Sabtu, 25 Juni 2022

Breaking News

  • Turunkan Harga TBS Sepihak, PKS di Riau Bisa Disanksi Tegas   ●   
  • Kuala Lumpur Kembali Dilanda Banjir Bandang   ●   
  • Harga Sawit di Riau Rp3.919,87 Perkilogram, PKS Diminta Tidak sewenang-wenang Tetapkan Harga   ●   
  • PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei   ●   
  • Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang   ●   
  • ASN Pemko Pekanbaru Wajib Ingat! Bawa Mobil Dinas saat Lebaran Bakal Disanksi   ●   
  • Tol Pekanbaru Bangkinang Dibuka untuk Mudik, Polisi Dikerahkan untuk Pengamanan   ●   
  • Pengamanan Nataru Riau Kerahkan 2.527 Personel Gabungan   ●   
  • Varian Omicron Belum Ditemukan di Riau   ●   
  • Dinsos Riau Tak Punya Data Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19
Yamaha 23-24 Juni 2022
Polling
Bagaimana menurut Anda kinerja Anggota DPRD Riau dalam menjalankan fungsi Legislasi, Anggaran, dan Pengawasan sejak dilantik 6 September 2019?


CAKAP RAKYAT
Pekanbaru Butuh Mindset Baru
Kamis, 23 Juni 2022 16:25 WIB
Pekanbaru Butuh Mindset Baru
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM

Hari ini, 23 Juni 2022, merupakan hari penting bagi Kota Pekanbaru. Ibukota Provinsi Riau tersebut sudah menginjak usia ke-238. Sebagai warga sekaligus wakil Daerah Pemilihan (Dapil) kota Pekanbaru di DPRD Provinsi Riau, banyak asa, cita dan masukan yang hendak disampaikan. Baik berasal dari pemikiran sendiri, juga merepresentasikan suara dari masyarakat kota Pekanbaru yang diintisarikan dari berbagai sarana dan kesempatan pertemuan dengan berbagai kalangan. Sebagai pembuka dan penting untuk disampaikan bahwa Pekanbaru bukan saja dimiliki oleh warga yang berdomisili di Pekanbaru. Dengan statusnya sebagai ibukota Provinsi Riau, Pekanbaru juga mendapat tempat istimewa di hati masyarakat Riau pada umumnya. ibarat rumah tangga, prediket “ibu” dalam kata ibukota punya makna sangat kuat. Idealnya sebagai sosok penyayang dan menciptakan harmonisasi antar anggota keluarga. Berikut menjelma menjadi karakter yang memberi teladan dan terkadang berkorban sebagai tulang punggung demi menyelamatkan kepentingan keluarga.

Spirit sama diharapkan dimiliki Pekanbaru. Konsekuensi dari tuntutan barusan, Pekanbaru sudah tak sepantasnya dikelola dengan cara-cara using dan lama. Terlebih kota ini sudah menjelma menjadi kota modern, besar dan masuk kelompok kota terdepan di Indonesia. Meski persoalan khas perkotaan masih didapati, namun daya tarik sebagai sentra aktivitas perdagangan dan jasa terkemuka, pusat pendidikan, rujukan sektor kesehatan serta paling utama pusat pemerintahan provinsi. Keunggulan tadi plus ketersediaan infrastruktur ibarat gula dan semut. Menarik orang berbondong-bondong datang. Fenomena yang memicu perpindahan dan konsentrasi penduduk. Di satu sisi mendatangkan keberkahan tersendiri bagi Pekanbaru, namun di sisi lain ada dampak multidimensional kalau tidak dibarengi strategi dan perencanaan mumpuni. Tulisan ini bukan bermaksud meminta perlakuan istimewa pembangunan di Pekanbaru. Terlebih masih banyak kabupaten lain di Riau butuh pemerataan pembangunan. Namun keinginan utamanya adalah bagaimana paradigma pembangunan Pekanbaru tidak lagi didasarkan atas pemenuhan kepentingan sendiri. Tapi diarahkan untuk dapat memperkuat Riau secara umum.

Wujud implementasinya bagaimana Pekanbaru dan kabupaten/kota saling bersinergi dalam bentuk kerjasama antar daerah. Pekanbaru perlu pembangunan yang berorientasi kepada terwujudnya keterdukungan terhadap gagasan dimaksud. Diantaranya sudah tertuang melalui agenda semisal pengembangan kawasan Pekansikawan (Pekanbaru-Siak-Kampar-Pelalawan) dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau. Dengan objek kesepakatan meliputi: bidang sosial budaya, bidang sosial ekonomi, bidang tata ruang dan lingkungan hidup, dan bidang sarana dan prasarana. Melalui pola sinergitas antar wilayah diharapkan akan berbuah efisiensi dan efektifitas pelayanan publik, mengakselerasi pengembangan wilayah yang berbatasan, pengelolaan potensi daerah dengan prinsip saling menguntungkan berbasis keunggulan dan potensi masing-masing daerah yang ujungnya berdampak bagi kepentingan masyarakat di masing-masing kabupaten/kota.

