Sabtu, 01 Oktober 2022

Breaking News

  • Vaksinasi Merdeka Pemko Pekanbaru Akhirnya Digelar, 23.880 Dosis Disiapkan   ●   
  • Anggota DPR Tegaskan Rencana Konversi LPG 3 Kg ke Kompor Gas Tidak Sederhana   ●   
  • Galian Pipa PDAM Membahayakan, DPRD Pekanbaru: harus Diperbaiki Seperti Semula   ●   
  • Diduga Bakar Lahan TNTN Seluas 20 Hektare, Dua Warga Ditahan Polisi   ●   
  • Kunjungan di Mall Vaksinasi Riau Menurun, Rata-rata Cuma 100 Orang Perhari   ●   
  • ASN Meninggal di Basement Kantor DPRD Riau, Polisi: Murni Gantung Diri   ●   
  • 1.353 Orang Terserang DBD di Riau Sepanjang Tahun 2022, Pekanbaru Tertinggi   ●   
  • Tarif Listrik Oktober-Desember 2022 Dipastikan Tidak Naik   ●   
  • Ada Lagi Kasus Meninggal Akibat Covid-19 di Riau, Tetap Waspada   ●   
  • Antisipasi Krisis Pangan, Sorgum Ternyata Cocok Dikembangkan di Riau
Yamaha 29-30 September 2022

CAKAP RAKYAT
Impor dan Kemandirian Bangsa
Selasa, 05 April 2022 16:22 WIB
Impor dan Kemandirian Bangsa

(CAKAPLAH) - Beberapa waktu yang lalu publik dikejutkan dengan pernyataan Jokowi soal impor pada saat memberikan pengarahan tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia (25/03). Kegiatan yang berlangsung di Nusa Dua, Provinsi Bali tersebut diikuti oleh setidaknya jajaran menteri kabinet Indonesia Maju, para gubernur, bupati dan walikota, serta tidak ketinggalan para direktur utama BUMN. Kegiatan berkelas nasional tersebut sebenarnya bertujuan untuk penegasan atau peneguhan terhadap perlunya kita bangga menggunakan produk buatan bangsa sendiri. Namun, Pidato Jokowi pada kegiatan aksi afirmasi yang seharusnya persuasif tersebut, beralih menjadi sarana kritik dengan gaya komunikasi yang sedikit cenderung ofensif.

Menyimak pidato Presiden RI ketujuh tersebut, memang ada kesan yang agak berbeda, terutama bagaimana Jokowi memberikan penekanan dan pemilihan diksi ketika ia menyampaikan pidatonya. Gaya khas Jokowi yang biasanya tampil kalem dan sesekali diiringi dengan guyonan tidak nampak kali ini. Jokowi lebih banyak serius dan terlihat jengkel ketika memberikan pengarahannya. Bahkan beberapa kali Jokowi terlihat dengan mimik tegas melarang hadirin bertepuk tangan di sela-sela pidatonya. Bila kita menangkap situasi yang terjadi, jelas ini ada persoalan yang dinilai sangat serius oleh Jokowi yang seharusnya perlu menjadi perhatian yang sungguh-sungguh dari semua pihak yang hadir.

Sebenarnya apa yang dikeluhkan oleh Jokowi?

Agar tidak terjadi kesalahan pengutipan, saya sengaja mengambil rilis pidato Jokowi yang resmi diterbitkan oleh Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, melalui website https://setkab.go.id. Berdasarkan isi pidato tersebut, Jokowi menyatakan kekecewaannya soal pembelian barang-barang impor oleh beberapa kementerian dan lembaga negara. Menurut Jokowi barang-barang tersebut tidak perlu diimpor, tetapi justru membeli barang-barang dari produksi dalam negeri sendiri. Jokowi menyebutkan “…tidak usah cari investor. Kita diam saja. Tapi kita konsisten membeli barang yang diproduksi oleh pabrik-pabrik kita, industri-industri kita, UKM-UKM kita. Kok enggak kita lakukan? Bodoh sekali kita kalau enggak melakukan ini, malah beli barang-barang impor.”

