Minggu, 22 Mei 2022

Breaking News

  • Turunkan Harga TBS Sepihak, PKS di Riau Bisa Disanksi Tegas   ●   
  • Kuala Lumpur Kembali Dilanda Banjir Bandang   ●   
  • Harga Sawit di Riau Rp3.919,87 Perkilogram, PKS Diminta Tidak sewenang-wenang Tetapkan Harga   ●   
  • PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei   ●   
  • Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang   ●   
  • ASN Pemko Pekanbaru Wajib Ingat! Bawa Mobil Dinas saat Lebaran Bakal Disanksi   ●   
  • Tol Pekanbaru Bangkinang Dibuka untuk Mudik, Polisi Dikerahkan untuk Pengamanan   ●   
  • Pengamanan Nataru Riau Kerahkan 2.527 Personel Gabungan   ●   
  • Varian Omicron Belum Ditemukan di Riau   ●   
  • Dinsos Riau Tak Punya Data Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19
Yamaha 18-21 Mei 2022
Polling
Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, Firdaus - Ayat Cahyadi, akan berakhir 22 Mei tahun 2022. Bagaimana menurut Anda kinerja mereka selama memimpin Pekanbaru?


CAKAP RAKYAT
Pentingnya Iqro’
Sabtu, 23 April 2022 06:18 WIB
Pentingnya Iqro’
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Selain puasa, Ramadhan dikenal sebagai bulan diturunkan al-Qur’an. Untuk memperingatinya, di tengah masyarakat digelar Nuzul al-Qur’an. Meski terdapat perbedaan pendapat mengenai waktu 17, 18, 19 dan 24 Ramadhan, namun itu bukan persoalan. Paling esensial dikedepankan adalah sejauhmana umat Islam mampu meresapi nilai dan makna dibalik peristiwa nuzul al-Qur’an dan berupaya menerapkan ke konteks kehidupan sekarang. Ayat 1 sampai 5 surat Al-‘Alaq yang oleh mayoritas mufassir disebut sebagai wahyu pertama turun mengandung keistimewaan karena diawali dengan Iqra’. Kata fenomenal sekaligus memiliki beragam tafsir. Satu kata dengan kekuatan gagasan yang bisa menerangi peradaban.

Bila membaca karya dan pendapat para mufassir al-Qur’an, masing-masing punya pendekatan dan penjelasan tentang kata Iqra’. Ulama menyebutkan bahwa kata Iqra’ diambil dari kata kerja qara’a yang mulanya berarti menghimpun. Dalam aktivitas pengucapan, ketika kita merangkai huruf atau kata maka diartikan sebagai kegiatan membaca. Namun ada juga menafsirkan perintah membaca Iqra’ itu sendiri tidak mengharuskan adanya suatu teks tertulis sebagai objek bacaan. Membaca di sini tak mesti diucapkan sehingga terdengar oleh orang lain. Karena dalam ayat tidak dinyatakan ada objek bacaan. Malaikat Jibril As ketika itu juga tidak sedang membaca satu teks tertulis. Atas dasar itu pula kenapa ada riwayat mengisahkan bahwa Nabi Muhammad Saw bertanya: ma aqra’ artinya “apakah yang saya harus baca?.”

Keberagaman pendapat bukti keberkahan Al Qur’an sebagai sumber pengetahuan. Adapun kata Iqra’ bisa ditarik kesimpulan bahwa pemaknaan dan penggunaan bisa sangat luas. Dapat digunakan dalam arti membaca, menelaah, menyampaikan dan sebagainya. Oleh karena objeknya bersifat umum bisa menjangkau banyak hal. Objek tersebut bisa berupa bacaan suci bersumber dari Tuhan menyangkut ayat-ayat tertulis maupun tak tertulis.

