Selasa, 28 Juni 2022

Breaking News

  • Turunkan Harga TBS Sepihak, PKS di Riau Bisa Disanksi Tegas   ●   
  • Kuala Lumpur Kembali Dilanda Banjir Bandang   ●   
  • Harga Sawit di Riau Rp3.919,87 Perkilogram, PKS Diminta Tidak sewenang-wenang Tetapkan Harga   ●   
  • PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei   ●   
  • Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang   ●   
  • ASN Pemko Pekanbaru Wajib Ingat! Bawa Mobil Dinas saat Lebaran Bakal Disanksi   ●   
  • Tol Pekanbaru Bangkinang Dibuka untuk Mudik, Polisi Dikerahkan untuk Pengamanan   ●   
  • Pengamanan Nataru Riau Kerahkan 2.527 Personel Gabungan   ●   
  • Varian Omicron Belum Ditemukan di Riau   ●   
  • Dinsos Riau Tak Punya Data Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19
Yamaha 27-28 Juni 2022
Polling
Bagaimana menurut Anda kinerja Anggota DPRD Riau dalam menjalankan fungsi Legislasi, Anggaran, dan Pengawasan sejak dilantik 6 September 2019?


CAKAP RAKYAT
Strategi Penguatan Nilai Persatuan Bangsa
Kamis, 17 Maret 2022 08:17 WIB
Strategi Penguatan Nilai Persatuan Bangsa
Dr. Biryanto

Persatuan bangsa merupakan nilai kebangsaan yang bersumber dari salah satu konsensus dasar bangsa Indonesia yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Menurut Lemhannas (2019) persatuan bangsa dalam arti luas diartikan sebagai ikatan dari beragam suku bangsa yang menyatukan dirinya ke dalam sebuah ikatan bangsa Indonesia yang didasarkan oleh kesadaran, niat, dan kehendak secara bersama guna memperjuangkan hak hidupnya untuk mencapai cita-cita dan tujuan nasional dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Persatuan bangsa menurut definisi tersebut menunjukkan keeratan dari semua komponen bangsa untuk bersama-sama mencapai tujuan bersama.

Pentingnya persatuan bangsa bersifat mutlak dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.  Tanpa persatuan bangsa tidak mungkin dapat dilaksanakan pembangunan yang merupakan bagian dari cita-cita dan tujuan nasional.   Konsep cita-cita dan tujuan nasional bangsa Indonesia itu sendiri termaktub dalam pembukaan UUD 1945.  Cita-cita nasional bangsa Indonesia adalah terwujudnya Negara Indonesia yang yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur, sedangkan tujuan nasional adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Mengingat pentingnya persatuan bangsa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta adanya potensi ancaman yang berasal dari luar dan dalam terhadap keutuhan kedaulatan NKRI, maka sangat perlu dirumuskan strategi penguatan nilai persatuan bangsa.  Berikut lima strategi yang dapat dilakukan untuk  penguatan persatuan bangsa, yaitu: pertama, pemimpin sebagai pemersatu bangsa. Seorang pemimpin adalah figur yang menjadi teladan bagi pengikutnya.  Pemimpin bangsa yang mampu dan senantiasa mengomunikasikan persatuan bangsa tentu akan sangat efektif dalam menjaga nilai persatuan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sejarah telah membuktikan bagaimana kekuatan seorang pemimpin memiliki daya pengaruh yang luar biasa terhadap pengikutnya.  Sebut saja Bung Tomo yang mampu membakar semangat juang rakyat Surabaya untuk bersatu dan berperang melawan penjajah.  Begitu juga dengan Bung Karno dengan pidato-pidatonya yang dahsyat dan terbukti mampu membangkitkan semangat nasionalisme seluruh rakyat Indonesia.  Kedua contoh itu memberikan pelajaran kepada kita betapa kuatnya pengaruh seorang pemimpin dalam memengaruhi dan mempererat persatuan bangsa.

Kedua, pendidik sebagai sumber belajar, fasilitator, dan motivator.  Seorang pendidik tidak hanya yang berkaitan dengan lingkup pendidikan formal dan norformal seperti guru, dosen, widyaiswara, dan instruktur, tetapi juga pada lingkup informal seperti tokoh masyarakat dan ulama.  Peran pendidik sebagai sumber belajar sangat menentukan cara pandang dan berpikir peserta didiknya terhadap persatuan bangsa.  Disinilah peran penting yang dapat dilakukan oleh seorang pendidik dengan memberikan materi pembelajaran yang efektif terhadap nilai persatuan bangsa.   Terlebih saat ini informasi begitu cepat dan bebas diakses oleh setiap orang yang kadangkala informasi tersebut belum tentu kebenarannya.

