Senin, 28 November 2022

Breaking News

  • Pemprov Riau Akui Gubri Batal ke Meranti, Erisman: Katanya Ada Penolakan Bupati Tapi Alasannya Kita Tak Tahu   ●   
  • Setubuhi Wanita Terbelakang Mental, Pria di Bengkalis Ditangkap Polisi   ●   
  • Pimpinan MPR Pastikan Pilkada 2024 Tetap Dipilih Rakyat Langsung   ●   
  • Arab Saudi Percepat Proses Visa Umrah, Hanya Perlu 24 Jam   ●   
  • Jumpai Sekdako Pekanbaru, REI Riau Keluhkan Lambatnya Penerbitan Izin
Yamaha 24-26 November 2022

CAKAP RAKYAT:
Modal Sosial dalam Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas
Senin, 21 Maret 2022 13:25 WIB
Modal Sosial dalam Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas

(CAKAPLAH) - Kampung Keluarga Berkualitas (selanjutnya disingkat Kampung KB) adalah kampung pemberdayaan keluarga dan tempat bersinerginya banyak program pembangunan yang difasilitasi oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Kampung KB ini adalah sebuah program yang didasari oleh arahan dari Presiden RI melalui Surat Edaran Mendagri Nomor 440/70/SJ/2016 tanggal 11 Januari 2016 perihal pencanangan dan pembentukan Kampung KB. Surat edaran tersebut selanjutnya ditindaklanjuti oleh surat edaran para gubernur dan bupati/walikota. Hingga kini minimal terdapat satu Kampung KB di setiap kecamatan di seluruh Indonesia. Hingga kini program Kampung KB masih berjalan.

Kampung KB adalah satuan wilayah setingkat desa atau sebutan lain dengan kriteria tertentu. Di dalamnya terdapat Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) yang dipraktekkan secara komprehensif dan terintegrasi dengan program pembangunan lintas sektor lainnya. Tujuan pembentukan kampung KB adalah untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memprioritaskan daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI dan meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Hal ini merupakan perwujudan salah satu poin Nawacita dalam program pemerintahan Presiden Joko Widodo, “Membangun Indonesia dari Pinggiran”.

Kehadiran Kampung KB sangat penting karena menjadi salah satu tumpuan pemerintah dalam usaha meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia, khususnya di daerah-daerah permukiman yang padat penduduk, terpencil, tertinggal, pinggiran, pesisir dan kumuh perkotaan. Masyarakat dengan segala kapasitas yang dimilikinya dikondisikan agar mampu mengatasi persoalan yang terkait dengan isu Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana sehingga keluarga-keluarga di Indonesia dapat berdikari secara ekonomi, merencanakan kehidupan berkeluarga yang sehat serta keluarga yang turut berkontribusi dalam membangun lingkungan, bangsa dan negara. Kapasitas yang dimiliki masyarakat tersebut antara lain berupa modal sosial yang dapat dimanfaatkan untuk menggerakan masyarakat.

Modal sosial memiliki beberapa komponen, yaitu adanya: 1) rasa mempercayai (trust). Rasa saling percaya antar sesama warga merupakan modal utama untuk kemajuan komunitasnya; 2) Norma Sosial. Norma sosial merupakan seperangkat aturan yang diharapkan dipatuhi diikuti oleh anggota masyarakat atau kelompok tertentu. Aturan-aturan kelompok tersebut biasanya tidak tertulis dan dapat dipahami oleh setiap anggota dan akan menentukan pola tingkah laku yang diharapkan dalam kelompok atau komunitas tertentu.; 3) Saling memberi kebaikan (resiprocity). Unsur modal sosial berikutnya adalah saling berbagi kebaikkan antar anggota kelompok. Saling memberikan kebaikan dilakukan tanpa berharap imbalan atau dengan ikhlas. Saling peduli,  saling memperhatikan, dan saling membantu dapat meningkatkan kerekatan anggota dalam kelompok; 4) Nilai-nilai. Nilai dapat diartikan sebagai ide yang telah diwariskan secara turun-temurun dan dianggap benar sehingga dijadikan pedoman hidup dalam masyarakat. Misalnya, nilai kejujuran, kerja keras, kerjasama dan kelompok; dan 5) Jaringan/Jejaring (networking). Jejaring antar anggota masyarakat dapat menjadi penentu kualitas modal sosial. Jaringan yang merata dan meluas akan menambah kekuatan modal social, sedangkan jaringan yang sempit dan tidak merata akan melemahkan modal sosial.