Kenapa ayat pertama menyuruh kita “membaca”? Sebab di sinilah fase penentu sekaligus penyebab utama setiap kegagalan yang terjadi dalam kehidupan manusia. Semisal lalai membaca yang tersirat dan tersurat dari setiap kejadian. Dialami mulai skop personal sampai urus-mengurus negara. Itulah kenapa al-Qur’an mengatur berbagai aspek mulai pedoman menjalankan kehidupan hingga kumpulan aturan dan pedoman kebijakan. Semua disampaikan baik secara konkrit berupa bahasa hukum ataupun diintisarikan dari kisah umat terdahulu serta lewat perumpamaan. Ini sungguh modal dan bekal berharga bagi manusia sepanjang zaman. Mencegah hal sama tak kembali berulang atau merespon berbagai kekurangan umat terdahulu melalui penyempurnaan supaya bisa diraih capaian lebih baik lagi. Namun itu hanya bisa dicapai bila mau menerapkan Iqra’ dan cakap membaca peristiwa.

Membaca Situasi

Momentum Nuzul Qur’an semakin bernilai dan relevan diangkat mengingat situasi saat ini. Terutama dalam konteks berbangsa dan bernegara. Kenapa mengarah ke sana? Karena ayat al-Qur’an banyak menyinggung urusan publik dan urgensinya. Kembali ke realita, dapat disaksikan dan dirasakan secara langsung dari isu dan peristiwa berkembang belakangan. Paling hangat soal tekanan ekonomi masyarakat yang makin berat. Diawali kenaikan harga komoditas pangan kemudian disusul kenaikan tarif PPN 11 persen.

Bicara Pajak Pertambahan Nilai (PPN), kenaikan disebut-sebut baru terjadi di Pemerintahan Presiden Joko Widodo sejak era Orde baru. Seakan belum cukup, berbagai komoditas mulai energi seperti Bahan Bakar Minyak (BBM) ikut naik berikut wacana kenaikan LPG 3 kg, tarif listrik sampai jasa telekomunikasi. Beberapa kenaikan bersamaan dengan bulan Ramadhan dikhawatirkan bisa bikin inflasi meningkat. Kami selaku anggota DPRD Provinsi Riau di komisi membidangi keuangan termasuk urusan pajak, punya pandangan sederhana. Bahwa naiknya berbagai komoditas dan pajak secara bersamaan hanya akan menambah beban masyarakat dan memukul para pelaku usaha akibat melemahnya daya beli.

Kita dapat memahami urgensi pajak bagi pendapatan negara. Tapi sayang waktunya sangat tidak tepat. Kebijakan tanpa membaca keadaan. Sehingga sudut pandangnya mementingkan penyelamatan keuangan negara tanpa peduli penderitaan dan tekanan dihadapi masyarakat. Dampak kebijakan paling fatal dirasakan daerah. Perihal PPN sebagai pungutan pemerintah dari setiap transaksi jual-beli barang atau jasa, bagaimanapun beban akan dirasakan konsumen dan bakal berdampak ke pelaku usaha. Mereka lebih memilih menurunkan margin untuk menjaga harga di tingkat konsumen.

Mirisnya, selama pandemi keuntungan pelaku usaha kebanyakan UMKM tergerus akibat kebijakan pembatasan. Dampak paling terasa pemutusan kerja di banyak sektor. Sekarang mereka terpaksa menerima keuntungan tipis seiring harga bahan pokok naik plus pajak. Keuntungan kian tergerus dan beban makin tinggi tentu bukan sinyal baik. Pelaku usaha dan pedagang kecil berada bak telur di ujung tanduk.

Dari segi kebijakan, kenaikan PPN di saat harga komoditas merangkak naik sungguh kontraproduktif dengan upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) digemborkan Pemerintah yang menghabiskan anggaran tak sedikit. Ironisnya lagi, Pemerintah dulu malah sempat mengeluarkan stimulus pajak penjualan barang mewah (PPnBM) untuk kendaraan bermotor dan PPh badan yang notabene dinikmati masyarakat menengah atas.

