Selasa, 04 Oktober 2022

Breaking News

  • Operasi Zebra Lancang Kuning 2022 Dimulai, 840 Personel Gabungan Dikerahkan   ●   
  • Nasdem Umumkan Anies Baswedan Sebagai Capres 2024   ●   
  • Bandara SSK II Pekanbaru Tambah Rute Penerbangan ke Kuala Lumpur   ●   
  • Partai Ummat Riau akan Berjuang untuk Anies Baswedan   ●   
  • Pemprov Riau Bakal Beli 13 Unit Kendaraan Operasional Toyota Alphard dan Fortuner,   ●   
  • DBH Migas dan PBB Provinsi Riau 2023 Turun hingga Rp613 Miliar   ●   
  • Vaksinasi Merdeka Pemko Pekanbaru Akhirnya Digelar, 23.880 Dosis Disiapkan   ●   
  • Anggota DPR Tegaskan Rencana Konversi LPG 3 Kg ke Kompor Gas Tidak Sederhana   ●   
  • Galian Pipa PDAM Membahayakan, DPRD Pekanbaru: harus Diperbaiki Seperti Semula   ●   
  • Diduga Bakar Lahan TNTN Seluas 20 Hektare, Dua Warga Ditahan Polisi
Yamaha 29-30 September 2022

CAKAP RAKYAT
Pembangunan yang Memajukan
Rabu, 03 Agustus 2022 09:37 WIB
Pembangunan yang Memajukan
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Tren Citayem Fashion Week (CFW) berhasil menyita perhatian nasional hingga internasional. Sebagaimana pemberitaan media, CFW muncul usai sejumlah remaja yang kebanyakan berasal dari wilayah suburban seperti Depok, Bojong Gede, Tangerang dan Citayam kerap menjadikan kawasan Dukuh Atas Jakarta sebagai tempat “adu outfit”. Ini lalu jadi fenomena baru di tengah masyarakat Jakarta khususnya dan merambah ke sejumlah daerah. Riau pun tak luput.

Baru-baru ini acara serupa digelar di Kota Bertuah. Bahkan Pemerintah Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu melalui salah satu pejabat terasnya sempat usulkan rencana kegiatan serupa dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI). Adapun kegiatan diberi nama Kaca Mayang Fashion Street. Sesuai namanya, acara dimaksud digelar di Kaca Mayang. Momentum sangat pas berhubung Pemko sudah mendapatkan arahan dari Sekretariat Negara (Setneg) RI agar HUT RI dimeriahkan oleh berbagai acara. Namun info terakhir, setelah dirapatkan, Pj Walikota minta rencana acara dibatalkan.

Terlepas pro dan kontra; setuju atau tidak dengan CFW terutama menyorot sisi negatifnya, ada sisi terang untuk dibahas. Kendati begitu, bukan latah mengulas konsep acara. Tapi melihat dari perspektif luas. Kami selaku lembaga yang diamanahi mengawasi jalan pembangunan, ada substansi dibalik ekspresi para generasi tadi. Bagaimanapun tak lepas dari keberhasilan agenda pembangunan. Tanpa bermaksud mengampanyekan sosok tertentu, harus diakui acara fenomenal itu tak akan terjadi kalau tak didukung fasilitas, utama sekali keberadaan spot yang ikonik. CFW produk para remaja yang nongkrong di kawasan pertemuan Stasiun Commuter Line Sudirman, Stasiun MRT Dukuh Atas, dan Stasiun Kereta Bandara BNI City, Jakarta.

Satu hal tak bisa luput, di area itu pembangunan fasilitas publik sangat terasa manfaatnya. Jika ditelusuri, fenomena CFW sebenarnya bukan barang baru. Tahun 1980-an hal sama pernah terjadi di jalan Melawai, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta. Saking popularnya jalan Melawai sampai dibikin lagu berjudul Lintas Melawai yang dinyanyikan rocker Hari Moekti. Seiring waktu, lokasi popular tadi redup dan ditinggal.
Beberapa tahun belakangan Pemda DKI giat berbenah dan merevitalisasi fasilitas publik. Menghadirkan ruang terbuka hijau yang bisa dinikmati secara nyaman dan lapang dengan dukungan desain modern. Trotoar lebar memberi kenyamanan bagi pejalan kaki. Dari sinilah pelintas jalan sering bikin video dan berswafoto. Istilah kekiniannya banyak lokasi yang instragamable.

