Minggu, 25 September 2022

Breaking News

  • Vaksinasi Merdeka Pemko Pekanbaru Akhirnya Digelar, 23.880 Dosis Disiapkan   ●   
  • Anggota DPR Tegaskan Rencana Konversi LPG 3 Kg ke Kompor Gas Tidak Sederhana   ●   
  • Galian Pipa PDAM Membahayakan, DPRD Pekanbaru: harus Diperbaiki Seperti Semula   ●   
  • Diduga Bakar Lahan TNTN Seluas 20 Hektare, Dua Warga Ditahan Polisi   ●   
  • Kunjungan di Mall Vaksinasi Riau Menurun, Rata-rata Cuma 100 Orang Perhari   ●   
  • ASN Meninggal di Basement Kantor DPRD Riau, Polisi: Murni Gantung Diri   ●   
  • 1.353 Orang Terserang DBD di Riau Sepanjang Tahun 2022, Pekanbaru Tertinggi   ●   
  • Tarif Listrik Oktober-Desember 2022 Dipastikan Tidak Naik   ●   
  • Ada Lagi Kasus Meninggal Akibat Covid-19 di Riau, Tetap Waspada   ●   
  • Antisipasi Krisis Pangan, Sorgum Ternyata Cocok Dikembangkan di Riau
Yamaha 23-25 September 2022

CAKAP RAKYAT:
Modal Sosial dalam Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas
Senin, 21 Maret 2022 13:25 WIB
Modal Sosial dalam Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas

(CAKAPLAH) - Kampung Keluarga Berkualitas (selanjutnya disingkat Kampung KB) adalah kampung pemberdayaan keluarga dan tempat bersinerginya banyak program pembangunan yang difasilitasi oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Kampung KB ini adalah sebuah program yang didasari oleh arahan dari Presiden RI melalui Surat Edaran Mendagri Nomor 440/70/SJ/2016 tanggal 11 Januari 2016 perihal pencanangan dan pembentukan Kampung KB. Surat edaran tersebut selanjutnya ditindaklanjuti oleh surat edaran para gubernur dan bupati/walikota. Hingga kini minimal terdapat satu Kampung KB di setiap kecamatan di seluruh Indonesia. Hingga kini program Kampung KB masih berjalan.

Kampung KB adalah satuan wilayah setingkat desa atau sebutan lain dengan kriteria tertentu. Di dalamnya terdapat Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) yang dipraktekkan secara komprehensif dan terintegrasi dengan program pembangunan lintas sektor lainnya. Tujuan pembentukan kampung KB adalah untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memprioritaskan daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI dan meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Hal ini merupakan perwujudan salah satu poin Nawacita dalam program pemerintahan Presiden Joko Widodo, “Membangun Indonesia dari Pinggiran”.

Kehadiran Kampung KB sangat penting karena menjadi salah satu tumpuan pemerintah dalam usaha meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia, khususnya di daerah-daerah permukiman yang padat penduduk, terpencil, tertinggal, pinggiran, pesisir dan kumuh perkotaan. Masyarakat dengan segala kapasitas yang dimilikinya dikondisikan agar mampu mengatasi persoalan yang terkait dengan isu Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana sehingga keluarga-keluarga di Indonesia dapat berdikari secara ekonomi, merencanakan kehidupan berkeluarga yang sehat serta keluarga yang turut berkontribusi dalam membangun lingkungan, bangsa dan negara. Kapasitas yang dimiliki masyarakat tersebut antara lain berupa modal sosial yang dapat dimanfaatkan untuk menggerakan masyarakat.