Ketika pengambil kebijakan gagal membaca kondisi, bangsa bisa berujung petaka. Terkait pajak, sangat layak untuk diketengahkan pemikiran Ibnu Khaldun dalam karya spektakulernya berjudul Muqadimmah, yang mana berangkat dari pemahaman paripurna atas al Qur’an.  Menurut Ibnu Khaldun, pengenaan tarif pajak sangat menentukan kehidupan sosial dan politik. Dibuat rendah agar ekonomi bisa bergerak bagus dan negara stabil serta kuat. Kenaikan pajak yang melampaui kemampuan warga -termasuk saat dihadapkan kenaikan harga komoditas- sangat berbahaya bagi produktivitas dan berdampak buruk terhadap kegiatan ekonomi. Ibnu Khaldun menilai, di masa ekonomi sedang baik pendapatan negara dari pajak bertambah tinggi dengan tarif pajak rendah. Sebaliknya, di masa ekonomi sulit pendapatan negara dari pajak tetap rendah meski tarif pajak dibuat tinggi. Pajak ringan bagus bagi keberlangsungan negara. Ibnu Khaldun juga menilai, kebijakan menaikkan surplus permintaan dengan cara memperbesar belanja birokrasi langkah keliru.

Pemerintah yang baik birokrasinya efektif dan efisien. Dengan demikian, pungutan pajak untuk membiayai pemerintahan bisa minimal. Ibnu Khaldun berargumen seperti itu karena dia hidup dan menyaksikan runtuhnya Daulah Abbasiyah karena korupsi, ketamakan, asyik hidup mewah dan keserakahan pejabatnya sementara pajak yang diterapkan tinggi. Memang pemerintah harus memungut pajak sebagai sumber pendorong ekonomi dan penggerak pembangunan. Tapi perekonomian tumbuh jika kebijakan pemerintah mendukung pertumbuhan kegiatan ekonomi, bukan sebaliknya.

Penyesuaian pajak juga diarahkan dalam rangka semakin meningkatkan pelayanan dan belanja publik ke masyarakat. Bukan untuk kegiatan tidak prioritas semisal pembangunan Ibukota Negara yang sebenarnya bisa ditunda mengingat keuangan negara dalam keadaan sakit.

Terakhir, Nuzul Qur’an adalah terminal perhentian sementara untuk mengoreksi diri. Banyak ayat al Qur’an mewanti-wanti konsekuensi dari kegagalan membaca dan mengambil pelajaran. Bacalah kisah umat terdahulu dimana penguasanya diberi kekuasaan dan kekuatan lebih, namun ujungnya dihinakan karena semena-mena dan merasa unggul, minim empati kepada kaum lemah, merajalelanya praktik kezaliman dan ketidakadilan. Oleh karena itu, wajar kenapa Iqra’ begitu ditonjolkan dalam sejarah turunnya al Qur’an. Sebab membaca ayat dan firmanNya selain bernilai ibadah, paling utama pintu memperoleh pengetahuan dan pemahaman untuk terhindar dari berbagai penyimpangan.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, Firdaus - Ayat Cahyadi, akan berakhir 22 Mei tahun 2022. Bagaimana menurut Anda kinerja mereka selama memimpin Pekanbaru?