Sebuah penelitian tentang pendayagunaan modal sosial dalam pendidikan kewirausahaan masyarakat menyimpulkan bahwa pendayagunaan modal sosial oleh kelompok sasaran mampu memberikan manfaat yang dapat mendukung keberhasilan usaha wirausaha para pelaku atau kelompok sasaran. Artinya, jika modal sosial difungsikan secara optimal maka segala sarana dan pra sarana Kampung KB tersebut bisa dipenuhi.

Kampung KB juga diarahkan untuk menerapkan delapan fungsi keluarga bagi masyarakatnya. Delapan fungsi keluarga merupakan fungsi-fungsi sebagai acuan, prasyarat dan pola hidup bagi setiap keluarga untuk mewujudkan keluarga sejahtera dan berkualitas. Delapan fungsi keluarga tersebut yaitu fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi lingkungan. Untuk menerapkan delapan fungsi keluarga tersebut diperlukan peranan berbagai lintas sektor untuk mewujudkannya.

Kondisi yang diharapkan sebagai bentuk efektifitas penyelenggaraan kegiatan pembangunan di Kampung KB dilandasi oleh partisipasi aktif anggota masyarakatnya. Tulisan ini mengasumsikan bahwa modal sosial yang dimiliki masyarakat adalah sebuah kekuatan yang dapat digunakan untuk menstimulasi tindakan kolektif dalam penyelenggaraan Kampung KB.

Modal sosial merupakan aspek yang sangat penting keberadaannya dalam penyelenggaraan Kampung KB sebagai suatu program pemberdayaan masyarakat. Program ini mengutamakan partisipasi aktif masyarakat sebagai wujud interaksi sosial antar warga lokal dan komunitas yang menguntungkan bagi pembangunan. Masyarakat di Kampung KB terutama di perkotaan dan di beberapa perdesaan tertentu memiliki ragam etnis. Nilai sosial yang seringkali diidentikan dengan masyarakat heterogen adalah nilai kompetisi. Kompetisi dibutuhkan untuk meraih pengakuan baik dalam bentuk apresiasi maupun legitimasi. Dengan adanya pengakuan tersebut secara otomatis hal itu akan mewujudkan sistem kontrol sosial yang ampuh pada masyarakat.

Untuk itulah para kader Kampung KB sangat aktif dan gemar mengikuti kegiatan-kegiatan yang bersifat promotif sekaligus branding. Misalnya dengan mengikuti pelatihan bahkan perlombaan baik tingkat kecamatan hingga tingkat nasional. Partisipasi mereka dalam perlombaan tersebut dimotivasi untuk membawa nama Kampung KB semakin dikenal. Capaian prestasi atas perlombaan-perlombaan tersebut dipercaya akan dapat mengundang apresiasi positif dari seluruh warga maupun lembaga terkait yang pada akhirnya meraih tujuan akhir berupa pengakuan secara sosial.

Modal sosial lainnya adalah rasa saling percaya (trust) dan resiprositas. Adanya rasa saling percaya (trust) antar sesama anggota masyarakat menjadikan masyarakat tersebut saling beriringan untuk berkontribusi dalam peningkatan modal sosial. Adapun resiprositas tercermin pada sikap saling membantu secara ikhlas dengan tidak mengharapkan imbalan.