Role Model

Perlu seabrek pemikiran untuk memperkaya mindset demi memosisikan Pekanbaru lebih dari sekedar simbol ibukota provinsi. Itulah kenapa sosok yang mengelola Pekanbaru harus terbuka, bukan merasa paling berkuasa apalagi modal manuver politik semata. Berbekal pengayaan ide diharapkan lahir berbagai terobosan. Kita ingin Pekanbaru role model bagi kabupaten/kota lain di Riau dan kebanggaan bagi Riau dengan menginspirasi daerah lain. Baik dari segi pemerintahan, sosial, politik, budaya dan ekonomi. Untuk menuju kesana, penguatan identitas pondasi utama. Modern dan beradab mesti sejalan. Sehingga orang luar sana mengetahui jati diri dan nilai Pekanbaru. Bicara jati diri sudah pasti melekat budaya Melayu. Namun patut disayangkan di Hari Jadi terselip cela. Informasi dari media massa bahwa di malam puncak HUT ke 238 Pekanbaru, Pemerintah Kota (Pemko) mengundang artis yang pernah tertangkap kasus penyalahgunaan Narkoba. Makin ironis, sang artis direncanakan akan meramaikan acara hiburan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) bernama Tunjuk Ajar Integritas yang berlokasi di jalan Ahmad Yani persis di depan kediaman Walikota Pekanbaru. Sepintas acara hiburan tampak sepele. Namun berhubung ini Hari Jadi Pekanbaru, sangat tidak elok diisi acara yang sama sekali tak sejalan dengan visi menuju masyarakat sejahtera berlandaskan iman dan taqwa. Juga bertolak belakang dengan tagline Pekanbaru Kota Madani yang diartikan sebagai kota agamis, berperadaban, berkualitas dan berkemajuan. Seharusnya momentum sakral diisi even dan pengisi acara yang bisa menularkan energi positif.

Sebab jati diri bukan sekedar simbol dan motto. Tapi itulah yang memotivasi pikiran dan setiap sendi dalam rangka mewujudkan pembangunan. Berangkat dari khazanah Melayu yang mengacu ke nilai Islam, profesionalitas, amanah dan etos kerja sangat ditekankan. Asa dan harapan di Hari Jadi pekanbaru, ada peningkatan prestasi dan kinerja di pihak penyelenggara pemerintahan. Pimpinan dan segenap jajaran Pemko Pekanbaru hendaknya jangan cepat berpuas diri. Memang capaian Pemko sejauh ini patut diapresiasi. Seperti meraih terbaik nasional tiga tahun berturut-turut kategori pelayanan publik. Namun PR pelayanan publik mendasar masih banyak butuh pembenahan. Data Ombudsman RI Perwakilan Riau melaporkan bahwa masih banyak pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik di Pekanbaru. Paling mengemuka seputar layanan publik pendidikan, administrasi dan kependudukan termasuk paling klasik permasalahan banjir dan buruknya penanganan sampah yang sampai trending topik berita nasional dan jagad media sosial. Menyinggung pendidikan juga sedang hangat-hangatnya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang mana Pekanbaru termasuk salah satu kabupaten/kota paling banyak menyumbang masalah di Riau. Penyebabnya kesenjangan sarana pendidikan berupa sekolah negeri.

Keluhan di atas bukan aib. Problematika yang dihadapi Pekanbaru dengan statusnya sebagai wilayah perkotaan sangat masuk akal mengingat pesatnya perkembangan penduduk, yang mana aspirasi dan tuntutan tentu makin besar pula. Apalagi Pekanbaru secara Indeks Pembangunan Manusia (IPM) termasuk tinggi se-nasional bahkan tahun 2020 lebih baik dari Jakarta. Melalui IPM tergambar tingkat pendidikan lebih baik, yang mana konsekuensinya warga lebih kritis dan menuntut kehidupan lebih baik pula. Tingginya tuntutan warga semestinya pelecut semangat bagi unsur pimpinan hingga jajaran Pemko mencapai prestasi lebih hebat lagi. Kuncinya komitmen dan kemampuan manajerial. Dimulai penempatan SDM prima dan berkompeten. Menghadapi warga perkotaan butuh SDM handal. Jangan lagi terulang kejadian seperti tahun lalu ribut-ribut perihal penunjukan pejabat dan abdi masyarakat akibat jenjang pendidikan yang tidak sesuai aturan hingga sosok wanprestasi tapi tetap dipertahankan untuk mengisi jabatan strategis. Hal primitif kayak tadi sudah tidak sepantasnya terjadi di kota yang identik dengan istilah modern.

