Rabu, 18 Mei 2022

Breaking News

  • Turunkan Harga TBS Sepihak, PKS di Riau Bisa Disanksi Tegas   ●   
  • Kuala Lumpur Kembali Dilanda Banjir Bandang   ●   
  • Harga Sawit di Riau Rp3.919,87 Perkilogram, PKS Diminta Tidak sewenang-wenang Tetapkan Harga   ●   
  • PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei   ●   
  • Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang   ●   
  • ASN Pemko Pekanbaru Wajib Ingat! Bawa Mobil Dinas saat Lebaran Bakal Disanksi   ●   
  • Tol Pekanbaru Bangkinang Dibuka untuk Mudik, Polisi Dikerahkan untuk Pengamanan   ●   
  • Pengamanan Nataru Riau Kerahkan 2.527 Personel Gabungan   ●   
  • Varian Omicron Belum Ditemukan di Riau   ●   
  • Dinsos Riau Tak Punya Data Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19
Yamaha 11-13 Mei 2022
Polling
Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, Firdaus - Ayat Cahyadi, akan berakhir 22 Mei tahun 2022. Bagaimana menurut Anda kinerja mereka selama memimpin Pekanbaru?


CAKAP RAKYAT
Larangan Ekspor Dan Dampak Ke Riau
Rabu, 27 April 2022 23:00 WIB
Larangan Ekspor Dan Dampak Ke Riau
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Urusan minyak goreng bukan hanya bikin rakyat susah. Tapi dibalik itu mengungkap banyak fakta mengejutkan, sedih dan bikin prihatin. Di tataran ekonomi terungkap keterlibatan pelaku usaha dan industri besar yang ambil untung dan tak peduli atas penderitaan rakyat akibat lonjakan harga minyak goreng. Terbukti belum lama berselang, empat tersangka tindak pidana korupsi terkait minyak goreng ditetapkan oleh Kejaksaan Agung (Kejagung). Negara pun seakan tak berdaya mengendalikan kondisi. Paska penangkapan oleh Kejagung, sejumlah pengusaha dan industri minyak goreng terkesan berani mengancam Pemerintah dengan menyatakan akan boikot dan keluar dari program penyaluran minyak goreng curah. Pemandangan tak elok makin menjadi-jadi sehubung di tataran elit mahalnya harga goreng bukannya disiasati, malah dijadikan komoditas politik. Anggota DPR dari fraksi PDIP, Masinton Pasaribu mengaku punya informasi terkait dugaan pengumpulan dana untuk mengongkosi wacana penundaan pemilu 2024 dari kasus dugaan korupsi pemberian izin ekspor minyak sawit mentah.

Kebijakan Pemerintah untuk mengatasi gejolak harga minyak goreng setakad ini juga dianggap belum solutif. Tanpa bermaksud mencari-cari kesalahan, tampak dari kenyataan di lapangan. Setiap kebijakan dibuat cenderung tak punya arah dan sasaran yang jelas. Sekedar populis tapi kurang efektif. Terbaru soal kebijakan larangan ekspor. Dalam keterangan pers yang disiarkan secara virtual Jumat lalu (22/04/2022), setelah memimpin rapat pemenuhan kebutuhan pokok terutama berkaitan dengan ketersediaan minyak goreng di dalam negeri, Presiden Jokowi secara resmi menyampaikan bahwa pemerintah memutuskan kebijakan pelarangan ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng terhitung mulai 28 April 2022. Kebijakan ini diberlakukan untuk memastikan ketersediaan minyak goreng di dalam negeri. Kepala Negara juga memastikan bahwa pemerintah akan terus mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan kebijakan untuk menjamin ketersediaan minyak goreng dengan harga terjangkau di tanah air.

Tidak Jelas

Kami sebagai pihak penyelenggara pemerintahan di daerah, terutama mewakili Riau sebagai sentra perkebunan kelapa sawit, pada dasarnya menyambut baik keputusan Pemerintah. Lewat pelarangan diharapkan stok bahan baku dalam negeri terpenuhi dan harga minyak goreng bisa ditekan. Namun sayangnya keputusan tersebut tanpa dibarengi komunikasi yang apik. Sehingga informasi sampai ke daerah simpang-siur. Sempat ramai di awal bahwa Pemerintah larangan ekspor minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO). Namun tiap kementerian berbeda versi penyampaian. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tegas menyebut pelarangan ekspor dimaksud bukan CPO, melainkan hanya Refined, Bleached dan Deodorized (RBD) palm olein. Serupa tanggapan Kementerian Pertanian (Kementan) yang diverifikasi melalui penerbitan surat bernomor 165/KB.020/E/04/2022 tertanggal 25 April 2022. Pernyataan berbeda disampaikan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Menurutnya, Presiden melarang ekspor CPO dan minyak goreng. Waktu tulisan ini dibuat, lintas kementerian/lembaga masih terus berkoordinasi, jadi hasil pertemuan terbaru belum diketahui. Sementara regulasi pelarangan ekspor minyak goreng bakal diberlakukan 28 April 2022.

