Selasa, 04 Oktober 2022

Breaking News

  • Operasi Zebra Lancang Kuning 2022 Dimulai, 840 Personel Gabungan Dikerahkan   ●   
  • Nasdem Umumkan Anies Baswedan Sebagai Capres 2024   ●   
  • Bandara SSK II Pekanbaru Tambah Rute Penerbangan ke Kuala Lumpur   ●   
  • Partai Ummat Riau akan Berjuang untuk Anies Baswedan   ●   
  • Pemprov Riau Bakal Beli 13 Unit Kendaraan Operasional Toyota Alphard dan Fortuner,   ●   
  • DBH Migas dan PBB Provinsi Riau 2023 Turun hingga Rp613 Miliar   ●   
  • Vaksinasi Merdeka Pemko Pekanbaru Akhirnya Digelar, 23.880 Dosis Disiapkan   ●   
  • Anggota DPR Tegaskan Rencana Konversi LPG 3 Kg ke Kompor Gas Tidak Sederhana   ●   
  • Galian Pipa PDAM Membahayakan, DPRD Pekanbaru: harus Diperbaiki Seperti Semula   ●   
  • Diduga Bakar Lahan TNTN Seluas 20 Hektare, Dua Warga Ditahan Polisi
Yamaha 29-30 September 2022

CAKAP RAKYAT
Bersama Kita Unggul
Selasa, 09 Agustus 2022 07:02 WIB
Bersama Kita Unggul
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM. Anggota DPRD Provinsi Riau.

9 Agustus 2022 Provinsi Riau merayakan Hari Jadi ke 65. Sempat kembali mencuat diskursus mengenai kapan pastinya diperingati. Sebagaimana diungkapkan oleh Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy dalam sebuah kesempatan, bahwa terdapat perbedaan antara penetapan hari jadi Provinsi Riau dengan perayaan hari jadi Riau.

Bagi kebanyakan masyarakat mengetahui HUT Riau jatuh pada tanggal 9 Agustus, seperti selama ini dirayakan setiap tahun. Namun menengok UU 19 Tahun 2022 tentang Provinsi Riau, ternyata 31 Juli 1958 merupakan tanggal pembentukan Provinsi Riau. Keraguan tersebut kemudian dijawab oleh Ketua Umum Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau, Dr drh Chaidir MM yang mengatakan bahwa UU Darurat Nomor 19 Tahun 1957 diteken Presiden Soekarno tertanggal 9 Agustus 1957. Inilah lantas jadi dasar penetapan terbentuknya Provinsi Riau. Sekelumit perbedaan persepsi tadi tentu bukan esensi. Terpenting sekarang bagaimana di hari istimewa ini ada sesuatu digagas untuk Riau sekarang dan ke depan.

Apalagi Riau sekarang memasuki usia ke 65. Namun sudah seberapa jauh melangkah? Kendati banyak kemajuan paska otonomi daerah, ekspektasi dan aspirasi masih terus disuarakan. Mengingat Riau masih jauh dari mimpi-mimpinya. Bicara anugerah Sumber Daya Alam (SDA), sekedar melambungkan Riau bak negeri utopia.

Persepsi orang luar daerah terhadap bumi lancang kuning terkesan wah. Sampai-sampai ada seloroh bahwa kendaraan pribadi plat BM selalu jadi “incaran oknum” ketika menempuh perjalanan ke daerah lain, saking dianggap banyak kaya. Tapi realita berkata sebaliknya. Kekayaan alam justru belum bisa dinikmati sepenuhnya oleh warga. Minyak di atas dan bawah bumi terus diperas, tapi lari entah kemana.

Lihat infrastruktur jalan, lagi memunculkan selorohan: kalau dari luar daerah lalu kendaraan bergoncang hebat itu tanda masuk wilayah Riau. Wajar Riau terus menuntut pembagian lebih adil dan transparan ke Pemerintah Pusat. Meski setakad ini belum tampak langkah progresif. Jangankan menuntut bagi hasil lebih adil, untuk menikmati hasil Migas dan perkebunan saja tak kuasa. Tengok harga BBM, bahkan Riau pernah lebih mahal daripada provinsi lain yang bukan penghasil Migas. Ditambah minyak goreng ikut langka dan mahal di Riau yang notabene sentra kebun sawit. Sungguh terlalu.

Meski begitu, keadaan serba terbatas bukan berarti dalih berpasrah. Komitmen melakukan yang terbaik memajukan Riau harus selalu bersemayam dalam diri Pemerintah Daerah (Pemda), teristimewa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Selain sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Pusat dan di sisi lain penyambung suara daerah ke pusat, pimpinan daerah juga punya tugas mulia mengonsolidasi kabupaten/kota yang ada di Riau.