Upaya-upaya yang dipaparkan adalah bagian dari ikhtiar. Bukan saja demi eksistensi Pekanbaru. Namun bagaimana status ibukota yang diemban dapat dirasakan secara luas. Sebagaimana seorang ibu mengayomi anak-anaknya, begitupula hendaknya peran ibukota bagi Kabupaten/Kota di Riau. Untuk menuju ke sana mindset dan mentalitas mengelola Pekanbaru harus terus mengalami pembaharuan.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota DPRD Provinsi Riau Daerah Pemilihan Kota Pekanbaru).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Bagaimana menurut Anda kinerja Anggota DPRD Riau dalam menjalankan fungsi Legislasi, Anggaran, dan Pengawasan sejak dilantik 6 September 2019?

Berita Terkait
Sabtu, 21 Mei 2022 07:00 WIB
Menggali Unsur Kebangkitan Nasional
Sabtu, 28 Mei 2022 07:01 WIB
Jalan Menuju Berkah Tidak Mudah
Jum'at, 10 Juni 2022 10:21 WIB
Mengatasi Kesenjangan Dunia Pendidikan
Rabu, 01 Juni 2022 17:46 WIB
Revitalisasi Nilai Pancasila
Kamis, 05 Mei 2022 20:38 WIB
Aspirasi Kunci Pembangunan
Senin, 28 Maret 2022 08:45 WIB
Keberpihakan Kunci Kebangkitan
Selasa, 24 Mei 2022 08:01 WIB
Toleransi Bukan Untuk Mengebiri
Sabtu, 23 April 2022 06:18 WIB
Pentingnya Iqro’
Selasa, 05 April 2022 16:22 WIB
Impor dan Kemandirian Bangsa
Rabu, 30 Maret 2022 17:01 WIB
Rohingya dan Permasalahannya
Selasa, 10 Mei 2022 21:49 WIB
Menjawab Dilema Para Buruh
Senin, 09 Mei 2022 20:46 WIB
G20 dan Politik Luar Negeri Indonesia
Kamis, 31 Maret 2022 08:23 WIB
Ramadhan Dan Momentum Ekonomi Syariah
Minggu, 01 Mei 2022 23:16 WIB
Fitrah Dan Kekuatan Untuk Merubah
Kamis, 17 Februari 2022 12:30 WIB
Maksimalkan Perlindungan Pekerja
Kamis, 10 Maret 2022 12:27 WIB
Energi Dan Kebangkitan Ekonomi
Kamis, 16 Juni 2022 08:15 WIB
Kebijakan Teror Honorer
Senin, 23 Mei 2022 07:40 WIB
Berdamai dengan Perubahan
Kamis, 30 Desember 2021 12:58 WIB
Riau Menatap 2022
Selasa, 12 April 2022 16:00 WIB
Komitmen Setengah Hati Urus BUMD
Kamis, 07 April 2022 08:27 WIB
Misi Jadikan Melayu Bahasa Pemersatu
Minggu, 17 April 2022 14:52 WIB
Ekonomi Hijau Demi Riau Berkilau
Jum'at, 29 Januari 2021 13:59 WIB
Alam Merana Kerugian Bagi Kita
Rabu, 10 November 2021 17:29 WIB
Warisan Berharga Para Pahlawan
Senin, 27 Desember 2021 08:02 WIB
Revitalisasi Desa Sebagai Pilar Bangsa
Kamis, 09 Desember 2021 21:00 WIB
Memaknai Hari Antikorupsi Sedunia
Sabtu, 22 Januari 2022 08:02 WIB
Kolaborasi Tunaikan Tanggung Jawab
Minggu, 03 April 2022 21:07 WIB
Taat Konstitusi Bukti Cinta NKRI
Jum'at, 03 September 2021 08:02 WIB
Mendulang Berkah Dari Musibah
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 24 Juni 2022
Pemkab Siak dan RAPP Perpanjang MoU Mitigasi Karhutla dan Stunting
Jumat, 24 Juni 2022
LLPN Sebut Kasus Penyerangan Tani Sawit di Terantang Tak Bisa Disidang Adat, Ini Alasannya
Jumat, 24 Juni 2022
Sejarah Berulang, Zulmansyah Sekedang Kembali Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua PWI Riau
Jumat, 24 Juni 2022
Anjangsana, Polda Riau Sambangi Rumah Mitra yang Sakit

