Kamis, 25 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
Asa Teruntuk Kapolda Baru
Sabtu, 08 Januari 2022 18:48 WIB
Asa Teruntuk Kapolda Baru
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Beberapa waktu lalu, Kamis (6/1/2022), Kapolda Riau Irjen (Pol) Muhammad Iqbal mengunjungi gedung rakyat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau. Agenda tersebut merupakan kunjungan lanjutan paska ditunjuk sebagai Kapolda Riau baru menggantikan Irjen (Pol) Agung Setya. Upaya komunikasi yang ditempuh Kapolda baru ke jajaran Forkompimda di Provinsi Riau tentu patut disambut baik. Sebagaimana lazimnya, supaya bisa terbentuk kesamaan persepsi dan chemistry. Sehingga ketika menjalankan tugas dapat saling bersinergi dan berkolaborasi dengan segenap pemangku kepentingan guna mencapai tujuan bersama. Kami pun sangat mengapresiasi bahwa dari percakapan dengan unsur pimpinan DPRD Riau, Kapolda baru punya kesungguhan dan itikad baik membuka diri menggali informasi dan masukan dari pihak DPRD Riau sebagai bekal utama menjalankan tugas dan menahkodai Polda Riau demi memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat Riau.

Tentu banyak harapan dan asa bagi Kapolda baru kita. Melihat rekam jejak dan pengalaman di Provinsi Riau sebagai Kasat Lantas Poltabes Pekanbaru tahun 2000 dan Wakapolresta Dumai tahun 2003, terbersit rasa optimis. Setidaknya sudah punya gambaran mengenai Riau beserta permasalahan dan tantangan. Ditambah kaya pengalaman penugasan di berbagai provinsi dan di Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Harapannya Polda Riau ke depan lebih baik lagi. Apalagi dari sekian banyak problematika dihadapi Riau, beberapa diantaranya sangat kompleks. Butuh pendekatan paripurna, transparansi dan melibatkan partisipasi berbagai pihak. Kembali ke agenda kunjungan ke DPRD Riau, dari pembicaraan Kapolda dengan unsur pimpinan ada sejumlah hal dipandang cukup urgen untuk dibahas dalam kesempatan kali ini. Antara lain terkait persoalan pertanahan dan lahan, investasi dan perekonomian serta aspek lingkungan. Ketiga hal ini bak dua sisi mata uang berikut memiliki titik persinggungan. Di satu sisi mencerminkan keunggulan Riau tapi di sisi lain menyumbang permasalahan yang menguras tenaga dan pikiran. Kemudian, satu dengan yang lain juga saling berkorelasi.

Garda

Sebagai Kapolda baru tugas berat menanti. Mengacu ke peraturan perundang-undangan, Polda diberi amanah melaksanakan tugas pokok Polri: memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan dan pengayoman, pelayanan kepada masyarakat serta melaksanakan tugas-tugas lainnya dalam daerah hukum Polda. Mengacu ke Tupoksi, Polda menempati bagian terpenting dan garda terdepan menyongsong pembangunan di daerah. Itulah kenapa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajaran Polri aktif mendukung iklim usaha dan investasi. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam satu kesempatan memberi kuliah umum di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) juga menyebut bahwa keamanan dan kepastian hukum faktor kunci mencapai tujuan pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. "Ekonomi Indonesia tidak hanya tergantung dari kegiatan ekonomi saja. Ekonomi akan menjadi baik dan meningkat dengan bagus apabila kepastian hukum dan ketertiban hukum terjaga, keamanan terjaga”, begitu kutipan pernyataan Menkeu. Sederhananya, tanpa kedua faktor tadi pembangunan dan kemajuan daerah muskil diwujudkan.

Institusi kepolisian juga membantu capaian sisi fiskal daerah. Optimalisasi penerimaan daerah dapat terealisasi apabila kepolisian punya komitmen sama. Perihal pajak misalnya, Polda Riau pernah berperan dalam pengendalian atas pengelolaan pendapatan pajak dan retribusi daerah serta mengurangi potensi penyimpangan. Semisal di tahun 2016 terdapat kelemahan sistem/aplikasi Samsat yang rentan disalahgunakan, mengingat beberapa form isian aplikasi tak terkunci. Banyak ditemukan tanggal Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) transaksi loncat tahun. Selain itu, Dispenda Provinsi Riau kesulitan melakukan modifikasi dan inovasi. Ditreskrimsus Polda Riau di tengah penyidikan dugaan pidana korupsi pajak roda 4 menyurati agar tidak merubah sistem aplikasi Samsat, tidak memutasi pegawai Dispenda dan memberi lembaran yang diduga dimanipulasi. Selain pengendalian, terobosan yang diharapkan inovasi intensifikasi pendapatan daerah. Paling umum seperti pembayaran pajak kendaraan. Perlu memasifkan penggunaan layanan non-tunai atau terintegrasi dengan E-Samsat. E-Samsat merupakan layanan penerimaan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang bisa dilakukan melalui Mobile Banking/ATM. Inovasi akan lebih baik bila ada kerjasama Pemda dengan Polda.