Meski belum secara resmi diberlakukan, Tandan Buah Segar (TBS) sawit sudah jadi korban. Paska statement larangan ekspor sawit oleh Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, galau hebat langsung dirasakan masyarakat khususnya petani kelapa sawit. Kabar terkini, harga jual TBS sawit petani di Riau menurun tajam hingga 50 persen dibanding harga acuan Dinas Perkebunan Riau pekan lalu. Mirisnya, penyebab bukan karena kondisi pasar global. Akan tetapi justru ulah kebijakan Pemerintah. Sejumlah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di beberapa daerah didapati antrean panjang truk pengangkut asbab PKS memilih setop tampung buah sawit. Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar secara resmi menerima keluhan bupati/walikota perihal kondisi lapangan sekitar PKS saat rapat koordinasi persiapan hari Idul Fitri 2022 di Gedung Daerah. Kejadian ini dalam jangka pendek jelas bikin petani sawit dalam situasi berat. Apalagi momen mendekati lebaran tinggal hitung hari, yang mana biasa jelang lebaran pabrik sawit berhenti beroperasi. Makanya petani sawit sudah berencana menabung untuk kebutuhan selama pabrik tutup. Sudahlah masyarakat terbebani kenaikan berbagai harga komoditas dan pajak jelang lebaran, sekarang giliran para petani. Sebaliknya pemain besar tetap untung meski ada larangan atau moratorium. Mereka punya modal kuat, kapasitas penyimpanan besar dan banyak opsi guna menghindari kerugian.

Sinyal Buruk

Bagi Provinsi Riau kondisi dan situasi di atas bukan pertanda baik. Secara nasional, pelaku dalam sektor perkebunan dan industri sawit banyak dilakoni kalangan petani kecil, termasuk di bumi lancang kuning. Asa dibalik makin positifnya tren harga TBS beberapa tahun belakangan jelas mengkatrol kehidupan ekonomi para petani sawit ke derajat lebih baik dan memperkuat daya beli mereka. Rentetannya denyut nadi perekonomian di daerah pun bisa terjaga disamping berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi daerah. Hal yang mesti diantisipasi paska kebijakan larangan adalah bicara pendapatan daerah. Terlebih keberadaan perkebunan dan industri kelapa sawit menguat sebagai primadona disamping Minyak Bumi dan Gas (Migas). Berhubung Migas butuh waktu mencapai level optimal mengingat dari sisi produksi lapangan minyak Riau belum sepenuhnya pulih seiring transisi peralihan pengelolaan Blok Rokan ke Pertamina, bisa tambah hebat tekanan terhadap laju pertumbuhan ekonomi Riau kalau urusan tata kelola sawit tak jelas begini.

Oleh karena itu perlu kearifan dari Pemerintah Pusat membuat kebijakan. Kita perlu mengapresiasi keputusan pelarangan ekspor bahan baku minyak goreng dan minyak goreng sebagai strategi menjaga stok pangan dalam negeri. Apatah lagi kebijakan dimaksud dapat disinkronisasikan dengan upaya memperkuat hilirisasi sawit demi memperoleh nilai tambah. Sebab ketika hilir tidak dibenahi, maka lebih senang bermain di hulu karena keuntungan lebih banyak. Pelarangan ekspor juga jangan sekedar cari panggung atau kebijakan populis tapi ujungnya tidak konsisten. Kayak kebijakan mencla-mencle larangan ekspor batubara di awal tahun 2022. Pendapat dari sejumlah pihak berkompeten yang mengatakan bahwa sebenarnya ekspor tak perlu dilarang, ada benarnya. Kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) sudah cukup untuk menjaga kebutuhan dalam negeri. Kuncinya sekarang sejauhmana pengawasan oleh Pemerintah dapat dilakukan secara maksimal. Pelarangan dikhawatirkan akan memicu kegiatan ekspor illegal dan penyeludupan sebagaimana yang pernah terjadi dalam kasus minyak goreng sebelumnya. Pengawasan mencakup sampai urusan distribusi minyak goreng guna memastikan ketersediaan serta HET dan ketegasan sanksi bagi perusahaan/industri/pihak-pihak yang terangan melanggar ketentuan.