Berita Terkait
Sabtu, 21 Mei 2022 07:00 WIB
Menggali Unsur Kebangkitan Nasional
Kamis, 05 Mei 2022 20:38 WIB
Aspirasi Kunci Pembangunan
Selasa, 10 Mei 2022 21:49 WIB
Menjawab Dilema Para Buruh
Senin, 09 Mei 2022 20:46 WIB
G20 dan Politik Luar Negeri Indonesia
Selasa, 05 April 2022 16:22 WIB
Impor dan Kemandirian Bangsa
Senin, 28 Maret 2022 08:45 WIB
Keberpihakan Kunci Kebangkitan
Rabu, 30 Maret 2022 17:01 WIB
Rohingya dan Permasalahannya
Kamis, 31 Maret 2022 08:23 WIB
Ramadhan Dan Momentum Ekonomi Syariah
Minggu, 01 Mei 2022 23:16 WIB
Fitrah Dan Kekuatan Untuk Merubah
Kamis, 17 Februari 2022 12:30 WIB
Maksimalkan Perlindungan Pekerja
Kamis, 10 Maret 2022 12:27 WIB
Energi Dan Kebangkitan Ekonomi
Minggu, 17 April 2022 14:52 WIB
Ekonomi Hijau Demi Riau Berkilau
Selasa, 12 April 2022 16:00 WIB
Komitmen Setengah Hati Urus BUMD
Kamis, 30 Desember 2021 12:58 WIB
Riau Menatap 2022
Kamis, 07 April 2022 08:27 WIB
Misi Jadikan Melayu Bahasa Pemersatu
Kamis, 17 Maret 2022 08:17 WIB
Strategi Penguatan Nilai Persatuan Bangsa
Sabtu, 22 Januari 2022 08:02 WIB
Kolaborasi Tunaikan Tanggung Jawab
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Rabu, 10 November 2021 17:29 WIB
Warisan Berharga Para Pahlawan
Minggu, 03 April 2022 21:07 WIB
Taat Konstitusi Bukti Cinta NKRI
Senin, 27 Desember 2021 08:02 WIB
Revitalisasi Desa Sebagai Pilar Bangsa
Kamis, 09 Desember 2021 21:00 WIB
Memaknai Hari Antikorupsi Sedunia
Selasa, 22 Februari 2022 11:17 WIB
Kembangkan Layar, Perjuangkan DBH Sawit
Rabu, 27 April 2022 23:00 WIB
Larangan Ekspor Dan Dampak Ke Riau
Jum'at, 03 September 2021 08:02 WIB
Mendulang Berkah Dari Musibah
Kamis, 16 September 2021 21:10 WIB
Mandiri Mengelola Kekayaan Negeri
Minggu, 31 Oktober 2021 19:28 WIB
Berani Berinovasi Itu Hebat!
Senin, 17 Januari 2022 21:27 WIB
Tancap Gas Di Awal Tahun
Selasa, 02 November 2021 19:30 WIB
Myanmar ‘Duri’ dalam ASEAN
Senin, 07 Maret 2022 08:17 WIB
Mahathir is Back?
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 21 Mei 2022
Ketua Umum PMRJ, Komjen Pol Gatot Edy Bagikan 3000 Alquran
Sabtu, 21 Mei 2022
15 Kampung di Siak Jadi Pilot Project Desa Cantik dari BPS RI
Sabtu, 21 Mei 2022
Pemkab Kampar Hibahkan 20 Hektare Tanah ke Polda Riau, Rencana Dibangun Markas Brimob
Sabtu, 21 Mei 2022
Waka DPRD Pelalawan Buka Lomba Pacu Sampan di Kuala Terusan

Serantau lainnya ...
Rabu, 18 Mei 2022
Live Streaming 61 Jam Non Stop bank bjb Siap Pecahkan Rekor MURI
Selasa, 17 Mei 2022
Sepuluh Peserta Siap Unjuk Gigi di Asik Bang BNPT Festival 2022
Rabu, 11 Mei 2022
Jadi Motivator Hidup Hemat, Pria Ini Malah Habiskan Rp 14 Juta Sehari Buat Makan
Jumat, 06 Mei 2022
Hari Pertama Tayang Doctor Strange 2 Langsung Dulang Rp 394 Miliar

