Kamis, 19 Mei 2022

Breaking News

  • Turunkan Harga TBS Sepihak, PKS di Riau Bisa Disanksi Tegas   ●   
  • Kuala Lumpur Kembali Dilanda Banjir Bandang   ●   
  • Harga Sawit di Riau Rp3.919,87 Perkilogram, PKS Diminta Tidak sewenang-wenang Tetapkan Harga   ●   
  • PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei   ●   
  • Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang   ●   
  • ASN Pemko Pekanbaru Wajib Ingat! Bawa Mobil Dinas saat Lebaran Bakal Disanksi   ●   
  • Tol Pekanbaru Bangkinang Dibuka untuk Mudik, Polisi Dikerahkan untuk Pengamanan   ●   
  • Pengamanan Nataru Riau Kerahkan 2.527 Personel Gabungan   ●   
  • Varian Omicron Belum Ditemukan di Riau   ●   
  • Dinsos Riau Tak Punya Data Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19
Yamaha 18-21 Mei 2022
Polling
Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, Firdaus - Ayat Cahyadi, akan berakhir 22 Mei tahun 2022. Bagaimana menurut Anda kinerja mereka selama memimpin Pekanbaru?


CAKAP RAKYAT:
Masa Depan UMKM di Tengah Covid-19
Senin, 24 Januari 2022 11:29 WIB
Masa Depan UMKM di Tengah Covid-19

Saat ini, dampak pandemi covid-19 di Indonesia setidaknya semakin kita rasakan. Hadirnya, Covid-19 seperti kita ketahui bersama bahwa tidak hanya menyerang sektor kesehatan. Namun, juga menyerang sektor ekonomi termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Padahal UMKM merupakan salah satu penopang ekonomi terbesar di Indonesia. UMKM memiliki peranan yang sangat vital bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, tidak hanya di negara-negara berkembang seperti Indonesia, tapi juga di negara-negara maju. Tumbuhnya UMKM juga menjadi sebagai sumber pertumbuhan kesempatan kerja dan pendapatan.

Sebelumnya masyarakat Indonesia senang berkumpul dan melakukan segala proses kehidupan baik bersosialisasi, berbelanja dan refreshing dengan cara berkelompok, beramai-ramai kemudian harus melakukan itu semua dengan “menjaga jarak” agar tidak tertular virus Covid 19 ini mampu mengubah cara bertransaksi, gaya hidup bahkan cara berbelanja yang dilakukan masyarakat.

Perubahan inilah yang disikapi secara kreatif dan inovatif bagi UMKM agar terus dapat bertahan untuk menjalankan usaha kecil yang sudah dirintis sejak lama.

Digitalisasi UMKM

Dihantam pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2021 menyentuh 2,97%. Angka ini menurun dibandingkan kuartal I 2019 sebesar 5,07%. Turunnya pertumbuhan ekonomi ini juga berdampak pada bisnis usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Padahal menurut Kementerian Koperasi dan UKM, UMKM ini membuka lapangan kerja di Indonesia sebanyak 99,7% pada tahun 2019. Kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) mencapai 60,34% dan ekspor sebessar 14,17% pada tahun 2019.

Pandemi Covid-19 saat ini benar-benar menghadirkan krisis ekonomi tersendiri bagi bangsa ini. Termasuk krisis yang berdampak terhadap kelangsungan usaha UMKM. Data Kementerian Koperasi dan UKM menyebutkan, sekurangnya ada 37 ribu pelaku UMKM yang terpukul selama pandemi. Padahal UMKM merupakan penggerak utama perekonomian Indonesia. Pada 2018, sektor ini berkontribusi 60,34% terhadap produk domestik bruto (PDB). Tak hanya itu, ada 116 juta orang atau 97,02% dari total pekerja di tanah air terserap di sektor UMKM.

Melihat data tersebut, jelas menunjukkan bahwa pandemi saat ini menerbitkan kecemasan para pelaku UMKM. Turunnya daya beli menyebabkan omzet mereka turun. Di tengah situasi saat ini, setidaknya mengingatkan penulis pada seorang filsuf asal Jerman, yang bernama friedrich Nietzsche, pernah mengatakan bahwa “apa yang tidak membunuh kita membuat kita lebih kuat.” Kalimat itu, setidaknya bisa berlaku bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19 punya peluang lebih besar untuk melompat di masa depan. Artinya, di tengah Covid-19 ini, tingkat kesurvivean sangat bergantung bagi kita pelaku UMKM. Nah, supaya survive pelaku UMKM harus mampu memiliki nilai adapatasi dengan berbagai kreatifitas dan inovasi.

Saat ini yang paling perlu mendapat perhatian untuk survive di tengah pandemi bagi UMKM adalah digitalisasi UMKM. Adanya covid-19 ini, setidaknya sekaligus menjadi momentum UMKM melakukan transformasi ke dalam ekosistem digital. Memang belum semua dapat memanfaatkan teknologi untuk bertahan di tengah krisis saat ini. Bagi yang melek internet, teknologi digital dimanfaatkan untuk memasarkan produk. Bisa melalui media sosial atau marketplace.

