Minggu, 25 September 2022

Breaking News

  • Vaksinasi Merdeka Pemko Pekanbaru Akhirnya Digelar, 23.880 Dosis Disiapkan   ●   
  • Anggota DPR Tegaskan Rencana Konversi LPG 3 Kg ke Kompor Gas Tidak Sederhana   ●   
  • Galian Pipa PDAM Membahayakan, DPRD Pekanbaru: harus Diperbaiki Seperti Semula   ●   
  • Diduga Bakar Lahan TNTN Seluas 20 Hektare, Dua Warga Ditahan Polisi   ●   
  • Kunjungan di Mall Vaksinasi Riau Menurun, Rata-rata Cuma 100 Orang Perhari   ●   
  • ASN Meninggal di Basement Kantor DPRD Riau, Polisi: Murni Gantung Diri   ●   
  • 1.353 Orang Terserang DBD di Riau Sepanjang Tahun 2022, Pekanbaru Tertinggi   ●   
  • Tarif Listrik Oktober-Desember 2022 Dipastikan Tidak Naik   ●   
  • Ada Lagi Kasus Meninggal Akibat Covid-19 di Riau, Tetap Waspada   ●   
  • Antisipasi Krisis Pangan, Sorgum Ternyata Cocok Dikembangkan di Riau
Yamaha 23-25 September 2022

CAKAP RAKYAT
Toleransi Bukan Untuk Mengebiri
Selasa, 24 Mei 2022 08:01 WIB
Toleransi Bukan Untuk Mengebiri
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Beberapa hari lalu ada momen cukup berarti bagi dunia internasional dan juga telah mendapat tempat dalam daftar hari penting nasional. Momen dimaksud adalah tanggal 21 Mei yang telah ditetapkan sebagai Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia untuk Dialog dan Pembangunan. Peringatan tidak hanya ditujukan guna merayakan betapa kayanya budaya dunia. Namun lebih dari itu titik penting dalam membangun dialog antarbudaya.

Melansir sejarah dibalik hari tersebut dari berbagai sumber, bahwa berawal dari diadopsinya Deklarasi Universal tentang Keanekaragaman Budaya oleh UNESCO pada tahun 2001,  selanjutnya pada bulan Desember 2002 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam resolusi 57/249 menyatakan bahwa 21 Mei sebagai Hari Keanekaragaman Budaya untuk Dialog dan Pembangunan. Adapun tujuan konkritnya mengakui perlunya meningkatkan potensi budaya sebagai sarana untuk mencapai kemakmuran, pembangunan berkelanjutan, dan koeksistensi damai global.

Tema dibalik peringatan hari di atas semakin pantas untuk diulas khususnya bagi kami yang diamanahi di Komisi V DPRD Provinsi Riau. Mengingat mempunyai titik persinggungan dengan sejumlah sektor yang menjadi ruang lingkup kerja komisi terkait yakni pendidikan, sosial, agama dan kebudayaan. Terlebih dalam konteks kekinian sangat relevan dengan peristiwa teranyar perihal kritikan dan kecaman terhadap Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris usai mereka mengunggah sebuah foto melalui laman instagram @ukinindonesia.

Akar persoalannya foto barusan memperlihatkan bendera pelangi simbol kaum Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) yang dikibarkan di halaman Kedubes Inggris di kawasan Kuningan, Jakarta. Dari info diperoleh, bendera simbol LGBT tersebut sebenarnya dikerek pada 17 Mei 2022. Lalu di-upload ke akun sosial media selang beberapa waktu kemudian. Berbagai kecaman sangat wajar berdatangan dari seantero nusantara sebab tindakan tersebut dirasa sangat tindak pantas. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) pun kabarnya telah memanggil Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia untuk meminta klarifikasi. Seraya mengingatkan perwakilan asing lainnya melalui media massa untuk menjaga dan menghormati sensitivitas nilai budaya, agama dan kepercayaan yang berlaku di Indonesia.

