Selasa, 09 Agustus 2022

Breaking News

  • Kendaraan Roda Dua di Riau sudah Pakai Plat Warna Putih   ●   
  • 8 Kabupaten di Riau sudah Terjangkit PMK   ●   
  • Kaca Mayang Fashion Street Bakal Digelar di Pekanbaru, Terinspirasi CFW   ●   
  • Vaksin Dosis Keempat di Riau Tunggu Arahan Pusat   ●   
  • Sri Indarti Terpilih Sebagai Rektor Unri Periode 2022-2026   ●   
  • Penduduk Miskin Riau Capai 485 Ribu Orang   ●   
  • Komnas HAM Surati Gubri Minta Selesaikan Persoalan 100 Honorer K2 Lulus CPNS 2014   ●   
  • Peresmian Tol Pekanbaru - Bangkinang Tunggu Persetujuan Presiden   ●   
  • Pembunuh Suami Istri di Rohil Terancam Hukuman Mati   ●   
  • Pakai Gelang 20 Emas Rp45 Juta saat Berkendara, Warga Pekanbaru Jadi Korban Jambret
Yamaha 8-10 Agustus 2022
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?


Lolos Seleksi Ketat se Indonesia
Tiga Siswi SMA Mutiara Harapan Ikuti Summer School LBW di University of Pennsylvania Amerika
Kamis, 28 Juli 2022 07:57 WIB
Tiga Siswi SMA Mutiara Harapan Ikuti Summer School LBW di University of Pennsylvania Amerika
(Kiri ke kanan): Chiara Aishabyna Firasty (3), Putu Satya Maharani (5), dan Farah Naila Salma (6), siswi SMA Mutiara Harapan Komplek PT RAPP berpose bersama siswa lain peserta Summer School Program di University of Pennsylvania, Amerika.

(CAKAPLAH) - Setelah melalui seleksi ketat dan bersaing dengan siswa-siswi lain se-Indonesia, tiga siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Mutiara Harapan, Komplek PT Riau Andalan Pulp and Paper (PT RAPP) Pangkalan Kerinci, berhasil menimba pengalaman berharga selama tiga pekan di Amerika Serikat (AS).

Di usia mereka yang masih belia, mereka mendapat kesempatan mengikuti Summer School Program bertemakan Leadership in the Business World (LBW) di Wharton School, University of Pennsylvania di Philadelphia, Negara Bagian Pennsylvania.

Ketiga Siswi tersebut ialah Chiara Aishabyna Firasty, Farah Naila Salma, dan Putu Satya Maharani, berasal dari SMA Mutiara Harapan kelas 11 jurusan IPA saat mengikuti seleksi yang langsung dilakukan oleh Wharton School, University of Pennsylvania pada Januari 2022 lalu.

Pogram ini ditawarkan oleh Tanoto Foundation kepada pelajar kelas 11 se-Indonesia yang memberikan beasiswa untuk summer school program ini, sekaligus menanggung biaya transportasi dan akomodasi selama program yang berlangsung pada tanggal 5 sampai dengan 25 Juni 2022 lalu.

Sempat ragu untuk mengikuti seleksi yang langsung diselenggarakan oleh Wharton School, namun dengan dorongan guru-guru dan tentu saja orang tua, akhirnya mereka yakin mempersiapkan diri untuk ikut serta dalam seleksi yang akhirnya terpilih sebanyak 10 siswa kelas 11 SMA se-Indonesia dan tiga diantaranya adalah siswa dari SMA Mutiara Harapan, Pangkalan Kerinci tersebut.

Terpilihnya tiga remaja cantik ini merupakan prestasi yang luar biasa dan membanggakan, dimana hasil ini membuktikan kualitas siswa dan sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Mutiara Harapan Wiratama, PT RAPP Pangkalan Kerinci, mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya di Indonesia.

Mendapat kepastian kelulusan dengan setelah menerima email resmi dari Wharton Global Youth Program sebagai penyelenggara dari University of Pennsylvania, ketiga siswa ini harus bergerak cepat.

Dengan selalu didampingi oleh orang tua, ketiganya mengurus segala dokumen sebagai syarat pengurusan visa di Kedutaan Besar AS di Jakarta dan juga surat keterangan dan pernyataan kesehatan dari persiapan ini cukup menyita waktu karena mengharuskan ketiganya ke rumah sakit di Pekanbaru untuk melakukan tes anti alergi dan mendapatkan surat keterangan lengkap imunisasi sebagai syarat wajib memasuki kampus.