Jangan lupakan pula mobilitas sebagai faktor utama mendukung CFW. Para generasi muda dan masyarakat begitu mudahnya berkumpul di ruang terbuka disebabkan akses menuju ke sana mudah dan murah. Kalau kita berkesempatan jajal, terasa perbedaan ketika menggunakan moda transportasi di Jakarta.

Sistem transportasi terintegrasi memudahkan masyarakat. Mulai commuterline, MRT, Transjakarta hingga kereta bandara bisa menjangkau kawasan strategis. Transportasi efektif dan efisien aspek penting dalam agenda pembangunan. Selain membuat masyarakat lebih produktif, juga memberi ketentraman masyarakat menjalani kehidupan sehari-hari berikut untuk refreshing atau healing. Terlebih ketika dihadapkan kepada tipikal masalah perkotaan semisal kemacetan yang bikin stres, moda transportasi efektif dan efisien merupakan solusi paling ampuh.

Tak hanya sampai di situ, keberhasilan pembangunan sistem transportasi efektif dan efisien turut membuat roda perekonomian dari kawasan yang dilalui atau yang terhubung tumbuh lebih menjanjikan. Menilik dampak sosial, CFW juga menjadi sarana efektif bagi aspirasi warga. Di balik kehebohan, terungkap sisi lain. Para remaja yang datang ternyata banyak berasal dari kalangan kurang mampu.

Banyak diantara mereka putus sekolah, direndahkan dan dihina karena penampilan mereka yang modal ekonomis bahkan tak punya media sosial untuk publikasi penampilan mereka ke publik. CFW tak hanya mengungkap kegetiran hidup, tapi juga turut memberi solusi. Seperti sejumlah remaja putus sekolah, diberi tawaran beasiswa untuk kembali mengeyam pendidikan.

Fasilitator

Berangkat dari pemaparan dapat disimpulkan betapa agenda pembangunan dapat men-trigger munculnya pertumbuhan, kemajuan dan “budaya baru” di tengah masyarakat. Jadi bukan acara CFW yang mesti ditiru, apalagi sampai Pemda turun tangan bikin acara. Semestinya ide dan gagasan pembangunan perlu direplikasi. Bukankah dalam konsep pembangunan Pemerintah hanya berperan sebagai fasilitator. Tugasnya menghadirkan pembangunan yang dapat dirasa manfaatnya bagi masyarakat.

Ketika pembangunan berhasil, berbagai bentuk ekspresi akan lahir dengan sendirinya lewat inisiatif warga. Tulisan ini tak bermaksud memukul rata semua pembangunan khususnya di Riau tak sesuai kebutuhan. Namun ada catatan penting melihat realita di lapangan. Boleh dibilang, agenda pembangunan daerah belum sepenuhnya dibekali perencanaan matang dan terintegrasi. Orientasi proyek masih setengah hati. Untuk moda transportasi contohnya, penerapan baru sebatas penuhi kadar minimal. Padahal manfaat luar biasa. Begitujuga fasilitas publik lain. Jangankan memenuhi standar kenyamanan warga, untuk Standar Pelayanan Minimal (SPM) sektor utama pendidikan, kesehatan dan infrastruktur dasar masih kewalahan.

Hal ini kerap jadi sorotan intens DPRD Riau terutama kami di Komisi V. Paling mengemuka tak sedikit fasilitas di beberapa daerah di Provinsi Riau pembangunannya terbengkalai. Sementara duit APBD sudah terpakai. Oleh karena itu untuk tahun 2023, kami meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memprioritaskan ini ketimbang ajukan program baru. Semisal di Kabupaten Siak pembangunan Puskemas mangkrak. Ada Puskesmas dibangun tahun 2013 dengan APBD Provinsi Riau.

Mirisnya pembangunan terkendala perkara penatakelolaan aset. Disamping itu, masih di Siak, ada juga puskesmas dibangun Pemprov Riau tahun 2016 lalu yang pengerjaannya setengah jalan. Malah kabarnya Pemkab Siak yang melanjutkan pembangunan Puskesmas terbengkalai memakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten. Keberadaan sejumlah sarana yang sudah dibangun tapi tak kunjung dimanfaatkan juga jadi perhatian. Banyak fasilitas dibangun jauh dari pemukiman warga. Ada pula dibangun tapi tak jelas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelolanya.