Modal sosial memiliki beberapa komponen, yaitu adanya: 1) rasa mempercayai (trust). Rasa saling percaya antar sesama warga merupakan modal utama untuk kemajuan komunitasnya; 2) Norma Sosial. Norma sosial merupakan seperangkat aturan yang diharapkan dipatuhi diikuti oleh anggota masyarakat atau kelompok tertentu. Aturan-aturan kelompok tersebut biasanya tidak tertulis dan dapat dipahami oleh setiap anggota dan akan menentukan pola tingkah laku yang diharapkan dalam kelompok atau komunitas tertentu.; 3) Saling memberi kebaikan (resiprocity). Unsur modal sosial berikutnya adalah saling berbagi kebaikkan antar anggota kelompok. Saling memberikan kebaikan dilakukan tanpa berharap imbalan atau dengan ikhlas. Saling peduli,  saling memperhatikan, dan saling membantu dapat meningkatkan kerekatan anggota dalam kelompok; 4) Nilai-nilai. Nilai dapat diartikan sebagai ide yang telah diwariskan secara turun-temurun dan dianggap benar sehingga dijadikan pedoman hidup dalam masyarakat. Misalnya, nilai kejujuran, kerja keras, kerjasama dan kelompok; dan 5) Jaringan/Jejaring (networking). Jejaring antar anggota masyarakat dapat menjadi penentu kualitas modal sosial. Jaringan yang merata dan meluas akan menambah kekuatan modal social, sedangkan jaringan yang sempit dan tidak merata akan melemahkan modal sosial.

Sebuah penelitian tentang pendayagunaan modal sosial dalam pendidikan kewirausahaan masyarakat menyimpulkan bahwa pendayagunaan modal sosial oleh kelompok sasaran mampu memberikan manfaat yang dapat mendukung keberhasilan usaha wirausaha para pelaku atau kelompok sasaran. Artinya, jika modal sosial difungsikan secara optimal maka segala sarana dan pra sarana Kampung KB tersebut bisa dipenuhi.

Kampung KB juga diarahkan untuk menerapkan delapan fungsi keluarga bagi masyarakatnya. Delapan fungsi keluarga merupakan fungsi-fungsi sebagai acuan, prasyarat dan pola hidup bagi setiap keluarga untuk mewujudkan keluarga sejahtera dan berkualitas. Delapan fungsi keluarga tersebut yaitu fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi lingkungan. Untuk menerapkan delapan fungsi keluarga tersebut diperlukan peranan berbagai lintas sektor untuk mewujudkannya.

Kondisi yang diharapkan sebagai bentuk efektifitas penyelenggaraan kegiatan pembangunan di Kampung KB dilandasi oleh partisipasi aktif anggota masyarakatnya. Tulisan ini mengasumsikan bahwa modal sosial yang dimiliki masyarakat adalah sebuah kekuatan yang dapat digunakan untuk menstimulasi tindakan kolektif dalam penyelenggaraan Kampung KB.

Modal sosial merupakan aspek yang sangat penting keberadaannya dalam penyelenggaraan Kampung KB sebagai suatu program pemberdayaan masyarakat. Program ini mengutamakan partisipasi aktif masyarakat sebagai wujud interaksi sosial antar warga lokal dan komunitas yang menguntungkan bagi pembangunan. Masyarakat di Kampung KB terutama di perkotaan dan di beberapa perdesaan tertentu memiliki ragam etnis. Nilai sosial yang seringkali diidentikan dengan masyarakat heterogen adalah nilai kompetisi. Kompetisi dibutuhkan untuk meraih pengakuan baik dalam bentuk apresiasi maupun legitimasi. Dengan adanya pengakuan tersebut secara otomatis hal itu akan mewujudkan sistem kontrol sosial yang ampuh pada masyarakat.

Untuk itulah para kader Kampung KB sangat aktif dan gemar mengikuti kegiatan-kegiatan yang bersifat promotif sekaligus branding. Misalnya dengan mengikuti pelatihan bahkan perlombaan baik tingkat kecamatan hingga tingkat nasional. Partisipasi mereka dalam perlombaan tersebut dimotivasi untuk membawa nama Kampung KB semakin dikenal. Capaian prestasi atas perlombaan-perlombaan tersebut dipercaya akan dapat mengundang apresiasi positif dari seluruh warga maupun lembaga terkait yang pada akhirnya meraih tujuan akhir berupa pengakuan secara sosial.

Modal sosial lainnya adalah rasa saling percaya (trust) dan resiprositas. Adanya rasa saling percaya (trust) antar sesama anggota masyarakat menjadikan masyarakat tersebut saling beriringan untuk berkontribusi dalam peningkatan modal sosial. Adapun resiprositas tercermin pada sikap saling membantu secara ikhlas dengan tidak mengharapkan imbalan.