Yang tak kalah mendebarkannya adalah ketika panggilan untuk wawancara visa ke Kedutaan Besar AS di Jakarta disampaikan 3 hari menjelang libur Hari Raya Idul Fitri lalu.

Bagi peserta dari sekitar Jakarta mungkin tidak terlalu sulit dengan waktu tersebut, tapi berbeda dengan tiga siwi SMA Mutiara Harapan ini. Karena berangkat ke Jakarta di saat gelombang mudik Lebaran bukanlah perkara yang gampang. Sangat sulit untuk mendapatkan penerbangan, khususnya penerbangan kembali ke Pekanbaru dalam hari-hari lonjakan arus mudik yang tinggi.

Akhirnya dengan bantuan manajemen RAPP dan Yayasan, ketiganya berhasil Kembali ke Pekanbaru dua hari menjelang lebaran.

Setelah semua dokumen perjalanan dan syarat masuk ke kampus selesai, tibalah waktu keberangkatan.

Chiara, Farah, dan Putu sebelumnya tidak pernah berpergian jauh tanpa disertai orang tua atau keluarga.

Pengalaman penerbangan panjang mulai dari Pekanbaru menuju Jakarta untuk berkumpul dengan 7 orang peserta lainnya kemudian dilanjutkan dengan penerbangan Internasional selama hampir 24 jam.

Berangkat pukul 01.00 wib dinihari pada 5 Juni 2022 dari Jakarta menuju Philadelphia ditambah waktu transit di Bandar Internasional Doha, Qatar, dengan perbedaan waktu 11 jam lebih lambat dari Waktu Indonesia Barat (WIB) semua peserta mendarat di Philadelphia sekitar petang hari tanggal 5 Juni tersebut waktu setempat.

Perjalanan panjang dan perbedaan waktu itu tentu saja membuat Chiara, Farah, dan Putu butuh penyesuaian, apalagi durasi antara siang dan malam tidak seperti di Indonesia. Di sana, waktu matahari terbit sekitar pukul 5 pagi dan tenggelam pukul 20.00 malam.

Berbagai aktivitas pun mewarnai hari-hari mereka selama di sana. Di antaranya lecture dengan Professor Flavio Serapio dan Marissa Sawicki, case study, diskusi team final project, team simulation game dan lain-lain. Umumnya materi yang dijelaskan meliputi materi mengenai aspek-aspek utama dalam bisnis dan kepemimpinan.

Kegiatan pembelajaran berlangsung setiap hari Senin hingga Jumat dari pukul 09.00 hingga pukul 16.00 petang. Selain materi dalam ruangan, peserta juga diajak berkunjung ke Akademi Militer Amerika Serikat, West Point di New York.

Meski tiga pekan waktu yang tak terlalu lama, gadis-gadis belia ini tak luput dari rasa homesick.

Kangen dengan keluarga dan teman-teman di Indonesia hinggap di waktu-waktu kosong mereka.

Tapi, ketiganya tak mau larut dan justru ingin terus fokus mengikuti program tersebut. Banyak ilmu yang mereka dapatkan selama mengikuti kelas dengan dari pembicara yang berasal dari Universitas ternama di Amerika tersebut, sesuai tema utamanya peserta banyak mendapat materi tentang leadership, investasi dalam bisnis dan kehidupan sehari-hari.

Karena itu, mereka berpesan kepada siswa-siswa lain nantinya agar jangan ragu untuk mengikuti seleksi program ini jika kembali dibuka.

"Jika ada kesempatan, ambil saja. Karena menambah pengalaman yang sangat membuka pikiran dan pandangan kita serta menambah wawasan dari segala aspek. Ini merupakan pengalaman yang tak tergantikan bagi saya dan pastinya sama dengan pelajar-pelajar Indonesia yang lainnya juga,’’ terang Chiara.

Terlepas dari kendala-kendala kecil yang mereka alami di sana, ketiganya kompak menikmati masa-masa mereka di Amerika. Mereka jadi memiliki teman dari berbagai negara.

Kesempatan merasakan hidup di negeri Paman Sam juga tak kan terlupakan bagi mereka.