Gaya Hidup lainnya ...
Senin, 18 April 2022
Masjid Paripurna Pekanbaru Sebagai Pusat Perekonomian dan Pembinaan Masyarakat
Jumat, 15 April 2022
Capaian Vaksin Tertinggi di Riau, Walikota Pekanbaru Terima Penghargaan dari Wakapolri
Kamis, 14 April 2022
Layanan Berkelas Dunia, Pemko Pekanbaru Lakukan Perluasan MPP
Jumat, 08 April 2022
Memudahkan Pembayaran Pajak, Bapenda Punya Smart Tax Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Selasa, 17 Mei 2022
Penyebab Colokan Listrik Tiap Negara Berbeda-Beda
Selasa, 10 Mei 2022
Perhatikan! Ini 5 Tips Memilih MicroSD yang Awet dan Bagus
Rabu, 27 April 2022
Bulan Ramadan Momen Tepat Ganti Smartphone?
Minggu, 13 Maret 2022
Perlu Upaya Penyelamatan, Kenali 4 Tanaman Endemik yang Terancam Punah di Indonesia

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 17 Mei 2022
Perlukah Saus Cabe Botolan Disimpan di Kulkas?
Sabtu, 14 Mei 2022
KPA Pekanbaru Dukung Program Tri Zero Kemenkes untuk Penanganan Kasus HIV/AIDS
Jumat, 06 Mei 2022
Hepatitis Misterius Merebak Serang Anak-anak, Begini Cara Mencegahnya
Rabu, 27 April 2022
Tips Mudik Agar Aman Selama Perjalanan, Hindari Posting!

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 20 Mei 2022
Tingkatkan SDM Riau di Bidang IT, PCR Jalin Kerjasama dengan Perusahaan Asal Korsel
Jumat, 20 Mei 2022
UIR Siap Bantu Perkuat Dukungan Teknis Keahlian DPR RI
Jumat, 20 Mei 2022
UIR Gelar Seminar UMKM, akan Jadi Pijakan Pertama Mahasiswa Memulai Bisnis
Kamis, 19 Mei 2022
22 Proposal Penelitian Dosen UIR Didanai Kemenristekdikti

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...
Polling
Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, Firdaus - Ayat Cahyadi, akan berakhir 22 Mei tahun 2022. Bagaimana menurut Anda kinerja mereka selama memimpin Pekanbaru?


Pelantikan Sekda Rohul 20 April 2022
Terpopuler
LAM
Foto
Idulfitri 1443 H APRIL
Waisak 16 Mei 2022 - APRIL
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!
Jumat, 06 Mei 2022
Cantiknya Sophia Latjuba saat Lebaran, Tetap Stylish Walau Pakai Sarung
Rabu, 27 April 2022
Dikira Mualaf, Ternyata Ini Alasan Celine Evangelista Sering Pakai Baju Muslim

Selebriti lainnya ...
Idulfitri 1443 H - UIN SUSKA RIAU
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
PKS Kampar - ucapan Ramadan 1443 H
Rabu, 27 April 2022
Dompet Dhuafa Volunteer Riau Gelar Puncak Serambi
Selasa, 26 April 2022
ACT Riau Tebar Sajian Iftar terbaik untuk Yatim, Penghapal Quran, dan Warga Prasejahtera
Kamis, 21 April 2022
Menjemput Lailatul Qadar
Minggu, 17 April 2022
Bupati Rohil Pastikan akan Gelar Takbir Keliling Malam Lebaran

Religi lainnya ...
Ucapan Ramadan 1443 H
Rabu, 13 April 2022
Pemko Pekanbaru Gelar Rakor Saber Pungli Terkait Penyelenggara Pelayanan Publik
Jumat, 04 Maret 2022
Dispora Pekanbaru Taja Liga Pelajar Futsal 2022, Tim SMAN 12 Sukses jadi Juara
Selasa, 01 Maret 2022
Dibuka Walikota Firdaus, Dispora Pekanbaru Sampaikan Selamat Kepada Sang Juara Taekwondo Cup
Selasa, 22 Februari 2022
Dikunjungi DPRD Limapuluh Kota, Dispora Pekanbaru Berbagi Ilmu Soal Dana Hibah Keolahragaan

ADV lainnya ...
Khas Hotel 20 Mei 2022
Indeks Berita
www www