Kampung KB degerakkan oleh kader-kader dari masyarakat setempat yang bekerja secara sukarela tanpa imbalan materi namun memiliki keinginan kuat untuk memajukan lingkungan tempat tinggalnya. Rasa saling percaya dan resiprositas ditunjukkan para kader dengan semangat mau belajar dan pantang menyerah. Sambutan hangat dan kekeluargaan, sebagai ciri rasa saling percaya dan resiprositas, ditunjukkan para kader meskipun terhadap orang yang baru kenal terutama kepada mereka yang diharapkan memberikan kontribusi positif dalam memajukan Kampung KB. Rasa kekeluargaan juga ditunjukkan oleh para kader terhadap warga setempat.

Hal ini akan menguntungkan bagi pengembangan masyarakat sekitar mengingat karakteristk mereka yang cenderung terbuka dengan dunia luar. Kondisi ini ditopang oleh adanya Kader KB sebagai agent of change (agen perubahan) di Kampung KB yang senantiasa tanpa lelah dan penuh keikhlasan terus-menerus menggiatkan, memberikan arahan dan informasi terbaru terkait Kampung KB.

Modal sosial berikutnya adalah jejaring (networking). Jejaring di Kampung KB sudah berkembang cukup baik. Saluran komunikasi antar pengelola Kampung KB dihubungkan melalui aplikasi whatsapp grup. Jejaring juga dikembangkan para kader dengan partisipasi aktif mereka pada kegiatan-kegiatan tingkat kabupaten/kota maupun tingkat provinsi. Terlebih seringnya Kampung KB tersebut dikunjungi oleh dinas dan lembaga terkait baik instansi pemerintah maupun swasta.

Meski begitu jejaring tersebut masih dalam kondisi rapuh. Diperlukan intervensi serta pembinaan secara rutin sehingga jejaring tersebut semakin berkembang dan kuat. Hal ini penting dilakukan mengingat Kampung KB juga menghendaki peningkatan rata-rata lama sekolah penduduk usia sekolah, peningkatan derajat kesehatan masyarakat, meningkatkan sarana dan prasarana pembangunan, meningkatkan sanitasi dan lingkungan sehat dan bersih, meningkatkan keimanan dan ketakwaan penduduk serta rasa kebangsaan dan cinta tanah air.

Untuk itu koordinasi dan kerjasama perlu dikembangkan dengan melibatkan pihak terkait baik sektor pemerintah maupun swasta seperti infrastruktur yang belum baik dikoordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum, kesehatan dengan Dinas Kesehatan, usia sekolah dengan Dinas Pendidikan dan seterusnya. Modal sosial bahkan dapat menjembatani jurang pemisah antara kelompok-kelompok yang beragam karakter dan memperkuat kesepakatan tentang pentingnya pemberdayaan masyarakat. Perluasan jaringan yang dilakukan masyarakat akan lebih mampu memberikan tekanan untuk melakukan upaya bersama dengan bekerjasama kelompok di luar masyarakat tersebut.

Penulis : Bubung Bunyamin, ASN Perwakilan BKKBN Provinsi Riau
Editor : Yusni
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Lainnya
Kamis, 24 November 2022 09:53 WIB
DPT di Perbatasan Bisa Picu Masalah dalam Pemilu
Sabtu, 26 November 2022 07:03 WIB
Rupiah Loyo ke Rp15.672 di Akhir Pekan
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 28 November 2022
PHR Disarankan Lakukan Hal Ini untuk Jaga Keselamatan Para Pekerja
Minggu, 27 November 2022
Hadiri Mubes IKST Riau, Pj Sekda: Orang Tapung harus Bisa Menyatu dengan Masyarakat Heterogen
Minggu, 27 November 2022
Kapolres Bengkalis Ingatkan Personel Jaga Sinergitas TNI Polri dan Bahu-membahu Bersama Masyarakat
Minggu, 27 November 2022
Niken Khairunnisa Larasati Dinobatkan sebagai Duta Anak Kampar 2022