Sekali lagi, pelarangan ekspor tak akan efektif kalau Pemerintah tidak konsisten dan sistematis. Kalau cuma melarang, industri dalam negeri juga tak akan mampu menyerap seluruh hasil produksi sawit. Untuk itu perlu keberpihakan anggaran untuk memperkuat hilirisasi dan industri dalam negeri. Ini kan tidak. Lihat saja Riau. Sentra sawit tapi jalan-jalan banyak rusak akibat aktivitas kendaraan pengangkut CPO. Herannya meski mengaku keuangan negara sedang sulit, pembangunan ibukota negara baru yang dinilai bukan prioritas malah terus digesa. Jika hal esensial seperti infrastruktur jalan di daerah penghasil saja sulit mengharapkan perhatian dari Pusat, bagaimana mungkin mau bicara meningkatkan nilai tambah bagi daerah penghasil? Padahal ini bicara keuntungan bagi negara loh. Hilirisasi butuh dukungan infrastruktur. Untuk memenuhi kelayakan dan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung industri mustahil berharap hanya kepada anggaran daerah. Lagipula hilirisasi juga tak ujub-ujub keberpihakan ke daerah penghasil. Bila direkayasa sedemikian rupa, wilayah/daerah terdekat dari daerah penghasil dapat saling memperkuat atau menjadi penyangga. Dengan begitu keberadaan daerah penghasil dengan daerah lain dapat saling berkolaborasi untuk mencapai kemajuan bersama.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi III DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, Firdaus - Ayat Cahyadi, akan berakhir 22 Mei tahun 2022. Bagaimana menurut Anda kinerja mereka selama memimpin Pekanbaru?

Berita Terkait
Kamis, 05 Mei 2022 20:38 WIB
Aspirasi Kunci Pembangunan
Selasa, 10 Mei 2022 21:49 WIB
Menjawab Dilema Para Buruh
Sabtu, 23 April 2022 06:18 WIB
Pentingnya Iqro’
Senin, 09 Mei 2022 20:46 WIB
G20 dan Politik Luar Negeri Indonesia
Selasa, 05 April 2022 16:22 WIB
Impor dan Kemandirian Bangsa
Rabu, 30 Maret 2022 17:01 WIB
Rohingya dan Permasalahannya
Senin, 28 Maret 2022 08:45 WIB
Keberpihakan Kunci Kebangkitan
Kamis, 31 Maret 2022 08:23 WIB
Ramadhan Dan Momentum Ekonomi Syariah
Minggu, 01 Mei 2022 23:16 WIB
Fitrah Dan Kekuatan Untuk Merubah
Kamis, 17 Februari 2022 12:30 WIB
Maksimalkan Perlindungan Pekerja
Kamis, 10 Maret 2022 12:27 WIB
Energi Dan Kebangkitan Ekonomi
Minggu, 17 April 2022 14:52 WIB
Ekonomi Hijau Demi Riau Berkilau
Selasa, 12 April 2022 16:00 WIB
Komitmen Setengah Hati Urus BUMD
Kamis, 07 April 2022 08:27 WIB
Misi Jadikan Melayu Bahasa Pemersatu
Kamis, 30 Desember 2021 12:58 WIB
Riau Menatap 2022
Kamis, 17 Maret 2022 08:17 WIB
Strategi Penguatan Nilai Persatuan Bangsa
Sabtu, 22 Januari 2022 08:02 WIB
Kolaborasi Tunaikan Tanggung Jawab
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Minggu, 03 April 2022 21:07 WIB
Taat Konstitusi Bukti Cinta NKRI
Rabu, 10 November 2021 17:29 WIB
Warisan Berharga Para Pahlawan
Senin, 27 Desember 2021 08:02 WIB
Revitalisasi Desa Sebagai Pilar Bangsa
Kamis, 09 Desember 2021 21:00 WIB
Memaknai Hari Antikorupsi Sedunia
Selasa, 22 Februari 2022 11:17 WIB
Kembangkan Layar, Perjuangkan DBH Sawit
Jum'at, 03 September 2021 08:02 WIB
Mendulang Berkah Dari Musibah
Kamis, 16 September 2021 21:10 WIB
Mandiri Mengelola Kekayaan Negeri
Minggu, 31 Oktober 2021 19:28 WIB
Berani Berinovasi Itu Hebat!
Senin, 17 Januari 2022 21:27 WIB
Tancap Gas Di Awal Tahun
Selasa, 02 November 2021 19:30 WIB
Myanmar ‘Duri’ dalam ASEAN
Senin, 07 Maret 2022 08:17 WIB
Mahathir is Back?
Selasa, 04 Januari 2022 16:40 WIB
“Membangun” Kebahagiaan Penduduk
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 17 Mei 2022
200 Aparatur Desa dan PPID Rokan Hulu Ikuti Sosialisasi Implementasi UU KIP
Selasa, 17 Mei 2022
Kabupaten Rohil Kembali Raih Opini WTP dari BPK RI
Selasa, 17 Mei 2022
5 Calon Sekda Padang Jalani Asesmen di UPT Penilaian Kompetensi BKD Riau
Selasa, 17 Mei 2022
Soal Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas, Begini Tanggapan Pegadaian