Peran penting pendidik lainnya adalah menjadi fasilitator dan motivator yang handal bagi peserta didik.  Peran tersebut menjadi sangat vital seiring dengan arus globalisasi yang telah membawa kita pada era VUCA yaitu Volatility (perubahan yang cepat), Uncertainty (ketidakpastian), Complexity (banyak faktor yang berpengaruh), dan Ambigutity (kondisi yang membingungkan).  Pendidik sebagai fasilitator dapat menjembatani permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik, khususnya terkait dengan VUCA dan pemahaman nilai persatuan bangsa.  Pendidik sebagai motivator juga berperan penting dalam mendorong semangat dan penguatan terhadap nilai persatuan bangsa bagi semua peserta didik.

Ketiga, inovasi pembelajaran persatuan bangsa. Saat ini desain pembelajaran persatuan bangsa masih banyak menggunakan pendekatan pedagogi dan andragogi.  Seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi saat ini, sangat perlu dilakukan inovasi desain pembelajaran, yang salah satunya adalah dengan mengombinasikan pembelajaran dengan pendekatan heutagogi.  Menurut Hase dan Kenyon (2007) heutagogi merupakan pola pembelajaran mandiri yang menerapkan pendekatan holistik yang memposisikan peserta didik sebagai agen utama dalam pembelajaran mereka sendiri dan menekankan pada pengalaman yang mereka alami.

Menurut Hotimah et.al (2020) pembelajaran dengan pendekatan heutagogi di era society 5.0, peserta didik memiliki otonomi penuh untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi dirinya.  Selain penggunaan pendekatan heutagogi tersebut, inovasi pembelajaran dapat dilakukan dengan menyusun modul pembelajaran atraktif, sehingga materi mudah dipahami.  Materi pembelajaran atraktif berfokus pada ilustrasi sederhana namun menyentuh langsung dengan kehidupan masyarakat.  Inovasi yang terakhir adalah desain pembelajaran yang interaktif dengan pemanfaatan media digital sehingga pembelajaran dapat berlangsung lebih menarik.

Keempat, optimalisasi pemanfaatan media komunikasi. Luasnya wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan ribuan pulau yang dimilikinya, menyebabkan perlunya strategi yang efektif dalam penguatan nilai persatuan bangsa.  Pendekatan tatap muka atau pola klasikal yang selama ini dilakukan cenderung memperlambat proses penyebaran pesan persatuan bangsa.  Terkait dengan hal tersebut sangat diperlukan optimalisasi pemanfaatan media komunikasi anti-mainstream yaitu media kreatif seperti media sosial yang dapat dengan cepat dan memiliki daya jangkau yang luas diterima oleh publik.   Penggunaan media anti-mainstream ini dalam penguatan persatuan bangsa bersifat strategis karena adanya komunikasi dua arah, sehingga pesan yang disampaikan dapat dikonfirmasi.

Strategi lain yang dapat digunakan melalui pemanfaatan media komunikasi adalah dengan menerapkan teori agenda setting dan framing.  Melalui penerapan agenda setting akan memunculkan kesadaran masyarakat (public awareness) terhadap pentingnya persatuan bangsa, dengan mengangkat topik persatuan bangsa dan menjadikan topik tersebut sebagai isu yang penting untuk dibahas dan dipahami masyarakat. Media juga dapat melakukan framing atau pembingkaian yaitu mengemas informasi untuk memengaruhi opini publik terhadap pentingnya persatuan bangsa.

Kelima, peran Lembaga Kemasyarakatan Desa/ Kelurahan (LKD). Lembaga ini merupakan wadah partisipasi masyarakat sekaligus sebagai mitra Pemerintah Desa/ kelurahan dengan tugas melakukan pemberdayaan masyarakat; ikut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan; dan meningkatkan pelayanan masyarakat Desa, sedangkan salah satu  fungsinya adalah menanamkan dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan masyarakat (Permendagri Nomor 18 Tahun 2018).  Lembaga ini ada di seluruh Desa/ kelurahan di Indonesia, sehingga sangat perlu dioptimalkan perannya dalam meningkatkan persatuan bangsa.

Sebagai lembaga yang memiliki daya jangkau yang jauh hingga di pelosok negeri dan merata di seluruh tanah air, lembaga ini jelas memiliki potensi besar dalam membantu penguatan nilai persatuan bangsa bagi seluruh elemem masyarakat.  Selama ini LKD memang lebih banyak berfungsi pada urusan administratif dan kependudukan, sehingga perannya lebih bersifat seremonial.  Sehubungan dengan hal tersebut, maka pemerintah perlu mempersiapkan sumber daya manusia yang ada di LKD ini untuk dapat berperan aktif dengan pendekatan humanis guna memasyarakatkan nilai persatuan bangsa.