UMKM yang memanfaatkan internet setidaknya mampu menahan tekanan krisis. Sebab, bagaimanapun juga pandemi corona telah mampu menggeser perilaku masyarakat dalam aktivitas belanja yang dulunya dominan menggunakan offline beralih ke dalam sistem online. Perubahan pola itulah sejatinya peluang emas bagi UMKM agar dapat survive di tengah pandemi.

Peran perbankan

Peran perbankan sangat dibutuhkan oleh UMKM untuk menangani kendala-kendala yang dialami, seperti kendala permodalan di tengah kondisi Pandemi Covid-19. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran perbankan dalam membantu pembiayaan pada UMKM Batik Jumput Tahunan Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbankan sudah sangat berperan dalam mengatasi kendala permodalan yang dialami UMKM. Peran perbankan sebagai sumber dana pengembangan UMKM sudah baik walaupun belum optimal, 40% UMKM tidak menjadikan perbankan sebagai alternatif sumber dana pengembangan UMKM. Para pelaku UMKM sangat mengharapkan bantuan secara finansial dan juga pelatihan teknis.

Perkembangan Lembaga Pembiayaan UMKM terjadi seiring dengan perkembangan UKM serta masih banyaknya hambatan UKM dalam mengakses sumber-sumber pembiayaan dari lembaga-lembaga keuangan formal. Selain itu berkembangnya lembaga pembiayaan ini juga tidak terlepas dari karakterisitiknya yang memberikan kemudahan kepada pelaku UKM dalam mengakses sumber-sumber pembiayaan.

Realitas tersebut setidaknya semakin menunjukkan bahwa sinergi dengan perbankan menjadi pilihan alternatif UMKM untuk menerapkan digitalisasi secara bertahap dan berkelanjutan. Mengingat bank adalah lembaga keuangan yang dibutuhkan oleh masyarakat yang membutuhkan permodalan atau pembiayaan untuk kepentingan mengembangkan usahanya maupun juga mencari dana dari masyarakat juga menyalurkan kepada masyarakat.

Peranan bank merupakan salah satu lembaga keuangan yang dibutuhkan oleh masyarakat yang membutuhkan dana baik untuk kepentingan konsumtif maupun untuk kepentingan mengembangkan usahanya. Berikut ini, beberapa peran perbankan dalam proses digitalisasi UMKM di tengah pandemi.

Pertama, digital banking. Artinya, layanan atau kegiatan perbankan dengan menggunakan sarana elektronik atau digital milik bank, dan atau melalui media digital milik calon nasabah dan atau nasabah Bank, yang dilakukan secara mandiri. Melalui langkah ini memungkinkan calon nasabah atau nasabah bank bisa memperoleh informasi dan melakukan komunikasi, registrasi, pembukaan rekening, transaksi perbankan, dan penutupan rekening, termasuk memperoleh informasi lain dan transaksi di luar produk perbankan.

Kedua, marketing online. Melalui marketing online ini setidaknya bisa digunakan sebaagi solusi dalam proses membantu penjualan produk UMKM. Tepatnya, melalui portal UMKM online yang telah dimiliki oleh pelaku UMKM.

Ketiga, pemberian corporate social responsibility (CSR) bagi UMKM. Setidaknya, melalui program CPR dari perbankan ini pelaku UMKM mendapat pelatihan serta pendampingan terkait penggunaan teknologi secara optimal, sehingga mereka melek teknologi serta terbiasa dalam penggunaannya.

Besar kemungkinan dengan mengaplikasikan tiga peran perbankan tersebut, setidaknya pelaku UMKM di negeri ini mampu mengembangkan kemampuan dalam memanfaatkan penggunaan peran perbankan dengan teknologi yang ada. Sehingga, dengan pemanfaatan teknologi dan peran perbankan tersebut, usaha para pelaku UMKM di negeri ini dapat berkembang dan perprospek cermelang di masa depan.

Penulis : Harmi Yelmi, SE., MM, Dosen Administrasi Bisnis Internasional Politeknik Kampar
Editor : Yusni
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, Firdaus - Ayat Cahyadi, akan berakhir 22 Mei tahun 2022. Bagaimana menurut Anda kinerja mereka selama memimpin Pekanbaru?