Serantau lainnya ...
Selasa, 17 Mei 2022
Sepuluh Peserta Siap Unjuk Gigi di Asik Bang BNPT Festival 2022
Rabu, 11 Mei 2022
Jadi Motivator Hidup Hemat, Pria Ini Malah Habiskan Rp 14 Juta Sehari Buat Makan
Jumat, 06 Mei 2022
Hari Pertama Tayang Doctor Strange 2 Langsung Dulang Rp 394 Miliar
Rabu, 27 April 2022
THR sudah Cair? Jangan Boros! Kelola dengan Cara Ini

Gaya Hidup lainnya ...
Senin, 18 April 2022
Masjid Paripurna Pekanbaru Sebagai Pusat Perekonomian dan Pembinaan Masyarakat
Jumat, 15 April 2022
Capaian Vaksin Tertinggi di Riau, Walikota Pekanbaru Terima Penghargaan dari Wakapolri
Kamis, 14 April 2022
Layanan Berkelas Dunia, Pemko Pekanbaru Lakukan Perluasan MPP
Jumat, 08 April 2022
Memudahkan Pembayaran Pajak, Bapenda Punya Smart Tax Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Selasa, 17 Mei 2022
Penyebab Colokan Listrik Tiap Negara Berbeda-Beda
Selasa, 10 Mei 2022
Perhatikan! Ini 5 Tips Memilih MicroSD yang Awet dan Bagus
Rabu, 27 April 2022
Bulan Ramadan Momen Tepat Ganti Smartphone?
Minggu, 13 Maret 2022
Perlu Upaya Penyelamatan, Kenali 4 Tanaman Endemik yang Terancam Punah di Indonesia

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 17 Mei 2022
Perlukah Saus Cabe Botolan Disimpan di Kulkas?
Sabtu, 14 Mei 2022
KPA Pekanbaru Dukung Program Tri Zero Kemenkes untuk Penanganan Kasus HIV/AIDS
Jumat, 06 Mei 2022
Hepatitis Misterius Merebak Serang Anak-anak, Begini Cara Mencegahnya
Rabu, 27 April 2022
Tips Mudik Agar Aman Selama Perjalanan, Hindari Posting!

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 18 Mei 2022
Prof Iwantono Nyatakan Maju Pemilihan Rektor Unri, Klaim Telah Kantongi 31 Suara Senat
Jumat, 13 Mei 2022
IKA Teknik Dorong Dekan Prof Azridjal Aziz Maju Calon Rektor Unri 2022-2026
Jumat, 29 April 2022
Program Doktor Ilmu Hukum UIR Raih SK Akreditasi “Baik”
Senin, 25 April 2022
DW UIR Santuni Puluhan Anak-anak Almarhum Pegawai dan Dosen

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...
Polling
Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru, Firdaus - Ayat Cahyadi, akan berakhir 22 Mei tahun 2022. Bagaimana menurut Anda kinerja mereka selama memimpin Pekanbaru?


Pelantikan Sekda Rohul 20 April 2022
Terpopuler
LAM
Foto
Idulfitri 1443 H APRIL
Waisak 16 Mei 2022 - APRIL
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!
Jumat, 06 Mei 2022
Cantiknya Sophia Latjuba saat Lebaran, Tetap Stylish Walau Pakai Sarung
Rabu, 27 April 2022
Dikira Mualaf, Ternyata Ini Alasan Celine Evangelista Sering Pakai Baju Muslim

Selebriti lainnya ...
Idulfitri 1443 H - UIN SUSKA RIAU
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
PKS Kampar - ucapan Ramadan 1443 H
Rabu, 27 April 2022
Dompet Dhuafa Volunteer Riau Gelar Puncak Serambi
Selasa, 26 April 2022
ACT Riau Tebar Sajian Iftar terbaik untuk Yatim, Penghapal Quran, dan Warga Prasejahtera
Kamis, 21 April 2022
Menjemput Lailatul Qadar
Minggu, 17 April 2022
Bupati Rohil Pastikan akan Gelar Takbir Keliling Malam Lebaran

Religi lainnya ...
Ucapan Ramadan 1443 H
Rabu, 13 April 2022
Pemko Pekanbaru Gelar Rakor Saber Pungli Terkait Penyelenggara Pelayanan Publik
Jumat, 04 Maret 2022
Dispora Pekanbaru Taja Liga Pelajar Futsal 2022, Tim SMAN 12 Sukses jadi Juara
Selasa, 01 Maret 2022
Dibuka Walikota Firdaus, Dispora Pekanbaru Sampaikan Selamat Kepada Sang Juara Taekwondo Cup
Selasa, 22 Februari 2022
Dikunjungi DPRD Limapuluh Kota, Dispora Pekanbaru Berbagi Ilmu Soal Dana Hibah Keolahragaan

ADV lainnya ...
Khas Jumat
Indeks Berita
www www