Kebablasan

Aksi pengibaran Kedubes Inggris menyajikan pelajaran berharga. Bahwa penerapan toleransi perlu terintegrasi dan komprehensif. Bicara toleransi itu sangat mudah dan gampang tapi penerapannya perlu konsistensi dan komitmen tinggi. Sayangnya fenomena terjadi belakangan justru kontraproduktif. Toleransi diajarkan di lingkungan sekolah tapi penerapan secara kebangsaan dan kenegaraan nol besar. Sering didapati praktik intoleran, seperti yang berbeda pendapat, menyampaikan suara kebenaran atau mengkritik pihak berkuasa malah dipojokkan, dibully atau dikriminalisasi. Cara-cara begini membuat proses pembelajaran dan pendidikan toleransi sama sekali percuma.

Toleransi juga seringkali ditagih secara tidak adil, berat sebelah bahkan salah kaprah. Satu sisi ada pihak yang terus dituntut untuk bersikap toleran kepada pihak lain. Namun di sisi lain ada pihak kayak diistimewakan. Padahal toleransi itu mesti berjalan dua arah. Bicara toleransi kebablasan juga kerap didapati. Misal dalam hal toleransi beragama, sering dipertontonkan pemandangan satu penganut agama ikut bergabung dan merayakan ritual agama lain. Padahal jika kembali ke hakikat toleransi jelas bukan ke sana arah diinginkan. Toleransi menurut maknanya adalah bersikap tenggang rasa dan saling menghargai. Baik itu perbedaan pendapat hingga kepercayaan.

Misalkan bicara agama, penganut agama silahkan jalani ajaran dan kepercayaan masing-masing. Bukan mendoktrin penganut lain untuk ikut ritual. Lebih lanjut, dalam penerapan toleransi juga diatur oleh aturan. Artinya tidak sesuka hati dan slonong boi. Tetap ada kerangka yang diatur sesuai nilai-nilai yang ada.  

Mengacu ke paradigma di atas, kita memang dituntut toleran terhadap perbedaan pendapat dan kepercayaan. Namun bukan berarti kita berdiam diri dan menerima apa adanya saat mendapati penyimpangan. Di sinilah pemaknaan toleransi perlu seiring sejalan dengan norma dan aturan. Tak lekang oleh zaman prinsip yang diajarkan orang tua kita dahulu yakni “dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung”. Sebuah ujaran sederhana tapi mengandung esensi luar biasa. Begitulah seharusnya kita bersikap dimanapun berada. Kembali ke peristiwa pengibaran bendera LGBT oleh Kedubes Inggris wajar bila dipandang sebagai sebuah bentuk penistaan terhadap Pancasila dan UUD 1945 yang diintisarikan dari nilai-nilai dianut rakyat Indonesia.

Sikap tegas Pemerintah dibutuhkan berikut kritikan dari elemen masyarakat menyikapi kejadian tadi supaya tidak menjadi preseden ke depan. Kalau negara sekecil Singapura berani “usir” Ustadz Abdul Somad (UAS) karena dinilai tak sejalan dengan falsafah dan cara pandang negara mereka, harusnya Indonesia bisa berlaku sama. Apalagi sudah nyata ancaman LGBT bagi kepentingan bangsa. Jangan sampai Indonesia sebagai bangsa kehilangan marmah di atas tanah sendiri. Boleh jadi pengibaran bendera sekedar “uji ombak” untuk mengukur. Ketika simbol penyimpangan dianggap biasa, ke depan bukan tak mungkin kampanye bakal lebih masif dan intensif.

Terakhir, kembali ke tema awal bersempena Hari Keanekaragaman Budaya Sedunia untuk Dialog dan Pembangunan, sikap negara seperti Inggris melalui aksi Kedubesnya dinilai sangat fatal dan bertolakbelakang dengan semangat toleransi. Apalagi persoalan serupa pernah terjadi sebelumnya di Uni Emirat Arab (UEA). Mengutip berita dari saluran surat kabar asal Inggris, The Independent pernah mewartakan reaksi keras dari publik manakala Kedubes Inggris di UEA mengibarkan bendera simbol LGBT di Abu Dhabi pada Juni 2021.

Cara-cara intoleran tadi tentu akan mengganjal upaya dan agenda dialog antar budaya. Semangat di balik Hari Dialog dan Pengembangan Perbedaan Budaya Sedunia menghendaki setiap negara sadar bahwa perbedaan bukan suatu halangan dalam mencapai tujuan baik bersama. Perlu diketahui, tiga perempat dari konflik besar dunia berawal dari dimensi agama dan budaya. Menjembatani kesenjangan sangat mendesak ditempuh untuk menciptakan kondusifitas dan stabilitas. Keanekaragaman budaya semestinya menjadi modal berharga dan kekuatan pendorong.