Sejarah mengajarkan bahwa Riau kuat akibat kabupaten/kota bersatu padu. Berbekal itu Riau pernah melawan sikap otoriter Orba saat pencalonan Gubernur dengan memunculkan kandidat dari putra daerah. Inilah yang harus dilestarikan. Modal berharga Riau mengejar capaian dan menaklukan setiap tantangan. Narasi barusan semakin dibutuhkan terlebih menghubungkan dengan tema HUT Provinsi Riau Ke 65 yakni “Riau Unggul”.

Kalau mengacu ke RPJMD Provinsi Riau 2019-2024, Unggul diambil dari visi dan misi Terwujudnya Riau yang Berdaya Saing, Sejahtera, Bermartabat dan Unggul di Indonesia (RIAU BERSATU). Adapun penjabarannya: Menjadikan Riau berprestasi di bidang keagamaan, budaya, seni, dan olahraga serta terbaik dan terdepan dalam inovasi, pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan. Dari sini jelas bahwa kinerja Pemda menentukan.

Bersatu Padu

Dari sudut pandang kami, Riau dikatakan unggul ketika mampu mengelola potensi dan nilai lebihnya. Menilik konsep otonomi daerah, proses pengembangan dan memajukan daerah bertumpu pada sumber daya yang dimiliki dan cakap mengelola keunikan yang ada.

Berangkat dari paradigma barusan, setiap keunggulan kabupaten/kota di Riau mesti dapat diidentifikasi dan dikelola secara baik oleh Pemprov. Walau dalam penyelenggaraan daerah kekinian Pemda dituntut berkompetisi, bukan berarti antara satu pemerintah kabupaten/kota di satu provinsi saling membusungkan dada. Sikap yang justru malah memperlemah. Keunggulan dapat dicapai suatu kabupaten/kota di Riau ketika saling menguatkan.

Dengan begitu dapat mengakselerasi pembangunan khususnya bagi daerah yang punya keunggulan seraya tetap meminimalisir masalah kesenjangan antar daerah. Disinilah peran kepala daerah di tingkat provinsi. Diantara bentuk kongkrit sebagaimana dijabarkan dalam RPJMD melalui pengembangan dan kerjasama antar kawasan.

Disamping dapat memperkuat komoditas unggulan kabupaten/kota, pendekatan disebut di atas bertujuan supaya tak ada daerah tertinggal. Terutama kabupaten/kota saling berbatasan. Contoh ide Pekansikawan, kerjasama antar kawasan yang dapat mengolaborasikan Pekanbaru sebagai pusat perdagangan dan jasa dengan kabupaten/kota lainnya yang punya komoditas unggul.

Urgensi makin terasa manakala melihat proyeksi. Berdasarkan data RPJMD, ada sejumlah sektor yang diunggulkan di Riau menurut nilai SLQ (Static Location Quotient) seperti pertambangan dan penggalian, pertanian dan perkebunan serta industri pengolahan. Disamping itu, didapati pula sektor lain dengan prospek dan pertumbuhan menjanjikan yaitu sektor perdagangan/jasa, sektor keuangan dan asuransi. Namun tak satupun kabupaten/kota punya potensi dan prospek dimaksud secara bersamaan. Satu sisi unggul tapi tidak di sisi lain.

Berkaca pada penjabaran, seluruh pemangku kepentingan di setiap level mulai pimpinan daerah di tingkat kabupaten/kota dan provinsi berperan untuk mengisi pembangunan ekonomi daerah dan harus mampu bekerja sama melalui bentuk kemitraan, pengelolaan keterkaitan antar sektor, program, pelaku dan antar kawasan.

Teruntuk kepala daerah di level provinsi, kemampuan komunikasi dan konsolidasi jelas diperlukan. Harapan menguat sehubungan belum lama berselang Gubernur Riau Syamsuar menerima penghargaan Tokoh Publik Berpengaruh 2022 versi MAW Talk Awards, yang mengusung tema “Kepemimpinan Inspiratif untuk Indonesia Maju” di Yogyakarta (28/7/2022). Beliau satu-satunya gubernur yang menerima penghargaan.

Tuah pengaruh tentu sangat diharapkan dapat menyatukan kabupaten/kota. Jangan sampai berpengaruh di luar tapi tidak ke dalam. Masih banyak pekerjaan rumah untuk memperkuat keunggulan daerah. Bukan menyoal konsolidasi saja, harus disertai program dan kebijakan. Peningkatan daya saing sektor unggulan ditentukan peningkatan produksi. Semua butuh investasi. Guna menambah daya tarik harus diawali pembenahan iklim investasi. Keunggulan daerah juga bersinggungan dengan peningkatan kemandirian. Jika kabupaten/kota dapat disinergikan, Riau sangat mungkin wujudkan ketahanan menuju kemandirian pangan. Alhasil kebutuhan dasar masyarakat dapat dipenuhi tanpa bergantung sepenuhnya suplai dari daerah lain.