Jokowi mencontohkan pembelian barang-barang impor seperti CCTV, seragam dan sepatu tentara dan polisi, alkes seperti tempat tidur untuk rumah sakit, alsintan seperti traktor yang dinilainya bukan hi-tech sehingga tidak seharusnya dibeli melalui impor. Lebih lanjut Jokowi juga menyinggung pembelian pensil, kertas, bolpoin, buku tulis, bangku, hingga laptop yang tidak semestinya dibeli dari luar, karena semuanya sudah bisa diproduksi sendiri.

Kekecewaan Jokowi ini tentu membuat kita semua kaget. Bagaimana mungkin barang-barang dengan kualifikasi sederhana itu, dan yang selama ini familiar kita gunakan ternyata masih diperoleh melalui impor. Selepas penyataan Jokowi tersebut beberapa pihak yang terkait kemudian memberikan klarifikasinya. Ada yang memberikan penyangkalan dan ada pula yang menindaklanjuti arahan presiden tersebut dengan melaksanakan pembatasan terhadap pembelian barang-barang impor.

Terlepas dari semua itu, tentunya ini menjadi catatan tersendiri buat kita. Sebagai negara yang besar dengan kekayaan alam yang melimpah, wajar jika kita merasa turut kecewa. Jika benar barang-barang impor yang disebutkan Jokowi tersebut, jelas bukan karena ketidakmampuan untuk memproduksi alasannya, tetapi pasti ada motif lain yang menyertainya. Hal inilah semestinya yang perlu ditindaklanjuti.

Selain soal impor yang disebutkan Jokowi, kita juga saat ini mengalami fase kehidupan ekonomi yang aneh menurut saya. Sebut saja seperti adanya kelangkaan dan harga minyak goreng yang tiba-tiba meroket di pasaran. Sampai saat ini tidak ada penjelasan yang rasional yang bisa kita pahami mengapa itu bisa terjadi. Padahal kondisi ini sudah berlangsung lama dan jelas akan memicu peningkatan angka inflasi. Keheranan kita semakin membuncah ketika kita tahu bahwa bangsa ini adalah salah satu penghasil CPO terbesar di dunia.

Belum lagi bila kita membahas soal kelangkaan solar yang menyebabkan antrian panjang dimana-mana. Menurut pihak Pertamina sebagai pihak yang berwenang, kelangkaan solar disebabkan penggunaannya yang melebihi kuota, dan meminta masyarakat beralih menggunakan solar non subsidi seperti Dexlite dan Pertamina Dex. Lagi-lagi alasan ini membuat masyarakat bingung dan terkesan memang sengaja untuk “memaksa” masyarakat menggunakan solar non subsidi.

Kemandirian bangsa

Berbagai fenomena tersebut sudah cukup menjadi warning bagi kita, dimana posisi bangsa kita saat ini sebenarnya. Soal impor dan kelangkaan produk yang nota bene bersumber dari potensi kekayaan alam kita sendiri, tidak seharusnya terjadi. Sebagai negara yang berdaulat mestinya kita memiliki kemandirian, terlebih soal yang berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat dan kaitannya dengan potensi bangsa yang kita miliki.

Kemandirian disini bukan berarti kita mencukupi semua kebutuhan sendiri, dan tidak membutuhkan negara lain. Karena memang tidak ada satu pun negara di dunia ini yang tidak membutuhkan negara lainnya. Kemandirian bangsa yang dimaksudkan adalah kemampuan dalam bertindak dan mengambil keputusan terhadap nasib bangsa sendiri, termasuk di dalamnya kebebasan memilih dengan siapa kita melakukan kerjasama. Kemandirian bangsa sebagai salah satu nilai kebangsaan, harus menjadi perhatian kita bersama. Seiring dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta persaingan global, mengharuskan setiap bangsa di dunia untuk memiliki daya saing yang tinggi sebagai syarat utama kemandirian sebuah bangsa.

Kunci kemandirian bangsa kita terletak dari semangat nasionalisme dan penguatan kerjasama antardaerah yang saling melengkapi. Sebagai bangsa yang besar, kita memiliki beragam potensi kekayaan alam dan keunggulan dari masing-masing daerah. Semua itu bila dikelola dengan baik, tentu akan menghasilkan kekuatan yang dapat menopang kemandirian bangsa. Hal lainnya yang tidak dapat ditinggalkan adalah perlunya inovasi dalam mewujudkan kemandirian bangsa. Melalui penguatan riset-riset terapan yang berkualitas dan pengembangan sumber daya manusia, diharapkan dapat melahirkan inovasi yang unggul. Upaya ini tentu memerlukan keseriusan dan keberpihakan pemerintah yang diwujudkan dengan mengeluarkan kebijakan yang tepat sasaran, dan alokasi dana riset yang mencukupi.