Tidak hanya dalam pencapaian pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, juga sarana menuju kehidupan intelektual, emosional, moral dan spiritual yang lebih memuaskan. Adapun strategi dan kunci mewujudkannya perkuat dialog, rasa hormat dan saling pengertian dan toleransi terhadap kaidah dan norma suatu negara. Sebab toleransi sarana untuk menyatukan bukan untuk memaksakan keinginan; menyatukan visi bukan untuk mengebiri pandangan berbeda.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Jum'at, 02 September 2022 14:49 WIB
One Command Center Solusi Kegawatdaruratan di Riau
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Jum'at, 09 September 2022 14:10 WIB
Gotong Royong Perkuat Daya Saing SDM
Selasa, 30 Agustus 2022 11:48 WIB
Pendidikan Ruh Pembangunan
Kamis, 22 September 2022 08:16 WIB
Meneroka RUU Sisdiknas
Rabu, 17 Agustus 2022 12:35 WIB
Mari Jaga Warisan Kemerdekaan
Senin, 15 Agustus 2022 19:21 WIB
Kesetaraan Kunci Bangun Bangsa
Minggu, 18 September 2022 08:16 WIB
Karena Satu Nyawa Begitu Berharga
Rabu, 03 Agustus 2022 09:37 WIB
Pembangunan yang Memajukan
Sabtu, 21 Mei 2022 07:00 WIB
Menggali Unsur Kebangkitan Nasional
Jum'at, 09 September 2022 11:23 WIB
Ada Apa Menjelang Pilihan Raya Umum ke-15 Malaysia?
Minggu, 04 September 2022 17:36 WIB
BBM Naik Rakyat Tercekik
Sabtu, 30 Juli 2022 08:04 WIB
Kekuatan Di Balik Hijrah
Kamis, 25 Agustus 2022 10:07 WIB
BRK Syariah: Lembar Baru, Semangat Baru
Senin, 22 Agustus 2022 10:01 WIB
Ketika Pendidikan Hilang Arah
Sabtu, 09 Juli 2022 19:29 WIB
Idul Adha: Ketakwaan Berbuah Kepedulian
Senin, 28 Maret 2022 08:45 WIB
Keberpihakan Kunci Kebangkitan
Sabtu, 28 Mei 2022 07:01 WIB
Jalan Menuju Berkah Tidak Mudah
Kamis, 05 Mei 2022 20:38 WIB
Aspirasi Kunci Pembangunan
Selasa, 05 Juli 2022 20:03 WIB
Berkolaborasi Penuhi Hajat Publik
Kamis, 31 Maret 2022 08:23 WIB
Ramadhan Dan Momentum Ekonomi Syariah
Rabu, 30 Maret 2022 17:01 WIB
Rohingya dan Permasalahannya
Sabtu, 25 Juni 2022 20:44 WIB
Pendidikan Yang Berkeadilan
Kamis, 10 Maret 2022 12:27 WIB
Energi Dan Kebangkitan Ekonomi
Selasa, 09 Agustus 2022 07:02 WIB
Bersama Kita Unggul
Kamis, 23 Juni 2022 16:25 WIB
Pekanbaru Butuh Mindset Baru
Kamis, 30 Desember 2021 12:58 WIB
Riau Menatap 2022
Selasa, 10 Mei 2022 21:49 WIB
Menjawab Dilema Para Buruh
Rabu, 01 Juni 2022 17:46 WIB
Revitalisasi Nilai Pancasila
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 24 September 2022
Bisnis Hortikultura Lebih Untung dengan Bantuan PT Ekadura Indonesia
Jumat, 23 September 2022
Junimart Duga Partai Demokrat Coba Bentuk Opini Sesat Terkait Kasus Lukas Enembe
Jumat, 23 September 2022
Dinkes Bengkalis Gelar Pelatihan Kader Penanggulangan HIV/AIDS
Jumat, 23 September 2022
LSP Pariwisata Maestro Indonesia Sertifikasi Pemandu Wisata di Pelalawan