Berita Lainnya
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 19 Mei 2022
PDIP Dukung Keputusan Mendagri dalam Penetapan Nama Pj Bupati Kampar
Kamis, 19 Mei 2022
Digelar 22 Mei, HBH 2022 IKASMANSA Pekanbaru Membangun Kebersamaan dengan Balutan Keragaman Kuliner Lokal
Kamis, 19 Mei 2022
DKPP Pastikan Belum Ada Hewan Ternak Dumai Terserang PMK
Kamis, 19 Mei 2022
Desak Pertimbangkan Ulang Larangan Ekspor CPO, DPRD Pelalawan Surati Presiden RI

Serantau lainnya ...
Rabu, 18 Mei 2022
Live Streaming 61 Jam Non Stop bank bjb Siap Pecahkan Rekor MURI
Selasa, 17 Mei 2022
Sepuluh Peserta Siap Unjuk Gigi di Asik Bang BNPT Festival 2022
Rabu, 11 Mei 2022
Jadi Motivator Hidup Hemat, Pria Ini Malah Habiskan Rp 14 Juta Sehari Buat Makan
Jumat, 06 Mei 2022
Hari Pertama Tayang Doctor Strange 2 Langsung Dulang Rp 394 Miliar

Gaya Hidup lainnya ...
Senin, 18 April 2022
Masjid Paripurna Pekanbaru Sebagai Pusat Perekonomian dan Pembinaan Masyarakat
Jumat, 15 April 2022
Capaian Vaksin Tertinggi di Riau, Walikota Pekanbaru Terima Penghargaan dari Wakapolri
Kamis, 14 April 2022
Layanan Berkelas Dunia, Pemko Pekanbaru Lakukan Perluasan MPP
Jumat, 08 April 2022
Memudahkan Pembayaran Pajak, Bapenda Punya Smart Tax Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Selasa, 17 Mei 2022
Penyebab Colokan Listrik Tiap Negara Berbeda-Beda
Selasa, 10 Mei 2022
Perhatikan! Ini 5 Tips Memilih MicroSD yang Awet dan Bagus
Rabu, 27 April 2022
Bulan Ramadan Momen Tepat Ganti Smartphone?
Minggu, 13 Maret 2022
Perlu Upaya Penyelamatan, Kenali 4 Tanaman Endemik yang Terancam Punah di Indonesia

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 17 Mei 2022
Perlukah Saus Cabe Botolan Disimpan di Kulkas?
Sabtu, 14 Mei 2022
KPA Pekanbaru Dukung Program Tri Zero Kemenkes untuk Penanganan Kasus HIV/AIDS
Jumat, 06 Mei 2022
Hepatitis Misterius Merebak Serang Anak-anak, Begini Cara Mencegahnya
Rabu, 27 April 2022
Tips Mudik Agar Aman Selama Perjalanan, Hindari Posting!

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 19 Mei 2022
22 Proposal Penelitian Dosen UIR Didanai Kemenristekdikti
Kamis, 19 Mei 2022
UIR Terima Bantuan Software Senilai Rp732 Miliar dari Schlumberger
Rabu, 18 Mei 2022
Prof Iwantono Nyatakan Maju Pemilihan Rektor Unri, Klaim Telah Kantongi 31 Suara Senat
Jumat, 13 Mei 2022
IKA Teknik Dorong Dekan Prof Azridjal Aziz Maju Calon Rektor Unri 2022-2026

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...
Polling
Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, Firdaus - Ayat Cahyadi, akan berakhir 22 Mei tahun 2022. Bagaimana menurut Anda kinerja mereka selama memimpin Pekanbaru?


Pelantikan Sekda Rohul 20 April 2022
Terpopuler
LAM
Foto
Idulfitri 1443 H APRIL
Waisak 16 Mei 2022 - APRIL
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!
Jumat, 06 Mei 2022
Cantiknya Sophia Latjuba saat Lebaran, Tetap Stylish Walau Pakai Sarung
Rabu, 27 April 2022
Dikira Mualaf, Ternyata Ini Alasan Celine Evangelista Sering Pakai Baju Muslim

Selebriti lainnya ...
Idulfitri 1443 H - UIN SUSKA RIAU
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
PKS Kampar - ucapan Ramadan 1443 H
Rabu, 27 April 2022
Dompet Dhuafa Volunteer Riau Gelar Puncak Serambi
Selasa, 26 April 2022
ACT Riau Tebar Sajian Iftar terbaik untuk Yatim, Penghapal Quran, dan Warga Prasejahtera
Kamis, 21 April 2022
Menjemput Lailatul Qadar
Minggu, 17 April 2022
Bupati Rohil Pastikan akan Gelar Takbir Keliling Malam Lebaran

Religi lainnya ...
Ucapan Ramadan 1443 H
Rabu, 13 April 2022
Pemko Pekanbaru Gelar Rakor Saber Pungli Terkait Penyelenggara Pelayanan Publik
Jumat, 04 Maret 2022
Dispora Pekanbaru Taja Liga Pelajar Futsal 2022, Tim SMAN 12 Sukses jadi Juara
Selasa, 01 Maret 2022
Dibuka Walikota Firdaus, Dispora Pekanbaru Sampaikan Selamat Kepada Sang Juara Taekwondo Cup
Selasa, 22 Februari 2022
Dikunjungi DPRD Limapuluh Kota, Dispora Pekanbaru Berbagi Ilmu Soal Dana Hibah Keolahragaan

ADV lainnya ...
Khas Rabu
Indeks Berita
www www