Sebagai penutup, persatuan bangsa merupakan nilai yang sangat penting untuk dipahami dan dimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai Persatuan bangsa sendiri merupakan pondasi keberadaan NKRI guna mencapai cita-cita dan tujuan nasional. Lima strategi yang telah dibahas dalam tulisan ini secara ringkas merupakan pemikiran penulis dalam rangka turut berkontribusi untuk penguatan nilai persatuan bangsa.  Sebagai negara yang besar dan majemuk, upaya penguatan nilai persatuan bangsa ini tentunya harus terus dilakukan secara berkelanjutan dengan mengoptimalkan semua sumber daya yang ada, sehingga nilai persatuan bangsa dapat terus terjaga dan terpelihara.

Penulis : Dr. Biryanto (Senior Trainer BPSDM Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Bagaimana menurut Anda kinerja Anggota DPRD Riau dalam menjalankan fungsi Legislasi, Anggaran, dan Pengawasan sejak dilantik 6 September 2019?

Berita Terkait
Sabtu, 21 Mei 2022 07:00 WIB
Menggali Unsur Kebangkitan Nasional
Sabtu, 28 Mei 2022 07:01 WIB
Jalan Menuju Berkah Tidak Mudah
Sabtu, 25 Juni 2022 20:44 WIB
Pendidikan Yang Berkeadilan
Jum'at, 10 Juni 2022 10:21 WIB
Mengatasi Kesenjangan Dunia Pendidikan
Rabu, 01 Juni 2022 17:46 WIB
Revitalisasi Nilai Pancasila
Kamis, 05 Mei 2022 20:38 WIB
Aspirasi Kunci Pembangunan
Senin, 28 Maret 2022 08:45 WIB
Keberpihakan Kunci Kebangkitan
Selasa, 24 Mei 2022 08:01 WIB
Toleransi Bukan Untuk Mengebiri
Sabtu, 23 April 2022 06:18 WIB
Pentingnya Iqro’
Rabu, 30 Maret 2022 17:01 WIB
Rohingya dan Permasalahannya
Kamis, 23 Juni 2022 16:25 WIB
Pekanbaru Butuh Mindset Baru
Selasa, 05 April 2022 16:22 WIB
Impor dan Kemandirian Bangsa
Selasa, 10 Mei 2022 21:49 WIB
Menjawab Dilema Para Buruh
Senin, 09 Mei 2022 20:46 WIB
G20 dan Politik Luar Negeri Indonesia
Kamis, 31 Maret 2022 08:23 WIB
Ramadhan Dan Momentum Ekonomi Syariah
Minggu, 01 Mei 2022 23:16 WIB
Fitrah Dan Kekuatan Untuk Merubah
Kamis, 17 Februari 2022 12:30 WIB
Maksimalkan Perlindungan Pekerja
Kamis, 10 Maret 2022 12:27 WIB
Energi Dan Kebangkitan Ekonomi
Kamis, 16 Juni 2022 08:15 WIB
Kebijakan Teror Honorer
Senin, 23 Mei 2022 07:40 WIB
Berdamai dengan Perubahan
Kamis, 30 Desember 2021 12:58 WIB
Riau Menatap 2022
Selasa, 12 April 2022 16:00 WIB
Komitmen Setengah Hati Urus BUMD
Kamis, 07 April 2022 08:27 WIB
Misi Jadikan Melayu Bahasa Pemersatu
Minggu, 17 April 2022 14:52 WIB
Ekonomi Hijau Demi Riau Berkilau
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Rabu, 10 November 2021 17:29 WIB
Warisan Berharga Para Pahlawan
Senin, 27 Desember 2021 08:02 WIB
Revitalisasi Desa Sebagai Pilar Bangsa
Sabtu, 22 Januari 2022 08:02 WIB
Kolaborasi Tunaikan Tanggung Jawab
Kamis, 09 Desember 2021 21:00 WIB
Memaknai Hari Antikorupsi Sedunia
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 27 Juni 2022
Dinkes Bengkalis Rapat Penyusunan Perbup PPK-BLUD
Senin, 27 Juni 2022
Bupati Launching Si BOS dan Konseling Keliling LK3 Sahabat Keluarga
Senin, 27 Juni 2022
Pemkab Bengkalis MoU dengan BPS dan Kemenkumham Riau
Senin, 27 Juni 2022
Kasmarni Lantik Pengurus Bengkalis Creative Network