Mengacu ke masalah barusan, pembangunan bukan ujub-ujub soal fisik semata. Pembangunan harus melibatkan sisi manusianya. Disamping membangun fisik juga harus dipikirkan bagaimana pembangunan mentalitas manusianya. Dengan begitu sarana yang sudah dibangun dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin. Kenapa agenda pembangunan di daerah lain seperti DKI bisa efektif? Jawabannya simpel, karena agenda pembangunan menjawab permasalahan.

Artinya berangkat dari kebutuhan dan tuntutan, bukan proyek mercusuar dan jor-joran. Riau sangat mungkin mereplikasi setiap kemajuan daerah lain. Tinggal sekarang bagaimana caranya agar setiap program dapat direncanakan dengan baik. Tidak hanya melihat pencapaian kuantitas atau jumlah pembangunan, tapi efektivitas.

Karena, mengutip perkataan Ibnu Khaldun dalam karyanya Mukaddimah, bahwa ketika indikator suksesnya sebuah pembangunan oleh negara dapat dilihat dari dampak terhadap kemajuan warga. Kalau pembangunan marak tapi ekonomi bangsa justru tertekan, itu tanda oritentasi pembangunan bukan untuk menjawab kebutuhan tapi demi kepentingan tertentu.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM. (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Jum'at, 02 September 2022 14:49 WIB
One Command Center Solusi Kegawatdaruratan di Riau
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Selasa, 27 September 2022 16:21 WIB
Siasat Paska Kenaikan BBM
Sabtu, 01 Oktober 2022 15:35 WIB
Belajar Setia Dari Sejarah
Jum'at, 09 September 2022 14:10 WIB
Gotong Royong Perkuat Daya Saing SDM
Selasa, 30 Agustus 2022 11:48 WIB
Pendidikan Ruh Pembangunan
Senin, 15 Agustus 2022 19:21 WIB
Kesetaraan Kunci Bangun Bangsa
Rabu, 17 Agustus 2022 12:35 WIB
Mari Jaga Warisan Kemerdekaan
Kamis, 22 September 2022 08:16 WIB
Meneroka RUU Sisdiknas
Minggu, 18 September 2022 08:16 WIB
Karena Satu Nyawa Begitu Berharga
Sabtu, 21 Mei 2022 07:00 WIB
Menggali Unsur Kebangkitan Nasional
Jum'at, 09 September 2022 11:23 WIB
Ada Apa Menjelang Pilihan Raya Umum ke-15 Malaysia?
Sabtu, 30 Juli 2022 08:04 WIB
Kekuatan Di Balik Hijrah
Kamis, 25 Agustus 2022 10:07 WIB
BRK Syariah: Lembar Baru, Semangat Baru
Senin, 22 Agustus 2022 10:01 WIB
Ketika Pendidikan Hilang Arah
Minggu, 04 September 2022 17:36 WIB
BBM Naik Rakyat Tercekik
Sabtu, 09 Juli 2022 19:29 WIB
Idul Adha: Ketakwaan Berbuah Kepedulian
Senin, 28 Maret 2022 08:45 WIB
Keberpihakan Kunci Kebangkitan
Sabtu, 28 Mei 2022 07:01 WIB
Jalan Menuju Berkah Tidak Mudah
Kamis, 05 Mei 2022 20:38 WIB
Aspirasi Kunci Pembangunan
Selasa, 24 Mei 2022 08:01 WIB
Toleransi Bukan Untuk Mengebiri
Kamis, 31 Maret 2022 08:23 WIB
Ramadhan Dan Momentum Ekonomi Syariah
Selasa, 05 Juli 2022 20:03 WIB
Berkolaborasi Penuhi Hajat Publik
Rabu, 30 Maret 2022 17:01 WIB
Rohingya dan Permasalahannya
Sabtu, 25 Juni 2022 20:44 WIB
Pendidikan Yang Berkeadilan
Kamis, 23 Juni 2022 16:25 WIB
Pekanbaru Butuh Mindset Baru
Kamis, 30 Desember 2021 12:58 WIB
Riau Menatap 2022
Kamis, 10 Maret 2022 12:27 WIB
Energi Dan Kebangkitan Ekonomi
Selasa, 10 Mei 2022 21:49 WIB
Menjawab Dilema Para Buruh
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 03 Oktober 2022
BPBD Riau Tak Turunkan Tim Atasi Banjir Rob Dumai, Ini Sebabnya
Senin, 03 Oktober 2022
Awal Oktober, Capaian Vaksinasi Booster di Riau Baru 23 Persen
Senin, 03 Oktober 2022
Kajati Riau Harap Dukungan dan Kerja Sama dari BPKP dalam Penegakan Hukum
Sabtu, 01 Oktober 2022
Bupati Rohil Ajak Masyarakat Refleksikan Nilai-nilai Pancasila