Berikutnya adalah pengembangan kualitas generasi muda sebagai pemegang tongkat estafet pembangunan bangsa. Di tangan merekalah nanti bangsa ini dititipkan. Kemandirian bangsa kelak akan menjadi kemunduran bila generasi muda tidak kita persiapkan sedini mungkin dan dengan sebaik mungkin. Terakhir, kemandirian bangsa dapat dimulai dari kita sendiri. Pilih dan gunakanlah produk dalam negeri dan banggalah menjadi bagian dari kemandirian bangsa.***

Penulis : Dr. Biryanto, ASN Pemerintah Provinsi Riau
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Sabtu, 01 Oktober 2022 15:35 WIB
Belajar Setia Dari Sejarah
Jum'at, 02 September 2022 14:49 WIB
One Command Center Solusi Kegawatdaruratan di Riau
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Selasa, 27 September 2022 16:21 WIB
Siasat Paska Kenaikan BBM
Jum'at, 09 September 2022 14:10 WIB
Gotong Royong Perkuat Daya Saing SDM
Selasa, 30 Agustus 2022 11:48 WIB
Pendidikan Ruh Pembangunan
Rabu, 17 Agustus 2022 12:35 WIB
Mari Jaga Warisan Kemerdekaan
Senin, 15 Agustus 2022 19:21 WIB
Kesetaraan Kunci Bangun Bangsa
Kamis, 22 September 2022 08:16 WIB
Meneroka RUU Sisdiknas
Minggu, 18 September 2022 08:16 WIB
Karena Satu Nyawa Begitu Berharga
Rabu, 03 Agustus 2022 09:37 WIB
Pembangunan yang Memajukan
Sabtu, 21 Mei 2022 07:00 WIB
Menggali Unsur Kebangkitan Nasional
Jum'at, 09 September 2022 11:23 WIB
Ada Apa Menjelang Pilihan Raya Umum ke-15 Malaysia?
Sabtu, 30 Juli 2022 08:04 WIB
Kekuatan Di Balik Hijrah
Senin, 22 Agustus 2022 10:01 WIB
Ketika Pendidikan Hilang Arah
Kamis, 25 Agustus 2022 10:07 WIB
BRK Syariah: Lembar Baru, Semangat Baru
Minggu, 04 September 2022 17:36 WIB
BBM Naik Rakyat Tercekik
Sabtu, 09 Juli 2022 19:29 WIB
Idul Adha: Ketakwaan Berbuah Kepedulian
Senin, 28 Maret 2022 08:45 WIB
Keberpihakan Kunci Kebangkitan
Sabtu, 28 Mei 2022 07:01 WIB
Jalan Menuju Berkah Tidak Mudah
Kamis, 05 Mei 2022 20:38 WIB
Aspirasi Kunci Pembangunan
Selasa, 24 Mei 2022 08:01 WIB
Toleransi Bukan Untuk Mengebiri
Kamis, 31 Maret 2022 08:23 WIB
Ramadhan Dan Momentum Ekonomi Syariah
Selasa, 05 Juli 2022 20:03 WIB
Berkolaborasi Penuhi Hajat Publik
Rabu, 30 Maret 2022 17:01 WIB
Rohingya dan Permasalahannya
Sabtu, 25 Juni 2022 20:44 WIB
Pendidikan Yang Berkeadilan
Kamis, 10 Maret 2022 12:27 WIB
Energi Dan Kebangkitan Ekonomi
Kamis, 23 Juni 2022 16:25 WIB
Pekanbaru Butuh Mindset Baru
Kamis, 30 Desember 2021 12:58 WIB
Riau Menatap 2022
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 01 Oktober 2022
Bupati Rohil Ajak Masyarakat Refleksikan Nilai-nilai Pancasila
Jumat, 30 September 2022
Danrem 031 Wirabima dan Istri Dikukuhkan Jadi Orang Tua Asuh Anak Stunting Riau
Jumat, 30 September 2022
Dilaporkan LSM BAN Garap Kawasan Hutan Tanpa Izin, Budiman Lubis Minta Pelapor Belajar Undang-Undang
Jumat, 30 September 2022
Kasus Penganiayaan Anak Bawah Umur di Dalu-Dalu Mulai Disidangkan