Kampung KB degerakkan oleh kader-kader dari masyarakat setempat yang bekerja secara sukarela tanpa imbalan materi namun memiliki keinginan kuat untuk memajukan lingkungan tempat tinggalnya. Rasa saling percaya dan resiprositas ditunjukkan para kader dengan semangat mau belajar dan pantang menyerah. Sambutan hangat dan kekeluargaan, sebagai ciri rasa saling percaya dan resiprositas, ditunjukkan para kader meskipun terhadap orang yang baru kenal terutama kepada mereka yang diharapkan memberikan kontribusi positif dalam memajukan Kampung KB. Rasa kekeluargaan juga ditunjukkan oleh para kader terhadap warga setempat.

Hal ini akan menguntungkan bagi pengembangan masyarakat sekitar mengingat karakteristk mereka yang cenderung terbuka dengan dunia luar. Kondisi ini ditopang oleh adanya Kader KB sebagai agent of change (agen perubahan) di Kampung KB yang senantiasa tanpa lelah dan penuh keikhlasan terus-menerus menggiatkan, memberikan arahan dan informasi terbaru terkait Kampung KB.

Modal sosial berikutnya adalah jejaring (networking). Jejaring di Kampung KB sudah berkembang cukup baik. Saluran komunikasi antar pengelola Kampung KB dihubungkan melalui aplikasi whatsapp grup. Jejaring juga dikembangkan para kader dengan partisipasi aktif mereka pada kegiatan-kegiatan tingkat kabupaten/kota maupun tingkat provinsi. Terlebih seringnya Kampung KB tersebut dikunjungi oleh dinas dan lembaga terkait baik instansi pemerintah maupun swasta.

Meski begitu jejaring tersebut masih dalam kondisi rapuh. Diperlukan intervensi serta pembinaan secara rutin sehingga jejaring tersebut semakin berkembang dan kuat. Hal ini penting dilakukan mengingat Kampung KB juga menghendaki peningkatan rata-rata lama sekolah penduduk usia sekolah, peningkatan derajat kesehatan masyarakat, meningkatkan sarana dan prasarana pembangunan, meningkatkan sanitasi dan lingkungan sehat dan bersih, meningkatkan keimanan dan ketakwaan penduduk serta rasa kebangsaan dan cinta tanah air.

Untuk itu koordinasi dan kerjasama perlu dikembangkan dengan melibatkan pihak terkait baik sektor pemerintah maupun swasta seperti infrastruktur yang belum baik dikoordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum, kesehatan dengan Dinas Kesehatan, usia sekolah dengan Dinas Pendidikan dan seterusnya. Modal sosial bahkan dapat menjembatani jurang pemisah antara kelompok-kelompok yang beragam karakter dan memperkuat kesepakatan tentang pentingnya pemberdayaan masyarakat. Perluasan jaringan yang dilakukan masyarakat akan lebih mampu memberikan tekanan untuk melakukan upaya bersama dengan bekerjasama kelompok di luar masyarakat tersebut.

Penulis : Bubung Bunyamin, ASN Perwakilan BKKBN Provinsi Riau
Editor : Yusni
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Lainnya
Senin, 29 Agustus 2022 05:43 WIB
Barcelona Lumat Real Valladolid 4-0
Senin, 29 Agustus 2022 05:50 WIB
Real Madrid Bekuk Espanyol 3-1
Senin, 22 Agustus 2022 05:58 WIB
Barcelona Libas Real Sociedad 4-1
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 24 September 2022
Bisnis Hortikultura Lebih Untung dengan Bantuan PT Ekadura Indonesia
Jumat, 23 September 2022
Junimart Duga Partai Demokrat Coba Bentuk Opini Sesat Terkait Kasus Lukas Enembe
Jumat, 23 September 2022
Dinkes Bengkalis Gelar Pelatihan Kader Penanggulangan HIV/AIDS
Jumat, 23 September 2022
LSP Pariwisata Maestro Indonesia Sertifikasi Pemandu Wisata di Pelalawan