Serantau lainnya ...
Selasa, 20 September 2022
Buka Rekening bank bjb Bisa Dapat Tiket Nonton Solo Batik Music Festival
Selasa, 20 September 2022
Terobosan Baru AsmaraNur Modeling School Terbukti Antarkan Naomy Angelica Raih 4th Runer Up Miss Indonesia 2022
Senin, 19 September 2022
Wakili Riau, Naomy Angelica Dari AsmaraNur Modeling School Raih 4th Runner Up Miss Indonesia 2022
Kamis, 15 September 2022
Hadirkan Artis Nicky Tirta, MamaSuka dan LOTTE Grosir Ungkap Rahasia Bisnis Cuan Horeka di Pekanbaru

Gaya Hidup lainnya ...
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif
Sabtu, 13 Agustus 2022
Momen HUT Riau dan HUT RI, Hj Misnarni Berbagi Kebahagiaan di Panti Asuhan

Advertorial lainnya ...
Senin, 19 September 2022
Anak Muda Riau Didukung Melek Dunia Digital, LAM: Peluang Kerja Masa Depan Bukan Lagi di Kantor Camat
Jumat, 16 September 2022
Peneliti Sadar ternyata Simpanse Pukul Akar Pohon untuk Kirim Pesan Jarak Jauh
Jumat, 19 Agustus 2022
Kesiapan Isuzu Menyambut Era Elektrifikasi Kendaraan Bermotor di Indonesia
Minggu, 07 Agustus 2022
iPhone 14 Pro Ucapkan Selamat Tinggal Notch

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 21 September 2022
Peringati Milad ke-42 Tahun RSI Ibnu Sina, 40 Peserta Ikuti Seminar Awam Kesehatan Ibu dan Anak
Selasa, 20 September 2022
Anak Kejang-kejang Hendak Dibawa ke Rumah Sakit tapi Jalanan Macet, Untung Polisi Turun Tangan
Rabu, 14 September 2022
Jangan Lewatkan! RSI Ibnu Sina Gelar Seminar Awam Gratis 'Ibu Cerdas Anak Sehat'
Selasa, 13 September 2022
Jangan Abaikan! Ini Tanda-Tanda yang Ditunjukkan Tubuh ketika Kehabisan Energi

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 23 September 2022
Wakil Bupati Bengkalis Apresiasi Pengabdian Masyarakat Himadata FH UIR
Rabu, 21 September 2022
Tim Dosen UIR Berikan Sosialisasi Pentingnya Merek Bagi Pelaku UMKM
Rabu, 21 September 2022
Diwisuda Hari Ini, Wakil Rektor I Unilak Raih Gelar Doktor dari UNP
Selasa, 20 September 2022
Monev Mahasiswa KKN, Rektor UMRI: Alhamdulillah KKN UMRI Berjalan HEBAT

Kampus lainnya ...
Selasa, 13 September 2022
PHE Kampar Sosialisasi Kegiatan Hulu Migas dan Serahkan Beasiswa di Kerumutan
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi

CSR lainnya ...

LAMR Rohul
Terpopuler
Khas 1 September 2022
Foto
Pertamina
Diskes Rohul Agustus 2022
Selasa, 20 September 2022
KODEgroup Sukses Gelar DO Music Festival 2022 di Alam Mayang
Selasa, 13 September 2022
Ribut-ribut Wudu Nagita Slavina Disebut Salah Semua, Ini Kata Ustadz Adi Hidayat
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!

Selebriti lainnya ...
HUT Riau 2022 - PT SPR
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
HUT Riau 2022 - April RAPP
Rabu, 21 September 2022
Sambangi Muslim World League, Gubri Bahas Pengembangan Quran Center
Sabtu, 20 Agustus 2022
Meriahkan HUT RI, Ribuan Warga Desa Suka Mulya Kampar Ikuti Salawat Akbar Kebangsaan
Senin, 04 Juli 2022
FPKB Kembali Salurkan Alquran Untuk Anak - Anak Mengaji di Pekanbaru
Minggu, 26 Juni 2022
Tinjau Kelayakan Pendidikan, Gubri Sambangi Pondok Tahfidz Quran Bengkalis

Religi lainnya ...
HUT RI 77 - APRIL RAPP
Indeks Berita
www www