Terakhir tak kalah penting, supaya daerah kuat hendaknya menyentuh penguatan kapasitas kelembagaan ekonomi masyarakat hingga tingkat desa. Salah satu berupa peningkatan peran BUMDES dan sektor ekonomi di desa. Sejauh ini ikhtiar Pemprov mengatasi permasalah desa tertinggal dan desa sangat tertinggal di Provinsi Riau patut diapresiasi.

Saat menerima kunjungan kerja (Kunker) Komisi II DPR RI bulan lalu, Gubri menyampaikan bahwa permasalah bisa tuntas sampai akhir kepemimpinannya di tahun 2024. Sekedar info, saat ini di Riau didapati 159 desa mandiri, 520 desa maju, 801 desa berkembang, 87 desa tertinggal dan 24 desa sangat tertinggal. Pemprov menargetkan 801 desa berkembang di Riau menjadi 470 desa maju, 520 desa maju menjadi 473 desa mandiri, dan 159 desa mandiri. Kami di DPRD sangat mendukung. Sebab penguatan keunggulan daerah harus diawali dari bawah.

Seiring pemerataan akselerasi pembangunan tercapai, akses masyarakat terhadap pendidikan, kesehatan dan perekonomian akan meningkat. Praktis kemudian berdampak ke keterampilan dan kompetensi tenaga kerja termasuk memicu munculnya sektor wirausaha. Kerja besar ini butuh kolaborasi.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM. Anggota DPRD Provinsi Riau
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Jum'at, 02 September 2022 14:49 WIB
One Command Center Solusi Kegawatdaruratan di Riau
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Selasa, 27 September 2022 16:21 WIB
Siasat Paska Kenaikan BBM
Sabtu, 01 Oktober 2022 15:35 WIB
Belajar Setia Dari Sejarah
Jum'at, 09 September 2022 14:10 WIB
Gotong Royong Perkuat Daya Saing SDM
Selasa, 30 Agustus 2022 11:48 WIB
Pendidikan Ruh Pembangunan
Senin, 15 Agustus 2022 19:21 WIB
Kesetaraan Kunci Bangun Bangsa
Rabu, 17 Agustus 2022 12:35 WIB
Mari Jaga Warisan Kemerdekaan
Kamis, 22 September 2022 08:16 WIB
Meneroka RUU Sisdiknas
Minggu, 18 September 2022 08:16 WIB
Karena Satu Nyawa Begitu Berharga
Rabu, 03 Agustus 2022 09:37 WIB
Pembangunan yang Memajukan
Sabtu, 21 Mei 2022 07:00 WIB
Menggali Unsur Kebangkitan Nasional
Jum'at, 09 September 2022 11:23 WIB
Ada Apa Menjelang Pilihan Raya Umum ke-15 Malaysia?
Sabtu, 30 Juli 2022 08:04 WIB
Kekuatan Di Balik Hijrah
Kamis, 25 Agustus 2022 10:07 WIB
BRK Syariah: Lembar Baru, Semangat Baru
Senin, 22 Agustus 2022 10:01 WIB
Ketika Pendidikan Hilang Arah
Minggu, 04 September 2022 17:36 WIB
BBM Naik Rakyat Tercekik
Sabtu, 09 Juli 2022 19:29 WIB
Idul Adha: Ketakwaan Berbuah Kepedulian
Senin, 28 Maret 2022 08:45 WIB
Keberpihakan Kunci Kebangkitan
Sabtu, 28 Mei 2022 07:01 WIB
Jalan Menuju Berkah Tidak Mudah
Kamis, 05 Mei 2022 20:38 WIB
Aspirasi Kunci Pembangunan
Selasa, 24 Mei 2022 08:01 WIB
Toleransi Bukan Untuk Mengebiri
Kamis, 31 Maret 2022 08:23 WIB
Ramadhan Dan Momentum Ekonomi Syariah
Selasa, 05 Juli 2022 20:03 WIB
Berkolaborasi Penuhi Hajat Publik
Rabu, 30 Maret 2022 17:01 WIB
Rohingya dan Permasalahannya
Sabtu, 25 Juni 2022 20:44 WIB
Pendidikan Yang Berkeadilan
Kamis, 23 Juni 2022 16:25 WIB
Pekanbaru Butuh Mindset Baru
Kamis, 30 Desember 2021 12:58 WIB
Riau Menatap 2022
Kamis, 10 Maret 2022 12:27 WIB
Energi Dan Kebangkitan Ekonomi
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 03 Oktober 2022
BPBD Riau Tak Turunkan Tim Atasi Banjir Rob Dumai, Ini Sebabnya
Senin, 03 Oktober 2022
Awal Oktober, Capaian Vaksinasi Booster di Riau Baru 23 Persen
Senin, 03 Oktober 2022
Kajati Riau Harap Dukungan dan Kerja Sama dari BPKP dalam Penegakan Hukum
Sabtu, 01 Oktober 2022
Bupati Rohil Ajak Masyarakat Refleksikan Nilai-nilai Pancasila