Serantau lainnya ...
Rabu, 23 November 2022
Kenali PHA: Kandungan Skincare untuk Kulit Sensitif
Rabu, 23 November 2022
Lima Tempat Suci di Dunia, Salah Satunya Jadi Kota Suci Tiga Agama
Selasa, 22 November 2022
Gubri "Pamer" Jaket Bomber Tenun Riau Hasil Desain M Abyan Syah Pelajar Kelas 12 SMA Darma Yudha
Selasa, 15 November 2022
Ada Noda Membandel di Pakaian? Atasi dengan 5 Bahan Dapur Ini

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Rabu, 23 November 2022
Walau Bersayap, 7 Burung Ini Tidak Bisa Terbang
Senin, 21 November 2022
Kemenkominfo Gelar Literasi Digital, "Tips Digital: WhatsApp For Business"
Jumat, 18 November 2022
PDS Mudahkan Konsumen Lakukan Transaksi, hanya Lewat Genggaman
Senin, 07 November 2022
Fenomena Gerhana Bulan Total Terjadi Besok, Ini Daftar Wilayah yang Bisa Melihatnya

Tekno dan Sains lainnya ...
Senin, 21 November 2022
Aksesoris Travelling Yang Wajib Anda Bawa Saat Hujan
Jumat, 18 November 2022
Cegah Sakit di Musim Hujan dengan Mengonsumsi 7 Makanan Mengandung Vitamin B6
Kamis, 17 November 2022
Eka Hospital Pekanbaru Gelar Seminar Awam Kendali Komplikasi pada Diabetes
Jumat, 11 November 2022
Peringati Hari Kesehatan Nasional, Pertagas Gelar Kegiatan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting di Bengkalis

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 25 November 2022
Pemko Pekanbaru Ajak Hima Persis Beri Kontribusi Nyata Bangun Pekanbaru
Rabu, 23 November 2022
Gelaran Puncak Acara Big Event Predatech 2022 Sukses Dilaksanakan Predatech dan LPI
Selasa, 22 November 2022
Diperkuat Unilak, Riau Tambah Medali dari Sepak Takraw di Pomnas 17 Padang
Jumat, 18 November 2022
Prodik Teknik Mekatronika Resmi Berdiri di Unilak

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

Pegadaian Oktober 2022
Terpopuler

04

Khas Hotel November 2022
Foto
DPRD Riau 2022 1
Diskes Rohul Agustus 2022
Sabtu, 26 November 2022
Indra Prasta Simpati Gempa Cianjur, Lelang Gitar Kesayangan
Senin, 21 November 2022
Blak-blakan Nia Ramadhani kepada Merry Riana; Terjerat Kasus Narkoba Jadi Mukjizat Bagi Pernikahanku
Sabtu, 19 November 2022
DDV dan Aksa Bumi Langit Gelar Nonton Bersama untuk Anak-anak Kurang Beruntung
Sabtu, 19 November 2022
Nia Ramadhani Ungkap Terjerat Narkoba Bukan Akhir Dunia

Selebriti lainnya ...
DPRD Riau 2022 2
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
BSP - HUT Siak 12 Oktober 2022
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi
Jumat, 28 Oktober 2022
Niat Awal untuk Pendidikan, Alina Kini Mencintai Islam
Selasa, 25 Oktober 2022
Ustaz Yurnalis di Hadapan Warga Binaan: Jika Ingin Jadi Insan Hebat, Lapangkan Hati

Religi lainnya ...
DPRD Riau Hari Kesehatan Nasional 2022
Indeks Berita
DPRD Riau HUT BRIMOB 2022DPRD Riau HGN 2022HUT RI 77 - APRIL RAPPPertaminaHUT Riau 2022 - PT SPR
www www