Serantau lainnya ...
Selasa, 20 September 2022
Buka Rekening bank bjb Bisa Dapat Tiket Nonton Solo Batik Music Festival
Selasa, 20 September 2022
Terobosan Baru AsmaraNur Modeling School Terbukti Antarkan Naomy Angelica Raih 4th Runer Up Miss Indonesia 2022
Senin, 19 September 2022
Wakili Riau, Naomy Angelica Dari AsmaraNur Modeling School Raih 4th Runner Up Miss Indonesia 2022
Kamis, 15 September 2022
Hadirkan Artis Nicky Tirta, MamaSuka dan LOTTE Grosir Ungkap Rahasia Bisnis Cuan Horeka di Pekanbaru

Gaya Hidup lainnya ...
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif
Sabtu, 13 Agustus 2022
Momen HUT Riau dan HUT RI, Hj Misnarni Berbagi Kebahagiaan di Panti Asuhan

Advertorial lainnya ...
Jumat, 30 September 2022
Wujud Dukungan “Green Energy”, DPR Siapkan 55 Mobil Listrik di Acara P20
Rabu, 28 September 2022
PKM Penangan Limbah Ternak Sapi dan Psikoedukasi Pasca Covid-19
Senin, 19 September 2022
Anak Muda Riau Didukung Melek Dunia Digital, LAM: Peluang Kerja Masa Depan Bukan Lagi di Kantor Camat
Jumat, 16 September 2022
Peneliti Sadar ternyata Simpanse Pukul Akar Pohon untuk Kirim Pesan Jarak Jauh

Tekno dan Sains lainnya ...
Senin, 26 September 2022
Yayasan SIKLUS Melayani Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Napza
Rabu, 21 September 2022
Peringati Milad ke-42 Tahun RSI Ibnu Sina, 40 Peserta Ikuti Seminar Awam Kesehatan Ibu dan Anak
Selasa, 20 September 2022
Anak Kejang-kejang Hendak Dibawa ke Rumah Sakit tapi Jalanan Macet, Untung Polisi Turun Tangan
Rabu, 14 September 2022
Jangan Lewatkan! RSI Ibnu Sina Gelar Seminar Awam Gratis 'Ibu Cerdas Anak Sehat'

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 01 Oktober 2022
Melestarikan Budaya dan Kearifan Lokal melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Kamis, 29 September 2022
Umri Puncaki Ranking LL DIKTI Wilayah X Versi UniRank Edisi 2022
Rabu, 28 September 2022
Unilak Masih Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru hingga 1 Oktober 2022
Selasa, 27 September 2022
Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN UMRI Kampung Rantau Panjang 2022 Tanam 100 Bibit Pohon Buah

Kampus lainnya ...
Selasa, 13 September 2022
PHE Kampar Sosialisasi Kegiatan Hulu Migas dan Serahkan Beasiswa di Kerumutan
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi

CSR lainnya ...

Khas 1 September 2022
Terpopuler
Pegadaian Oktober 2022
Foto
Pertamina
Diskes Rohul Agustus 2022
Selasa, 20 September 2022
KODEgroup Sukses Gelar DO Music Festival 2022 di Alam Mayang
Selasa, 13 September 2022
Ribut-ribut Wudu Nagita Slavina Disebut Salah Semua, Ini Kata Ustadz Adi Hidayat
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!

Selebriti lainnya ...
HUT Riau 2022 - PT SPR
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
HUT Riau 2022 - April RAPP
Rabu, 21 September 2022
Sambangi Muslim World League, Gubri Bahas Pengembangan Quran Center
Sabtu, 20 Agustus 2022
Meriahkan HUT RI, Ribuan Warga Desa Suka Mulya Kampar Ikuti Salawat Akbar Kebangsaan
Senin, 04 Juli 2022
FPKB Kembali Salurkan Alquran Untuk Anak - Anak Mengaji di Pekanbaru
Minggu, 26 Juni 2022
Tinjau Kelayakan Pendidikan, Gubri Sambangi Pondok Tahfidz Quran Bengkalis

Religi lainnya ...
HUT RI 77 - APRIL RAPP
Indeks Berita
www www