Serantau lainnya ...
Selasa, 21 Juni 2022
Begini 5 Cara Agar UMKM Go Online dan Sukses Besar
Selasa, 14 Juni 2022
7 Daftar Pekerjaan Untuk Lulusan SMA yang Gajinya Besar
Kamis, 02 Juni 2022
6 Olahraga Mudah Paling Pas untuk Turunkan Berat Badan
Selasa, 31 Mei 2022
Meniti Mimpi, Wujudkan Rumah Impian untuk Calon Istri

Gaya Hidup lainnya ...
Jumat, 10 Juni 2022
Tutorial Mengubah Alamat Warga di Kecamatan Pemekaran, Disdukcapil Pekanbaru Beri Kemudahan
Kamis, 09 Juni 2022
Disdukcapil Pekanbaru Gencar Sosialisasikan Perubahan Adminduk
Selasa, 07 Juni 2022
Komitmen Jaga Kebersihan, Pemko Pekanbaru Ubah Sampah Jadi Bahan Baku PLTU
Selasa, 31 Mei 2022
Turun ke Sungai Sail, Pj Walikota Komit Selesaikan Persoalan Banjir

Advertorial lainnya ...
Senin, 27 Juni 2022
Fenomena Planet Sejajar Akan Terjadi Lagi 28 Juni 2022!
Jumat, 03 Juni 2022
UMKM Lokal jadi Target Pemasaran, Warungpay sudah Tersebar di Berbagai Wilayah Riau
Kamis, 02 Juni 2022
Elon Musk Wajibkan Karyawan Tesla WFO, Menolak Disuruh Mundur
Selasa, 31 Mei 2022
Samsung Galaxy A03 Hadir, Harga hanya Sejutaan

Tekno dan Sains lainnya ...
Minggu, 26 Juni 2022
Pencanangan GERMAS, Sekda Pekanbaru Imbau Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat
Rabu, 22 Juni 2022
Pernah Raih Rekor MURI, RSI Ibnu Sina Pekanbaru Komit Tingkatkan Layanan Bagi Pasien Bibir Sumbing
Rabu, 22 Juni 2022
Wabup Nasarudin Hadiri Baksos Sunatan Massal PT RAPP dan APR
Selasa, 14 Juni 2022
Indonesia Raih Penghargaan Kependudukan dari PBB

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 27 Juni 2022
Menteri Siti Nurbaya Bakar Dikukuhkan sebagai Profesor Kehormatan di Universitas Brawijaya
Minggu, 26 Juni 2022
Pengurus IKA USU Riau Dilantik, Diajak Berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah
Jumat, 24 Juni 2022
Fakultas Psikologi UIR Raih Hibah Penelitian Pengembangan Kurikulum dari Kemendikbukristek
Selasa, 21 Juni 2022
Dewan Pembina-nya Syamsuar, Zul Anshari Terpilih Jadi Ketua IKA FISIP USU Wilayah Riau

Kampus lainnya ...
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat

CSR lainnya ...
Polling
Bagaimana menurut Anda kinerja Anggota DPRD Riau dalam menjalankan fungsi Legislasi, Anggaran, dan Pengawasan sejak dilantik 6 September 2019?


Demokrat 2022
Terpopuler
Pemko - KONI Pekanbaru
Foto
Khas Hotel 13 Juni 2022
HUT PEKANBARU 238 - CAKAPLAH
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!
Jumat, 06 Mei 2022
Cantiknya Sophia Latjuba saat Lebaran, Tetap Stylish Walau Pakai Sarung
Rabu, 27 April 2022
Dikira Mualaf, Ternyata Ini Alasan Celine Evangelista Sering Pakai Baju Muslim

Selebriti lainnya ...
HUT PEKANABRU 23 Juni 2022 - BSP
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Dewan DPRD Riau 1
Minggu, 26 Juni 2022
Tinjau Kelayakan Pendidikan, Gubri Sambangi Pondok Tahfidz Quran Bengkalis
Jumat, 24 Juni 2022
Peduli Masyarakat Kurang Mampu, LAZISMu Riau Launching Warung Makan 2000
Rabu, 27 April 2022
Dompet Dhuafa Volunteer Riau Gelar Puncak Serambi
Selasa, 26 April 2022
ACT Riau Tebar Sajian Iftar terbaik untuk Yatim, Penghapal Quran, dan Warga Prasejahtera

Religi lainnya ...
Waisak 16 Mei 2022 - APRIL
Indeks Berita
Dewan DPRD Riau 3Dewan DPRD Riau 4Dewan DPRD Riau 5
www www