Serantau lainnya ...
Selasa, 21 Juni 2022
Begini 5 Cara Agar UMKM Go Online dan Sukses Besar
Selasa, 14 Juni 2022
7 Daftar Pekerjaan Untuk Lulusan SMA yang Gajinya Besar
Kamis, 02 Juni 2022
6 Olahraga Mudah Paling Pas untuk Turunkan Berat Badan
Selasa, 31 Mei 2022
Meniti Mimpi, Wujudkan Rumah Impian untuk Calon Istri

Gaya Hidup lainnya ...
Jumat, 10 Juni 2022
Tutorial Mengubah Alamat Warga di Kecamatan Pemekaran, Disdukcapil Pekanbaru Beri Kemudahan
Kamis, 09 Juni 2022
Disdukcapil Pekanbaru Gencar Sosialisasikan Perubahan Adminduk
Selasa, 07 Juni 2022
Komitmen Jaga Kebersihan, Pemko Pekanbaru Ubah Sampah Jadi Bahan Baku PLTU
Selasa, 31 Mei 2022
Turun ke Sungai Sail, Pj Walikota Komit Selesaikan Persoalan Banjir

Advertorial lainnya ...
Jumat, 03 Juni 2022
UMKM Lokal jadi Target Pemasaran, Warungpay sudah Tersebar di Berbagai Wilayah Riau
Kamis, 02 Juni 2022
Elon Musk Wajibkan Karyawan Tesla WFO, Menolak Disuruh Mundur
Selasa, 31 Mei 2022
Samsung Galaxy A03 Hadir, Harga hanya Sejutaan
Selasa, 31 Mei 2022
Kominfo akan Bangun 42 BTS di Wilayah 3T Riau

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 22 Juni 2022
Pernah Raih Rekor MURI, RSI Ibnu Sina Pekanbaru Komit Tingkatkan Layanan Bagi Pasien Bibir Sumbing
Rabu, 22 Juni 2022
Wabup Nasarudin Hadiri Baksos Sunatan Massal PT RAPP dan APR
Selasa, 14 Juni 2022
Indonesia Raih Penghargaan Kependudukan dari PBB
Jumat, 10 Juni 2022
Counter Mandiri InHealth Hadir di Eka Hospital, Berikan Layanan Cepat dan Maksimal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 24 Juni 2022
Fakultas Psikologi UIR Raih Hibah Penelitian Pengembangan Kurikulum dari Kemendikbukristek
Selasa, 21 Juni 2022
Dewan Pembina-nya Syamsuar, Zul Anshari Terpilih Jadi Ketua IKA FISIP USU Wilayah Riau
Selasa, 21 Juni 2022
SEF Berbagi Keceriaan dengan Panti Asuhan di Pekanbaru
Senin, 20 Juni 2022
FISIP Unri Buka Pendaftaran Calon Dekan periode 2023-2027, Berikut Syaratnya

Kampus lainnya ...
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat

CSR lainnya ...
Polling
Bagaimana menurut Anda kinerja Anggota DPRD Riau dalam menjalankan fungsi Legislasi, Anggaran, dan Pengawasan sejak dilantik 6 September 2019?


HUT PEKANBARU 238 - CAKAPLAH
Terpopuler
Pemko - KONI Pekanbaru
Foto
Khas Hotel 13 Juni 2022
HUT PEKANABRU 23 Juni 2022 - BSP
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!
Jumat, 06 Mei 2022
Cantiknya Sophia Latjuba saat Lebaran, Tetap Stylish Walau Pakai Sarung
Rabu, 27 April 2022
Dikira Mualaf, Ternyata Ini Alasan Celine Evangelista Sering Pakai Baju Muslim

Selebriti lainnya ...
Demokrat 2022
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Dewan DPRD Riau 1
Jumat, 24 Juni 2022
Peduli Masyarakat Kurang Mampu, LAZISMu Riau Launching Warung Makan 2000
Rabu, 27 April 2022
Dompet Dhuafa Volunteer Riau Gelar Puncak Serambi
Selasa, 26 April 2022
ACT Riau Tebar Sajian Iftar terbaik untuk Yatim, Penghapal Quran, dan Warga Prasejahtera
Kamis, 21 April 2022
Menjemput Lailatul Qadar

Religi lainnya ...
Waisak 16 Mei 2022 - APRIL
Indeks Berita
Dewan DPRD Riau 3Dewan DPRD Riau 4Dewan DPRD Riau 5
www www