Sinergitas lain yang diharapkan dalam hal penegakan hukum atas pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) dan Wajib Pajak (WP). Berhubung kontribusi perkebunan sawit semakin signifikan bagi perekonomian nasional. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut ada 1 juta hektar lahan perkebunan di Riau tak berizin dan tak punya nomor wajib pajak (NPWP). Kerugian sudah dirasakan. Selain hilangnya pendapatan negara, juga kerusakan lingkungan dan infrastruktur jalan. Sudahlah tak bayar pajak, masyarakat kena imbas konflik lalu jalan rusak diperbaiki pakai APBD pula. Begitujuga urusan pertanahan. Provinsi Riau termasuk daerah dengan kasus konflik lahan terbanyak. Kerugian sosial pertikaian antara masyarakat, perusahaan dengan masyarakat dan negara dengan masyarakat. Sampai-sampai DPRD Riau membentuk Panitia Khusus (Pansus) tentang Konflik Lahan. Dampak tidak hanya gesekan sosial tetapi juga mengganggu jalan pembangunan dan perekonomian daerah. Presiden Jokowi sudah berulang kali menyinggung perlunya menggesa upaya mengurai benang kusut pertanahan di daerah. Terakhir kembali ditegaskan Presiden saat penyerahan sertifikat redistribusi tanah objek reforma agraria di Istana Kepresidenan Bogor pertengahan tahun 2021. Bahkan menginstruksikan pemberantasan para mafia tanah yang dari banyak kasus pemicunya. Instruksi barusan juga ditujukan kepada aparat keamanan yang membekingi.

Amanah

Masyarakat Riau sangat menanti gebrakan Kapolda Riau beserta jajaran. Terkhusus tindaklanjut arahan Presiden memberantas mafia tanah. Apalagi dibalik komitmen mengurai konflik agraria ada niat baik mewujudkan reformasi agraria: memastikan ketersediaan dan kepastian ruang hidup yang adil bagi masyarakat. Terutama masyarakat adat, petani, nelayan dan masyarakat penggarap lahan. Setakad ini, Polri sudah membentuk tim terpadu bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN). Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri mengatakan bahwa, kerjasama dengan Kementerian ATR/BPN meliputi penataan pertanahan, percepatan pemberian hak atas tanah, hingga penuntasan penyelesaian perkara, konflik dan sengketa pertanahan melalui Satgas anti mafia tanah. Kerjasama tersebut diharapkan dapat diakselerasi implementasinya di daerah. Asa masyarakat, penegakan hukum tidak tebang pilih dan tidak pandang bulu; tidak menunggu bola tetapi lebih proaktif. Karena dampak negatif masalah pertanahan di Riau sudah di titik kulminasi. Jadi, pendekatan mesti sistematis dan terpadu. Mulai perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan hingga paling utama pengawasan dan penegakan hukum.

Memang tantangan terbilang berat. Namun beban berkurang jika ada kolaborasi antara pemangku kepentingan. Pemda dalam hal ini Pemprov Riau dengan Polda Riau bersama lembaga lain bersinergi dalam rangka mencapai tujuan berbangsa dan bernegara. Bicara personal, Kami memaklumi tugas Kapolda baru tak mudah. Menimbang tantangan bukan hanya eksternal tapi juga berasal dari faktor internal. Lebih lagi belakangan institusi Polri dihadapkan pada eskalasi tuntutan mereformasi diri akibat banyaknya oknum yang mencoreng institusi Polri. Kapolri pun berulang kali meminta maaf secara resmi lewat media massa dan berjanji akan membawa institusi kepolisian menjadi lebih modern, terbuka dari setiap kritikan dan masukan, mau keluar dari zona nyaman dan terus berbenah setiap saat. Itikad baik Kapolri mesti diterjemahkan di daerah. Terakhir, do’a Kami bagi Kepolisian RI pada umumnya dan Polda Riau dibawah kepemimpinan Irjen (Pol) Muhammad Iqbal khususnya dapat menunaikan amanah sebaik-baiknya dan diberi kemudahan dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Olahraga
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Rabu, 15 Maret 2023 10:07 WIB
Perjuangkan Hak Honorer!
Senin, 27 Februari 2023 11:22 WIB
Demokrasi Dibajak Oligarki
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 24 April 2024
Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi SIK MSI Pimpin Rapat Anev dan Sampaikan Pesan Atensi Kapolda Riau
Rabu, 24 April 2024
Seminar Bersama Pandu Digital Madya, Memahami Literasi Digital Sektor Pendidikan
Selasa, 23 April 2024
Workshop Pengembangan Ekosistem Ekonomi Kreatif di Riau Diikuti Puluhan Insan Ekraf
Selasa, 23 April 2024
Bahas Cooling System Pemilu, Korum PPI Riau Terima Kunjungan PKDN Sespimti Polri

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 24 April 2024
UMRI Resmikan Sekolah Pascasarjana Prodi Magister Manajemen dan Kewirausahaan
Rabu, 24 April 2024
Unilak Dukung Program Literasi Digital Sektor Pendidikan bagi Gen Z
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler

04

Selasa, 23 April 2024 11:29 WIB
Edarkan Sabu, Pasutri di Pekanbaru Dibui
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www