Serantau lainnya ...
Minggu, 02 Oktober 2022
Hadir dengan 30 Brand Ternama, FCL Jadi Surga Belanja Muslimah Pekanbaru
Selasa, 20 September 2022
Buka Rekening bank bjb Bisa Dapat Tiket Nonton Solo Batik Music Festival
Selasa, 20 September 2022
Terobosan Baru AsmaraNur Modeling School Terbukti Antarkan Naomy Angelica Raih 4th Runer Up Miss Indonesia 2022
Senin, 19 September 2022
Wakili Riau, Naomy Angelica Dari AsmaraNur Modeling School Raih 4th Runner Up Miss Indonesia 2022

Gaya Hidup lainnya ...
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif
Sabtu, 13 Agustus 2022
Momen HUT Riau dan HUT RI, Hj Misnarni Berbagi Kebahagiaan di Panti Asuhan

Advertorial lainnya ...
Senin, 03 Oktober 2022
Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan Vivo Y33T
Jumat, 30 September 2022
Wujud Dukungan “Green Energy”, DPR Siapkan 55 Mobil Listrik di Acara P20
Rabu, 28 September 2022
PKM Penangan Limbah Ternak Sapi dan Psikoedukasi Pasca Covid-19
Senin, 19 September 2022
Anak Muda Riau Didukung Melek Dunia Digital, LAM: Peluang Kerja Masa Depan Bukan Lagi di Kantor Camat

Tekno dan Sains lainnya ...
Senin, 26 September 2022
Yayasan SIKLUS Melayani Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Napza
Rabu, 21 September 2022
Peringati Milad ke-42 Tahun RSI Ibnu Sina, 40 Peserta Ikuti Seminar Awam Kesehatan Ibu dan Anak
Selasa, 20 September 2022
Anak Kejang-kejang Hendak Dibawa ke Rumah Sakit tapi Jalanan Macet, Untung Polisi Turun Tangan
Rabu, 14 September 2022
Jangan Lewatkan! RSI Ibnu Sina Gelar Seminar Awam Gratis 'Ibu Cerdas Anak Sehat'

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 01 Oktober 2022
Melestarikan Budaya dan Kearifan Lokal melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Kamis, 29 September 2022
Umri Puncaki Ranking LL DIKTI Wilayah X Versi UniRank Edisi 2022
Rabu, 28 September 2022
Unilak Masih Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru hingga 1 Oktober 2022
Selasa, 27 September 2022
Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN UMRI Kampung Rantau Panjang 2022 Tanam 100 Bibit Pohon Buah

Kampus lainnya ...
Selasa, 13 September 2022
PHE Kampar Sosialisasi Kegiatan Hulu Migas dan Serahkan Beasiswa di Kerumutan
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi

CSR lainnya ...

Khas 1 September 2022
Terpopuler
Pegadaian Oktober 2022
Foto
Pertamina
Diskes Rohul Agustus 2022
Selasa, 20 September 2022
KODEgroup Sukses Gelar DO Music Festival 2022 di Alam Mayang
Selasa, 13 September 2022
Ribut-ribut Wudu Nagita Slavina Disebut Salah Semua, Ini Kata Ustadz Adi Hidayat
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!

Selebriti lainnya ...
HUT Riau 2022 - PT SPR
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
HUT Riau 2022 - April RAPP
Rabu, 21 September 2022
Sambangi Muslim World League, Gubri Bahas Pengembangan Quran Center
Sabtu, 20 Agustus 2022
Meriahkan HUT RI, Ribuan Warga Desa Suka Mulya Kampar Ikuti Salawat Akbar Kebangsaan
Senin, 04 Juli 2022
FPKB Kembali Salurkan Alquran Untuk Anak - Anak Mengaji di Pekanbaru
Minggu, 26 Juni 2022
Tinjau Kelayakan Pendidikan, Gubri Sambangi Pondok Tahfidz Quran Bengkalis

Religi lainnya ...
HUT RI 77 - APRIL RAPP
Indeks Berita
www www