Serantau lainnya ...
Selasa, 20 September 2022
Buka Rekening bank bjb Bisa Dapat Tiket Nonton Solo Batik Music Festival
Selasa, 20 September 2022
Terobosan Baru AsmaraNur Modeling School Terbukti Antarkan Naomy Angelica Raih 4th Runer Up Miss Indonesia 2022
Senin, 19 September 2022
Wakili Riau, Naomy Angelica Dari AsmaraNur Modeling School Raih 4th Runner Up Miss Indonesia 2022
Kamis, 15 September 2022
Hadirkan Artis Nicky Tirta, MamaSuka dan LOTTE Grosir Ungkap Rahasia Bisnis Cuan Horeka di Pekanbaru

Gaya Hidup lainnya ...
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif
Sabtu, 13 Agustus 2022
Momen HUT Riau dan HUT RI, Hj Misnarni Berbagi Kebahagiaan di Panti Asuhan

Advertorial lainnya ...
Senin, 19 September 2022
Anak Muda Riau Didukung Melek Dunia Digital, LAM: Peluang Kerja Masa Depan Bukan Lagi di Kantor Camat
Jumat, 16 September 2022
Peneliti Sadar ternyata Simpanse Pukul Akar Pohon untuk Kirim Pesan Jarak Jauh
Jumat, 19 Agustus 2022
Kesiapan Isuzu Menyambut Era Elektrifikasi Kendaraan Bermotor di Indonesia
Minggu, 07 Agustus 2022
iPhone 14 Pro Ucapkan Selamat Tinggal Notch

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 21 September 2022
Peringati Milad ke-42 Tahun RSI Ibnu Sina, 40 Peserta Ikuti Seminar Awam Kesehatan Ibu dan Anak
Selasa, 20 September 2022
Anak Kejang-kejang Hendak Dibawa ke Rumah Sakit tapi Jalanan Macet, Untung Polisi Turun Tangan
Rabu, 14 September 2022
Jangan Lewatkan! RSI Ibnu Sina Gelar Seminar Awam Gratis 'Ibu Cerdas Anak Sehat'
Selasa, 13 September 2022
Jangan Abaikan! Ini Tanda-Tanda yang Ditunjukkan Tubuh ketika Kehabisan Energi

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 23 September 2022
Wakil Bupati Bengkalis Apresiasi Pengabdian Masyarakat Himadata FH UIR
Rabu, 21 September 2022
Tim Dosen UIR Berikan Sosialisasi Pentingnya Merek Bagi Pelaku UMKM
Rabu, 21 September 2022
Diwisuda Hari Ini, Wakil Rektor I Unilak Raih Gelar Doktor dari UNP
Selasa, 20 September 2022
Monev Mahasiswa KKN, Rektor UMRI: Alhamdulillah KKN UMRI Berjalan HEBAT

Kampus lainnya ...
Selasa, 13 September 2022
PHE Kampar Sosialisasi Kegiatan Hulu Migas dan Serahkan Beasiswa di Kerumutan
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi

CSR lainnya ...

LAMR Rohul
Terpopuler
Khas 1 September 2022
Foto
Pertamina
Diskes Rohul Agustus 2022
Selasa, 20 September 2022
KODEgroup Sukses Gelar DO Music Festival 2022 di Alam Mayang
Selasa, 13 September 2022
Ribut-ribut Wudu Nagita Slavina Disebut Salah Semua, Ini Kata Ustadz Adi Hidayat
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!

Selebriti lainnya ...
HUT Riau 2022 - PT SPR
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
HUT Riau 2022 - April RAPP
Rabu, 21 September 2022
Sambangi Muslim World League, Gubri Bahas Pengembangan Quran Center
Sabtu, 20 Agustus 2022
Meriahkan HUT RI, Ribuan Warga Desa Suka Mulya Kampar Ikuti Salawat Akbar Kebangsaan
Senin, 04 Juli 2022
FPKB Kembali Salurkan Alquran Untuk Anak - Anak Mengaji di Pekanbaru
Minggu, 26 Juni 2022
Tinjau Kelayakan Pendidikan, Gubri Sambangi Pondok Tahfidz Quran Bengkalis

Religi lainnya ...
HUT RI 77 - APRIL RAPP
Indeks Berita
www www