Serantau lainnya ...
Minggu, 02 Oktober 2022
Hadir dengan 30 Brand Ternama, FCL Jadi Surga Belanja Muslimah Pekanbaru
Selasa, 20 September 2022
Buka Rekening bank bjb Bisa Dapat Tiket Nonton Solo Batik Music Festival
Selasa, 20 September 2022
Terobosan Baru AsmaraNur Modeling School Terbukti Antarkan Naomy Angelica Raih 4th Runer Up Miss Indonesia 2022
Senin, 19 September 2022
Wakili Riau, Naomy Angelica Dari AsmaraNur Modeling School Raih 4th Runner Up Miss Indonesia 2022

Gaya Hidup lainnya ...
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif
Sabtu, 13 Agustus 2022
Momen HUT Riau dan HUT RI, Hj Misnarni Berbagi Kebahagiaan di Panti Asuhan

Advertorial lainnya ...
Senin, 03 Oktober 2022
Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan Vivo Y33T
Jumat, 30 September 2022
Wujud Dukungan “Green Energy”, DPR Siapkan 55 Mobil Listrik di Acara P20
Rabu, 28 September 2022
PKM Penangan Limbah Ternak Sapi dan Psikoedukasi Pasca Covid-19
Senin, 19 September 2022
Anak Muda Riau Didukung Melek Dunia Digital, LAM: Peluang Kerja Masa Depan Bukan Lagi di Kantor Camat

Tekno dan Sains lainnya ...
Senin, 26 September 2022
Yayasan SIKLUS Melayani Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Napza
Rabu, 21 September 2022
Peringati Milad ke-42 Tahun RSI Ibnu Sina, 40 Peserta Ikuti Seminar Awam Kesehatan Ibu dan Anak
Selasa, 20 September 2022
Anak Kejang-kejang Hendak Dibawa ke Rumah Sakit tapi Jalanan Macet, Untung Polisi Turun Tangan
Rabu, 14 September 2022
Jangan Lewatkan! RSI Ibnu Sina Gelar Seminar Awam Gratis 'Ibu Cerdas Anak Sehat'

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 01 Oktober 2022
Melestarikan Budaya dan Kearifan Lokal melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Kamis, 29 September 2022
Umri Puncaki Ranking LL DIKTI Wilayah X Versi UniRank Edisi 2022
Rabu, 28 September 2022
Unilak Masih Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru hingga 1 Oktober 2022
Selasa, 27 September 2022
Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN UMRI Kampung Rantau Panjang 2022 Tanam 100 Bibit Pohon Buah

Kampus lainnya ...
Selasa, 13 September 2022
PHE Kampar Sosialisasi Kegiatan Hulu Migas dan Serahkan Beasiswa di Kerumutan
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi

CSR lainnya ...

Khas 1 September 2022
Terpopuler
Pegadaian Oktober 2022
Foto
Pertamina
Diskes Rohul Agustus 2022
Selasa, 20 September 2022
KODEgroup Sukses Gelar DO Music Festival 2022 di Alam Mayang
Selasa, 13 September 2022
Ribut-ribut Wudu Nagita Slavina Disebut Salah Semua, Ini Kata Ustadz Adi Hidayat
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!

Selebriti lainnya ...
HUT Riau 2022 - PT SPR
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
HUT Riau 2022 - April RAPP
Rabu, 21 September 2022
Sambangi Muslim World League, Gubri Bahas Pengembangan Quran Center
Sabtu, 20 Agustus 2022
Meriahkan HUT RI, Ribuan Warga Desa Suka Mulya Kampar Ikuti Salawat Akbar Kebangsaan
Senin, 04 Juli 2022
FPKB Kembali Salurkan Alquran Untuk Anak - Anak Mengaji di Pekanbaru
Minggu, 26 Juni 2022
Tinjau Kelayakan Pendidikan, Gubri Sambangi Pondok Tahfidz Quran Bengkalis

Religi lainnya ...
HUT RI 77 - APRIL RAPP
Indeks Berita
www www