Farah pun turut membagikan kesan dan pesannya. ‘’Program ini bisa dibilang seperti once in a lifetime experience, totally recommended. Dijamin tidak bakal menyesal,’’ sambung Farah.

Selama tiga pekan disana mereka semua tinggal di Asrama atau Dormitory tujuh lantai di dalam komplek kampus University of Pennsylvania. Setiap lantai berisi lima kamar dilengkapi living room, ruang makan dan tentu saja kamar mandi. Setiap peserta mendapat fasilitas kamar terpisah satu sama lain.

Di komplek asrama tersebut juga tersedia lobby area berkumpul, lapangan outdoor untuk bermain atau bercengkerama, ruang laundry, ruang belajar, ruang musik, ruangan kesehatan, meja billiard untuk bermain, dan banyak lagi.

Tak mau menyiakan waktu di sana, di luar jam kegiatan, mereka juga mengikuti kegiatan seperti melukis, meditasi, pilates, spa, berlari, karaoke dan lainnya.

Pada akhir pekan, mereka juga mengunjungi tempat yang direkomendasikan oleh penyelenggara, yang meliputi taman bermain, mall, bioskop dan pusat kota dengan berjalan kaki. Mereka berinteraksi dengan siswa dari negara lain, membuat mereka turut memperkenalkan Indonesia dalam kegiatan itu.

Kebanyakan, siswa dari negara lain memiliki pengetahuan tentang Indonesia. Meskipun tak begitu banyak.

‘’Rata-rata mereka mengetahui tentang Bali dan beberapa hal lain, bahkan ada yang sangat menyukai mie instan yang sangat popular dari Indonesia,’’ terang Putu Maharani.

Secara terpisah, Head of Strategic Planning and Partnership Tanoto Foundation, Michael Susanto mengatakan, program Summer Program Leadership in the Business World yang diselenggarakan oleh Wharton School of the University of Pennsylvania ini bertujuan untuk memperkenalkan talenta-talenta terbaik di Indonesia pada pada topik-topik pembelajaran global yang berhubungan dengan jurusan bisnis tetapi juga memberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan mereka di salah satu universitas yang termasuk dalam Ivy League University di Amerika Serikat.

Lebih lanjut, Michael menjelaskan program ini tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan siswa. Keikutsertaan mereka dalam program ini tentunya juga akan memberikan pengalaman tersendiri bagi masing-masing individu untuk dapat merasakan langsung kehidupan kampus di Amerika dan berbaur dengan siswa yang berasal dari negara lain dengan latar belakang budaya yang berbeda-beda.

"Kami sangat bangga karena 3 dari 10 siswa berprestasi yang mendapatkan beasiswa tersebut berasal dari Sekolah Mutiara Harapan, Pangkalan Kerinci yang merupakan binaan RAPP. Harapannya partisipasi mereka dalam program LBW dapat menjadi pengalaman tak terlupakan dan memberikan manfaat bagi pendidikan dan pendewasaan mereka di masa yang akan datang, serta memberikan motivasi kepada adik-adik kelasnya untuk dapat ikut serta dalam program sejenis di tahun-tahun selanjutnya," papar Michael.

Kepala SMA Mutiara Harapan, Lei Suang ST MPd mengaku bangga atas kesempatan yang diperoleh tiga siswa berprestasi tersebut.

"Ini merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi ketiga murid kami tersebut, yang akan bermanfaat bagi kehidupan mereka saat ini maupun di masa depan. Sebagai satu-satunya SMA berstatus Status Pendidikan Kerjasama (SPK) di Provinsi Riau, SMA Mutiara Harapan telah memiliki alumni di berbagai perguruan tinggi di luar negeri, namun kesempatan mengikuti summer program di Wharton dengan beasiswa, merupakan sejarah baru bagi sekolah kami dan kami berharap program ini akan terus berlanjut ke depannya,” ujar Leis Suang

Diharapkan, program kerja sama Tanoto Foundation dengan Wharton School of the University of Pennsylvania ini bisa melahirkan sosok-sosok anak muda yang mampu bersaing di kancah internasional. Khususnya di bidang kepemimpinan dan bisnis.

Penulis : Yusni
Editor : Yusni
Kategori : Pendidikan, Riau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?

Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 08 Agustus 2022
Rangkaian Rakernas Apeksi, DPM-PTSP Pekanbaru Ramaikan Pameran Indonesia City Expo 2022 di Padang
Senin, 08 Agustus 2022
BKKBN Rangkul TNI/Polri untuk Percepatan Penurunan Stunting
Senin, 08 Agustus 2022
PT THIP tak Hadiri RDP, Waka DPRD Pelalawan Kesal
Senin, 08 Agustus 2022
Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2022, Puan: Terima Kasih Pahlawan Olahraga

Serantau lainnya ...
Kamis, 04 Agustus 2022
Nasabah Unit Imambonjol Dapat Honda Brio pada Pengundian PHS BRI
Minggu, 31 Juli 2022
Hadir di Pekanbaru, HijabChic Sambut Antusiasme Fashion Kaum Hawa dengan Tema Romantis
Sabtu, 30 Juli 2022
Ingin Make Over Gaya Rambut Ala Korea atau Jepang? Yuk.. Ke Haoon Hair Dressing
Kamis, 21 Juli 2022
Armada Band akan Meriahkan Hiburan Rakyat Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 26 Juli 2022
Hari Mangrove Sedunia, Gubri Tanam 200.000 Bibit Mangrove di Bengkalis
Senin, 25 Juli 2022
GALERI FOTO: Buka MTQ XL Provinsi Riau di Rohil, Gubri: Mari Syiarkan Alquran di Bumi Melayu
Jumat, 10 Juni 2022
Tutorial Mengubah Alamat Warga di Kecamatan Pemekaran, Disdukcapil Pekanbaru Beri Kemudahan
Kamis, 09 Juni 2022
Disdukcapil Pekanbaru Gencar Sosialisasikan Perubahan Adminduk

Advertorial lainnya ...
Minggu, 07 Agustus 2022
iPhone 14 Pro Ucapkan Selamat Tinggal Notch
Kamis, 04 Agustus 2022
Sukses Dihelat di Pekanbaru, STEAM Cup Sumatera Direncanakan Digelar Setiap Tahun
Selasa, 19 Juli 2022
Bengkalis Creative Network MoU dengan Meet Up Co-Working dan Founders Live
Senin, 27 Juni 2022
Fenomena Planet Sejajar Akan Terjadi Lagi 28 Juni 2022!

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 07 Juli 2022
Permudah Pasien, Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru Buka Layanan Poliklinik Sore
Rabu, 06 Juli 2022
Pemko Pekanbaru Kejar Target Angka Stunting 6 Persen di 2024, Optimis Tercapai
Minggu, 03 Juli 2022
Penyebab Keputihan Darah yang Perlu Anda Ketahui
Selasa, 28 Juni 2022
Sosialisasi Layanan Kaki Palsu RS Awal Bros, Gubri Serahkan Kaki Palsu ke Pasien

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 08 Agustus 2022
Ketua Demokrat Riau Agung Nugroho Lulus Sidang Tesis dengan Nilai A
Senin, 08 Agustus 2022
Anggota DPRD Riau Sari Antoni Raih Gelar Magister Manajemen Pascasarjana Unilak
Senin, 08 Agustus 2022
Mahasiswa KKN Integrasi Unri Bumikan Eco-Enzyme di Kelurahan Air Putih
Minggu, 07 Agustus 2022
Gandeng RRI Pekanbaru, HIMA Humas UMRI Gelar Pelatihan Penyiaran

Kampus lainnya ...
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat

CSR lainnya ...
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?


HUT Riau 2022 - April RAPP
Terpopuler
PCR 2022
Foto
Khas Agustus 2022
Diskes Rohul Agustus 2022
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!
Jumat, 06 Mei 2022
Cantiknya Sophia Latjuba saat Lebaran, Tetap Stylish Walau Pakai Sarung
Rabu, 27 April 2022
Dikira Mualaf, Ternyata Ini Alasan Celine Evangelista Sering Pakai Baju Muslim

Selebriti lainnya ...
HUT Riau 2022 - PT SPR
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 04 Juli 2022
FPKB Kembali Salurkan Alquran Untuk Anak - Anak Mengaji di Pekanbaru
Minggu, 26 Juni 2022
Tinjau Kelayakan Pendidikan, Gubri Sambangi Pondok Tahfidz Quran Bengkalis
Jumat, 24 Juni 2022
Peduli Masyarakat Kurang Mampu, LAZISMu Riau Launching Warung Makan 2000
Rabu, 27 April 2022
Dompet Dhuafa Volunteer Riau Gelar Puncak Serambi

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www