menjaga Warisan Nabi
Jum'at, 09 September 2022 14:10 WIB
Gotong Royong Perkuat Daya Saing SDM
Kamis, 20 Oktober 2022 09:59 WIB
Regsosek dan Semangat Sumpah Pemuda
Senin, 15 Agustus 2022 19:21 WIB
Kesetaraan Kunci Bangun Bangsa
Sabtu, 01 Oktober 2022 15:35 WIB
Belajar Setia Dari Sejarah
Rabu, 17 Agustus 2022 12:35 WIB
Mari Jaga Warisan Kemerdekaan
Minggu, 16 Oktober 2022 20:11 WIB
Stunting Dan Ancaman Daya Saing
Jum'at, 28 Oktober 2022 08:20 WIB
Pemuda, Tetaplah Optimis
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 09 Desember 2022
DPRD Riau Godok Ranperda PKK, Ini Tujuannya
Jumat, 09 Desember 2022
Kapolres Bengkalis Arahkan Personel Tingkatkan Program "Curahan Hati Masyarakat"
Jumat, 09 Desember 2022
DPD KNPI Riau Apresiasi Polresta Pekanbaru dan Polda Riau Terima Penghargaan dari Kompolnas
Jumat, 09 Desember 2022
IKA FH Unri Gelar Rapat Perdana, Ini yang Dibahas

Serantau lainnya ...
Selasa, 06 Desember 2022
Kotak Baca Gairahkan Lagi Literasi di Pekanbaru
Rabu, 30 November 2022
Resep Martabak Telur Roti Tawar, Simpel dan Enak ala Chef Devina Hermawan
Rabu, 30 November 2022
Forum Maxi Pekanbaru Peduli Gempa Cianjur
Selasa, 29 November 2022
Rinaldi dan Chandra Resmi Pimpin Nmax Owner Communitas Periode 2022 - 2024

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Selasa, 06 Desember 2022
Siak sudah Mulai Transformasi Keuangan ke Sistem Digital
Kamis, 01 Desember 2022
Kuau Raja, Si Burung Bermata Seratus dari Sumbar yang Terancam Punah
Rabu, 30 November 2022
Mengenal Ubur-ubur Kotak, Makhluk Laut Paling Berbisa di Dunia
Rabu, 23 November 2022
Walau Bersayap, 7 Burung Ini Tidak Bisa Terbang

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 30 November 2022
Sambiloto: Si Raja Pahit yang Kaya Manfaat bagi Kesehatan
Senin, 28 November 2022
Dinas P3AP2-KB Riau Luncurkan Aplikasi Perlindungan Perempuan dan Anak
Senin, 21 November 2022
Aksesoris Travelling Yang Wajib Anda Bawa Saat Hujan
Jumat, 18 November 2022
Cegah Sakit di Musim Hujan dengan Mengonsumsi 7 Makanan Mengandung Vitamin B6

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 09 Desember 2022
Fikom UIR dan Universitas Putra Malaysia Sepakat Lakukan Kolaborasi Akademik Selangor
Jumat, 09 Desember 2022
BEM FH Unilak Adakan Seminar Hukum Bertemakan Tantangan Praperadilan di Era Digitalisasi
Kamis, 08 Desember 2022
Menko PMK Launching PMB Umri, Target Terima 3.000 Mahasiswa Baru
Selasa, 06 Desember 2022
Rektor Unri Resmikan Stasiun Meteorologi Pertanian Khusus Fakultas Pertanian

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

Khas Hotel November 2022
Terpopuler
DPRD Riau 2022 1
Foto
Diskes Rohul Agustus 2022
DPRD Riau 2022 2
Selasa, 06 Desember 2022
Bukan dengan Istri, Shah Rukh Khan Umrah Didampingi Bodyguard
Sabtu, 26 November 2022
Indra Prasta Simpati Gempa Cianjur, Lelang Gitar Kesayangan
Senin, 21 November 2022
Blak-blakan Nia Ramadhani kepada Merry Riana; Terjerat Kasus Narkoba Jadi Mukjizat Bagi Pernikahanku
Sabtu, 19 November 2022
DDV dan Aksa Bumi Langit Gelar Nonton Bersama untuk Anak-anak Kurang Beruntung

Selebriti lainnya ...
BSP - HUT Siak 12 Oktober 2022
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
DPRD Riau Hari Kesehatan Nasional 2022
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
HUT Riau 2022 - April RAPP
Indeks Berita
DPRD Riau HGN 2022HUT RI 77 - APRIL RAPPPertaminaHUT Riau 2022 - PT SPR
www www